Makanan Khas Medan yang Siap Menggoyang Lidah

Medan sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang menyajikan ragam cita rasa otentik. Ya, makanan khas Medan terbilang beragam lantaran Medan sendiri adalah salah satu kota paling multi etnis di Indonesai sejak dulu. Bahkan hingga menjadi Kota Metropilitan seperti sekarang, keberagaman itu masih bisa dirasakan.

Oleh karena itu, tak lengkap jika ke Medan tapi tidak mencoba beragam makanan khas yang dibanggakan warganya. Beberapa makanan sudah sangat dikenal, tapi beberapa lainnya mungkin masih asing karena hanya bisa dijumpai di Medan. Hal yang pasti, semuanya siap menggoyang lidah siapa saja yang mencobanya. Agar tidak penasaran, inilah 20 makanan khas Medan yang siap menggoyang lidah tersebut.

Makanan Khas Medan

1. Lontong Medan

Lontong Medan
Lontong Medan via masclink blogspot

Banyak diantara kalian pasti sudah mengenal makanan khas Medan satu ini, bahkan mungkin sudah pernah mencobanya walaupun tidak tinggal di Medan. Ya, Lontong Medan terbilang makanan khas Medan yang bisa dijumpai di kota-kota lain. Makanan berupa lontong sayur ini juga bisa diterima oleh lidah kebanyakan orang lantaran rasanya yang otentik Indonesia.

Seporsi Lontong Medan berisikan potongan lontong, mie, tauco, kuah sayur, bumbu kacang, dan yang spesial adalah sambal teri kacang. Tak ketinggalan, kerupuk merah menjadi pelengkap yang semakin memperkaya tekstur makanan. Selain isian utama tersebut, Lontong Medan juga biasa diberi telur rebus dan perkedel.

2. Mie Gomak

Mie gomak medan
Mie gomak medan via tourtoba

Orang Medan tentu sangat akrab dengan makanan khasnya satu ini. Mie Gomak, hidangan mie yang berasal deri wilayah Balige ini memiliki ciri berupa mie yang berbentuk seperti spageheti. Karena itulah, Mie Gomak sering juga disebut Spaghetinya orang Batak.

Penyajian Mie Gomak sendiri adalah dengan dicampur kuah santan yang sudah dimasak bumbu dan saus kacang. Sayuran juga bisa ditambahkan bersama dengan irisan cabai, telur rebus, dan kerupuk merah. Rasa Mie Gomak tentu saja gurih dan nikmat. Untuk mendapatkan mie ini, kalian bisa datang ke Pasar Balige atau beberapa tempat makan lain di Medan dan sekitarnya.

3. Soto Medan

Soto medan
Soto medan via reseptina

Hidangan Soto di setiap daerah memang biasanya memiliki keunikannya masing-masing. Begitupun Medan yang memiliki Soto khasnya sendiri. Soto khas Medan juga memiliki beberapa jenis yaitu soto ayam atau daging. Bahan lain yang juga ditambahkan adalah bihun, tauge, tomat, daun bawang, daun seledri, dan telur rebus.

Setelah bahan dimasukkan dalam mangkuk, barulah soto disiram kuah. Kuah inilah yang menjadi pembeda antara Soto Medan dan soto lain. Soto Medan memakai kuah santan dengan cita rasa gurih, manis, dan kaya rempah. Bahkan aroma rempahnya sudah tercium ketika soto disajikan. Bagi penyuka pedas, soto cukup ditambahkan sambal dari cabai rawit yang sudah disediakan. Tak ketinggalan, kerupuk juga menjadi pelengkap nikmatnya soto.

4. Rujak Kolam

Rujak kolam
Rujak kolam via kulinermedan.com

Rujak buah di Medan ternyata memiliki keunikan yang siap menggoyang lidah. Rujak buah khas Medan yang dikenal dengan nama Rujak Kolam adalah kudapan yang sering dijumpai di pinggir jalan atau sebagai street food. Dinamakan Rujak Kolam lantaran penjualnya yang terkenal berada di dekat kolam deli yang menjadi pusat keramaian.

Rujak Kolam terdiri dari aneka buah layaknya rujak buah pada umumnya. Variasi buahnya pun sangat banyak sehingga cukup memuaskan. Beberapa buah yang umum dipakai adalah mangga, jambu air, jambu klutuk, bengkoang, pepaya, kedondong, timun, dan nanas. Bagian yang paling spesial dan pembeda adalah bumbu sambalnya. Bumbu Rujak Kolam memiliki kacang yang ditumbuk kasar sehingga ketika memakan Rujak Kolam akan ada tekstur krenyes yang memberi sensasi tersendiri.

