Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Wajib di Coba

Surabaya, meskipun menyandang predikat sebagai Kota Megapolitan ternyata masih mempertahankan budayanya dengan cukup baik. Salah satu buktinya adalah makanan khas yang masih banyak dijumpai. Tidak hanya di pasar tradisional, makanan khas Surabaya ini juga banyak menjadi menu andalan di restoran-restoran mewah.

Jika kalian berkesempatan datang ke Surabaya, 20 daftar makanan khas berikut sangat bisa dijadikan pilihan. Beberapa sudah sangat populer dan tidak sulit menemukannya di sana, tetapi ada juga beberapa yang mungkin masih asing bahkan mulai sulit dicari. Lebih dari itu, mencoba kuliner asli suatu daerah juga menjadi upaya kita untuk menjaga eksistensi warisan nenek moyang.

Makanan Khas Surabaya

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur via liputan6

Siapa tak mengetahui makanan khas Surabaya yang begitu populer satu ini. Ya, Rujak Cingur menjadi salah satu kuliner asli Surabaya yang masih bisa dengan mudah ditemui. Makanan ini terbilang unik karena tidak seperti rujak pada umumnya yang hanya memakai buah, Rujak Cingur seperti namanya justru menggunakan cingur alias hidung dari sapi atau kerbau sebagai bahan utama.

Bagi sebagian orang mungkin tidak terbiasa mengonsumsi hidung sapi atau kerbau. Tapi ketika mencoba Rujak Cingur, rasa suka mungkin akan timbul. Hal ini lantaran olahan hidung sapi pada Rujak Cingur akan menjadikannya nikmat. Apalagi, elemen bahannya tidak hanya cingur tersebut tetapi juga ada bahan lain seperti irisan tempe, tahu, tauge, sayur, buah, dan tak ketinggalan potongan lontong. Ditambah dengan siraman bumbu kacang dan petis, maka cita rasanya dijamin akan menggoda selera. Jika ingin ada sensasi kriuk, kalian juga bisa memakannya bersama kerupuk.

Harga Rujak Cingur sendiri bervariasi mulai dari Rp30.000 sampai Rp50.000an. Harga ini cukup sesuai lantaran seporsi Rujak Cingur juga cukup banyak. Lebih dari itu, cita rasa Rujak Cingur tak akan mengecewakan.

2. Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap via ksmtour

Selain Rujak Cingur, makanan khas Surabaya bernama Lontong Balap ini juga sangat terkenal dan kerap diburu oleh wisatawan ketika bertandang ke Surabaya. Lontong Balap sendiri adalah sejenis lontong sayur yang terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho, dan tauge lalu disiram dengan kuah rempah serta ditaburi bawang goreng sebagai penambah aroma dan cita rasa.

Lantas mengapa dinamakan Balap? Ternyata hal ini juga ada sejarahnya. Konon, penjualnya dahulu menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangan lontongnya. Namun karena berat, si penjual akan berjalan dengan lebih cepat atau tergesa-gesa layaknya orang yang sedang balapan.

3. Rawon

Rawon
Rawon via travel.tribunnews

Rawon sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Makanan khas Surabaya ini memang sangat khas dengan cita rasa yang otentik. Rawon adalah olahan daging sapi yang dipotong dadu lalu direbus hingga matang dan lembut. Selain daging, biasanya juga ditambahkan jeroan dan kikil sapi. Pelengkap berupa tauge dan telur asin juga akan menambah cita rasa Rawon.

Hal yang menjadi ciri khas Rawon adalah kuah hitam pekatnya. Warna tersebut berasal dari penggunaan kluwak. Kluwak yang digunakan juga harus yang benar-benat matang agar warnanya benar-benar hitam dan tidak pahit. Selain Kluwak, bumbu rempah lain juga tentu ditambahkan seperi kemiri, bawang merah dan putih, cabai, merica, kunyit, dan jahe.

Baca   Kenikmatan Makanan Khas Palembang yang Tiada Dua

Rawon Surabaya sendiri ada yang cukup terkenal yaitu Rawon Setan. Rawon Setan dicirikan dengan potongan dagingnya yang relatif lebih besar. Meskipun potongannya besar, namun daging tetap empuk. Namun secara cita rasa, baik rawon biasa ataupun rawon setan cenderung sama saja.

4. Sate Klopo

Sate klopo
Sate klopo via phinemo

Meskipun namanya Sate Klopo, bukan berarti sate ini terbuat dari kelapa. MakananĀ  khas Surabaya ini tetaplah berupa sate daging sapi atau ayam dengan campuran lain seperti jeroan dan lemak sapi. Cara pembuatannya juga sama seperti sate lain yaitu dengan dibakar.

