15 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik dan Berkualitas

Kompor listrik terbaik penting Anda jadikan sebagai pilihan. Sudah tidak zaman lagi ketika Anda menggunakan kayu bakar, kompor minyak, dan kompor gas. Sekarang sudah mulai bertebaran trend penggunaan kompor listrik yang perlahan meninggalkan penggunaan kayu bakar, kompor minyak, dan kompor gas. Tentunya, ini berkat adanya teknologi

Cara memasak tradisional yang memakan banyak waktu atau penggunaan bahan bakar tidak ramah lingkungan mendorong perubahan dalam pemilihan kompor. Meski kompor listrik masih tidak popular  untuk masyarakat menengah ke bawah, namun kehadirannya bisa dipertimbangkan untuk masa depan.

Kompor listrik   merupakan kompor atau perapian yang menggunakan tenaga listrik sebagai pembangkit panas sehingga bisa digunakan dalam proses memasak. Sejarahnya di Indonesia, kompor diperkenalkan pada masa kolonial menggunakan bahan bakar cair seperti minyak tanah. Namun, jauh sebelum itu, masyarakat kita telah mengenal alat pemanas tradisional, anglo.

Alasan Penggunaan Kompor Listrik dengan Kualitas Terbaik 

Alasan menggunakan kompor listrik
Sumber: id-live-03.slatic.net

Dibandingkan jenis kompor lainnya, kompor listrik  menawarkan kelebihan yang banyak. Kelebihan-kelebihan tersebut bisa membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Nah, berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki dengan menggunakan kompor listrik saat Anda memasak.

Harga pemasangan murah

Jika Anda mengira harga kompor listrik  mahal, tahukah Anda jika harga pemasangan awal kompor lengkap, lebih murah daripada dapur oven berdaya gas. Jika dihitung-hitung, kompor listrik memiliki harga lebih murah dibanding kompor gas dengan kualitas sama.

Kebanyakan orang mengira kompor mahal dan tagihan listrik bisa jadi meningkat tajam, padahal tagihan listrik bisa diatur dengan penggunaan kompor yang hemat.

Kompor listrik lebih mudah dibersihkan

Permukaan kompor listrik  yang rata dan licin membuatnya mudah dibersihkan. Anda cukup mengelapnya dengan air bersih. Berbeda dengan membersikan kompor lain yang Anda harus melepas satu persatu bagian kompor, membersihkannya, dan merakit kembali, agaknya ini menjadi PR tersendiri bagi Anda dalam membersihkan kompor.

Hemat energi

Kompor listrik  menghasilkan panas lebih merata sehingga membuat masakan matang lebih cepat. Ini artinya jumlah pemakaian energi menjadi berkurang. Namun sekilas, Anda pasti mengira jika energi yang digunakan besar dan membuat tagihan listrik naik. Yang menjadi catatan, tidak semua kompor listrik menawarkan fitur untuk panas yang merata secara sempurna.

Kompor listrik lebih aman

Mekanisme kerja kompor listrik  bukan menghasilkan api, melainkan memanaskan bagian permukaan yang bersentuhan dengan peralatan masak. Anda akan memiliki pengalaman memasak dengan aman karena tidak takut ada api yang menyambar, apalagi jika Anda memiliki buah hati balita. Selain itu peralatan dapur Anda bisa jadi menjadi lebih awet karena tidak terkena api langsung.

Jika biasanya banyak pemberitaan di televise atau internet tentang kebocoran kompor gas hingga menyebabkan musibah kebakaran, Anda tak perlu khawatir lagi. Sudah pasti kompor listrik tidak menggunakan tabung gas sehingga tidak ada risiko gas meledak. Pertimbangkan kembali ketika Anda masih menggunakan tabung gas.

Kemudahan memasak

Beberapa kompor listrik didesain menyatu dengan dapur, namun ada kompor listrik minimalis yang kecil sehingga mudah untuk dipindahkan. Syaratnya cuma satu, ada aliran listrik. Selain itu, kompor listrik terbaik  juga bisa diatur sesuai dengan tingkat panas yang Anda inginkan.

Anda bisa mengatur tingkat panas dalam menggoreng, merebus, atau kegiatan masak lain. Panas kompor listrik yang bisa diatur, kemudahan ini memungkinkan Anda tidak terbatas untuk memasak berbagai jenis masakan.

