Kaca Pembesar Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sebagai orang yang belajar fisika, kaca pembesar terbaik perlu untuk dimiliki. Dalam ilmu Fisika, kaca pembesar disebut Lup yang memiliki arti yakni alat optik berupa lensa cembung / lensa positif. Fungsi daripada kaca pembesar adalah untuk memperbesar objek, tulisan, atau komponen-komponen kecil yang mana tidak dapat dijangkau oleh mata telanjang.

Dengan menggunakan Lup, kita dapat menentukan besarnya suatu objek, dan yang biasa digunakan adalah perbesaran sudut (anguler). Kita dapat mengukur suatu objek dengan cara membandingkan sudut penglihatan dengan kaca pembesar atau tanpa kaca pembesar.

Penggunaan kaca pembesar  tentu saja sangat membantu kita dalam mengerjakan proyek tertentu di mana kita diharuskan untuk meneliti objek terkecil secara detail dan kemudian menyusun laporan ilmiahnya. Dalam penggunaannya, kita harus jeli dalam memilih kaca pembesar yang berkualitas.

Kaca Pembesar

Alasan Memilih Kaca Pembesar Terbaik  Berkualitas

Dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan ketelitian pengamatan terhadap suatu objek tertentu berukuran kecil, orang biasanya tidak menggunakan kaca pembesar  yang sesuai. Akibatnya, terdapat beberapa kasus di antaranya lensa kaca pembesar terlihat buram serta perbesaran objek yang diteliti tidaklah sempuna sesuai keinginan.

Sangat disayangkan jika nasib profesi yang kamu geluti sekian lama akan segera terhenti hanya karena salah dalam memilih kaca pembesar yang tidak berkualitas. Contohnya, ketika kamu diminta meneliti tentang tulisan – tulisan bersejarah di sebuah buku berukuran mikro.

Apa jadinya jika kaca pembesar yang kamu pilih tidak memberikan hasil maksimal dalam penelitianmu. Akhirnya, laporanmu gagal.

Dalam kasus ini mungkin saja yang berpengaruh adalah lensa dari kaca pembesar . Sering kali lensa yang tidak berkualitas menyebabkan objek yang sedang kamu teliti menjadi buram atau tidak terlihat sama sekali. Salah dalam memilih lensa kaca pembesar akan sangat berakibat fatal pada pekerjaan sepeti itu.

Tips Memilih Kaca Pembesar Terbaik yang Tepat

Ada banyak sekali iklan penawaran kaca pembesar kualitas terbaik  yang kerap kamu jumpai di pelbagai media baik itu media cetak maupun media online. Dari semua iklan tersebut pastinya menawarkan tipe kaca pembesar terbaik untuk konsumen. Namun, sebagai konsumen yang cerdas kamu harus jeli dalam memilih kaca pembesar yang benar – benar berkualitas.

Memilih kaca pembesar  yang cocok untuk kamu memang gampang – gampang susah bagi para pemula. Yang harus diperhatikan adalah kesesuaian tipe kaca pembesar  dengan jenis pekerjaan yang sedang kamu geluti. Kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan – pilihan bervariasi mulai dari lensa, gagang, tipe, perbesaran hingga tingkat kefokusannya. Berikut ini adalah tips – tipsnya :

Sesuaikan dengan kebutuhan

Selain meneliti huruf – huruf kecil, kaca pembesar  juga dibutuhkan untuk mengerjakan aneka kerajinan tangan berukuran kecil, mengamati struktur terkecil dari tanaman, membantu proses memasukkan benang ke lubang jarum dll.

Alat pembesar terdiri dari dua bagian utama yakni lensa dan gagang. Jika kamu sulit membaca huruf – kecil dengan posisi tangan yang menganggu, maka kamu bisa memilih kaca pembesar terbaik dengan gagang agar bisa dipegang atau diletakkan di atas meja.

Tetapi jika anda masih kesulitan karena memegang kaca pembesar tersebut, kamu dapat memilih kaca pembesar dengan kaki agar dapat berdiri.

Untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pengamatan bagian terkecil dari tanaman misalnya, kamu bisa memilih kaca pembesar  yang menggunakan kaki. Sehingga pekerjaan kamu akan terasa lebih maksimal ketimbang menggunakan kaca pembesar yang biasa ataupun yang hanya menggunakan gagang saja.

