Makanan Khas Malang yang Menggugah Selera

Menjelajahi Malang dijamin tak akan membosankan. Malang memang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Kalian bisa menjelajah eksotisme Bromo, bermain di Jatim Park, eksis di Museum Angkut, bersantai di Pantai Balekambang, dan banyak lagi lainnya yang tak akan habis untuk dijabarkan.

Tapi usai berpetualang, tentu perut akan terasa lapar. Nah, untuk yang satu ini juga tak perlu khawatir karena Malang adalah surganya kuliner. Di Malang, kalian bisa dengan mudah menemukan makanan dengan ragam variasi. Makanan khas Malang menjadi list yang harus kalian coba karena rasanya dijamin menggugah selera. Terpenting, makanan khas artinya memiliki cita rasa yang otentik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Agar tidak penasaran, ini dia 20 makanan khas Malang yang akan menggugah selera.

Makanan Khas Malang

1. Bakso Malang

Bakso malang
Bakso malang via resepkoki

Membicarakan makanan khas Malang, rasanya tak akan lepas dari Bakso Malang. Ya, Bakso Malang adalah salah satu jenis Bakso yang paling banyak dijumpai di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, tak lengkap jika ke Malang tapi tidak mencoba langsung Bakso Malang.

Bakso Malang menjadi favorit banyak orang tak lain karena komponen seporsi baksonya sangat lengkap. Isiannya tidak hanya pentol bakso tetapi ada juga somay, pangsit, mie kuning, bihun, sayuran, dan tauge. Pentol baksonya sendiri juga banyak varian, ada bakso urat, bakso telur puyuh, bakso sumsum, dan untuk yang bergaya kekinian juga ada bakso keju, bakso sosis, dan bakso cabai rawit.

Dari segi kuah, Bakso Malang juga menggunakan kuah kaldu sapi sebagaimana bakso lain. Hanya saja, kuah kaldu Bakso Malang cenderyng lebih berlemak karena penggunaan jeroan saat membuat kaldu.

2. Soto Lombok

Soto lombok
Soto lombok via akuliliy

Meskipun menggunakan nala Lombok, tapi ternyata soto ini adalah makanan khas Malang. Dinamakan Lombok karena penjual atau toko pertamanya berada di Jalan Lombok, Kota Malang. Soto ini sudah dianggap sebagai makanan khas Malang lantaran sudah sangat melegenda sejak beridri tahun 1955 silam.

Soto Lombok sendiri ada jenis soto ayam. Elemen lain juga ditambahkan pada seporsi soto yaitu kentang, tauge, irisan kol, dan telur rebus. Kemudian bahan disiram dengan kuah soto yang kental. Tak katinggalan, koya juga ditaburkan sebagai penambah cita rasa. Bagi yang suka sensasi kriuk, kerupuk juga disediakan sebagai pendamping soto.

3. Cwie Mie

Cwie mie
Cwie mie via travelingyuk

Makanan khas Malang berupa mie ini adalah salah satu alternatif kuliner yang pantas menjadi pilihan. Cwie Mie sendiri terbilang hidangan sederhana namun selalu membuat kangen dan nagih. Hal ini lantaran bumbu ayam yang digunakan tidak terlalu kuat alias polos dengan sedikit rasa asin.

Apalagi komponen isian dalam seporsi Cwie Mie cukup lengkap yaitu tahu isi, somay, bakso udang, dan pangsit. Tak ketinggalan sebagai pelengkap diberi potongan bawang daun dan selada. Makanan dengan harga sekitar Rp15.000an ini sangat cocok dimakan di cuaca Malang yang sejuk.

4. Orem-Orem

Orem-orem
Orem-orem via goodindonesiafood

Makanan khas Malang bernama Orem-Orem ini bisa menjadi pilihan ketika kalian bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja. Makanan ini bahkan memiliki sejarahnya sendiri yaitu dahulu sebelum tahun 80an hanya disajikan di acara khusus saja seperti syukuran atau hajatan nikah.

Orem-orem mirip dengan sayur lodeh, dimana Tempe bersama kompenen lain yaitu ayam dan lontong diberi kuah santan kuning yang gurih. Telur rebus, tauge, bawang goreng, dan kerupuk menjadi pelengkap yang bisa juga ditambahkan. Bagi yang ingin lebih pedas, bisa menambahkan sambal atau jika ingin manis bisa juga menambahkan kecap.