Tips Memilih Kompor Listrik supaya Mendapatkan Kualitas Terbaik 

Tips memilih kompor listrik
Sumber: http://kitchencorner.id

Setelah paparan mengenai alasan kenapa Anda sebaiknya  kompor listrik  dibandingkan dengan jenis kompor lainnya, pastinya Anda jadi lebih tertarik bukan? Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kompor listrik. Berikut panduan memilihnya.

Harga

Ketika memutuskan untuk membeli kompor listrik, pastikan pilih dengan budget yang sesuai kantong. Katanya, ada rupa ada harga. Namun jangan jadikan merek dari brand ternama sebagai patokan Anda dalam membeli. Lakukan riset untuk menentukan kompor listrik yang berkualitas sesuai dengan uang yang dimiliki.

Baca   Meja Lipat Terbaik untuk Menemani Aktivitas Kamu

Harga dan merek memang dua pertimbangan yang saling berkaitan. Kompor dengan merek terkemuka pastinya harganya mahal karena kualitasnya sudah teruji dan digunakan orang banyak. Namun perlu diingat, merek bukanlah segalanya. Ada merek abal-abal juga yang dijual dengan harga tinggi.

Ukuran

Selain menyesuaikan budget, perhatikan ruang kosong pada dapur Anda sekiranya bisa ditambah atau dipasang kompor listrik. Siapkan ukuran untuk space ruang di dapur yang kosong, sehingga ketika Anda beli, kompor tersebut benar-benar bisa dipasang. Jangan sampai membeli barang yang sia-sia.

Jenis dan tipe kompor listrik beragam, ada yang biasa dan ada juga yang induksi. Ada pula kompor listrik terbaik  yang menyatu dengan dapur atau terpisah. Ada juga yang memiliki ukuran besar dan ada yang berukuran kecil portable.

Jika Anda lebih sering memasak porsi besar, mungkin kompor satu tungku tidaklah cukup. Sebaliknya, jika Anda tidak sering memasak di rumah, kompor satu tungku pun sudah cukup.

Fitur

Fitur kompor listrik yang biasanya dicari orang yaitu adanya pengatur panas dan timer. Pengatur panas digunakan untuk menyesuaikan panas kompor dengan metode memasak yang dilakukan. Timer berguna sebagai pengingat waktu dalam memasak.

Kedua fitur pengatur panas dan timer berguna untuk menghemat energi dan pengelolaan waktu dalam memasak sehingga risiko gosong dan hangus semakin rendah. Tahukah Anda jika beberapa kompor listrik telah menyediakan fitur pengatur panas otomatis berdasarkan jenis masakan yang dibuat. Pekerjaan memasak Anda menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya mudah.

Sebelum menggunakan alat masak dari lisrik,  Anda yang baru. Pastikan saat memilih kompor di toko, Anda mencoba berbagai fitur yang ditawarkan. Jika ada kendala atau hal yang tidak dipahami, tanyakan pada petugas toko. Mumpung masih belum dibawa pulang, teliti dan periksa lagi kompor Anda.

Energi yang dihabiskan

Kompor listrik  boros? Sebetulnya efisiensi daya bisa dilakukan karena bergantung pada penggunaan kompor listrik tersebut. Penggunaan kompor listrik yang berlebihan berdampak pada peningkatan tagihan listrik, jadi tergantung pemakaian ya.

Beberapa kompor listrik  memang membutuhkan daya listrik yang besar. Anda perlu mencari tahu lebih lanjut berapa daya listrik di rumah dan mengkalkulasi apakah kompor listrik  tersebut sesuai kebutuhan atau tidak. Awas, listrik jadi mati.

15 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik 2019 

Setelah tahu kelebihan-kelebihan penggunaan kompor listrik dibandingkan kompor lain, coba Anda pertimbangkan kembali untuk membeli. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan di atas mengenai tips-tips dalam membeli kompor listrik terbaik. Selanjutnya, ada beberapa rekomendasi produk kompor listrik terbaik  yang bisa Anda miliki. Berikut ulasannya.