Pilih berdasarkan gagangnya

Kaca pembesar  dengan gagang yang bagus biasanya berukuran lensa 5 – 6 cm atau lebih. Pilihan tersebut disesuaikan dengan ukuran kertas atau media yang besar seperti peta atau koran. Bentuk dari lensa kaca pembesar terbaik ini biasanya kotak atau bulat. Sedangkan, tipe kaca pembesar dengan kaki cenderung lebih kecil ukuran diameter lensanya.

Baca   Sapu Terbaik untuk Membersihkan Ruangan

Pilih sesuai tipenya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pekerjaan dengan menggunakan tipe kaca pembesar berkaki akan sangat memudahkan pekerjaan karena kamu bisa bekerja dengan nyaman tanpa harus memegangi kaca pembesar lagi.

Tipe berkaki ini biasanya dipakai misalnya untuk mengerjakan kerajinan tangan dengan tingkat detail yang tinggi. Tinggal letakkan dan perbesar.

Ukuran yang nyaman

Beda dengan tipe gagang dan tipe berkaki, ada juga kaca pembesar dengan tipe praktis serta bisa dibawa kemana – mana. Tipe jenis ini sering digunakan oleh para seniman dan kurator untuk melihat detai lukisam, arkeolog untuk meneliti bebatuan dan para ilmuan untuk mengamati serangga. Dilengkapi dengan kotak pelindung, membuat kaca pembesar ini aman dibawa kemana – mana.

Perbesaran harus mumpuni

Semakin kecil objek pengamatan, harusnya semakin besar kemampuan kaca pembesar terbaik dalam perbesarannya. Jika kamu berprofesi sebagai penjual emas, orang yang mengobservasi pembuluh pada daun atau orang yang mengamati cek tua, maka kamu harus menggunakan kaca pembesar dengan kemampuan perbesaran 10x atau lebih.

Fokus dengan penglihatan

Seiring berkembangnya teknologi, kaca pembesar  kini telah hadir dengan lampu LED. Jika kegiatan penelitianmu bertempat di ruangan yang gelap dan minim cahaya, maka kamu bisa menyalakan lampu LED dengan piliham bantuan  tenaga dari 3 – 4  baterai A3 atau yang bisa dicharge. Sehingga anda tidak perlu lagi menyalakan lampu yang sangat terang.

15 Rekomendasi Kaca Pembesar  untuk Mengamati Benda Terkecil

Handheld Magnifying Hand Lens Magnifier

Kaca Pembesar Handheld Magnifying Hand Lens Magnifier
Kaca Pembesar Handheld Magnifying Hand Lens Magnifier Sumber: ae01.alicdn.com

Tipe ini adalah kaca pembesar terbaik klasik dengan pegangan plus timeless dengan copper plating sehingga membuatnya anti karatan. Diameter lensa kaca 6 cm dengan panjang pegangan 14 cm membuatny a lebih praktis dibawa kemana saja. Kaca pembesar ini juga cocok kamu jadikan hadiah untuk orang yang spesial.

Meskipun ukurannya yang mini, ternyata kekuatan perbesaran yang dimiliki oleh kaca pembesar ini bisa mencapai 10x sehingga kamu dapat mengamati objek kecil lainnya. Kaca pembesar jenis ini juga hadir dengan pilihan warna yang menarik. Kaca pembesar yang cukup modis ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 24.000.

Bellamall Pendant Lup

Kaca Pembesar Bellamall Pendant Lup
Kaca Pembesar Bellamall Pendant Lup Sumber: http://4.bp.blogspot.com

Kamu tak perlu khawatir akan lupa menaruh kaca pembesarmu atau harus repot membawanya yang masih dalam ukuran standart kemana – mana, karena tipe Bellamall Pendant Lup bisa kamu kalungkan di leher agar lebih mudah dibawa dan kamu juga tidak akan gampang lupa menaruhnya. Tersedia 2 warna untuk tipe ini yakni gold dan silver. Harga jualnya mencapai Rp 48.358.

Bagi yang memiliki alergi terhadap benda logam harus hati – hati karena kaca pembesar terbaik ini dibuat dari kaca alloy. Cocok untuk kamu yang hobi membaca cepat di tempat umum. Untuk tipe yang satu ini memang diciptakan dengan desain yang unik serta fungsi yang juga maksimal sehingga tidak akan membuatmu bosan.

