Sepeda Lipat Terbaik untuk Teman Gowes Santai

Saat ini produk sepeda lipat terbaik semakin banyak dilirik. Sepeda kini telah berubah fungsi bukan lagi sebagai sarana transportasi. Bersepeda kini lebih menjadi tren gaya hidup sehat yang sedang digandrungi banyak orang. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan untuk menggeluti hobi gowes adalah sepeda lipat terbaik yang praktis dan juga stylish.

Sepeda lipat adalah sepeda yang body-nya bisa dilipat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana. Saat ini banyak sekali produsen sepeda lipat baik dari luar ataupun dalam negeri seperti United, Apollo, Trifold, Evergreen, dan lain sebagainya. Lalu merk apa yang sebaiknya kita pilih saat akan membelinya?

Ternyata memilih merk sepeda lipat adalah hal yang penting, terutama jika Kamu mengutamakan kualitas, performa, dan juga kenyamanan saat gowes. Sepeda lipat terbaik tentunya memiliki kriteria yang kuat, awet, desainnya stylish, dan juga terdapat banyak varian warna yang bisa Kamu pilih.

Sepeda Lipat

Tips Memilih Sepeda Lipat dengan Kualitas Terbaik

Sepeda Lipat Polygon

Ada banyak merk sepeda lipat kualitas terbaik yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara memilih sepeda lipat yang cocok untuk Kamu? Pastinya selain mempertimbangkan harga dan juga budged yang kita punya, ada beberapa tips bagaimana memilih sepeda lipat terbaik khusus untuk Kamu.

Pilih Ukuran Roda yang Pas

Ternyata sepeda lipat memiliki ukuran roda yang berbeda-beda antara 16 – 20 inchi. Bisa dikatakan bahwa sepeda lipat memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda konvensional/biasa lainnya. Tak lain tujuan pemasangan roda berukuran kecil adalah agar bisa lebih mudah dilipat dan dibawa kemana saja. Karena memang sepeda ini memiliki rancangan yang portable.

Ukuran roda terkecil yaitu 16 inchi menawarkan kemudahan membawa sepeda lipat kemanapun, sedangkan ukuran 20 inchi mungkin akan lebih sulit dilipat dan memakan lebih banyak tempat saat dibawa bepergian. Namun roda 20 inchi adalah pilihan yang tepat bagi Kamu yang mengutamakan kenyamanan saat bersepeda dibandingkan dengan body compact saat dibawa berpergian.

Bagi Kamu yang kurang puas dengan ukuran ban kecil, Kamu bisa membeli sepeda lipat dengan ukuran roda antara 24 – 26 inchi. Sepeda dengan roda besar ini mungkin akan lebih sulit dilipat, namun Kamu akan bisa merasakan kenyamanan yang lebih baik saat bersepeda.

Kenyamanan

Sebenarnya sepeda jenis lipat sama nyamannya dengan sepeda biasa. Namun banyak orang yang masih ragu untuk membelinya. Jika begitu, Kamu bisa mencari review sepeda lipat merk apa yang nyaman digunakan. Kamu bisa dengan mudah menemukan review-review mengenai merk sepeda lipat di internet atau forum-forum pecinta sepeda.

Hal-Hal Teknis

Hal-hal teknis ini maksudnya seperti jenis material yang digunakan untuk bahan sepeda lipat. Kamu wajib mempertimbangkan dan paham jenis material apa yang digunakan sebagai rangka sepeda. Jangan sampai Kamu membeli sepeda lipat dengan material langka yang tidak awet, mudah bengkok, berkarat, dan masalah-masalah lainnya.

Mungkin memang jenis sepeda ini akan menggunakan jenis material yang berkualitas, misalnya saja stainless steel dan juga alumunium. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, namun akan sebanding dengan kualitasnya. Pertimbangkan untuk membeli sepeda lipat dengan harga yang lebih mahal namun berkualitas dibandingkan dengan yang murah tapi mudah rusak.

Pertimbangkan Merk Sepeda

Berbeda merk beda pula kualitas sepeda lipat yang akan Kamu beli. Karena itu Kamu sebaiknya mempertimbangkan membeli sepeda dari merk yang sudah terpercaya daripada kecewa. Lebih baik membeli sepeda lipat dengan harga yang paling murah dari sebuah vendor kenamaan daripada membeli sepeda mahal dari merk yang belum jelas kualitasnya.