5. Sambal Goreng Teri Medan

Sambal teri medan
Sambal teri medan via fimela.com

Siapa tak kenal dengan Teri Medan. Ikan teri medan bisa dijadikan elemen tambahan untuk hidangan lainnya, sambal contohnya. Sambal goreng dengan tambahan teri medan begitu terkenal karena rasanya yang sangat khas. Gurih, pedas, dan sensasi rasa rempah bisa dirasakan. Sambal Goreng juga ditambahkan kacang tanah sehingga ada sensasi kriuk dalam setiap gigitannya.

Baca   Makanan Khas Jogja yang Enak, Ada Gudeg Juga

Sambal Goreng Teri Medan sering menjadi pilihan oleh-oleh. Selain praktis, sambal goreng teri medan juga sudah dikemas sehingga tahan lama untuk disimpan. Oleh karena itu, tak sulit mencari Sambal Goreng Teri Medan ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Medan.

6. Kwetiaw Ateng

Kwetiau ateng
Kwetiau ateng via crazfood

Makanan khas Medan satu ini sebenarnya adalah nama penjual Kweitaw terkenal di Kota Medan. Namun karena sudah sangat melegenda, Kwetiaw Ateng sudah dianggap sebagai makanan khas.

Kwetiaw Ateng sendiri begitu digemari lantaran terkstur mie kwetiawnya sangat lembut. Bumbu untuk memasaknya juga sangat kaya dan terpenting isiannya yang sangat komplit. Berbegai elemen pengisi kwetiaw diantaranya adalah tauge, sayur, bakso, udang, dan daging. Porsinya juga sangat besar sehingga dijamin akan memuaskan rasa lapar. Sayangnya, Kwetiaw Ateng tergolong makanan non halal sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya.

7. Es Kolak Durian

Es kolak durian
Es kolak durian via indonesiakaya.com

Medan memang sangat terkenal dengan Buah Durian. Tapi tak hanya buah durian utuh yang bisa disantap, ada olahan daging durian yang bisa juga dijadikan pilihan. Es Kolak Durian menjadi salah satu yang difavoritkan. Es Kolak Durian ini tidak hanya berisi daging durian tetapi juga ditambahkan elemen lain yaitu ketan putih, pisang, dan jagung manis rebus. Kuahnya menggunakan kuah santan lalu diberi gula aren cair.

Es Kolak Durian kerap dijadikan dessert di beberapa restoran. Namun selain itu, penjual di warung khusus dan gerobak pinggir jalan juga masih banyak yang bisa dijumpai. Harga seporsi Es Kolak Durian masih terbilang terjangkau yaitu sekitar Rp10.000an saja.

8. Pancake Durian

Pancake durian
Pancake durian via qraved.com

Selain Es Kolak Durian, olahan daging buah Durian khas Medan lainnya adalah Pancake Durian. Pancake ini bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tidak begitu suka durian tetapi ingin mencoba merasakan durian. Hal ini lantaran isian pancake yang berupa durian setidaknya tidak begitu mirip dengan durian. Aromanya juga tidak sekuat durian utuh, hanya saja dari rasa masih cukup kuat rasa asli duriannya.

Kuatnya rasa durian pada isian pancake ini menjadikan Pancake Durian selalu digameri mereka yang memang menyukai durian. Mencoba Pancake Durian saat masih dingin juga membuat sensasinya seolah tengah memakan es krim durian asli. Karena lebih simpel, Pancake Durian juga cocok dijadikan makanan oleh-oleh.

9. Sayur Gurih Tauco

Sayur gurih tauco
Sayur gurih tauco via food.detik.com

Makanan khas Medan satu ini menjadi salah satu makanan rumahan yang biasa dijadikan pilihan masyarakat saat lebaran karena cocok disajikan sebagai pelengkap ketupat. Sayur Gurih Tauco ini sendiri berisikan udang sedang, daging sapi, dan kacang panjang.