Light Head Magnifying Glass

kaca Pembesar Light Head Magnifying Glass
kaca Pembesar Light Head Magnifying Glass Sumber: ae01.alicdn.com

Kaca pembesar jenis satu  ini cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai tukang servis jam, tukang jahit, kolektor perangko atau pembaca teks – teks kecil. Dapat digunakan di kepala seperti head lamp sehingga mempermudah kamu dalam menyelesaikan tugas. Kamu tinggal memakainya seperti topi dan bebas memegang benda apapun yang ingin kamu teliti.

Ada 4 pilihan lensa sesuai kebutuhanmu yakni 1,2x, 1,8x, 2,5x, dan 3,5x tergantung objek apa yang ingin kamu observasi. Di samping itu, kaca pembesar tipe Light Head Magnifying Glass juga dilengkapi dengan lampu LED yang akan memudahkan pekerjaan kamu di ruang gelap atau minim cahaya. Harganya dibanderol sekitar Rp 319.000.

Bentuk Meja dengan Lampu LED

Kaca Pembesar Bentuk Meja dengan Lampu LED
Kaca Pembesar Bentuk Meja dengan Lampu LED Sumber: solidrop.net

Kamu mungkin akan cepat kelelahan jika membaca koran yang besar sambil memegangi kaca pembesar. Jangan khawatir, telah hadir kaca pembesar terbaik berbentuk meja ini. Dibuat khusus untuk kamu yang tidak mau berlama – lama memegangi kaca pembesar saat membaca ataupun bekerja.

Dengan lensa berukuran A4 kamu bisa bebas membaca media apapun yang ukurannya cukup besar. Dilengkapi juga dengan 4 Lampu LED di tiap sisi, agar membantu anda bekerja di ruangan yang gelap. Dilengkapi juga dengan tali untuk dikalungkan, agar kamu bisa selalu membawanya ke manapun tanpa lupa.

Baca   Sepatu Futsal Terbaik untuk Teman Olahraga

Kaki meja agar bisa berdiri, bisa dilipat juga. Dengan harga sekitar Rp 146.000, kaca pembesar ini akan mampu menjawab kebutuhan kamu.

Mini Magnifier with LED 2 in 1

Kaca Pembesar Mini Magnifier with LED 2 in 1
Kaca Pembesar Mini Magnifier with LED 2 in 1 Sumber: akamaicdn3.shoplc.com

Selain membantu kamu untuk meneliti objek terkecil, kaca pembesar berkualitas satu ini juga dilengkapi lampu UV yang dapat membantu kamu mengecek keaslian dari uang kertas. Dengan begitu, kamu yang bekerja sebagai kasir toko bisa terbantu dengan menggunakan kaca pembesar ini. Pelanggan yang coba – coba membayar dengan uang palsu, bisa kamu cegah tepat waktu.

Fitur – fiturnya cukup lengkap. Ukuran panjang 12 cm dan lebar 3,2 cm dengan lampu LED standart. Hanya Rp 20.000 saja. Tersedia 3 warna bagi kamu sesuai selera yakni warna hitam, merah dan putih. Mini Magnifier with LED 2 ini 1 ini tampil dengan bentuk yang unik, fashionable serta multifungsi. Kaca pembesar tipe ini juga sangat praktis dibawa kemana saja.

Stand Pegangan Solder dengan 3 Kaca Pembesar dan LED

Kaca Pembesar Stand Pegangan Solder dengan 3 Kaca Pembesar dan LED
Kaca Pembesar Stand Pegangan Solder dengan 3 Kaca Pembesar dan LED Sumber: s.ecrater.com

Dibanderol dengan harga Rp 210.000, kaca ini diperuntukkan bagi pekerja elektronik. Kaca pembesar ini dibutuhkan untuk membantu kamu menyolder komponen kecil pada smartphone, tablet, tv dll. Jika kamu tidak hati – hati maka hasil solderan kamu tidak akan bekerja dengan baik. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan kaca pembesar tipe ini.

Dilengkapi juga dengan papan PCB (printed circuit board) yang membantu menstabilkan objek agar tidak mudah goyang. Selain itu, terdapat 2 lensa tambahan yang dapat diubah kemiringannya agar lebih fleksibel dalam mengamati objek. Bagi kamu yang bekerja di ruangan yang minim penerangan, jangan panik, kaca pembesar ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED.

