Sepeda Gunung Terbaik untuk Teman Olahraga

Sepeda gunung terbaik adalah salah satu jenis alat tranportasi yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Oleh sebab itu tidak akan mengakibatkan polusi. Salah satu bentuk kepeduiian kita terhadap lingkungan yaitu dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sekaligus bisa digunakan untuk berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat.

Ada banyak sekali berbagai jenis sepeda gunung, salah satunya yaitu sepeda gunung terbaik atau sepeda MTB (Mountain Bike). Sepeda gunung terbaik memiliki ciri-ciri kerangka sepeda bahan pembuatannya ringan seperti chromoly, hi-ten, titanium, aluminium, dan komposit serat karbon.

Selain itu, ban sepeda lebih lebar dan jugalebih besar dibanding sepeda biasa jadi tidak akan mudah terselip karena bisa mencengkeram tanah dengan kuat.Sepeda gunung terbaik atau sepeda MTB mempunyai beberapa tipe dengan fungsi yang berbeda, berikut penjelasannya.

Sepeda Gunung

Beberapa Jenis Sepeda Gunung Terbaik dan Berkualitas

jenis-jenis sepeda gunung
jenis-jenis sepeda gunung sumber: http://4.bp.blogspot.com

1. Jenis Sepeda Downhill MTB

Jenis sepeda tipe ini biasanya digunakan untuk medan yang bergunung dan berbukit, jadi ketika digunakan di jalan perkotaan kurang effisien dan kurang nyaman. Sebab  ban dan roda sepeda yang berukuran cukup besar mengakibatkan sepeda ini menjadi lebih berat.

Sepeda ini dirancang khusus untuk menuruni bukit dan sangat cocok untuk balapan turun, sehingga dibuat seringan mungkin supaya tidak terlalu berat saat dinaiki.

2. Jenis Sepeda All Mountain MTB

Sepeda Tipe All Mountain MTB ini dilengkapi full suspension pada bagian depan maupun belakang. Oleh karena itu, untuk tipe sepeda ini mengutamakan kenyamanan pengguna untuk menjelajahi medan berbatu, naik dan turun bukit, serta melewati hutan dan lintasan off road.

3. Jenis Sepeda Cross Country/XC MTB

Untuk tipe sepeda Cross Country ini biasanya digunakan untuk berpetualang dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Sepeda XC berfungsi sangat optimal bagi pengguna pada tanjakan jalan beraspal maupun jalan tanah bebatuan.

Karena pada bagian depan sepeda ini dilengkapi suspensi yang bertujuan untuk meredam benturan batu pada jalan. Jika dibandingkan dengan MTB Full Suspensi biasanya sepeda Hardtrail ini lebih awet.

4. Jenis Sepeda Dirt Jump MTB

Tipe Dirt Jump mempunyai  fungsi yang sama seperti  BMX. Pada frame sepeda jenis ini sangat stylish tetapi berkesan kokoh dan kekar. Sepeda dirt jump ini biasanya hanya digunakan dijalanan perkotaan untuk melakukan lompatan tinggi dan extreme.

Sepeda dirt jump memiliki setang dengan frame yang lebih besar dibanding BMX. Bukan hanya itu, pada bagian fork depan sepeda dirt jump terdapat suspensi.

5. Jenis Sepeda Trail

Sepeda jenis trail ini menggunakan sistem suspensi yang lebih ringan dan halus , sebab hasil dari modifikasi sepeda cross country. Sehingga sepeda trail ini bisa melewati rintangan yang lebih ekstrem.

Hanya saja sepeda ini memiliki Kekurangan, yaitu pada saat mengayuh membutuhkan lebih banyak tenaga. Tetapi, untuk sekarang sepeda ini sudah terdapat suspensi pada bagian depan dan belakang yang dapat disetting ketika dibutuhkan atau tidak.

Cara Memilih Sepeda Gunung Terbaik dan Berkualitas

Tips memilih sepeda gunung berkualitas
Tips memilih sepeda gunung berkualitas Sumber: weneedfun.com

Sebelum membeli sepeda gunung, kita harus mengetahui kualitas dan kenyamanan sepeda tersebut saat digunakan. Ada beberapa faktor yang telah kami rangkum untuk dipertimbangkan sebelum anda membeli sepeda gunung terbaik dan berkualitas.

1. Kenali jenis sepeda

Pastikan Anda mengetahui jenis-jenis sepeda yang dijual dipasaran, terutama jika Anda baru pertama kali membeli sepeda. Kemudian Anda juga harus mengetahui perbedaan antara sepeda gunung dan jenis sepeda lainnya.

Baca   Mesin Jahit Terbaik dengan Harga Terjangkau

2. Fulsus atau HT?

Istilah full suspension (fulsus) atau Hardtrail (HT) pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepeda gunung. Sepeda gunung HT tidak mempunyai suspensi belakang yang cocok jika digunakan dalam medan yang berat karena ringan saat dikayuh.