Pilihlah Sesuai Kebutuhan Kamu

Kamu pasti akan membeli sepeda lipat untuk kebutuhan tertentu, misalnya saja untuk alat transportasi sehat ke kantor atau kampus, olahraga di akhir pekan, atau untuk menekuni hobi. Apakah sepeda akan digunakan setiap hari atau hanya sesekali di akhir pekan misalnya. Tentunya Kamu harus menyesuaikan pemilihan kualitas sepeda dengan kebutuhan itu.

Baca   Kaca Pembesar Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Dijadikan Pilihan

Perhatikan Berat Sepeda

Masing-masing produk sepeda merk tertentu memiliki berat yang berbeda antara 10-20 kg. Semakin berat sepedanya, tentu akan semakin sulit untuk dibawa dan dilipat. Jika Kamu akan sering melipat dan membawa sepeda ini bepergian dengan kendaraan, sebaiknya Kamu memilih sepeda lipat dengan berat sekitar 10kg saja agar lebih mudah.

Periksa Metode Lipatan

Bagi Kamu yang masih awam, sepeda lipat ternyata memiliki metode lipatan yang berbeda tergantung tipe dan merknya. Lipatan yang paling umum adalah pada bagian pegangan dan juga badannya. Namun ada juga sepeda yang hanya bisa dilipat bagian pegangannya saja sehingga harus disimpan secara vertikal.

Memang semakin banyak bagian sepeda yang bisa dilipat, akan semakin memudahkannya untuk disimpan dan dibawa bepergian. Namun Kamu juga harus tau bahwa semakin banyak lipatan maka sepeda akan semakin kurang stabil dan berbahaya.

Tekuni Hobi Gowes dengan 15 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik

Sepeda Lipat

Olahraga bersepeda atau dalam bahasa kekinian disebut gowes kini semakin diminati, apalagi di daerah perkotaan. Terlebih kini Kamu bisa menikmati acara car freeday yang rutin digelar hampir di semua kota-kota di Indonesia setiap weekend. Pasti akan sangat seru jika Kamu berolahraga dan pergi ke acara car freeday dengan menaiki sepeda lipat terbaik yang nyaman dan juga aman.

Apollo Folding Bike – Rp 14.999.000,00

Sepeda Lipat Apollo Folding Bike

Sepeda Lipat Apollo Folding Bike Sumber: i.pinimg.com

Kamu butuh sepeda yang bisa memudahkan saat capek? Pakai saja sepeda lipat elektrik salah satunya dari merk Apollo. Sepeda lipat kualitas terbaik ini menggunakan baterai dan controller yang terintegrasi dengan rangka/frame sepeda. Canggihnya lagi, Appollo ini menggunakan sistem sensor yang akan aktif saat Kamu pertama kali mengayuh pedalnya. Sensor ini berfungsi sebagai power steering seperti pada mobil.

Penampilannya sendiri sangat keren dengan desain yang futuristik, simpel, dan juga stylish. Warna silver metalik membuat tampilan sepeda lipat ini terlihat begitu sporty dan berkelas. Sepeda ini pasti akan menarik banyak perhatian saat digunakan di car freeday.

Xiaomi Qicylce Smart Folding Bike – Rp 12.250.000,00

Sepeda Lipat Xiaomi Qicylce Smart Folding Bike

Sepeda Lipat Xiaomi Qicylce Smart Folding Bike Sumber: http://velomarket61.ru

Kamu butuh sepeda yang bukan hanya berkualitas namun juga dilengkapi dengan teknologi canggih? Jawabannya ada pada Xiaomi Qicycle Smart Folding Bike. Sepeda lipat merk Xiaomi ini ternyata dilengkapi dengan baterai jenis lithium yang bisa Kamu gunakan untuk berkendara hingga jarak 45 km. Sepeda ini dilengkapi dengan 3 tingkatan transmisi percepatan yang berbeda-beda.

