Lem Tembak Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Sehari-Hari

Saat ini lem tembak terbaik semakin banyak dijadikan pilihan dalam berbagai kebutuhan. Glue gun atau yang lebih dikenal dengan nama lem tembak adalah alat yang akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikan lem tanpa harus merembet kemana kemana. Lemnya yang berbentuk batangan akan dipanaskan dengan alat yang bentuknya mirip pistol.

Lem tembak sangat berguna bagi Anda dalam melakukan kegiatan pertukangan, kerajinan tangan atau hanya sekedar mereparasi peralatan rumahan Anda. Selain itu lem tembak dinilai lebih praktis ketimbang lem konvensional karena tangan Anda tidak akan kotor saat menggunakannya.

Beragam merk lem tembak yang tersedia di pasaran tentu membuat Anda kebingungan dalam memilih produk terbaik untuk pekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, berikut kami berikan rekomendasi 15 lem tembak terbaik dan terbaru untuk membantu kebutuhan Anda sehari-sehari.

Lem Tembak

Alasan Menggunakan Lem Tembak

Alasan Menggunakan Lem Tembak
Sumber: id-live-02.slatic.net/

Memperbaiki Barang yang Rusak

Kelebihan lem tembak dibanding lem biasa adalah pada kegunannya, jika lem biasa hanya bisa dipakai dalam satu macam. Lain halnya dengan lem tembak yang bisa merekatkan barang barang yang terbuat dari kayu, plastik, kain, dan lain lain.

Ini tentu sangat berguna ketika barang barang dirumah Anda ada yang retak atau patah. Kelebihan lem tembak juga bisa merekatkan barang yang susah direkatkan oleh lem biasa, seperti manik-manik, bros yang patah, dan mata boneka atau gantungan baju yang patah.

Memudahkan Mengemas Barang

Selain menggunakan lakban, Anda juga bisa menutup kardus barang Anda menggunakan lem tembak. Lem tembak akan memudahkan Anda merekatkan kardus atau kotak yang berisi barang barang Anda. Sehingga barang barang Anda tersimpan dengan rapi dan menghindari resiko tercecer.

Memudahkan Membuat Kerajinan

Memakai lem tembak dalam membuat kerajinan tentu lebih mudah dibanding menggunakan lem konvensional. Pemakainnya yang tidak belepotan menjadikan kerajinan Anda akan terlihat lebih rapi dan indah juga memiliki daya rekat yang kuat.

Kerajinan seperti bros, dan merekatkan hiasan pada flannel adalah contoh kerajinan yang menggunakan lem tembak dalam pengerjaannya.

Penyimpanan Lebih Mudah

Karena batangan lemnya bersifat padat, maka Anda tidak perlu takut jika harus menyimpannya di ruangan terbuka. Berbeda dengan jenis lem lain yang mengharuskan kita menyimpannya dalam keadaan tertutup dan kedap udara. Jika tidak maka lem akan mengeras dan tidak bisa digunakan lagi.

Manfaat di Bidang Elektronik

Selain untuk membuat kerajinan, lem tembak juga banyak digunakan di bidang elektronika untuk kepentingan merekatkan komponen. Lem tembak banyak digunakan untuk memastikan sambungan komponen elektronik yang satu dengan lainnya maupun dengan PCB tidak terputus setelah disambung menggunakan solder.

Selain itu lem tembak juga bisa difungsikan menutup lubang ultraviolet pada IC UVPROM agar program tidak terhapus.

Yang paling unik adalah lem tembak digunakan untuk melindungi hak cipta dari perusahaan elektronik. Dengan menembakkan lem pada papan rangkaian dan komponen elektronik, selain memastikan tidak ada IC lepas dan terputus jalurnya. Lem tembak juga menjaga kerahasiaan skema dan jenis rangkaian tersebut.

Tips Memilih Lem Tembak Terbaik

Tips Memilih Lem Tembak Terbaik
Sumber: s4.bukalapak.com

Karena sifatnya yang praktis dan fungsional, semakin banyak saja orang yang beralih dari lem konvensional ke lem tembak. Lem tembak juga banyak dipergunakan dalam industri kerajinan karena bentuknya yang simpel dan daya rekat yang kuat.

Tapi dalam memilih lem tembak Anda tentu tidak bisa asal. Banyak hal yang harus Anda perhatikan agar Anda mendapatkan lem tembak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu dalam pembahasan kali ini juga kami sertakan tips memilih lem tembak terbaik.

Ketahui Temperatur Lem Tembak

Lem tembak bekerja dengan cara mengalirkan panas ke batangan lem yang akan melelehkan batangan lem agar siap digunakan. Untuk melelehkan, lem tembak membutuhkan kisaran suhu yang berbeda beda. Ada lem tembak yang melelehkan batangan lem pada suhu sekitar 120° untuk tipe low temperature, dan 170° untuk tipe high temperature.

