Penguat Sinyal Wifi Terbaik

Penguat sinyal wifi terbaik merupakan salah satu produk yang sedang banyak dicari. Tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa adanya koneksi internet. Koneksi internet yang lambat tentu akan membuat aktifitas anda tertanggu, Anda tentu tak mau kan pekerjaan anda terganggu hanya karena koneksi internet Anda tidak stabil.

Menanggapi permasalahan tersebut banyak perusahaan penyedia barang elektronik yang mnciptakan alat penguat sinyal wifi atau wifi repeater. Wifi repeater berguna untuk memperkuat jaringan wifi  lebih luas yang sebelumnya tidak terjangkau oleh router.

Beragam model dan merk Wifi repeater dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Agar tidak salah beli ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu  agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut kami sajikan rekomendasi penguat sinyal Wifi terbaik beserta tips memilihnya.

Penguat Sinyal Wifi

Alasan Menggunakan Alat Penguat Sinyal WiFi Kualitas Terbaik 

Alasan Menggunakan Alat Penguat Sinyal WiFi
Alasan Menggunakan Alat Penguat Sinyal WiFi Sumber: harga.timbangharga.com

Menambah Koneksi Maksimal yang Bisa Connect ke Router atau Smartphone

Selain bisa menguatkan jaringan internet Anda enguat sinyal wifi atau wifi repeater juga bisa digunakan untuk menambah jumlah user yang terhubung ke jaringan melalui router atau sharing handphone (tethering).

Jika handphone Anda hanya bisa melakukan tethering maksimum 5 user, maka penggunaaan wifi repeater bisa menambah jumlah maksimum tersebut. Ini tentu sangat berguna jika dikantor Anda mempunyai banyak komputer, sementara koneksi internet terputus atau gangguan.

Mudah digunakan

Jangan khawatir tidak bisa menggunakan penguat jaringan wifi, karena sekarang banyak penguat sinyal yang cara pemakainnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik, kemudian sambungkan dengan router di tempat Anda.

Desain yang Portabel

Rata rata perangkat ini punya desain yang kecil dan mudah dibawa. Ini tentu memudahkan Anda menggunakannya di mana saja ketika membutuhkan sinyal wifi.

Punya Banyak Fungsi

Selain berfungsi sebagai penguat sinyal wifi, anda juga bisa menjadikan alat ini sebagai acces point atau router. Bila sewaktu waktu router Anda bermasalah Anda bisa menggunakan penguat jaringan wifi ini sebagai penggantinya.

Tips Memilih Penguat Sinyal Wifi Terbaik

Tips Memilih Penguat Sinyal Wifi
Tips Memilih Penguat Sinyal Wifi Sumber: ae01.alicdn.com

Jairngan wifi yang tersendat-sendat tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Jaringan wifi yang tidak stabil bisa disebabkan oleh banyak hal seperti terhalang suatu objek, provider internet, atau faktor cuaca.

Wifi repeater atau penguat wifi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Jika Anda orang yang masih awam terhadap alat penguat sinyal wifi yang berkualitas, kami berikan rekomendasi dan tips memilih alat penguat sinyal wifi terbaik dan terbaru bagi Anda

Cari Tahu Kecepatan Komunikasi Router Induk

Kecepatan standar pada wifi rata rata 433 sampai 867 Mbps. Namun ada juga wifi yang kecepatannya bisa melebihi 1000 Mbps pada 5 Ghz dalam mode high speed. Dengan kecepatan seperti itu anda tidak usah khawatir akan mengalami buffering saat menonton video streaming atau membuka website.

Kecepatan seperti ini cocok bagi Anda yang dalam bekerja membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi. Setelah mengetahui kecepatan router induk, Anda baru bisa mengetahui berapa kecepatan dari penguat sinyal wifi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kecepatan internet Anda.