Viva Cycle Camaro Y222 – Rp 5.858.000,00

Sepeda Lipat Viva Cycle Camaro Y222

Viva Cycle bukan hanya sepeda yang mengedepankan segi kepraktisan, namun juga kekuatan. Rangka sepeda ini dibuat dari material alloy yang selama ini selalu digunakan untuk memproduksi velg kendaraan roda 4. Desainnya yang ergonomis membuat sepeda ini mudah untuk dilipat dan juga dibawa kemanapun. Viva Cycle bisa Kamu gunakan baik untuk alat transportasi harian atau olahraga.

Dahon SUV D6 – Rp 4.990.000,00

Sepeda Lipat Dahon SUV D6

Dahon adalah merk sepeda lipat yang sangat mudah dibawa bahkan di kendaraan umum dengan desainnya yang kompak dan ergonomis. Sepeda ini beratnya hanya 14kg dan Kamu tidak perlu mengangkat-angkat sepeda saat akan dibawa bepergian. Kamu cukup mendorongnya saja. Bahkan bagian pedal dan juga tangan sepeda ini bisa dilipat sehingga lebih hemat tempat.

Viva Cycle VMC 665 – Rp 4.820.000,00

Speda Lipat Viva Cycle VMC 665

Siapa bilang sepeda lipat tidak bisa dipakai pada medan yang berat? Viva Cycle menghadirkan sepeda lipat terbaik dengan tipe VMC 665 yang merupakan sepeda gunung. Sepeda ini didesain memiliki rangka dan velg yang kuat untuk menghadapi medan berat.

Velg VMC 665 terbuat dari material alloy dengan ukuran ban sekitar 26 inchi. Ban berukuran besar ini sangat cocok digunakan untuk melewati medan yang sulit. Selain itu, terdapat double suspension untuk mengurangi guncangan pada medan ekstrim dan juga 21 tipe transmisi percepatan yang bisa membantu Kamu mendaki jalanan terjal.

Saturnus Electric Folding Bike – Rp 3.950.000,00

Sepeda Lipat Saturnus Electric Folding Bike

Selain sepeda manual, kini juga ada sepeda listrik yang bisa dilipat dengan merk Saturnus. Tenaga listrik dalam sepeda ini bisa di-charge dan jika penuh bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 45km dengan maksimal kecepatannya 45 km/jam.

Sepeda ini bisa digunakan oleh orang dengan berat maksimal 150 kg. Cukup untuk membawa 2 orang dewasa bepergian tanpa perlu repot mengayuh.

Baca   Lem Tembak Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Sehari-Hari

United Trifold Folding Bike – Rp 3.650.000,00

Sepeda Lipat United Trifold Folding Bike

Merk Uniter adalah sepeda yang cukup banyak digunakan dan dipercaya kualitasnya oleh orang Indonesia. United juga memiliki produk sepeda lipat dengan berat 10 kg saja. Sepeda ini bisa dilipat bagian pedal, tiang, dan juga rangkanya.

Meskipun ringan dan juga memiliki banyak bagian yang bisa dilipat, tapi United Trifold memiliki ketahanan dan kekuatan yang sudah teruji.

London Taxi Folding Bike – Rp 2.980.000,00

Sepeda Lipat London Taxi Folding Bike

London Taxi adalah perusahaan yang khusus membuat produk-produk bernuansa vintage atau klasik. Nuansa ini juga hadir dalam London Taxi Folding Bike yang membuat Kamu berasa naik sepeda pada tahun 70-80an. Meskipun begitu, sepeda lipat dari London Taxi ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan karena menggunakan rangka besi dan juga sistem pengereman V-Brake depan dan belakang.

Vivia Cycle Twist Y3110 Hi – Rp 1.800.000,00

Sepeda Lipat Vivia Cycle Twist Y3110 Hi

Sepeda lipat terbaik dari vivia memiliki tampilan yang cukup stylish dengan mengusung konsep minimalis. Warnanya sangat simpel perpaduan dari hitam dengan aksen warna stabilo di bagian rangka body dan juga sadelnya. Desainnya yang ergonomis juga semakin membuat Kamu mudah menyimpan sepeda ini pada lahan atau ruangan sempit.

Meskipun begitu simpel, namun spesifikasi kekuatan sepeda ini tak main-main. Vivia Cycle dilengkapi dengan 7 tipe kecepatan yang bisa digunakan untuk jalanan aspal menanjak. Rangkanya terbuat dari besi berkualitas yang mudah dilipat namun kuat dan tahan lama.