1. Maspion S300

Maspion S300
Sumber: id-live.slatic.net/

Kompor merek Maspion ini merupakan kompor listrik  sederhana. Kompor tersebut dilengkapi dengan dudukan besi sebagai penyangga peralatan dapur Anda. Kelebihannya, beragam alat memasak dapat digunakan pada dudukan kompor listrik terbaik ini.

Tenaga listrik yang dibutuhkan yaitu sebesar 300 watt jika digunakan untuk menghangatkan makanan. Yang menjadi catatan yaitu dalam membersihkan kompor time ini, Anda perlu hati-hati. Sebab tidak semudah membersihkan kompor tipe lain.

2. Kompor Listrik Mini EU Plug H-009AS

Kompor Listrik Mini EU Plug H-009AS
Sumber: id-live-01.slatic.net

Kompor berseri H-009AS ini berukuran kecil, cocok untuk Anda yang membutuhkan kompor listrik  kecil dan sederhana. Harga kompor kecil ini berkisar seratus ribu rupiah. Ukurannya yang mini membuat kompor bisa dibawa jalan-jalan. Kompor ini muat dalam ransel Anda karena memiliki ukurang 15 cm x 15 cm.

Ukuran kompor yang mini menyebabkan kegiatan memasak terbatas. Dengan kompor EU Plug ini, Anda hanya bisa memasak air dan mie instan, mungkin menghangatkan beberapa masakan dan minuman juga bisa. Kompor jenis ini bukan pilihan bagi Anda yang perlu memasak dengan porsi “mukbang”.

3. Akebonno Inox Hot Plate

Akebonno Inox Hot Plate
Sumber: http://kalorik.com

Kompor Akebonno Inox Hot Plate seri MSP3201 ini dibuat dengan material yang mampu menghasilkan panas yang merata. Harganya yang mencapai 5x lipat harga kompor sebelumnya ini sangat membantu Anda dalam menghasilkan masakan dengan kematangan merata.

Kompor Akebonno ini juga memiliki keunggulan material dengan daya tahan tinggi, sehingga dapat digunakan di rentang waktu lama. Anda tak perlu khawatir untuk membeli kompor baru tiap tahun. Jenis kompor ini memiliki dua tungku kanan kiri dengan harga yang tergolong murah.

Baca   Kaca Pembesar Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Dijadikan Pilihan

4. Electrical Stove IL-401S

 Electrical Stove IL-401S
Sumber: my-live-02.slatic.net

Kompor listrik merek Idealife yang memiliki satu tungku ini punya keunggulan dalam mengkonsumsi daya listrik yang lebih rendah. Seperti merek kompor ini, hidup ideal dimulai dengan memiliki kompor listrik ini. Kompor Idealife mengonsumsi maksimal daya sebesar 500 watt. Dayanya yang tergolong rendah ini berdampak pada waktu memasak yang relatif lama.

Keunggulan dari jenis kompor listrik  satu ini yaitu dilengkapi dengan auto thermostat control. Alat tersebut memiliki kegunaan untuk menjaga suhu kompor agar tetap stabil ketika digunakan memasak. Kompor akan terhindar pada suhu sangat panas dengan alat tersebut dan tidak merusak makanan Anda. Desainer produk ini telah merancang sedemikian rupa sehingga produk ini aman.

5. Modena Crista – BE 1325

Modena Crista – BE 1325
Sumber: id-live-01.slatic.ne

Produk Modena memang sudah popular di kalangan orang yang sering memasak. Hampir peralatan dapur Anda mungkin menggunakan merek tersebut. Kompor listrik  terbaik merek Modena ini memiliki keunggulan yang hampir sama dengan produk kompor listrik Idealife.

Modena Crista – BE 1325 memiliki fitur keamanan yang dinamakan residual heat indicator. Indikator tersebut akan menyala dan memberikan peringatan jika kompor masih panas. Ketika suhu kompor turun, indikator tersebut tidak lagi menyala. Kompor jenis ini aman untuk dapur Anda.

Material yang disematkan di dalam kompor Modena ini juga tergolong bagus. Kompor ini menggunakan tempered glass sebagai plat penutup pada bagian pemanas. Plat tersebut selain kuat, juga membuat kompor terlihat modern. Sayangnya, kompor ini memiliki daya listrik hingga 2000 watt.