Sesuaikan Frekuensi Penguat Sinyal Wifi Dengan Router Induk

Untuk dapat bekerja dengan maksimal, frekuensi penguat jaringan wifi atau wifi repeater harus sesuai dengan frekuensi dari router induk. Penguat sinyal wifi bekerja dengan frekuensi 2,4 Ghz dan frekuensi 5 Ghz.

Baca   Kaca Pembesar Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Dijadikan Pilihan

Untuk di kantor, penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 Ghz cocok Anda gunakan karena sesuai untuk bangunan yang memiliki banyak sekat atau tembok. Penguat sinyal ini juga kuat dipakai dalam cuaca yang kurang baik. Sedngkan penguat sinyal wifi dengan frekuensi 5 Ghz cocok digunakan di rumah karena jangkauan sinyalnya lebih sempit.

Perhtikan Tempat Pemasangan Router Wifi

Ada dua jenis penguat sinyal wifi yang umum digunakan, yaitu penguat sinyal tanpa kabel (wireless) dan penguat sinyal dengan kabel penghubung yang dipasang antara router dan dawai pengguna. Sebelum membeli penguat sinyal wifi letak stop kontak harus Anda perhatikan, karena penguat sinyal wifi tidak bisa mengeluarkan energi sendiri.

Sesuaikan Penguat Sinyal Wifi Dengan Router Induk

Agar tidak salah beli, ada baiknya Anda sesuaikan dahulu penguat sinyal wifi dengan router induk Anda. Akan lebih baik jika Anda membeli merk penguat sinyal wifi yang sama dengan perangkat router Anda. Jika memang tidak ada Anda masih bisa membeli merk berbeda dengan kompabilitas yang sama.

Perhatikan Pula Pengaturan Router

Pengaturan router sebagai rumah induk wifi tentu menjadi perhatian utama sebelum memasang penguat wifi. Ada router yang harus disetting secara manual, ada juga router wifi yang langsung tersambung secara otomatis. Bila Anda tidak mengerti dengan elektronik, penguat sinyal wifi otomatis menjadi pilihan bijak buat Anda.

Perhatikan Port LAN Pada Router

Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan fasilitas Wifi, maka Anda harus memperhatikan ada tidaknya port LAN untuk menghubungkan perangkat ke repeater atau penguat sinyal wifi. Sebelum menghubungkan perangkat yang tidak memiliki fasilitas wifi baik komputer ataupun televisi, pastikan dulu ada tidaknya port LAN dan jumlah port LAN yang ada.

Port LAN juga berfungsi sebagai cadangan jika fitur wifi di gadget anda mengalami kerusakan atau tidak dapat digunakan.

15 Rekomandasi  Penguat Sinyal Wifi Terbaik dan Terbaru 2019

Universal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Penguat sinyal wifi Universal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi
Penguat sinyal wifi Universal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi Sumber: harga.timbangharga.com/

Jika Anda ingin menguatkan sinyal wifi di kantor Anda, maka penguat wifi keluaran Universal ini cocok untuk Anda gunakan. Universal 300 Mbps Wireless akan membuat sinyal internel dikantor Anda semakin stabil dan jaungkauannya pun jadi semakin luas.

Kecepatan maksimal dari penguat sinyal wifi ini adalah 3000 Mbps, dengan frekuensi kerja pada 2,4 Ghz. Ukurannya yang mungil akan memudahkan Anda dalam membawanya kemanapun. Alat ini juga dilengkapi dengan dual port LAN yang bisa mengubah jaringan sewaktu-waktu.

TP-LINK TL-WA850RE 300 Mbps Universal Wireless N Range Extender

Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA850RE 300 Mbps Universal Wireless N Range Extender
Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA850RE 300 Mbps Universal Wireless N Range Extender Sumber: images-na.ssl-images-amazon.com

Anda yang hobi streaming atau main game online sangat cocok dengan penguat sinyal wifi ini. Dengan kecepatan jaringan hingga 300 Mbps 802.11n dijamin Anda tidak akan mengalami buffering atau lag ketika streaming atau main game.