5. Tempe Mendol

Tempe mendol
Tempe mendol via resepkoki

Masih belum puas dengan orem-orem? Olahan tempe lain yang bisa dipilih adalah Tempe Mendol. Makanan khas Malang ini sudah sangat melegenda dan banyak peminatnya. Tempe Mendol sendiri adalah olahan tempe yang diberi aneka bumbu rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan lainnya hingga meresap ke dalam tempe dan membuat tempe menjadi berwarna kehitaman.

Baca   Makanan Khas Solo Yang Enak dan Wajib Kamu Coba

Rasa tempe yang awalnya cenderung hambar, namun setelah diolah menjadi Tempe Mendol memiliki cita rasa gurih, pedas, dan sedikit asam. Tempe Mendol bisa dimakan langsung dengan tambahan cabai rawit layaknya makan gorengan, atau dijadikan teman makan rawon dan pecel.

6. Sego Goreng Mawut

Sego goreng mawut
Sego goreng mawut via jatenglive

Jika kita biasanya memakan nasi goreng hanya berupa nasi goreng dengan telur atau suwiran ayam, maka di Malang kita bisa memesan variasi lain yaitu Sego Goreng Mawut. Ciri utama pembeda dari Sego Goreng Mawut adalah kolaborasi antara nasi goreng dan mie goreng. Selain itu diberi tambahan lauk seperti

Hidangan ini adalah berupa Nasi Goreng namun dengan tambahan mie goreng dan lauk. Lauk yang biasa dipakai adalah ayam goreng, telur dadar, acar, tomat, sawi hijau, kol, serta kerupuk udang sebagai pelengkapnya. Sego Goreng mawut ini sangat cocok dijadikan pilihan menu makan malam di dinginnya suhu Malang.

7. Tahu Campur

Tahu campur
Tahu campur via resephariini

Tahu Campur sebenarnya bisa ditemui di banyak tempat di Jawa Timur. Tapi biasanya ada saja perbedaan antara kota satu dengan yang lainnya. Di Malang, Tahu Campur juga cukup banyak penjajanya. Makanan berbaha utama tahu ini memang digemari karena cukup lengkap dan puas untuk menyantap satu porsinya.

Satu porsi Tahu Campur berisikan tahu goreng, sop daging sapi, perkedel singkong, tauge, selada, dan mie kuning, serta kerupuk udang sebagai tambahan. Komponen ini lalu dicampur ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal. Kelengkapan tekstur dan rasa inilah yang menjadikan Tahu Campur siap menggoyang lidah.

8. Nasi Buk

Nasi buk
Nasi buk via mainmakan com

Kata Buk pada nama Nasi Buk ditujukan kepada panggilan untuk wanita yang menjualnya. Wanita penjual nasi buk ini sendiri sebenarnya kebanyakan adalah keturunan Bangkalan Madura, namun banyak yang berdagang di Malang sehingga dianggap sebagai makanan khas Malang.

Nasi Buk sendiri merupakan hidangan berupa nasi dengan lauk beraneka macam seperti serundeng, lodeh, dendeng, ayam goreng, empal, jantung kelapa, bakwan jagung, mendel, dan lain sebagainya. Kesan tradisional semakin terasa lantaran penyajian Nasi Buk menggunakan daun pisang.

9. Rawon

Rawon
Rawon via masakandapurku

Rawon memang sangat terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Di Malang, Rawon juga menjadi makanan khas yang bisa dengan mudah didapatkan. Rawon memiliki ciri khas warnanya yang hitam pekat. Warna ini berasal dari penggunaan kluwek.

Rawon Malang juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Daging dipotong kecil dan dimasak dengan bumbu rempah yang terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, garam, minyak nabati, dan kluwek. Sebelum dihidangkan, Rawon juga ditambahkan tauge, telur asin, sambal, dan kerupuk udang. Biasanya, penyantap rawon akan langsung memasukkan atau mencapurkan nasi hangat di piring rawonnya.

10. Bakso Bakar

Bakso bakar
Bakso bakar via agrowindo

Mendengar kata Bakso Bakar mungkin kalian berpikir ini adalah makanan biasa dan tergolong baru. Tapi ternyata, Bakso Bakar bisa dikatakan sebagai makanan legendaris di Malang yang sudah populer sejak tahun 1997. Bakso Bakar Malang memang berupa bakso daging yang ditusuk menggunakan tusuk sate, lalu di bakar diatas bara api atau pembakaran lain. Bakso juga akan diberi bumbu saos dan sambal sehingga cita rasanya lebih kuat. Apalagi sensasi hangus dari bekas bakaran justru menimbulkan aroma yang menggoda.