Namun yang menjadikannya berbeda sehingga dinamakan klopo adalah karena sebelum dibakar, sate dilumuri dengan parutan kelapa. Sensasi bakaran dari parutan kelapa bersama daging satenya itu sendiri menjadikan Sate Klopo sangat khas dari tekstur, aroma, hingga rasa. Tak heran, jika Sate Klopo selalu diburu penggemarnya.

5. Sate Lisidu

Sate Lisidu
Sate Lisidu

Sate Lisidu adalah salah satu sate khas Surabaya yang memiliki keunikan dari sate lainnya. Sate Lisidu unik lantaran bentuknya yang pipih. Tak hanya bentuknya, ciri lain dari sate ini adalah saat proses pembakaran daging dibuat sebersih mungkin agar tidak ada arang yang menempel. Sate Lisidu biasanya disajikan dengan soas kacang. Selain itu, potongan lontong juga bisa menjadi pilihan sebagai sumber karbohidratnya.

6. Sate Karak

Sate karak
Sate karak via jatimnow

Tak cukup di dua sate sebelumnya, Surabaya juga punya Sate khas lain yaitu Sate Karak. Makanan khas Surabaya yang sudah sangat sulit ditemukan ini berbahan dasar usus. Penyajiannya juga unik karena ditambahkan dengan parutan kelapa sehingga menjadi gurih. Pendampingnya juga bukan lontong melainkan karaka atau nasi hitam. Bagi kalian yang benar-benar penasaran dengan keunikan Sate Karak bisa menemukannya di Kawasan Kampung Arab, Semampir, Surabaya.

7. Pecel Semanggi

Pecel semanggi
Pecel semanggi via tempatwisataindonesiaid

Hidangan salad khas Jawa alias Pecel memang sudah sangat terkenal. Asal pecel yang paling dikenal adalah Madiun. Tapi ternyata Surabaya juga punya Pecel khasnya sendiri yang dikenal dengan nama Pecel Semanggi. Meskipun sudah mulai jarang ada yang menjual Pecel Semanggi dengan cara tradisional yaitu wanita yang membawa keranjang, tetapi kalian masih bisa menemukan rumah makan yang menjual makanan khas Surabaya ini di Jalan Taman Bungkul.

Pecel Semanggi sendiri memang unik lantaran menggunakan daun Semanggi sebagai sayur hijaunya. Daun semanggi adalah sejenis tanaman paku-pakuan yang sekarang sudah mulai jarang ditemui sehingga menjadi alasan jarangnya penjual pecel Semanggi saat ini. Selain daun semanggi, tauge rebus juga dipakai sebagai tambahannya sebelum disiram dengan soas kacang.

Hal lain yang juga berbeda adalah Pecel Semanggi tidak memakai lontong atau nasi dalam pengkonsumsiannya. Jadi, penikmatnya benar-benar hanya menikmati cita rasa dan tekstur daun semanggi, tauge, dan saos kacang secara utuh.

8. Sego Sambel

sego sambel
sego sambel via travellingyuk

Sego Sambel adalah kuliner malam yang sangat terkenal di Surabaya. Bisa dikatakan, Sego Sambel adalah nasi angkringannya orang Surabaya. Warga Surabaya apalagi kaum muda menjadikan Sego Sambel sebagai tujuan ketika lapar di malam hari karena biasanya baru buka pada pukul 10 malam. Sego Sambel sendiri adalah hidangan sederhana berupa nasi putih dengan lauk-lauk rumahan seperti tempe, tahu, dan telur. Tak ketinggalan, sambal menjadi elemen penting yang wajib ada.

9. Lontong Kupang

Lontong kupang
Lontong kupang via @samhoed

Kupang yang kita tahu adalah nama ibukota Nusa Tenggara Timur. Tapi makanan bernama Lontong Kupang satu ini nyatanya bukan dari Kota Kupang tersebut melainkan menjadi makanan khas Surabaya. Ternyata, Kupang yang dimaksud pada nama lontong ini adalah sejenis kerang berwarna putih, Kupang putih ini dimasak dan direbus sebelum akhirnya ditambahkan pada lontong, petis, dan perasan jeruk nipis.

Baca   Makanan Khas Lampung yang Enak dan Wajib di Coba

Dari bahan dan tampilannya, Lontong Kupang memang terbilang unik dan berbeda, Secara cita rasa juga tentu akan berbeda. Karenanya, tak ada salahnya untuk mencoba makanan ini ketika tengah berada di Surabaya. Salah satu penjualnya ada di sekitaran Jalan Darmo Indah.