Perangkat ini dilengkapi juga dengan port ethernet yang bisa mengubah perangkat kabel menjadi wireless. Selain itu pemasangannyapun cukup mudah, hanya dengan menekan tombol WPS kemudian tekan tombol yang ada pada perangkat ini dan dalam waktu sekitar 2 menit alat ini akan terhubung pada router.

WR01 Mini Portable

Penguat Sinyal Wifi WR01 Mini Portable
Penguat Sinyal Wifi WR01 Mini Portable Sumber: id-live.slatic.net

Anda cukup mencolokkan penguat sinyal wifi ini ke stop kontak dan menekan tombolnya, maka otomatis alat ini langsung bekerja. WR01 Mini Portable menjanjikan kecepatan data hingga 300 Mpbs. Cocok untuk memutar video streaming, ataupun streaming siaran televisi.

Penguat sinyal wifi terbaik ini bisa digunakan pada jaringan WLAN 802.11n (draft 2.0) untuk akses nirkabel. Namun alat ini belum dilengkapi dengan port LAN sehingga jika dawai Anda tidak memiliki wifi maka tidak akan bisa tersambung dengan alat ini. Untuk jaringan lebih luas letakkan alat ini di tengah tengah ruanagan.

Baca   Lem Tembak Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Sehari-Hari

Wavlink AC 1200 Router Nirkabel Wifi

Penguat Sinyal Wifi Wavlink AC 1200 Router Nirkabel Wifi
Penguat Sinyal Wifi Wavlink AC 1200 Router Nirkabel Wifi Sumber: shopsws.com

Alat penguat sinyal wifi ini biasanya digunakan ditempat yang luas, seperti ruang terbuka atau fasilitas umum lainnya. Kelebihan pada alat ini Anda tidak perlu lagi menginstal denagn metode khusus karena alat ini otomatis tersambung dengan router induk. Alat ini dilengkapi dengan lampu indikator untuk memberi informasi jika sinyal lemah, juga port LAN untuk menyambung dengan komputer atau televisi.

Penggunaannya pun cukup mudah karena secara otomatis akan tersambung dengan router induk. Pengoperasiannya pun hanya perlu dengan tombol on/off saja.

TP-LINK TL-WA860RE

Penguat sinyal wifi TP-LINK TL-WA860RE
Penguat sinyal wifi TP-LINK TL-WA860RE Sumber: sadetar.com

Perangkat penguat sinyal wifi terbaik ini cocok untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan memperluas jaringan agar aktifitas Anda dalam berinternet tetap lancar tanpa gangguan. Dilengkapi dengan port LAN dan juga wifi sehingga Anda tidak perlu khawatir jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan wifi.

Desain yang unik juga menjadi kelebihan dari alat ini, fitur stop kontak pada alat ini juga memudahkan Anda untuk mencolokkan perangkat elektronik lainnya. Perangkat ini memiliki kecepatan hingga 300Mbps 802.11n, yang cocok untuk video streaming, music streaming, dan game online.

Edimax 7438Rpn Wireless Range Extender

Penguat Sinyal Wifi Edimax 7438Rpn Wireless Range Extender
Penguat Sinyal Wifi Edimax 7438Rpn Wireless Range Extender Sumber: http://zscom.ru

Desain yang mungil dan penggunaan yang gampang menjadi daya tarik tersendiri bagi alat penguat sinyal satu ini. Anda hanya perlu mencolokkannya ke sumber listrik dan alat ini akan secara otomatis bekerja. Edimax 7438Rpn juga dilengkapi dengan aplikasi Smart App Control & Analytic untuk memaksimalkan kinerja dari repeater sinyal wifi ini, seperti memberi informasi titik paling baik untuk menempatkan alat ini.