Berbeda dengan sepeda gunung fulsus yang memberikan kenyamanan pada penggunanya saat menjejahi bukit berbatu dan jalan menurun.

Pilih sepeda gunung yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika membutuhkan sepeda cepat dan ringan saat digunakan untuk medan berat disarankan untuk membeli sepeda gunung HT dan jika Anda mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda silahkan pilih sepeda gunung Fulsus.

3. Sesuaikan dengan gaya bersepeda

Sepeda gunung  dirancang untuk berbagai  medan dan gaya bersepeda, hal tersebut di sesuaikan untuk masing-masing orang yang berbeda cara penggunaannya. Anda harus memastikan apakah tujuan Anda membeli sepeda untuk sekedar bersepeda di alam bebas menyusuri kota atau khusus untuk balapan dengan sepeda gunung.

Anda harus benar-benar memastikan pilihan sepeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai terbujuk oleh rayuan penjual sepeda karena biasanya barang yang mereka tawarkan hanya untuk menarik perhatian pembeli yang belum tentu sesuai dengan seleran dan kebutuhan Anda.

4. Pilih merk yang berkualitas

Cara untuk mendapatkan sepeda gunung terbaik bisa dengan melihat merk nya. Karena nama besar sebuah merk memang sangat berpengaruh pada kualitas produknya. Ada beberapa merk sepeda gunung terbaik yang bisa dipertimbangkan, seperti Rocky Montain,Trek, Giant, dan masih banyak lainnya.

Jika merk-merk sepeda tersebut terlalu menguras isi dompet, Anda juga dapat membeli merk lokal yang harganya cukup terjangkau, seperti wimcycle atau polygon. Meskipun merk lokal, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya terlebih dulu agar Anda

15 Rekomendasi Sepeda Gunung yang Berkualitas 

15. United Radiant XCP

sepeda gunung United Radiant XCP
sepeda gunung United Radiant XCP Sumber: http://2.bp.blogspot.com

United sejak dulu sudah terdaftar sebagai produsen sepeda yang sangat apik. Beragam produk yang dikeluarkan dengan kualitas baik, selain itu hal yang membuat banyak orang yang menyukai produk dari United yaitu karena membanderol produknya dengan harga yang cukup terjangkau.

Fitur dari United Radiant XCP ini membuat pengguna sepeda makin nyaman ketika menaiki sepeda karena menghadirkan desain terbaru yaitu shock body pada kerangka utama sepeda. Dengan diameter sepeda yang cukup besar yaitu 26 inci x 380 mm membuat sepeda tersebut lebih ramping.

Sepeda United Radiant XCP ini dilengkapi brake dari Shimano BR-M415 Deore Mechanical dengan frame sepeda dari bahan alloy dengan sealed bearing dan dual suspension. Harga nya sekitar Rp 5.600.000.

14. United Infinite 411

sepeda gunung United Infinite 411
sepeda gunung United Infinite 411 sumber: http://4.bp.blogspot.com

Tidak hanya itu, ada juga produk United lainnya yaitu Seri Infinite 411. Ada banyak fitur canggih pada sepeda ini dilengkapi dengan konsep premium. Selain itu sepeda satu ini juga memiliki beragam komponen khas Shinamo yang tentunya berkualitas. Frame sepeda ini dari bahan karbon dan Velg sepeda yang berukuran 26 x 2,1 inci.

Dengan harga Rp 6.500.000 Anda bisa memperoleh sepeda gunung ini. Dengan beberapa kali uji coba pada medan yang curam dan tanjakan tajam produk ini terbukti tangguh. Jadi, dengan sepeda ini Anda dapat melakukan manuver dengan cepat dan mudah.

13. Polygon Xtrada 3.0 27.5

Sepeda Gunung Polygon Xtrada 3.0 27.5
Sepeda Gunung Polygon Xtrada 3.0 27.5 Sumber:bicyclesonline.com.au

Polygon juga tidak kalah dengan produksi sepeda gunung yang berkualitas. kamu bisa membeli aneka produk mountain bike. Salah satunya yaitu Seri Polygon Xtrada patut, berkesan keren dan gagah untuk olahraga maupun berjelajah di daerah pegunungan.

Baca   Bingkai Foto Terbaik Untuk Hiasan Ruangan

Produk ini dijual dengan harga Rp 4.725.000. dengan ukuran roda 27,5 inci. Kerangka Sepeda ini terbuat dari bahan Alutech Alloy Cross Country yang ringan namun kuat. Untuk kerangkanya tersedia berbagai macam ukuran, dimulai dari ukuran 16 hingga 20.