Sehingga, Anda perlu memastikan daya listrik yang digunakan di rumah. Ingat, kompor dengan daya tinggi juga menawarkan proses memasak yang cepat.

6. Akebonno Kompor Digital Infra Merah seri MSP-3103C

Akebonno Kompor Digital Infra Merah seri MSP-3103C
Sumber: http://s.kaskus.id

Brand Akebonno terus mengeluarkan variasi kompor listrik kualitas terbaik. Kini, merek tersebut mengeluarkan kompor listrik yang memiliki keunggulan dalam sistem pengaturan digital. Teknologi digitalisasi dalam produk ini memudahkan Anda mengatur suhu saat memasak. Kualitas masakan akan tetap terjaga karena dimasak dengan suhu yang tepat.

Dalam sistem pengaturan digital kompor ini juga menawarkan fitur tujuh pilihan menu masakan. Anda bisa menekan tombol untuk menyesuaikan jenis masakan. Secara otomatis, kompor akan menyesuaikan sesuai suhu yang diperlukan. Kompor ini benar-benar sangat memudahkan Anda dalam mengatur panas saat memasak.

7.Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX 

Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX 
Sumber: s.technopoint.ru

Kompor seharga 10 jutaan ini sangat presisi dan modern ketika berada di dapur Anda. Kompor listrik yang diproduksi oleh Ariston ini memiliki desain elegan sehingga dapur menjadi estetik. Seperti namanya, kompor listrik ini bukan kompor portable yang mudah dibawa kemana-mana.

Kompor mahal memang menawarkan fitur yang unggul. Setiap tungku pada kompor ini memiliki enam lavel pengaturan suhu. Anda dapat mengatur tinggi rendah suhu sesuai kebutuhan. Kelebihan lain, kompor ini memiliki indikator panas.

Ketika kompor telah usai digunakan namun masih panas, indikator tersebut masih menyala. Anda tak perlu takut salah sentuh kompor yang masih panas karena ada peringatannya, jadi aman.

8. Oxone Double Ceremic Stove seri OX-655D

Oxone Double Ceremic Stove seri OX-655D
Sumber: img.alicdn.com

Alat masak terbaik dari Oxone ini memiliki keunggulan dalam aspek konsumsi daya. Jika kompor lain membutuhkan daya besar, kompor ini hanya mengonsumsi daya maksimal 800 watt pada tungku besar dan 600 watt pada tungku kecil. Menarik bukan?

Kompor Oxone seri OX-655D ini dilengkapi sistem pelindung untuk mengurangi suhu panas berlebih. Ada juga indikator lampu on/off dalam kompor ini. Jika dapur Anda tergolong sempit, kompor ini cocok bagi Anda karena berukuran 45 cm x 27 cm x 8 cm.

9. Oxone Single Ceremic Stove seri OX-655S

Oxone Single Ceremic Stove seri OX-655S
Sumber: id-live-03.slatic.net

Hampir sama dengan kompor Oxone sebelumnya, kompor listrik ini membutuhkan daya maksimal 800 watt. Yang membedakan kompor seri ini dengan sebelumnya, yaitu memiliki satu tungku saja. Harganya berkisar antara 500 ribu rupiah.

Baca   Mesin Cuci Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Kelebihan kompor Oxone yaitu tampilannya yang mewah dan modern. Kompor dilengkapi juga dengan sistem perlindungan yang menjaga suhu kompor tidak meningkat terlalu tinggi. Kita tidak khawatir masakan menjadi overcook karena suhu terlalu panas, bahkan gosong.

10. Maspion S302

Maspion S302
Sumber: id-live-01.slatic.net

Kompor Maspion S302 ini mudah untuk dipindahkan. Lucunya, kompor listrik dari Maspion  ini juga bisa diletakkan di meja makan untuk menemani makan Anda. Produk ini memang mungil, terdapat pegangan di sisi kanan dan sisi kiri kompor yang akan memudahkan Anda saat berpindah tempat.

Keunggulan kompor ini yaitu teknologi thermostat dan thermofuse yang berguna memutus aliran listrik saat suhu sudah mencapai batas maksimum. Keamanan Anda dalam memasak akan terjamin di kompor ini. Dilihat dari harganya, kompor ini dijual dengan harga berkisar 150 ribu rupiah saja.

