Jenis-jenis Kucing yang Lucu dan Cocok Untuk Dipelihara

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat disukai oleh beberapa orang, terutama bagi wanita mungkin hampir semua wanita suka dengan peliharaan yang satu ini. Selain lucu kucing juga mempunyai beberapa manfaat terutama apabila dirumah anda ada tikus, nah kucing sangatlah diperlukan dalam peran tersebut mungkin karena kucing memakan seekor tikus sehingga teman-teman tikus yang lainnya tidak berani memasuki rumah anda, hehee.

Apabila anda bingung mencari kucing simak lah jenis-jenis kucing berikut yang dapat membantu anda untuk mencari kucing kesukaan anda yang mungkin membuat anda langsung ingin membelinya.

1. Kucing Persia

Kucing Persia
kucingpedia.com

Kucing yang pertama ini adalah jenis kucing persia dia mempunyai ciri-ciri yaitu berbadan gemuk atau besar dan berbulu panjang, itulah yang menjadi ciri khas kucing persia ini, selain mempunyai badan besar dan bulu yang panjang kucing ini juga mempunyai hidung yang pesek.

Ketika anda ingin memelihara kucing persia ini anda harus mengerti perawatan kucing yang baik dan benar karena kucing persia ini harus dirawat dan diperlakukan dengan sangat halus sama dengan bulu yang dimilikinya.

2. Kucing Anggora

Kucing Anggora
kucingpedia.com

Mungkin sudah banyak yang mengenal kucing yang satu ini karena berbulu putih dan panjang kucing ini dikenal dengan nama kucing anggora yang berasal dari daerah anggora (Turki). Kucing ini sangat disukai oleh semua orang untuk dipelihara, mungkin di indonesia sudah jarang yang memilikinya karena sudah dilarang atau sudah dibatasi oleh Turki.

Kucing anggora ini merupakan kucing yang sangat unik, jika dilihat dari kepalanya dan juga matanya. Kemudian bulu kucing anggora ini hanya lebat pada bagian leher dan ekornya saja. Menariknya lagi pada saat kucing ini berjalan sehingga banyak orang yang menyukai jenis kucing yang satu ini.

3. Kucing Himalaya

Kucing Himalaya
hewan.id

kucing himalaya adalah salah satu jenis kucing persia dan termasuk jenis kucing yang banyak diminati di dunia. Kucing himalaya memiliki wajah yang menggemaskan ditambah lagi dengan bulu yang panjang, lebat dan unik membuat para pencinta kucing ingin memiliki kucing tersebut.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa kucing persia himalaya ini sudah terkenal di seluruh dunia dan ada juga yang mengatakan bahwa kucing persia himalaya ini hanya terkenal di benua eropa pada tahun 1950-an.

Karena kucing ini mempunyai badan yang gemuk dan kaki yang pendek sehingga membuat kucing persia himalaya ini sulit untuk melompat tetapi disisi lain kucing pesia himalaya sama seperti kucing siam yang berarti mempunyai tubuh yang langsing dan anggun.

4. Kucing Hutan

Kucing Hutan
kucingpedia.com

Kucing hutan atau kucing Blacan yang biasa dijuluki dengan Asian Leopard Cats (ACL). Karena memiliki bulu yang mirip sekali dengan leopard hewan ini menjadi salah satu hewan yang paling sering dibunuh di hutan. Blacan termasuk dalam sepesies Prionailurus Bengalensis (P.B).

Ada 3 jenis kucing hutan yang terdapat di negara Indonesia yaitu sub spesies P.B Javanensis yang terdapat di wilayah jawa-bali, P.B Sumatranus di Sumatera, dan yang terak hir yaitu P.B Borneoensis yang berada di daerah kalimantan.

5. Kucing Siam

Kucing Siam
id.wikipedia.org

Siamese atau yang biasa dikenal dengan kucing siam. Apakah kalian tahu bahwa kucing yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia? tetapi sepertinya tidak untuk di indonesia, mungkin hanya beberapa orang saja yang mengenalnya.

Kucing ini berasal dari negara Thailand, Nah nama siam ini diambil dari negara siam atau yang biasa kita kenal sekarang namanya yaitu Thailand, jika kalian berkunjung ke negara yang satu ini pasti akan menjumpai kucing ini. Namun Kucing ini memiliki keunikan meskipun memiliki banyak jenis tapi warna bulunya sama dan matanya juga berwarna biru semua.