12. Polygon Monarch 2.0 GENT

sepeda gunung Polygon Monarch 2.0 GENT
sepeda gunung Polygon Monarch 2.0 GENT Sumber: http://mafiaharga.com

Produk dari Polygon untuk sepeda gunung lainnya. Ada seri Monarch 2.0 Gent. Harganya hanya Rp 1.300.000. sepeda ini di desain khusus untuk pengguna pria, sepeda ini memiliki Hi-ten Steel dari bahan baja kualitas standar.

Sepeda ini dilengkapi Zoom Suspension pada bagian fork depan. Selain itu terdapat Shimano Tourney untuk Derailleur rear.

11. Wimcycle Hotrod 3.0

sepeda gunung Wimcycle Hotrod 3.0
sepeda gunung Wimcycle Hotrod 3.0 Sumber: http://wimcycle.com

Awalnya perusahaan WimCycle hanya memproduksi suku cadang sepeda saja yang dimulai pada tahun 1976 silam, namun dengan berjalannya waktu perusahaan ini mulai memproduksi sepeda. Salah satu produk yang di rekomendasikan untuk kamu cob yaitu Hotrod 3.0.

Seri Wimcycle ini dilengkapi frame aluminium dengan kualitas yang cukup bagus. Dari waktu pembelian pertama sepeda ini bergaransi 5 tahun. Sepeda ini dijual dengan harga Rp 3.500.000. Produk ini juga terdapat ban dengan ukuran 26 inci dan 27 speed shimano dengan brake hydrolik.

10. Ibis Ripley 29 LS

sepeda gunung Ibis Ripley 29 LS
sepeda gunung Ibis Ripley 29 LS Sumber: http://radschlag-stuttgart.de

Perlu kamu ketahui merek Ibis ini mendapat penghargaan pada tahun 2015 lalu sebagai merek mountain bike terbaik untuk seri Ripley 29 LS. Sepeda ini mempunyai roda belakang sebesar 120 mm dan 29 inci untuk roda depan. Sepeda ini cukup cepat dan responsif.

Produk bisa kamu beli dengan harga Rp 48 juta. Sepeda ini dilengkapi frame dari bahan carbon fiber, sepeda ini menggunakan suspension DW Link dengan brake tipe hydraulic disc dari Shimano BL-M445.

9. Santa Cruz V10

sepeda gunung Santa Cruz V10
sepeda gunung Santa Cruz V10 Sumber: images.singletracks.com

Jika Anda menginginkan produk sepeda dengan merek paling ternama salah satunya yaitu Santa Cruz V10. Untuk ukuran S kamu bisa membeli dengan harga 19 juta. Tetapi untuk V10 seri Carbon 2016 Bonus Body Protector TLD Harga nya tentu jauh lebih mahal yaitu Rp 43.500.000.

Sepeda ini dilengkapi rotor dan brake dari Shimano XT. Roda sepeda ini berdiameter 27,5 inci. Selain itu sepeda ini juga mempunyai shifter saint 10 speed dan sproket 7 speed selain rd.

8. Santa Cruz Hightower LT

sepeda gunung Santa Cruz Hightower LT
sepeda gunung Santa Cruz Hightower LT Sumber: mtbs.cz

Berbeda dengan seri dari Santa Cruz lainnya yang biasanya bersiluet sama, pada seri Hightower LT terdapat segitiga depan karbon. Buat kamu yang suka ngebut di pegunungan produk ini sangat cocok untuk dicoba.

Sepeda ini dijual dengan harga Rp 53 jutaan. Dilengkapi double sealed pivots, membuat sepeda jadi lebih kuat dan awet.Produk ini menyediakan berbagai ukuran dimulai dari ukuran S hingga XXL.  Selain itu, sepeda ini dilengkapi frame karbon CC dan karbon C dengan diameter roda sebesar 29 inci.

7. Specialized S-Works Epic HT

Sepeda gunung Specialized S-Works Epic HT
Sepeda gunung Specialized S-Works Epic HT Sumber: www.bike-magazin.de

Sepeda yang satu ini cukup menarik buat kamu coba. Specialized S-Works Epic Jaroslav Kulhavy Limited Edition ini memiliki ban 29 inci dan dilengkapi SID brain fork.

Sepeda ini menggunakan bahan karbon dengan ukuran M. Terdapat carbon seatpost dan 1 seat clamp pada sepeda ini. Kamu dapat membeli sepeda ini dengan harga Rp 38.675.000.

6. Pivot Switchblade

sepeda gunung Pivot Switchblade
sepeda gunung Pivot Switchblade Sumber: singletrackworld.com

Pivot Switchblade adalah sepeda gunung dengan produksi ban tebal yang dapat memberi ruang luas pada frame sepeda. Sepeda ini akan memberi kesan nyaman yang luar biasa untuk segala medan. Pada jalan bebatua yang curam, tanjakan dan turunan dapat dilibas dengan nyaman saat menggunakan sepeda ini.