Karena itu sebelum membeli lem tembak, ada baiknya Anda ketahui dulu berapa temperatur lem tembak yang Anda butuhkan. Jangan sampai lem tembak yang Anda beli kemudian menjadi sia sia.

Pilih Lem Tembak yang Sudah Dilengkapi Switch

Lem tembak yang ada di pasaran rata rata memiliki model seperti pistol. Dimana untuk mengeluarkan lemnya Anda harus menekan pelatuknya terlebih dulu. Namun ada juga lem tembak yang tidak memiliki pelatuk atau switch. Jadi anda harus mencabut lem tembak dari stop kontak berkali kali agar lemnya tidak dilelehkan terus menerus.

Anda tentu akan kerepotan bila harus melakukan hal ini, jadi kami sarankan Anda membeli lem tembak dengan pelatuk atau switch.

Perhatikan Jenis Power Supply

Ada dua jenis power supply pada lem tembak, yaitu power supply yang berasal dari stop kontak dan power supply dari baterai kering. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Lem tembak dengan power supply dari stop kontak tentu tidak membuat Anda membeli baterai.

Akan tetapi, kabel yang ada padanya membuat tempat Anda terkesan lebih sempit dan semrawut. Sedangkan lem tembak dengan baterai mudah dibawa kemana saja, namun siapkan baterai cadangan dalam jumlah banyak. Sebelum membeli lem tembak sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda.

15 Lem Tembak Terbaik untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Bosch Glue Gun PKP 18E

Lem Tembak Bosch Glue Gun PKP 18E
Lem Tembak Bosch Glue Gun PKP 18E Sumber: cdnmedia.220-volt.ru

Lem tembak yang satu ini hadir dengan desain kokoh yang membuatnya awet dan tahan lama. Selain itu lem tembak yang cocok digunakan untuk merekatkan berbagai barang rumah tangga Anda ini, mudah dibawa kemana saja. Dengan panjang perekat sampai 200mm tentu akan memudahkan Anda dalam merekatkan barang.

Bosch Glue Gun PKP 18E membutuhkan konsumsi daya 60 – 200 Watt untuk bekerja, menjadikan perangkat ini temasuk irit listrik.

Ditambah lagi lem tembak ini sudah dilengkapi dengan wire stand sehingga mudah diletakkan saat tidak digunakan. Ada juga fitur drip lock yang memastikan lem tidak menetes terus menerus. Alat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari lem tembak praktis tanpa masalah lem bocor.

Rapid EG250 Glue Gun With Nozzles & Glue Stick

Lem tembak Rapid EG250 Glue Gun With Nozzles & Glue Stick
Lem tembak Rapid EG250 Glue Gun With Nozzles & Glue Stick Sumber: assetscdn1.paytm.com

Pistol lem serba guna buatan pabrikan Rapid ini hadir dengan 3 buah nozel khusus untuk berbagai jenis aplikasi. Saat membeli produk ini Anda juga akan mendapatkan starter kit lem transparan. Material ABS dan material yang digunakan membuat lem tembak ini sangat bagus dan awet, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Konsumsi daya dari lem tembak ini merupakan yang terkecil dikelasnya, hanya 25 watt sangat kecil untuk ukuran perangkat rumah tangga. Meski begitu Rapid EG250 sudah dilengkapi dengan wire stand, supaya Anda tidak harus memeganginya terus menerus. Juga ada drip lock untuk mencegah lem terus terusan menetes.

Dekko DG – 11

Lem Tembak Dekko DG – 11
Lem Tembak Dekko DG – 11 Sumber: ecs7.tokopedia.net

Lem tembak terbaik dengan teknologi korea ini memiliki kualitas daya rekat yang sangat bagus. Dengan konsumsi daya listrik 110-120 volt, Anda bisa menggunakannya merekatkan berbagai jenis bahan termasuk kain dan kulit. Jadi Anda yang punya koleksi sepatu atau tas berbahan kulit tak perlu khawatir lagi jika koleksi Anda mengalami kerusakan.

Desain dari lem tembak ini cukup unik, dengan bagian belakang yang dibiarkan terbuka tanpa casing yang memudahkan dalam mengganti glue stick. Lekukan pada gagangnya juga membuat pegangan dari lemtembak ini menjadi semakin mantap.

Lem tembak ini juga dilengkapi dengan wire stand atau besi penyangga, Anda juga akan mendapatkan dua stik lem gratis ketika membeli produk ini.