6. Kucing Maine Coon (Menkun)

Kucing Maine Coon
idntimes.com

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang unik. Kucing Maine Coon ini menjadi salah satu ras kucing tertua di dunia dimana berasal dari Maine, Amerika Serikat yang konon dipercaya sebagai nenek moyang ras kucing Anggora dan Norwegian Forest.

Kucing ini mempunyai mata yang tajam, moncong serta hidung dan mulut yang khas. Selain itu kucing ini punya ketrampilan berburu yang cerdas dan menjadi salah satu kucing yang populer di dunia.

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang ramah dan bersahabat dengan manusia, semakin sering kamu bermain dengan kucing ini maka ikatan yang kamu jalin dengan si kucing akan semakin bagus dan ia akan lebih suka berada di sekitarmu.

Kucing ini bisa dibilang mandiri, walaupun ia dibesarkan di rumahmu namun ia akan cepat beradaptasi di alam liar bahkan ia suka bermain air. Kucing yang punya ciri khas yang unik dibandingkan dengan kucing yang lain ini memang bagus, namun masih kurang populer dibandingkan dengan kucing persia.

7. Kucing Persia Peaknose

Kucing Peaknose
hewan.id

Kucing persia peaknose, banyak orang yang tertarik untuk mengadopsi jenis kucing yang imut ini dan tidak jarang juga loh jenis kucing persia peaknose sering diikut sertakan dalam kontes kucing yang diselenggarakan oleh para pecinta kucing di dunia.

Kucing Persia Peaknose long hair sebenarnya merupakan nama lain atau sebutan untuk jenis kucing persia yang mempunyai hidung yang sangat pesek. Tetapi oleh orang Indonesia sendiri disebut dengan “Peaknose”.

Jadi sebenarnya perbandingannya terletak pada hidung antara hidung yang mancung dan pesek. Awalnya kebanyakan para pencinta kucing pasti bertanya-tanya  kucing persia pesek sebenarnya kucing jenis apa sih?

8. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll
kucingpedia.com

Kucing ragdols adalah jenis ras kucing yang paling besar di dunia yang sudah diakui oleh Guines World Of Record. Kucing ragdolls memiliki sejarah yang konon katanya pertama kali dikembangkan oleh ann baker, seorang peternak kucing persia yang berasal dari negara Amerika.

walaupun kucing ragdolls ini belum sepenuhnya diakui oleh beberapa organisasi kucing yang bertugas sebagai organisasi untuk pendataan standart ras kucing di dunia seperti TACF,TICA,CFA,FIFe, tetapi kesuksesan seorang peternak kucing yang bernama ann beker yang terus mengembangkan jenis kucing ragdoll seorang diri dan memperoleh hasil yang cukup bagus.

Maka dari itu berdirilah organisasi kucing ras ragdoll pada tahun 1971. Dan akhirnya kucing ragdoll ini diakui oleh berbagai organisasi kucing tingkat dunia yang memiliki sebuah standart ras. Contoh organisasinya seperti CAA/AFCA,ACF,CCA,FIFe,AACE,CFA,TICA.

9. Kucing Savannah

Kucing Savannah
jitunews.com

Kucing savannah atau sering disebut sabana merupakan salah satu kucing hasil perkawinan silang dari kucing liar dari Afrika dengan kucing domestik ras siam, bengal, dan egyptian mau. Kucing ini dinobatkan sebagai kucing terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 44 cm.

Kucing Savannah dapat dibilang kucing termahal di dunia karena harganya yang mencapai 200 – 350 juta. Hebatnya lagi, ada orang Indonesia yang ternak kucing-kucing hibrida hasil persilangan semacam Caracal, Serval, Chausie dan Savannah ini.

Savannah sangat suka bermain, tak takut air dan pendiam saat berada di sekitar manusia bahkan tidak akan mencakar atau menggigit. Sifat pendiamnya ini menurun dari gen domestik yang ada dalam Savannah. Savannah juga bisa tumbuh cukup besar hingga punya berat badan 10 kg bahkan lebih.

11. Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
kucingpedia.com

Kucing Scottish Fold adalah jenis kucing domestik yang mengalami mutasi genetik dominan secara alami yang mempengaruhi seluruh tulang rawan di tubuh, yang menyebabkan telinga kucing ini terlipat ke arah depan. Dengan telinganya yang terlipat ini, kucing scottish fold terlihat seperti burung hantu. Berbeda dengan Kucing American Curl yang telinganya terlipat ke belakang, Scottish Fold telinganya tertutup ke depan.

Asal mula kucing ras Scottish Fold ini berawal dari kucing putih bernama Susie yang ditemukan di Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961. Susie memiliki telinga yang tidak biasa, telinganya terlipat sehingga menyerupai burung hantu. Ketika Susie memiliki anak pada tahun 1963, dua diantaranya lahir dengan telinga terlipat, dan salah satunya diadopsi oleh Willian Ross, tetangga kebunnya sekaligus pecinta kucing.

Susie hanya menghasilkan satu anak kucing betina yang telinganya terlipat bernama Snooks, yang juga berwarna putih. Sedangkan anak betina lainnya segera dikebiri setelah lahir. Tiga bulan setelah Snook lahir, Susie akhirnya mati karena tertabrak mobil. Jadi bisa dikatakan bahwa seluruh kucing Scottish Fold memiliki darah Susie sebagai leluhurnya.

William Ross yang telah mengadopsi Snooks lalu mendaftarkan kucingnya di GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) di Inggris pada tahun 1966 dan memulai untuk melakukan breeding dengan bantuan pakar genetik Pat Turner.

12. Kucing Mix Dome

Kucing Mix Dome
olx.co.id

Kucing mixdome adalah perkawinan berbeda ras pada kucing yang biasanya lebih dari 2 ras. Perkawinan ras kucing tersebut bisa disebabkan secara alami ataupun bantuan manusia. Kucing jenis mix dome hampir mirip dengan jenis hibrida yang terjadi karena perkawinan dengan kucing liar, seperti kucing liar afrika.

13. Kucing Garfield

Kucing Garfield
okdogi.com

Kucing ini umumnya memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ras Persia, namun yang membedakan dari kedua kucing tersebut ialah pada bagian bulu kucing Garfield yang sangat exotic karena lebih pendek ( keturunan ras American Shortair ). Kucing jenis Garfield memiliki ciri pada bagian hidung yang lebih pesek, bulu yang pendek, dahi lebar serta mata yang bulat dan besar.

14. Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian
segalahobi.com

Ini merupakan salah satu kelompok kucing tertua di dunia. Banyak sumber mengatakan asal kucing ini berada di sekitaran Mesir dan sudah hidup di zaman kerajaan Mesir. Kelompok kucing jenis ini mempunyai kecerdasaan yang cukup tinggi. Abysinian sangat senang sekali berada di dekat manusia. Mereka selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan majikannya. Selain itu ras kucing ini juga mudah di latih untuk melakukan segala sesuatu.

Abyssinian adalah kucing yang berukuran tubuh sedang, langsing dan anggun dengan bulu pendeknya. Kaki Abyssinian panjang sehingga jika mereka berjalan terlihat sangat anggun. Kepala abyssinian memiliki bentuk kepala segitiga dengan sudut agak berbentuk bulat. Salah satu ciri khas kucing ini juga terdapat pada pola warna bulunya yang berbintik-bintik yang sering di sebut Ticket Agouti.

15. Kucing Manx

Kucing Manx
agrinak.com

Ini termasuk salah satu ras kucing dengan harga termahal di dunia karena memiliki perbedaan di ukuran ekornya, Manx mempunyai ekor lebih pendek dari ras kucing lainnya. Kaki belakang Manx lebih panjang daripada kaki depan dan kucing ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda tetapi hanya warna putih yang sangat langka di temukan.

16. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
kucingpedia.com

Di balik wajah dan bentuk fisiknya yang seram, ternyata Sphynx memiliki sifat yang sangat ramah, lembut dan suka mencari perhatian pemiliknya. Kucing ini sangat mudah akrab dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya, termasuk anjing sekalipun. Kucing Sphynx merupakan kucing yang aktif dan sangat gemar bermain. Karena memiliki bulu yang pendek, Sphynx tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari. Sphynx merupakan kucing dengan harga yang sangat mahal.