Evergreen Folding Bike – Rp 999.999,00

Sepeda Lipat Evergreen Folding Bike

Sepeda lipat berkualitas satu ini hadir dengan harga yang sangat terjangkau datang dari merk Evergreen. Meskipun sangat murah, namun kualitas Evergreen Folding Bike tidak perlu diragukan lagi. Sepeda ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Rangkanya terbuat dari material besi dan velg bannya dari alumunium double wall yang membuat sepeda ini memiliki ketahanan tinggi.

Sepeda ini dilengkapi dengan 7 tipe percepatan yang akan memudahkan Kamu bersepeda pada berbagai kondisi jalanan. Bagian pedal Evergreen juga bisa dengan mudah dilipat, jadi akan semakin hemat tempat.

Saturnus Electric Folding Bike – Rp 3.950.000,00

Sepeda Lipat Saturnus Electric Folding Bike

Selain sepeda manual, kini juga ada sepeda listrik yang bisa dilipat dengan merk Saturnus. Tenaga listrik dalam sepeda ini bisa di-charge dan jika penuh bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 45km dengan maksimal kecepatannya 45 km/jam. Sepeda ini bisa digunakan oleh orang dengan berat maksimal 150 kg. Cukup untuk membawa 2 orang dewasa bepergian tanpa perlu repot mengayuh.

United Trifold Folding Bike – Rp 3.650.000,00

Sepeda Lipat United Trifold Folding Bike

Merk Uniter adalah sepeda yang cukup banyak digunakan dan dipercaya kualitasnya oleh orang Indonesia. United juga memiliki produk sepeda lipat terbaik dengan berat 10 kg saja. Sepeda ini bisa dilipat bagian pedal, tiang, dan juga rangkanya. Meskipun ringan dan juga memiliki banyak bagian yang bisa dilipat, tapi United Trifold memiliki ketahanan dan kekuatan yang sudah teruji.

London Taxi Folding Bike – Rp 2.980.000,00

Sepeda Lipat London Taxi Folding Bike

London Taxi adalah perusahaan yang khusus membuat produk-produk bernuansa vintage atau klasik. Nuansa ini juga hadir dalam London Taxi Folding Bike yang membuat Kamu berasa naik sepeda pada tahun 70-80an.

Meskipun begitu, sepeda lipat dari London Taxi ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan karena menggunakan rangka besi dan juga sistem pengereman V-Brake depan dan belakang.

Vivia Cycle Twist Y3110 Hi – Rp 1.800.000,00

Sepeda Lipat  Vivia Cycle Twist Y3110 Hi

Sepeda lipat berkualitas dari Viva ini memiliki tampilan yang cukup stylish dengan mengusung konsep minimalis. Warnanya sangat simpel perpaduan dari hitam dengan aksen warna stabilo di bagian rangka body dan juga sadelnya. Desainnya yang ergonomis juga semakin membuat Kamu mudah menyimpan sepeda ini pada lahan atau ruangan sempit.

Meskipun begitu simpel, namun spesifikasi kekuatan sepeda ini tak main-main. Vivia Cycle dilengkapi dengan 7 tipe kecepatan yang bisa digunakan untuk jalanan aspal menanjak. Rangkanya terbuat dari besi berkualitas yang mudah dilipat namun kuat dan tahan lama.

Evergreen Folding Bike – Rp 999.999,00

Sepeda Lipat Evergreen Folding Bike

Sepeda lipat dengan harga yang sangat terjangkau datang dari merk Evergreen. Meskipun sangat murah, namun kualitas Evergreen Folding Bike tidak perlu diragukan lagi. Sepeda ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Rangkanya terbuat dari material besi dan velg bannya dari alumunium double wall yang membuat sepeda ini memiliki ketahanan tinggi.

Baca   Sapu Terbaik untuk Membersihkan Ruangan

Sepeda ini dilengkapi dengan 7 tipe percepatan yang akan memudahkan Kamu bersepeda pada berbagai kondisi jalanan. Bagian pedal Evergreen juga bisa dengan mudah dilipat, jadi akan semakin hemat tempat.