10. Tahu Tek

tahu tek
tahu tek via pergikuliner

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya yang memiliki banyak peminat. Makanan ini terbilang sederhana yaitu berisi tahu goreng, lontong, kentang rebus, dan tauge rebus. Atraksi yang cukup berbeda ketika menyiapkan makanan ini adalah pedagangnya akan menggunakan gunting untuk memotong bahan-bahan tersebut, bukan dengan pisau sebagaimana biasanya.

Penyajian Tahu Tek menggunakan bumbu petis. Saos bumbu petis yang bercita rasa khas inilah yang menjadikan Tahu Tek sangat otentik. Ditambahkan dengan kerupuk, menikmati Tahu Tek akan semakin lengkap. Apalagi, harganya juga masih tergolong terjangkau yaitu hanya sekitar Rp10.000 perporsinya.

11. Mie Pecun

Mie pecun
Mie pecun via ncepsuroboyo

Meskipun kata Pecun di Jawa berkonotasi negatif, tetapi Pecun dalam nama mie ini adalah akronim dari Pedas Bebas Racun. Ini artinya sudah terbayang bahwa mie ini spesial lantaran memiliki cita rasa pedas. Namun yang pasti, tak perlu takut keracunan akan pedasnya. Apalagi, pembeli bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya dari yang pedas biasa sampai yang super pedas.

Mie Pecun sendiri sebenarnya adalah mie instan biasa, namun ditambahkan dengan bumbu racikan sendiri yang bercita rasa pedas. Variasi lain juga diberikan melalui bahan tambahan seperti telur, kornet, bakso, dan udang. Pilihan sajiannya juga sama seperti mie lainnya yaitu goreng dan kuah.

12. Tahu Campur

Tahu Campur
Tahu Campur via pegipegi

Makanan khas Surabaya yang sudah sangat meleganda ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati suasana Surabaya dengan hidangan sederhana namun tetap nikmat. Tahu Campur sebagaimana namanya memang berbahan dasar Tahu dan dicampur bahan lain. Bahan-bahan lain tersebut adalah seperti tauge, kubis, perkedel, mie, dan selada. Kemudian bahan tersebut disiram dengan kuah soto. Tak ketinggalan, kerupuk merah juga ditambahkan sebagai pelengkap.

13. Bebek Mercon

bebek mercon
bebek mercon via food detik

Tak perlu takut akan ledakan ketika mencoba makanan khas Surabaya bernama Bebek Mercon ini. Hal tersebut karena ledakan yang dimaksud dari penamaannya adalah ledakan dimulut karena sensasi rasa pedas yang kuat. Rasa pedas ini tentu saja berasal dari bumbu cabai yang menyelimuti hidangan bebek goreng.

Satu porsi Bebek Mercon biasanya berupa satu potong bebek dan nasi putih beserta lauk tahu goreng dan lalapan. Sambal tambahan juga bisa diminta jika kalian memang pecinta pedas. Biasanya, Bebek Mercon sendiri dipilih sebagai hidangan untuk makan malam bersama keluarga atau teman.

14. Spesial Belut

Special Belut
Special Belut via travelingyuk

Bukan belut spesial, tetapi makanan khas Surabaya ini adalah Spesial Belut. Tentunya bahan utamanya adalah belut. Belut diolah dengan cara digoreng lalu disajikan langsung diatas cobek sambal terasi. Sajiannya sedikit mirip dengan lele atau ikan goreng yang digeprek sehingga bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sebelumnya tidak suka memakan belut.

15. Bebek Goreng Sinjay

Bebek goreng sinjay
Bebek goreng sinjay via pergikuliner

Bebek Goreng Sinjay adalah makanan khas yang banyak dijumpai di sekitaran Surabaya hingga Madura. Makanan ini berupa daging bebek yang digoreng hingga gurih dan renyah bersama kremesnya lalu disajikan dengan sambal mangga muda. Gurihnya bebek bertemu dengan sambal mangga yang asam pedas nyatanya adalah kolaborasi yang sangat pas dan berhasil mengguggah selera. Terbukti dengan semakin banyaknya restoran atau rumah makan yang menyajikan hidangan Bebek Goreng Sanjay ini sebagai menu utamanya.