17. Kucing Caracal

Kucing Caracal
gayahidup.dreamers.id

Jenis kucing yang satu ini adalah kucing caracal. Ini adalah kucing yang memiliki perawakan tubuh besar dan tinggi mirip rusa. Telinganya panjang seperti kancil. Caracal Cat pada dasarnya tergolong kucing hutan yang tidak lazim dipelihara. Tapi harganya ditaksir mencapai Rp200.000.000 kalau dijual. Wah, pantasan saja keberadaannya di alam hampir punah. Karena diburu terus.

18. Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail
rawatkucing.com

American Bobtail lahir dari mutasi genetik alamiah pada awalnya. Lalu pada tahun 1960an, John dan Brenda Sanders mengadopsi kucing ekor pendek ini dan menyilangkannya dengan kucing betina yang mereka sudah miliki. Hasilnya, seluruh anak kucing lahir dengan keadaan ekor pendek dan memberi ide bahwa sifat ekor pendeknya itu dominan.

Sesuai namanya, ciri utama kucing ini adalah ekornya yang pendek. Bulu yang mereka miliki cenderung tipis dan datang dengan berbagai corak warna. American Bobtail merupakan kucing keluarga yang sangat baik dan menyenangkan, dia relatif jinak dan tidak galak baik terhaadap anak kecil ataupun anjing peliharaan di rumah, dengan catatan tidak melakukan gestur agresif terhadap kucing seperti menarik kumisnya. Dia sangat suka bermain fetch dan juga kucing yang tergolong traveller, membuat dia bisa diajak jalan-jalan tanpa perlu khawatir dia akan stress seperti kucing lain.

19. Kucing Arabian Mau

Kucing Arabian Mau
id.wikipedia.org

Arabian Mau sudah ada di semenanjung Arab untuk lebih dari 1000 tahun. Kucing padang pasir ini sudah ada di jalan-jalan Kuwait, Omar, Qatar, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia. Kalau kamu jalan-jalan ke negara timur tengah tersebut, kamu pasti akan tidak asing dengan mereka. Meski sudah berumur lama, hanya baru-baru ini saja jenis kucing ini diakui.

Kucing ini sangat terbiasa dengan suhu panas, karena kucing ini merupakan pemburu alami dan terbiasa dengan gaya hidup di padang pasir. Kucing ini cenderung kalem dan hanya mengeong ketika ada maunya seperti meminta makan. Mereka suka bermain dan cenderung aktif. Mereka juga tidak sulit dan memilih-milih makanan, karena mereka cenderung suka makan. Akan tetapi, kucing ini bersifat territorial dimana biasanya kucing jantan akan menjaga teritori mereka dari kucing jantan lainnya.

20. Kucing Aegean

Kucing Aegean
majalahhewan.com

Aegean merupakan satu-satunya jenis kucing alamiah yang berasal dari Yunani. Maksudnya, kucing ini berkembang tanpa adanya interferensi manusia sama sekali. Mereka mendapatkan namanya dari Laut Aegean. Meski sudah merupakan kucing domestik, Aegean baru mendapatkan pengakuan pada tahun 1990.

Aegean memiliki ciri khas bulu yang pendek dan tubuh yang cenderung berotot. Pasti sekilas kamu berpikir “wah, seperti kucing kampung ya” dan itu tidak salah juga. Kucing ini terdapat banyak di tempat asalnya itu sendiri yaitu Yunani, namun tidak begitu banyak tersebar diluar itu. Aegean merupakan salah satu jenis kucing tertua yang alamiah, bukan melalui persilangan antar ras lainnya yang menjadikan dia terbebas dari kelainan genetik.

Tidak banyak yang memelihara dia diluar negara asalnya. Akan tetapi di Yunani itu sendiri banyak yang memelihara Aegean dan beberapa masih hidup liar juga di jalan. Kucing Aegean liar bertahan hidup melalui kemampuan alamiahnya dalam berburu maupun diberi makan oleh nelayan setempat. Meski terlihat independen, kucing Aegean sangatlah menyukai interaksi dengan manusia dan bahkan anak kecil.

Leave a Comment