Cara memasaknya cukup sederhana dimana bumbu seperti bawang merah dan bawang putih ditumis hingga layu. Baru kemudian ditambahkan cabai giling, cabai merah, cabai hijau, lengkuas, jahe, dan serai. Setelah itu barulah udang dan daging dimasukkan termasuk dengan tauco yang ikut dimasak. Setelah agak matang, santan, merica, dan garam ditambahkan dan dimasak hingga mendidih,

10. Bubur Pedas

Bubur pedas
Bubur pedas via travelinguk.com

Bubur Pedas adalah salah satu makanan khas Medan yang tak akan menyesal untuk dicoba. Makanan ini sebagaimana namanya memang bercirikan rasanya yang lebih pedas dibanding bubur pada umumnya. Uniknya, Bubur Pedas meskipun bercita rasa pedas justru kerap dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Oleh karena itu, penjual Bubur Pedas ini hanya bisa dijumpai saat Ramadhan yang biasanya ada di Masjid Raya dan Jalan Setia Budi.

Baca   Makanan Khas Malang yang Menggugah Selera

Bubur Pedas atau biasanya juga disebut Bubur Melayu memiliki porsi sayuran yang lebih banyak dibanding Bubur Ayam pada umumnya. Elemen sayurannya juga beragam dari sayuran hijau, potongan kecil wortel, butir biji jagung, hingga umbi-umbian lain. Selain itu, kuah Bubur Pedas juga tampak lebih kuning atau pekat yang dikarenakan bumbu rempah yang dipakai.

11. Bihun Bebek

Bihun bebek
Bihun bebek via goodindonesianfood

Bihun mungkin nampak seperti makanan biasa saja. Tapi bagaimana jika Bihun yang dimaksud adalah Bihun dengan daging bebek? Mungkin banyak yang belum pernah merasakannya. Untuk itu, jika ke Medan anda patut menjadikan Bihun Bebek sebagai target wisata kuliner.

Bihun yang dipakai pada makanan khas Medan ini adalah bihun tepung beras dan tepung kanji sehingga teksturnya lebih kenyal. Untuk proses pemasakannya sama saja seperti bihun pada umumnya yaitu direbus. Hanya saja yang membedakan adalah kuah untuk perebusan dan penyajiannya adalah kuah kaldu bebek. Ketika disajikan, tentu saja daging bebek akan melengkapinya dalam bentuk suiran daging.

12. Bakso Lembu

Bakso lembu
Bakso lembu via resepnusantara

Bakso ibarat makanan nasionalnya seluruh masyarakat Indonesia. Setiap daerah pasti punya pedagang bakso. Tetapi ada juga beberapa daerah yang memiliki bakso khasnya sendiri, seperti Medan salah satunya.

Bakso Lembu Medan sebenarnya mirip dengan bakso pada umumnya. Menggunakan daging lembu atau sapi, yang dicampur dengan tepung, pentol Bakso Lembu Medan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Untuk kuahnya, Bakso Lembu Medan lebih polos. Tambahan sayur atau mie dapat disesuaikan dengan selera. Begitupun bumbu lain seperti sambal, saos, dan kecap.

13. Saksang

Saksang
Saksang via wikipedia.id

Memiliki nama Saksang, makanan khas Medan ini merupakan makanannya orang suku Batak. Biasanya Saksang menggunakan daging babi, daging anjing, atau daging kerbai. Oleh karenanya, makanan ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang muslim.

Proses pembuatan Saksang cukup sederhana dimana daging yang sudah dicincang lalu dibumbu dengan rempah dan santan. Kemudian dimasak langsung dengan mencapurkan darah dari hasil sembelihan hewan dan rempah lainnya. Bumbu rempah Saksang seperti Jeruk purut, daun salam, ketumbar, jahe, serai, merica, dan lain sebagainya cukup menjadi penetral dari penggunaan darah pada pengolahannya.

14. Soto Udang

Soto udang
Soto udang via cantik.tempo.co

Selain Soto Medan yang sudah dibahas sebelumnya, Medan juga punya Soto Udang sebagai makanan khasnya. Soto Udang sebagaimana namanya memang berbahan dasar Udang selain juga masih dipakai daging ayam di dalamnya. Awalnya, si pencipta Soto Udang ingin mengganti daging sapi untuk soto agar bisa dimakan oleh pemeluk Hindu dan Budha. Karena itulah ia akhirnya memakai daging ayam dan udang sebagai penggantinya yang ternyata juga enak dan bisa diterima.

Hal yang menjadikan soto ini unik juga karena daging ayam dan udang yang dipakai akan dibakar dahulu untuk kemudian di rebus menjadi soto. Untuk kuahnya menggunakan kuah santan kuning. Rasanya gurih dan sangat cocok disantap selagi hangat.