Enlarge Screen Magnifier Stand

Kaca Pembesar Enlarge Screen Magnifier Stand
Kaca Pembesar Enlarge Screen Magnifier Stand Sumber: verseo.com/

Memiliki ukuran 18,0 x 14,2 x 1,5 cm kaca pembesar jenis ini sangat cocok bagi anda yang kurang puas menonton film menggunakan smartphone dan tablet. Enlarge Screen Magnifier Stand akan memberimu sensasi menonton film yang fantastis karena mampu mengubah tampilan gambar biasa menjadi lebih besar lagi.

Sangat mudah dibawa bepergian ke manapun kamu mau. Kemampuan perbesarannya 3 – 5 x sehingga kamupun puas menonton. Cukup letakkan media pada bagian yang ditentukan tanpa perlu memeganginya lagi. Kamu tidak akan merasa letih saat menonton karena ukuran layar hp yang kecil. Kaca pembesar tipe ini dijual seharga Rp 23.900 saja.

Allwin Lensa 

Kaca Pembesar Allwin Lensa 
Kaca Pembesar Allwin Lensa  Sumber: sc01.alicdn.com

Bagi kamu yang suka bepergian atau travelling dan sering melihat peta karena takut tersesat? Kaca pembesar yang cocok untuk kamu adalah Allwin Lensa Baca Kartu Kredit ini. Bentuknya menyerupai kartu kredit sehingga bisa kamu simpan di dompet. Ukurannya masih standart yakni 8,5 x 5,5 dengan ketebalan 0,5 mm.

Harga jualnya hanya Rp 37.000. Terbuat dari PVC sehingga tidak mudah pecah. Kekuatan perbesaran kaca pembesar tipe Allwin lensa ini adalah 3x, sehingga objek kecil apapun yang terdapat di peta, koran, tanaman ataupun serangga mampu diperlihatkan olehnya.  Rasakan serunya berpetualang dengan kaca pembesar ini.

Magnifying Glass

Kaca Pembesar Magnifying Glass
Kaca Pembesar Magnifying Glass Sumber: id-live-01.slatic.net/

Nah, bagi orang tua yang suka mengajak anaknya berperualang, jangan lupa untuk membekali anaknya dengan kaca pembesar lucu ini agar menambah keseruan perjalanan bagi si anak. Desainnya yang lucu akan sangat diminati oleh anak – anak dan akan membantu mengenalkannya dengan objek kecil disekitarnya. Bentuknya juga mini dan sangat nyaman untuk dibawa anak kecil.

Untuk setiap 1 set,  kaca pembesar Magnifying satu ini sudah ditambah kompas kecil berbahan plastik ringan sehingga praktis dibawa kemana – mana oleh anaknya. Agar lebih menarik lagi, kaca pembesar untuk anak – anak ini hadir dengan 3 pilihan warna yakni kuning, biru dan merah muda. Untuk harganya sendiri hanya Rp 12.500 saja. Pastinya, sangat seru dan menyenangkan bukan?

Baca   Penguat Sinyal Wifi Terbaik

Dual Lens

Kaca Pembesar Dual Lens
Kaca Pembesar Dual Lens Sumber: http://barangunik.co

Kaca pembesar berkualitas ini memiliki lensa ganda dengan perbesaran masing – masing 30x dan 60x. Cocok juga bagi anda penggemar alam bebas dan ingin meneliti seputar tumbuhan dan serangga. Kelebihan dari fitur – fitur pada tipe ini akan sangat membantu memperjelas objek yang sedang kamu amati. Kamu tidak perlu menyediakan space besar untuk menampungnya lagi.

Berukuran 98 x 42 x 31 mm ketika terbuka dan jika sudah dilipat maka besarnya 55 x 40 x 28 mm. Agar tidak mudah terkena benturan, Kaca pembesar terbaik Dual Lens ini dilengkapi dengan kotak pelindung sehingga kamu tidak perlu khawatir saat membawanya di alam bebas. Untuk pencahayaan, tipe ini juga dilengkapi dengan 2 lampu LED yang sangat terang. Harganya, Rp 38.700.