Kompor Maspion S302 juga punya lampu indikator yang akan menyala ketika kompor sudah panas atau siap digunakan. Nilai plus kompor ini yaitu memiliki harga relatif murah dibanding merek-merek lain yang menjadi pesaingnya. Dengan 150 ribu rupiah, Anda bisa membawa pulang kompor mungil ini.

11. Cosmos CIC 996 Kompor Induksi 

Cosmos CIC 996 Kompor Induksi 
Sumber: id-live-02.slatic.net

Kompor listrik  besutan Cosmos ini digadang-gadang menjadi kompor listrik kualitas terbaik yang bisa mempersingkat waktu memasak Anda semua. Hadir dengan bahan terbaik. kompor listrik terbaik  besutan Cosmos ini memiliki beragam kelebihan yang tentunya sangat membantu aktivitas Anda sehari-hari.

Lebih dari itu, kompor listrik  dari Cosmos ini hadir dengan harga yang sangat terjangkau. Terkait dengan penggunaan dan perawatannya juga sangat mudah dan sederhana sekali.

12.  IDEALIFE – IL-402 Electrical Stove (Double) – Kompor Listrik Dua Tungku

IDEALIFE - IL-402 Electrical Stove (Double)
Sumber: http://www.oxonemurah.com

Kompor listrik  berikutnya ini hadir dengan dua tungku. Keberadaan dua tungkunya  tentu akan semakinmemudahkan Anda semua ketika hendak memasak lebih cepat dengan menggunakan kompor listrik dari IDEALIFE satu ini. Hadir dengan teknologi terdepan menjadikan kompor listrik satu ini siap membantu kebutuhan Anda sehari-hari.

13.  Philips kompor induksi listrik HD 4932

Philips kompor induksi listrik HD 4932
Sumber: hargabaruku.com
Terkait dengan kualitas yang dihadirkan, tenang saja brand kompor listrik terbaik  satu ini hadir dengan kualitas terbaik. Philips termasuk dalam salah satu brand kompor listrik  yang banyak dijadikan pilihan. Meskipun hadir dengan kualitas terbaik, tenang saja, terkait dengan harganya juga terbilang sangat terjangkau.

14.  Cyprus Kompor Induksi KL0071 KL 0071 Induction Cooker 

Cyprus Kompor Induksi KL0071 KL 0071 Induction Cooker 
Sumber: mm-storage-prod.mataharimall.co/
Pilihan kompor listrik  selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah kompor listrik besutan brand  Cyprus ini. Hadir dengan berbagai kelebihan serta daya hantar yang maksimal, menjadikan kompor listrik satu ini siap memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Anda bisa mendapatkan di berbagai toko online atau toko offline kesayangan Anda.

15. Midea IC 1613 Kompor Induksi

Midea IC 1613 Kompor Induksi
Sumber: ecs7.tokopedia.net
Alat masak bertenaga listrik besutan Midea satu ini hadir dengan model yang elegan, sehingga mampu menjadikan dapur Anda semakin terlihat cantik dan menarik. Terkait dengan daya hantarnyam kompor listrik dari Midea satu ini juga memiliki daya hantar yang cukup bagus, sehingga akan menjadikan aktivitas memasak Anda semakin lebih menyenangkan.

Kesimpulan

Boleh saja Anda mengikuti perkembangan teknologi yang sudah tertanam pada produk-produk rumah tangga. Teknologi sudah mengubah cara memasak ibu-ibu yang awalnya pakai tungku arang, hingga saat ini ada inovasi kompor listrik. Kemudahan dalam memasak menjadi poin penting yang memicu masyarakat untuk berubah.

Kompor listrik  yang kebanyakan memakan daya maksimum tinggi agaknya menjadi hal yang perlu digarisbawahi. Pastikan daya listrik di rumah Anda cukup untuk menyalakan kompor listrik dan peralatan rumah tangga lain yang menggunakan listrik secara bersamaan.

Tulisan ini mengulas topik tentang kompor listrik terbaik. Jika Anda ingin berpindah dari kompor gas ke kompor listrik, jangan lupa untuk membaca tulisan ini sebagai pengetahuan awal Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda atau keluarga dalam memilih kompor listrik.

 

 

Leave a Comment