Sudah Punya Sepeda Lipat ? Jangan Lupa Rawat agar Terhindar dari Kerusakan

Kalau Kamu sudah memutuskan sepeda lipat merk apa yang akan dibeli dan menjadi teman setia menjalani hobi gowes, Kamu jangan sampai lupa untuk rajin merawatnya. Semakin rajin dan tepat Kamu merawat sepeda lipat, maka benda kesayangan Kamu ini pasti akan awet dan tahan lama.

Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat sepeda lipat agar tidak mudah rusak? Kamu bisa mengikuti tips-tips yang sudah dirangkum di bawah ini ya.

Rajin Gunakan Oli

Salah satu kunci utama agar bagian-bagian lipatan pada folding bike tidak mudah berkarat adalah pelumas. Oli atau pelumas wajib Kamu berikan pada bagian-bagian lipatan sepeda secara rutin. Gunakanlah oli khusus untuk merawat lipatan sepeda. Kamu bisa membelinya di toko onderdil sepeda.

Selain pada bagian lipatan sepeda, Kamu juga harus rajin memberikan oli pada bagian rantai sepeda. Jika rantai dibiarkan tanpa oli dan kering, rantai akan lebih mudah berkarat dan juga rusak. Bagian lain yang tak boleh dilewatkan adalah gear dan kawat rem sepeda lipat Kamu.

Periksa Kekencangan

Setiap Kamu akan melipat sepeda, pastikan kekencangannya pas. Jangan sampai terlalu kuat atau terlalu kendor. Kekencangan yang pas juga akan semakin memudahkan Kamu saat membawa sepeda lipat ini kemanapun.

Selain kekencangan lipatan, Kamu juga wajib memeriksa kekencangan rantai ban secara berkala. Rantai yang terlalu kendor akan membuatnya mudah lepas dari poros gear. Selain itu, rantai yang terlalu kencang akan membuatnya lebih mudah putus saat dikayuh dengan kencang.

Rutin Dicuci

Perawatan yang harus rutin Kamu lakukan lainnya adalah mencuci sepeda setiap kali habis digunakan. Terlebih jika Kamu habis menggunakannya pada medan berat seperti jalanan berlumpur, berdebu, atau baru terkena air hujan. Semakin rajin Kamu mencuci, maka komponen-komponen sepeda lipat tidak akan mudah berkarat.

Cek Tekanan Ban

Setiap kali Kamu akan mengendarai sepeda lipat terbaik, pastikan untuk selalu mengecek tekanan ban. Jangan sampai Kamu menaiki sepeda dengan kondisi ban yang kempes karena akan memperpendek usia ban itu sendiri, utamanya ban dalam. Selain tekanan ban, Kamu juga harus mengecek ketebalan ban luarnya. Segera ganti ban luar jika sudah tipis agar keamanan dan kenyamanannya tetap terjaga.

Gunakan Sparepart Asli

Ada kalanya Kamu harus mengganti sparepart sepeda lipat karena rusak. Pastikan Kamu menggantinya dengan yang asli. Meskipun memang harganya cenderung lebih mahal dibandingkan sparepart palsu, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kamu pun akan terhindar dari kerusakan berulang akibat menggunakan sparepart sembarangan.

Kesimpulan

Sepeda lipat adalah solusi bagi orang-orang yang hobi bersepeda namun tidak memiliki cukup lahan untuk menyimpan sepeda konvensional di rumahnya. Selain itu, sepeda lipat juga bisa menjadi pilihan bagi orang yang suka travelling sambil gowes. Tren bersepeda pun kini semakin meningkat dan sudah dianggap sebagai gaya hidup kaum urban yang kekinian.

Memilih sepeda lipat tak harus yang harganya mahal. Kita bisa tetap mendapatkan sepeda lipat berkualitas dengan harga terjangkau sesuai budged. Hal yang paling penting adalah memilih sepeda lipat sesuai dengan kebutuhan, apakah akan digunakan hanya untuk olahraga ringan di perkotaan, alat transportasi harian yang menyehatkan, atau untuk olahraga hiking.

Untuk kegiatan yang dianggap santai dengan medan yang cukup ringan, Kamu bisa memilih sepeda dengan harganya yang terjangkau. Namun jika Kamu akan menggunakan sepeda lipat pada medan yang berat, misalnya saja di gunung, jalanan menanjak, atau jalanan non aspal, pilihlah sepeda dengan jaminan keamanan dan ketahanan rangka body yang tinggi.

 

Leave a Comment