Eyeglasses Mignifier 5 Lens

Kaca Pembesar Eyeglasses Mignifier 5 Lens
Kaca Pembesar Eyeglasses Mignifier 5 Lens Sumber: zvonmoneta.ru

Bagi kamu yang berprofesi sebagai teknisi hp, komputer, penjahit, pengrajin, dokter dll. Telah hadir kaca pembesar praktis tipe Eyeglasses Mignifier 5 Lens. Modelnya modis karena menyerupai kaca mata. Bahan dari plastik plus karet untuk dahi. Fitur 5 lensanya meliputi 1.0x 1.5x 2.0x 2.5x dan 3.5x pembesaran (sudah termasuk). Estimasi harga Rp 230.000.

Lazypod dengan efek 3D

Kaca Pembesar Lazypod dengan efek 3D
Kaca Pembesar Lazypod dengan efek 3D Sumber: cdn.pricearchive.org

Harga normal Rp 189.000 dengan fitur lazypod yang fleskibel sehingga kamu bisa mengatur gagangnya senyaman mungkin. Bagi penikmat film dengan smartphone Lazypod dapat membermu sensasi menonton film yang luar biasa dengan efek 3D. Dilengkapi clamp agar hp kamu tidak mudah jatuh. Bahannyapun terbuat dari material ringan agar kamu dapat membawanya kemana – mana.

Pen Mignifier 50x with LED

Kaca Pembesar Pen Mignifier 50x with LED
Kaca Pembesar Pen Mignifier 50x with LED Sumber: ae01.alicdn.com

Tipe kali ini juga terbilang lebih unik dan praktis karena bentuknya yang menyerupai pena. Bahannya terbuat dari plastik khusus dengan 2 lampu LED dan kekuatan lensa mencapai 50x. Cocok untuk semua profesi yang berhubungan dengan objek kecil. Di pasaran, harganya cukup terjangkau yakni Rp 125.000. Jika kamu hendak bepergian, kamu cukup menggantungnya di saku kemejamu saja.

Multifunctional Magnifier 3in1

Kaca Pembesar Multifunctional Magnifier 3in1
Kaca Pembesar Multifunctional Magnifier 3in1 Sumber: poctivyeshop.cz

Kaca pembesar  tipe ini dilengkapi dengan kemampuan perbesaran 3x dengan diameter kaca sekitar 7,3 cm. Lup ini juga dilengkapi dengan 2 lampu LED untuk membantu penerangan jika anda bekerja di tempat yang minim cahaya. Gagangnyapun bisa diseting sesuai keinginan kamu (ditekuk atau diperpanjang). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 74.000.

Jeweler Lup Magnifier 30x-21

Kaca Pembedsar Jeweler Lup Magnifier 30x-21
Kaca Pembedsar Jeweler Lup Magnifier 30x-21 Sumber: ae01.alicdn.com

Bentuknya seperti flashdisk, berfungsi sebagai alat bantu untuk mengamati perhiasan, pranko dll. Materialnya terbuat dari plastik sehingga mudah dibawa kemana saja. Alat ini juga dilengkapi lampu LED. Diameter lensa berkisar 21 mm dengan kemampuan pembesaran 30 x. Harganya juga cukup terjangkau yakni Rp 49.000

Kesimpulan

Ada berbagai macam tipe kaca pembesar  yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mulai dari pekerjaan elektronik, penjual emas, penjaga toko sampai para traveller. Bentuk, ukuran dan fitur – fiturnya juga lengkap sehingga tidak hanya membantu 1 atau 2 pekerjaan saja serta praktis dan mudah dibawa kemana saja. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Dengan memilih kaca pembesar berkualitas dan memang benar – benar mampu menjawab kebutuhan kamu adalah hal yang wajib untuk diperhatikan.

Contohnya saja, kamu yang tidak suka bekerja sambil memegang kaca pembesar kamu atau ketika kamu sedang meneliti tiba – tiba kaca pembesar kamu goyang dan tidak stabil. Maka, sebelum kamu harus pahami spesifikasinya sebelum membeli.

Semoga kamu bisa sedikit terbantu dengan adanya ulasan mengenai 15 rekomendasi kaca pembesar  untuk mengamati benda terkecil ini. Silahkan pilih kaca pembesar sesuai dengan gaya dan kebutuhan kamu.

Dengan mengetahui informasi – informasi seputar kaca pembesae seperti ini, kamu tidak akan kecolongan lagi karena salah memilih tipe atau fungsi. Selain itu, budget kamupun pas.

Leave a Comment