Baca   Makanan Khas Banten Penggugah Selera

11. Menjes

Menjes
Menjes via beritagar

Menjes bisa dikatakan sebagai tempenya orang Malang. Makanan khas Malang ini terbuat dari kedelai ampas tempe atau ampas tahu. Menjes dari ampas tempe memiliki tekstur lebih kasar dan berwarna lebih hitam. Sedangkan Menjes yang terbuat dari ampas tahu memiliki tekstur halus, empuk, dan warnanya lebih terang. Untuk Menjes Tahu, biasanya juga digoreng dengan baluran tepung sehingga ada sensasi garing di bagian luarnya layaknya gorengan tahu. Menjes ini bisa dimakan langsung dengan tambahan cabai rawit layaknya gorengan.  Biasanya Menjes dijadikan kudapan untuk sore hari ditemani teh dan kopi.

12. Sate Landak

Sate landak
Sate landak via ulinulin

Bagi banyak orang mungkin makanan ini cukup ekstrem, tapi ternyata di Malang ada penjual legendarisnya. Sate ini memang menggunakan daging landak asli, bukan daging ayam atau kambing seperti umumnya. Inilah yang membuat Sate Landak di Malang justru membuat orang penasaran.

Tampilan dan cara membuat Sate Landak terbilang sama seperti sate pada umumnya. Daging landak dipotong kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Lalu sate di bakar hingga matang merata. Ternyata juga, sate Landak cukup empuk untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk bumbunya masih juga menggunakan bumbu kacang dengan tambahan potongan bawang dan cabai rawit.

13. Putu Lanang

Puthu Lanang

Puthu Lanang
Puthu Lanang via travelingyuk

Putu khas Malang bernama Putu Lanang. Jajanan ini sudah sangat legendaris dan semua warga Kota Apel, Malang tentu sudah mengenalnya. Putu Lanang sudah ada sejak tahun 1935 dan bertahan hingga kini pasti karena memiliki keistimewaan tersendiri. Kegurihan dari tepung beras yang melapisi lelehan gula merah dari Puru Lanag dianggap lebih nendang. Apalagi dengan taburan kelapa parut, Kue Putu menjadi lebih nikmat lagi untuk disantap.

Penjual Putu Lanang di Malang yang melegenda tersebut berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang. Buka dari sore hingga malam hari, pengunjung tidak hanya bisa mencoba Putu Lanang melainkan juga jajanan lain seperti Klepon, Lupis, dan Cenil.

14. Nasi Pecel Kawi

Nasi pecel kawi
Nasi pecel kawi via bisniswisata co id

Malang ternyata juga punya hidangan Pecel legendarisnya sendiri yaitu Nasi Pecel Kawi. Sudah ada sejak tahun 1975, Pecel Kawi menjadi salah satu Makanan khas Malang yang berhasil bertahan lantaran memiliki keunggulan dari cita rasanya yang nikmat dan khas.

Pecel Kawi secara umum sama seperti Pecel Sayur khas Jawa lainnya yaitu terdiri dari aneka sayuran dan diberi bumbu kacang. Tapi ada komponen yang berbeda dari Nasi Pecel Kawi dibandingkan pecel lainnya. Nasi Pecel Kawi memiliki tambahan lauk lain yang bisa dipilih seperti tempe, tahu telur mata sapi, sate-satean, jeroan, perkedel, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan kripik tempe dan peyek juga menjadi pelengkap.

15. Soto Geprak

Soto geprak
Soto geprak via cindenian

Bagi pecinta kuliner yang suka dengan atraksi-atraksi khusus, maka jangan lewatkan untuk mencoba mampir ke Soto Geprak yang berada di Kawasan Blimbing, Kota Malang. Soto Geprak ini sudah sangat terkenal termasuk bagi ornag luar Malang lantaran selain enak juga memiliki keunikan.

Dinamakan Soto Geprak lantaran dahulu penjualnya akan memukul keras daging agar lunak sehingga menimbulkan geprakan di atas meja. Suaranya yang keras itulah yang membuat orang-orang menamainya Soto Geprak.