16. Soto Gubeng

Soto Gubeng
Soto Gubeng via @ingridnyoto89

Panasnya Surabaya di siang hari bukan berarti tidak cocok untuk memakan hidangan yang hangat. Justru dengan menikmati hidangan hangat berupa kuah soto, kesegaranlah yang akan didapat. Di Surabaya, ada salah satu soto yang sangat legendari sehingga selalu diburu wisatawan dan penggemarnya yaitu Soto Gubeng.

Baca   Makanan Khas Jogja yang Enak, Ada Gudeg Juga

Soto Gubeng berada di kawasan Ketabang, Genteng, Kota Surabaya ini merupakan soto berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Hal yang menjadikannya khas adalah dari cita rasa kuah kaldunya yang sangat kaya rempah. Hanya saja, seporsi Soto Gubeng mungkin relatif kecil untuk standar makan siang orang Indonesia. Apalagi rasanya yang nagih menjadikan seporsi Soto Gubeng seringkali tidak cukup memuaskan diri.

17. Nasi Empal Pengampon

Nasi empal pengampon
Nasi empal pengampon via traveloka

Makanan khas Surabaya yang pantas dicoba ketika berada di Kota Pahlawan tersebut adalah Nasi Empal Pengampon. Hidangan ini terdiri dari nasi putih dan lauk empal suwir sebagai menu utamanya. Namun selain itu juga ditambah lauk lain seperti tempe orek kering, tumis kacang, sambal, dan lalapan timun serta daun kemangi.

Nasi Empal Pengampon terbilang makanan yang cukup khas karena jarang menemukan lauk empal. Untuk mendapatkan makanan khas ini, kalian bisa menemukannya di Jalan Pengampon. Warungnya sendiri buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

18. Lapis Surabaya

Lapis surabaya
Lapis surabaya via selerasa

Sudah terkenal seantero negeri akan keenakannya, Lapis Surabaya adalah makanan khas yang patut dicoba ketika berada di Surabaya. Kue Lapis Surabaya memang terkenal lembut bagai spons. Tekstur ini didapat dari penggunaan telur yang cukup banyak dibanding kue lainnya.

Ciri khas dari Lapis Surabaya dengan kue lain seperti lapis legit adalah jumlah lapisan kuenya. Lapis Surabaya terkenal hanya dengan tiga lapisan warna saja yautu Kuning, coklat, dan kuning. Sedangkan rasa Kue Lapis Surabaya cenderung manis namun tidak begitu kuat sehingga tidak membuat eneg. Selai yang dipakai untuk merekatkan antar lapisan juga menjadi pemberi rasa kue. Biasanya, kue Lapis Surabaya dijadikan pilihan oleh-oleh karena mudah dibawa dan berselang waktu keawetannya.

19. Kue Bikang Peneleh

Bikang peneleh surabaya
Bikang peneleh surabaya via intisari grid id

Ketika menyambangi pasar tradisional di Surabaya, tak ada salahnya juga mencoba kuliner atau jajanan tradisionalnya. Di Surabaya sebagaimana kebanyakan daerah lain di Jawa juga kaya dengan jajanan pasar dari kue basah atau kue kering. Untuk kue basah, Kue Bikang Peneleh bisa menjadi pilihan.

Kue khas Surabaya berbentuk bulat mekar bagai bunga ini terbuat dari bahan utama tepung beras. Bahan ini dicampur dengan santan kelapa dan juga gula sebelum akhirnya dicetak dan dimasak dengan cara dipanaskan di atas api hingga matang. Tekstur akhirnya adalah lembut di luar dan makin lembut di bagian dalamnya sehingga ketika dimakan seperti meleleh di mulut. Sedangkan untuk cita rasanya adalah gurih sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk kudapan pagi atau sore hari ditemani kopi dan teh. Kue ini juga biasa ditemui saat ada hajatan.

20. Rambak Sapi

Rambak sapi
Rambak sapi via tokopedia

Ketika tengah mencari oleh-oleh khas Surabaya yang sederhana, awet, dan mudah dibawa, maka Rambak Sapi adalah salah satu pilihan tepat. Rambak sapi ini merupakan sejenis snack yang dibuat dari bahan daging sapi. Keunikan dari Rambak sapi khas Surabaya adalah cita rasanya yang gurih dan tidak amis meskipun terbuat dari sapi atau kerbau. Rambak sapi Surabaya juga memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga membuatnya lebih renyah untuk dimakan.

Rambak sapi sendiri dibuat dengan proses manual yang rumit mulai dari perendaman dengan air kapur, menghilangkan lemak-lemak daging dan bulu, hingga akhirnya dijemur sampai kering untuk kemudian digoreng.

Leave a Comment