Baca   15 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik dan Berkualitas

Sepeda ini bisa didapatkan dengan harga Rp 38.900.000.  selain itu, sepeda ini dilengkapi ultra quiet low durometer rubberized frame protection untuk mempermudahkan kamu routing.

5. Santa Cruz Tallboy

Sepeda Gunung Santa Cruz Tallboy
Sepeda Gunung Santa Cruz Tallboy Sumber: images.singletracks.com

Ada sekitar 20 model sepeda gunung yang telah dirilis dari Santa Crus. Salah satunya yaitu Tallboy. Pada seri ini menampilkan sepeda trail untuk medan pegunungan dengan gaya yang baru.

Dengan dropper post cable routing berat sepeda ini sekitar 2,4 kg. Dilengkapi frame depan dengan bahan alloy dan terdapat VPP suspension. Selain itu ada downtube protectors dan molded seatstay pada sepeda Tallboy ini. tersedia ukuran M hingga XL dengan harga Rp 23.500.000.

4. Kona Big Honzo DL

sepeda gunung Kona Big Honzo DL
sepeda gunung Kona Big Honzo DL Sumber: http://cog.konaworld.com

Perusahaan Kona Bikes ini memproduksi sepeda gunung dengan performa tinggi yang berdiri di Washington, Amerika Serikat. Tidak hanya itu, Merek ini juga membuat sepeda balap dan juga sepeda touring.

Sepeda dengan seri Big Honzo dari Kona ini banyak mendapat pujian dan kepuasan tersendiri bagi penggunanya. Selain dari tangguh dan berkualitas tinggi, dengan fork RockShox Revelation terbaru sepeda ini tergolong dalam model hardtrail yang memiliki roda berukuran 27,5 inci. Sepeda ini bisa membantumu menyusuri segala medan berat. dengan harga Rp 22.586.000.

3. Phoenix

sepeda gunung Phoenix
sepeda gunung Phoenix Sumber: s1.bukalapak.com

Sepeda gunung yang satu ini juga tidak kalah berkualitas dengan sepeda gunung ternama diatas. Sepeda gunung phoenix ini bisa di andalkan dalam setiap perjalanan Anda karena sangat cocok untuk digunakan ketika menuruni gunung atau menyusuri jalanan yang curam.

Sepeda ini dilengkapi kerangka besi dengan pelek double wall aloi alumunium serta 21 speed shinamo EZ fire shifter, front dan rear disc break, shinamo TZ tourney rear reailler dan compas tire 26×1,95 inch. Untuk harga sepeda tergolong cukup terjangkau karena tidak lebih dari 2jutaan.

2. Exotic 200 Pacific

sepeda gunung Exotic 200 Pacific
sepeda gunung Exotic 200 Pacific Sumber: 2.bp.blogspot.com

Sepeda pacific merupakan salah satu sepeda dengan harga yang cukup terjangkau. Sepeda ini dilengkapi dengan frame dari bahan alloy hydroformed yang lebih ringan, dengan kisaran harga 1.900.000. Sepeda ini dilengkapi rear dan front shinamo, chainwhell prowhell dengan size MTB26

1. Polygon Cascade 2.0

sepeda gunung Polygon Cascade 2.0
sepeda gunung Polygon Cascade 2.0 Sumber: bicyclesonline.com.au

Kamu bisa mendapatkan sepeda gunung dengan barang berkualitas baik tetapi dengan harga  yang tidak menguras dompet. Dengan membeli sepeda dari salah satu seri polygon ini dengan harga Rp 2.500.000.

Sepeda ini mempunyai kemampuan terbaik karena memiliki bobot 17 kg yang pastinya memberi rasa nyaman bagi penggunanya dari berbagai medan bebatuan hingga jalan bukit yang curam, karena terbilang cukup ringan sepeda ini tentu saja akan sangat mudah saat dikendalikan.

Sepeda cascade ini miliki ukuran roda yang cukup besar yaitu 27,5 inch dengan frame yang terbuat dari bahan alloy. Bukan hanya itu, sepeda ini juga dilengkapi suspensi pada bagian depan dan Zoom CH-565D 100MM Travel yang berfungsi untuk meredam getaran saat berkendara dijalanan bebatuan.

Kesimpulan

Sepeda gunung ternyata banyak sekali jenisnya. Dengan mengetahui jenisnya, maka kita semua bisa menentukan jenis sepeda yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, itulah 15 rekomendasi merk sepeda gunung terbaik yang bisa dijadikan pilihan sebelum membeli sepeda gunung yang kamu butukan. Bagaimana, apakah sudah menentukan yang mana pilihanmu? Jangan khawatir semua pilihan sepeda di atas dapat kamu temukan di berbagai toko sepeda maupun online shop.

Leave a Comment