Secara tampilan Soto yang sudah ada sejak tahun 1935 ini tidak berbeda jauh dengan soto lainnya. Hanya saja kuahnya yang cenderung berwarna kuning terasa segar dan gurihnya tidak berlebihan.

16. Tahu Lontong

Tahu lontong
Tahu lontong via travelingyuk

Tahu Lontong juga menjadi salah satu makanan khas Malang yang tak boleh dilewatkan. Legendarisnya kuliner satu ini bahkan ada penjual yang sudah membuka dagangannya sejak tahun 1935. Lokasinya berada di Jalan Laksamana Martadinata, Kota Malang.

Baca   Makanan Khas Semarang Yang Terkenal dan Enak Banget

Tahu Lontong sebagaimana namanya memang berbahan utama tahu goreng dan lontong. Namun tentu tak hanya itu, ada tambahan komponen lain seperti tauge. Tambahan telur juga bisa dipilih untuk menambah kaya rasa. Hal yang spesial dari Tahu Lontong adalah bumbu kacangnya yang manis gurih dan bercampur dengan sambal petis.

17. Angsle Malang

Angsle
Angsle via merahputih

Variasi lain dari makanan khas Malang yang bisa menjadi pilihan adalah Angsle. Kudapan ini mirip dengan sekoteng dengan isian berupa kacang hijau, kacang tanah sangrai, irisan roti, putu mayang, tape singkong, ketan hitam, ketan putih kukus, dan bubur mutiara.

Bahan-bahan tersebut lalu dicampur dalam wadah dan disiram kuah santan. Kuah santan yang dipakai adalah campuran antara santan, garam, gula, jahe, dan daun pandan. Disajikan dalam keadaan hangat, Angsle Malang sangat nikmat disantap saat malam hari ditengah cuaca Malang yang dingin.

18. Sate Kelinci

Sate kelinci
Sate kelinci via malang merdeka

Di Malang, Sate Kelinci juga menjadi makanan yang cukup populer. Sate ini memang menggunakan daging kelinci sebagai bahan pembuatannya. Secara tampilan, mungkin banyak yang tak mengetahui bedanya sate kelinci dan sate ayam. Tapi ketika dimakan dan diperhatikan, akan ada perbedaannya. Serat daging kelinci akan terasa lebih halus dan lebih kenyal.

Untuk penyajian, Sate Kelinci juga menggunakan bumbu kacang. Gurihnya bumbu kacang berpadu dengan lembutnya daging kelinci yang sudah dibakar menjadi kolaborasi yang nikmat. Kalian juga bisa memakannya langsung atau bisa juga ditambah dengan nasi hangat atau lontong.

19. Tahwa

Tahwa
Tahwa via ngalam co

Mendengar namanya mungkin terasa asing dan unik. Tapi sebenarnya Tahwa adalah salah satu jenis makanan yang cukup banyak dijumpai di daerah lain dengan nama yang berbeda. Tahwa Malang ini merupakan tahu lembut yang terbuat sari kedelai yang dibekukan hingga bertekstur seperti puding. Tahu ini lalu disantap dengan diberi kuah jahe.

Sensasi memakan Tahwa tentu sangat berbeda. Lembutnya tahu yang cenderung hambar, menjadi pas ketika dipadukan dengan hangat dan sedikit pedasnya dari kuah jahe. Cara penyajiannya juga bisa hangat ataupun dingin. Keduanya sama-sama nikmat dan memberi sensasi yang unik.

20. Strudel Malang

Strudel
Strudel via dream co

Semua tentu sudah tahu bahwa Malang terkenal sebagai penghasil buah Apel hijau yang bahkan disebut sebagai Apel Malang. Oleh karena itu, pasti apel menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa dijadikan pilihan. Tetapi jika hanya membawa apel tentu menjadi biasa saja. Untuk itu, kalian bisa memilih membeli oleh-oleh berupa Strudel khas Malang.

Strudel adalah kue berlapis yang terbuat dari pastry. Kue ini memang berakar dari makanan Belanda, namun sudah berakulturasi menjadi oleh-oleh khas dari Malang. Strudel ini berisikan olahan apel sehingga rasanya cukup unik karena ada sensasi asam dari apel. Namun selain apel, Strudel Malang juga ada isian buah lainnya seperti stroberi, pisang, nanas, atau gabungan buah.

Leave a Comment