15. Kue Lupis Medan

Lupis
Lupis via resepnusantara.com

Mendengar kata Kue Lupis mungkin yang ada dipikiran kalian adalah makanan khas Jawa. Tapi ternyata, Kue Lupis juga menjadi salah satu makanan khas Medan. Meskipun, secara tampilan Kue Lupis Medan dan Kue Lupis Jawa terbilang serupa, tapi keduanya memiliki perbedaan.

Jika Kue Lupis Jawa menggunakan bahan dasar dari tepung beras, maka Kue Lupis Medan menggunakan bahan dasar beras ketan. Beras ketan ini lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk kerucut atau segitiga. Kemudian, kue dimasak dengan cara dikukus hingga lembut. Barulah untuk penyajiannya ditaburkan dengan parutan kelapa.

16. Kue Ombusombus

Kue Ombusombus
Kue Ombusombus via ceritamedan.com

Kue Ombusombus menjadi salah satu kudapan yang bisa dijadikan pilihan untuk merasakan cita rasa makanan khas Medan. Kue ini juga sebenarnya mirip kudapan khas orang Jawa. Dibuat dari tepung beras yang ditengahnya diberi gula merah. Lalu kue dibungkus dengan daun pisang. Kemudian kue dikukus hingga masak.

Baca   Makanan Khas Jakarta yang Dijamin Enak

Kue Ombusombus ini biasanya disajikan saat pesta adat. Saat hari-hari besar atau ramadhan juga banyak dijadikan pilihan untuk takjil. Sedangkan di hari biasa, kue ombusombus ini bisa ditemui di jajanan pasar.

17. Lemang

Lemang medan
Lemang medan via phinemo.com

Makanan khas Medan selanjutnya adalah Lemang. Ini adalah makanan yang banyak dijumpai di Kota Tebing Tinggi namun di Kota Medan juga cukup banyak yang menjualnya. Makanan ini adalah olahan ketan yang bercita rasa gurih dan cocok dijadikan kudapan sore.

Lemang dibuat dengan cara mencapurkan beras ketan dengan santan. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan dalam seruas bambu. Kemudian siapkan api pembakaran untuk membakar bambu yang sudah dimasukan bahan Lemang tadi. Lemang dimasak hingga mulai keluar buih dari atas ruas bambu.

Lemang bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga dimakan dengan lauk pauk layaknya lontong. Ada juga yang memakan lemang dengan memakai durian dan tape ketan. Saat bulan ramdhan, Lemang semakin banyak ditemui dijual di tepi jalan.

18. Bika Ambon

Bika ambon
Bika ambon via lifestyle.okezone

Jika ke Medan, Bika Ambon menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang diburu wisatawan. Ya, Bika Ambon memang menjadi kue yang sudah erat kaitannya sebagai makanan khas Medan. Nama Ambon sendiri dipakai karena pada awalnya, kue ini dijual di Jalan Ambon, Kota Medan.

Bika Ambon adalah kue yang memiliki tekstur unik. Kue ini berserat-serta, tidak seperti kue pada umumnya yang bertekstur seperti spons. Bika Ambon juga memiliki aroma yang cukup khas. Rasanya juga unik dan cocok dijadikan pengananan untuk bersantai bersama teh atau kopi.

19. Bolu Meranti

Bolu meranti
Bolu meranti via kulinerkhasmedan

Selain Bika Ambon, Bolu Meranti adalah salah satu oleh-oleh wajib bagi siapa saja yang datang ke Medan. Bolu ini berbentuk bolu gulung. Bahan bolunya sama seperti bolu lainnya namun tidak begitu manis. Hal ini lantaran rasa manis akan didapat dari selai atau cream yang dipakai di dalam gulungan bolu dan diatas permukaannya.

Bolu Meranti memiliki beberapa pilihan rasa seperti nanas, moka, coklat, kacang, starwberry, dan yang paling populer adalah keju. Bolu Meranti bisa didapat di pusat penjualananya di oleh-oleh Medan atau bisa juga di bandara. Harganya sendiri sekitar Rp70 ribuan perboxnya. Sebagai oleh-oleh, Bolu Meranti bisa tahan sekitar 3 hari di suhu ruang.

20. Kacang Sihobuk

Kacang sihobuk
Kacang sihobuk via omiyago.com

Oleh-oleh lain yang bisa menjadi pilihan adalah Kacang Sihobuk. Kacang ini memang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung Utara, namun banyak ditemui juga di pusat oleh-oleh Kota Medan. Kacang Sihobuk adalah jenis kacang kulit. Hanya saja memiliki cita rasa berbeda lantaran dimasak menggunakan pasir.

Leave a Comment