D-LINK DAP-1320 N300 Wireless Range Extender

Pneguat Sinyal Wifi D-LINK DAP-1320 N300 Wireless Range Extender
Pneguat Sinyal Wifi D-LINK DAP-1320 N300 Wireless Range Extender Sumber: eu.dlink.com

Wifi repeater keluaran produsen jaringan terkemuka ini hadir dengan kualitas bagus serta desain yang simpel, dengan support hingga kecepatan 300 Mbps. Alat penguat sinyal ini sangat praktis karena Anda hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik untuk menggunakannya.

TP-LINK TL-WA860RE Wifi Range Extender

Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA860RE Wifi Range Extender
Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA860RE Wifi Range Extender Sumber: courts.com.sg

Alat ini juga dilengkapi dengan dua buah antena serta fitur fitur unggulan. Salah satu fitur yang paling diunggulkan dari produk ini adalah jarak extender yang lebih jauh dibanding Wifi Extender sekelasnya. Juga ada fitur AC Pass-through yang membuat aliran listrik dirumah Anda tetap stabil.

Penguat sinyal wifi terbaik satu  ini cocok digunakan di kantor, di rumahan, dan usaha seperti warnet dan kafe. Dengan kecepatan 300Mbps Anda dijamin akan dimanjakan dengan kualitas dari alat penguat sinyal wifi ini.

Netgear EX2700-100 UKS Wireless Range Extender

Penguat Sinyal Wifi Netgear EX2700-100 UKS Wireless Range Extender
Penguat Sinyal Wifi Netgear EX2700-100 UKS Wireless Range Extender Sumber: s.catch.com.au/

Netgear EX2700-100 UKS diciptakan dengan desain yang serupa dengan TP-Link, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Pada alat penguat sinyal wifi ini disediakan port RJ-45 untuk menghubungkan koneksi internet dari kabel kemudian ditransformasikan dalam bentuk sinyal wireless.

Edimax EW7438Rpn Wireless Range Extender

Penguat Sinyal Wifi Edimax EW7438Rpn Wireless Range Extender
Penguat Sinyal Wifi Edimax EW7438Rpn Wireless Range Extender Sumber: pbtech.co.nz

Keunggulan paling menonjol dari alat ini terletak pada mode Smart 3 in 1 yang dimilikinya. Edimax EW7438Rpn bisa berfungsi sebagai Access Point, Wifi Extender dan Wifi Bridge, dengan tiga fungsi tersebut Anda bisa menggunakan perangkat ini sesuai kebutuhan Anda.

Desainnya yang compact juga menjadikannya bisa dibawa kemana saja dan bisa dipasang langsung ke stop kontak listrik. Selanjutnya secara otomatis perangkat ini akan langsung berfungsi dengan melakukan settingan konfigurasi simpel. Edimax EW7438Rpn bisa berjalan pda frekuensi 2.4 Ghz, sesuai dengan standar 802.11b/g/n nirkabel dan menyediakan kecepatan transmisi data hingga 300Mbps.

Baca   Sepeda Lipat Terbaik untuk Teman Gowes Santai

Totolink EX300 Wireless Range Extender

Penguat Sinyal Wifi Totolink EX300 Wireless Range Extender
Penguat Sinyal Wifi Totolink EX300 Wireless Range Extender Sumber: s1.bukalapak.com

Totolink EX300 Wireless Range Extender adalah penguat sinyal wifi nirkabel yang dirancang untuk memperluas cakupan sinyal internet. Terdapat sepasang antena pada alat penguat sinyal wifi ini yang berguna mendapatkan sinyal wifi kemudian memancarkannya lebih maksimal lagi dengan kekuatan yang lebih kuat dan stabil.

Dengan spesifikasi interface 10/100 base TX RJ45 port Power Supply : AC 100V-240V membuat alat ini kami rekomendasikan.