Delica DC – E20W Glue Gun

Lem Tembak Delica DC – E20W Glue Gun
Lem Tembak Delica DC – E20W Glue Gun Sumber: ae01.alicdn.com

Jika Anda sedang mencari lem tembak dengan desain kecil, bobot yang ringan namun kuat, maka kami rekomendasikan Anda membeli Delica DC – E20w. Didesain menggunakan material body dari besi menjadikan Delica DC – E20W awet dan terlihat elegan.

Karena bentuknya yang mungil, lem tembak ini juga menggunkan batangan lem berukuran kecil sebagai bahan perekatnya. Lem tembak yang biasanya digunakan di industri kerajinan tangan ini membutuhkan konsumsi  20 watt untuk dapat melelehkan batangan lem.

Joer Portable Battery Glue Gun S – 608

Lem Tembak Joer Portable Battery Glue Gun S – 608
Lem Tembak Joer Portable Battery Glue Gun S – 608 Sumber: images-na.ssl-images-amazon.com

Bobot dari lem tembak ini hanya 158,6 gram, menjadikannya sangat ringan sehingga ketika Anda menggunakannya dijamin tangan Anda bebas dari pegal dan kesemutan. Dilengkapi dengan lampu LED yang memudahkan Anda menggunakannya di tempat minim cahaya.

Selain itu dengan power supply baterai, menjadikan alat ini gampang dibawa kemana saja. Ukurannya pun hanya 15 x 13,5 cm menjadikannya sangat compact dan mudah dibawa kemana saja.

Toho Glue Gun

Lem Tembak Toho Glue Gun
Lem Tembak Toho Glue Gun Sumber: img.staticbg.com

Tidak perlu profesional untuk menggunakan lem tembak ini. Desain yang simpel tentu memudahkan siapa saja dalam mneggunakan alat ini untuk keperluan merekatkan benda. Lem tembak bermaterial ABS ini membutuhkan daya listrik 40 watt dengan spesifikasi stik lem berukuran 11,5.

Toho Glue Gun juga dilengkapi dengan wire stand atau besi penyangga dan nozel anti leaking sehingga keamanannya pun terjamin. Jenis lem yang digunakan produk ini adalah lem lilin yang mudah meleleh dan mengeras.

Mollar Professional MLR – GG20

Lem Tembak Mollar Professional MLR – GG20
Lem Tembak Mollar Professional MLR – GG20 Sumber: mollar.co.id

Mollar Professional MLR – GG20 cocok bagi Anda yang menginginkan lem tembak yang praktis untuk merekatkan berbagai perabotan di rumah. Dengan konsumsi listrik yang rendah, yaitu hanya 20 watt Anda bisa menggunakan alat ini untuk merekatkan benda benda berbahan plastik, kertas, kayu, keramik, hingga metal yang ringan.

Apalagi lem tembak terbaik milik Mollar ini hadir dengan pilihan warna cerah yang beragam, menjadikannya buruan favorit remaja putri untuk membuat hasil karya.ditambah lagi dengan harga yang ekonomis Anda sudah bisa membawa pulang lem tembak cantik yang fungsional ini.

Camel Glue Gun GG – 5

Lem Tembak Camel Glue Gun GG – 5
Lem Tembak Camel Glue Gun GG – 5 Sumber: i5.walmartimages.com

Mungkin ini adalah produk lem tembak yang paling banyak dijual di pasaran. Dengan harga yang terjangkau, lem tembak buatan China ini cocok Anda gunakan untuk aktifitas rumahan dan kerajinan tangan. Daya rekatnya cukup bagus dengan konsumsi daya 60 watt.

Namun sayang, meskipun sudah dilengkapi dengan besi penyangga. Camel Glue Gun GG – 5 belum dilengkapi dengan drip lock untuk mencegah tetesan lem. Meski begitu desainnya yang simpel membuat pegangan Anda terasa mantap dan material yang digunakan pun terasa solid.

Jie La Hua LL – 203

Lem Tembak Jie La Hua LL – 203
Lem Tembak Jie La Hua LL – 203 Sumber: s2.bukalapak.com

Lem tembak satu ini bisa Anda atur besaran konsumsi daya listriknya, mulai dari 60 watt sampai 100 watt sesuai kebutuhan. Semakin besar konsumsi listriknya tentu lem yang dikeluarkan akan lebih panas. Pada daya listrik standar saja produk ini mampu menghasilkan lem yang kental dan cepat kering.

Terdapat pula pelatuk besar pada alat ini yang berguna untuk mempermudah Anda dalam mengontrol jumlah lem yang digunakan. Selain itu desain gagang yang ramping memungkinkan Anda untuk mengontrol alat ini dengan mudah.

Winner TLG 20

Lem Tembak Winner TLG 20
Lem Tembak Winner TLG 20 Sumber: id-live-02.slatic.net

Dengan konsumsi daya listrik sebesar 100 watt, alat ini mampu menghasilkan panas yang merata dan awet sehingga lem mudah meleleh. Alat ini sangat cocok untuk memperbaiki peralatan rumah tangga dan membuat kerajinan tangan kreatif.

Lem tembak terbaik ini mampu merekatkan semacam kayu, metal, plastik, kaca, sampai kulit dengan hasil yang memuaskan. Dijamin pekerjaan Anda akan sangat terbantu dan selesai lebih cepat dengan alat satu ini.

Pro’sKit Battery Operated Glue Gun GK – 368

 Lem Tembak Pro’sKit Battery Operated Glue Gun GK – 368
Lem Tembak Pro’sKit Battery Operated Glue Gun GK – 368 Sumber: ae01.alicdn.com

Bila Anda menyukai alat alat berteknologi tinggi, maka Anda wajib memiliki alat yang satu ini. Didesain dengan model futuristik dengan tambahan grip karet yang membuat anda nyaman dalam menggemgam alat ini, grip karet juga berfungsi untuk menghindari slip dan memberikan rasa empuk di tangan Anda.

Dengan berat hanya 294 gram saja, dijamin Anda akan nyaman menggunakan alat ini meski dipakai sepanjang hari.Lem tembak ini juga menggunakan baterai sebagai sumber dayanya sehingga Anda tidak perlu ribet dengan urusan kabel.

Dengan dimensi 17,5 x 15,5 menjadikannya pas digenggam, ditambah lampu LED untuk bekerja di keadaan gelap. Lem tembak ini hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk sampai pada suhu ideal untuk digunakan.

Kenmaster Glue Gun

Lem Tembak Kenmaster Glue Gun
Lem Tembak Kenmaster Glue Gun Sumber: slatic.ne

Lem tembak Kenmaster satu ini dijual denga harga yang murah namun denga kualitas yang bagus. Dengan konsumsi listrik yang kecil, yaitu hanya 15 watt lem tembak ini sudah bisa digunakan merekatkan perabotan Anda. Lem tembak ini bisa merekatkan benda berbahan kain, plastik, atau lainnya dengan sangat kuat.

Cocok untuk keperluan rumahan dan industri kecil, ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda membawanya kemana saja.

Stanley 8 – ½ in Trigger – Feed Standart Dual – Melt Glue Gun

Lem Tembak Stanley 8 – ½ in Trigger – Feed Standart Dual – Melt Glue Gun
Lem Tembak Stanley 8 – ½ in Trigger – Feed Standart Dual – Melt Glue Gun Sumber: wafiapps.com

Lem tembak terbaik satu ini memungkinkan Anda mengatur temperaturnya dengan fleksibel. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal, mulai dari memperbaiki perabot rumahan sampai melakukan pekerjaan pertukangan bisa Anda lakukan. Ini karena alat ini bisa digunakan dengan tipe high temperature maupun low tempetarure.

Lem tembak ini membutuhkan daya 80 watt dengan estimasi waktu 60 detik saja untuk mencapai titik panas optimal. Desain yang kecil serta besi penyangga yang dapat dilipat juga memudahkan Anda dalam menyimpan alat ini.

Happy Glue Gun

Lem Tembak Happy Glue Gun
Lem Tembak Happy Glue Gun Sumber: rktelesystem.com

Happy Glue Gun merupakan produk lem tembak yang ideal untuk memperbaiki perabot berbahan plastik, kayu, kaca, hingga kulit. Dengan konsumsi listrik 20 watt dilengkapi saklar on-off untuk menambah keamanannya alat ini juga cocok digunakan untuk berbagai kerajinan dengan plastik atau kertas.

Produk satu ini ini memiliki ukuran batangan lem 10,8-11,5 sehingga menjadikannya relatif ringan.

Goot HB – 80

Lem Tembak Goot HB – 80
Lem Tembak Goot HB – 80 Sumber: yman.co.uk

Jika Anda mencari lem tembak dengan temperatur tinggi, namun memiliki konsumsi listrik rendah maka produk ini cocok buat Anda. Lem tembak ini mampu mencapai 160° saat digunakan namun hanya membutuhkan listrik 14 watt saja. Dengan dimensi 18,5 x 15,5 serta bobot hanya 220 gram dijamin Anda tidak akan cepat pegal dalam menggunakan alat ini.

Kesimpulan

Dalam memilih lem tembak ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti, adanya switch pada produk yang akan ada beli. Power supply pun harus Anda cek dengan teliti sebelum membeli lem tembak. Tipe high temperature atau low temperature bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Semoga rekomendasi lem tembak terbaik ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih lem tembak sesuai kebutuhan Anda

Leave a Comment