Tenda N301 Universal Range Extender

Penguat Sinyal Wifi Tenda N301 Universal Range Extender
Penguat Sinyal Wifi Tenda N301 Universal Range Extender Sumber: textbookcentre.com

Meskipun namanya masih belum familiar, namun penguat sinyal wifi terbaik yang satu ini tidak kalah dengan penguat sinyal wifi lainnya. Memiliki dua antena untuk meamancarkan sinyal dengan jangkauan lebih luas, dengan fitur WPS, juga ada fitur Parental Control yang memungkinkan orangtua bisa membatasi penggunaan wifi dan internet melalui perangkat ini.

Fitur yang tak kalah canggihnya yaitu fitur Client Router Mode atau WISP Client yang mampu memperluas sinyal Wifi keseluruh penjuru ruangan.

TP-LINK TL-WA750 RE

Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA750 RE
Penguat Sinyal Wifi TP-LINK TL-WA750 RE Sumber: cdn.rbt.ru

TP-LINK TL-WA750 RE dirancang untuk memperluas cakupan dan meningkatkan kekuatan sinyal dri jaringan nirkabel yang ada. Dengan nirkabel berkecepatan 150Mbps, tombol Range Extender, ukuran yang mini yang juga mempermudah Anda dalam memindahkannya.

Terlebih lagi perangkat ini dilengkapi dengan single port Ethernet memungkinkan Extender yang berfungsi sebagai adaptor nirkabel untuk menghubungkan perangkat kabel seperti Blu-ray, konsol game, DVR dan TV internet.

Huawei Wifi Repeater

Penguat Sinyal Wifi Huawei Wifi Repeater
Penguat Sinyal Wifi Huawei Wifi Repeater Sumber: d-live-02.slatic.net

Dengan menggunakan Huawei Wifi repeater, anda bisa merasakan koneksi internet yang cepat dalam waktu singkat dengan kecepatan hingga 300Mbps. Dengan desain ringkas nan elegan alat ini sudah didukung dengan support dual bands yaitu 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Huawei Wifi Repeater juga dilengkapi slot RJ45 di sisi bawah untuk menyambungkan kabel Ethernet.

Fitur keamanannya pun cukup baik dengan menyediakan pembuatan 64/128bit WEP, dan WPA PSK, WPA2 PSK, WPA PSK/WPA2 PSK, AES dan enkripsi TKIP. Yang memungkinkan alat ini melindungi jaringan Anda dari hantaman internet yang membahayakan. Huawei Wifi Repeater juga cocok digunakan untuk perangkat router merek apapun.

Netgear EX6120 AC1200

Penguat Sinyal Wifi Netgear EX6120 AC1200
Penguat Sinyal Wifi Netgear EX6120 AC1200 Sumber: s.catch.com.au/

Penguat jaringan wifi yang terakhir dalam daftar rekomendasi ini berasal dari label Netgear. Menawarkan teknologi dan kinerja yang standart secara keseluruhan. Berukuran mungil namun mudah dipasang. Walaupun teknologi Netgear tertinggal satu langkah di bawah teknologi jaringan extender lainnya.

Namun jika anda membutuhkan internet di rumah atau di kantor dengan transmisi data yang biasa biasa saja dan tidak mau repot dalam hal pemasangan, alat penguat sinyal wifi yang satu ini patut Anda pertimbangkan.

Kesimpulan

Setiap alat penguat jaringan wifi atau wifi repeater memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Harga yang mahal bukan jadi jaminan kualitas dari suatu produk, pilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Dalam memilih alat penguat sinyal,  tentu harus sesuai dengan penggunaan Anda, apakah akan digunakan di kantor, di rumah, atau di tempat terbuka. Perhatikan juga jumlah orang yang akan menggunakan wifi untuk mengetahui besaran kapasitas wifi repeater yang akan Anda beli.

Itulah rekomendasi beserta  tips memilih penguat sinyal wifi terbaik untuk Anda, semoga bermanfaat bagi Anda dalam memilih ala penguat sinyal sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment