Hardisk Eksternal Terbaik dari Berbagai Merek

Memiliki hardisk eskternal terbaik tentu akan semakin memudahkan ketika melakukan pemindahan file. Hardisk eksternal merupakan salah satu perangkat yang bisa memudahkan kita dalam menyimpan file berukuran besar. Seperti file berupa film atau game yang biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, yang mungkin tidak muat bila disimpan di flashdisk.

Hardisk eksternal merupakan solusi bagi anda yang menginginkan ruang penyimpanan ekstra. Selain berfungsi sebagai penyimpanan tambahan, hardisk eksternal juga sangat berguna untuk mem-backup file file penting anda.

Untuk anda yang merasa kebingungan dalam memilih hardisk eksternal dengan kualitas terbaik untuk menyimpan file-file anda. Berikut rekomendasi hardisk eksternal terbaik beserta tips memilih hardisk eksternal dan cara perawatannya.

Hardisk Eksternal

Tips Memilih Hardisk Eksternal

Tips Memilih Hardisk Eksternal
Tips Memilih Hardisk Eksternal

Sumber: macmarketi.comBagi sebagian orang hardisk eksternal merupakan kebutuhan wajib yang harus ada dalam tas kerja atau ranselnya. Kebutuhan orang terhadap hardisk eksternal semakin miningkat tiap harinya. Kapasitas penyimpanan yang besar salha satu alasannya.

Namun memilih hardisk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan anda bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang haarus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli salah satu merk hardisk. Berikut tips memilih hardisk eksternal terbaik sesuai kebutuhan anda

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Sebelum membeli hardisk eksternal, ada baiknya anda megetahui kapasitas hardisk yang anda butuhkan. Jika kemungkinan anda menggunakan hardisk untuk menyimpan file yang tidak terlalu besar hardisk berkapasitas rendah bisa jadi pilihan anda, namun jika anda menyimpan banyak file yang berukuran besar maka pertimbangkan untuk membeli hardisk dengan kapasitas lebih besar.

Konektivitas

Untuk menyambung hardisk eksternal  ke laptop atau komputer anda tentu membutuhkan port USB. Jenis port USB yang biasanya disediakan oleh provider hardisk eksternal ada dua macam,yaitu USB 3.0 dan USB 2.0.

Perbedan antara port USB 3.0 dan USB 2.0 terdapat pada kecepatan transfer data dimana port USB 3.0 mampu mentransfer data dengan kecepatan 5 Gbps jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0. Baru-baru ini terdapat hardisk eksternal yang menggunkan koneksi port thunderbolt yang memiliki kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dibanding dengan USB 3.0.

Fitur

Fitur backup dan juga pasword protection merupakan dua hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli hardisk eksternal disamping fitur-fitur lainnya. Selain itu banyak fitur bermanfaat yang ada pada hardisk eksternal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih hardisk.

Sistem Operasi

Jika OS X menggunakan HFS+ sebagai sistem operasinya maka berbeda dengan Windows yang menggunakan sistem operasi  NTFS, maka dari itu kebanyakan perusahaan hardisk eksternal membuat produk khusus untuk kedua platform tersebut.

Meskipun OS X bisa membaca file pada hardisk berformat NTFS, namun anda tidak bisa mengedit atau menulis didalamnya. Karena itu pastika anda memilih hardisk dengan sistem operasi yang tepat.

Ukuran Hardisk

Salah satu alasan banyak orang membeli hardisk adalah karena ukurannya yang kecil sehingga gampang dibawa kemana saja. Anda tentu akan kerepotan bila harus membawa hardisk dengan ukuran besar bukan?

Terlebih lagi hardisk berukuran besar biasanya membutuhkan daya listrik sendiri untuk menghidupkannya. Ukuran hardisk eksternal yang direkomendasikan untuk anda beli adalah ukuran 2.5”.

Kecepatan Rotasi

Kecepatan menulis serta membaca data pada hardisk eksternal sangat tergantung pada kecepatan rotasi piringan pada hardisk.maka dari itu kecepatan rotasi adalah hal yang harus juga anda perhatikan dalam membeli hardisk.

Baca   Sepatu Futsal Terbaik untuk Teman Olahraga

Hardisk yang memiliki kecepatan berputar 7200 rpm mampu memberikan performa lebih baik ketimbang hardisk yang berkecepatan 5400 rpm . bahkan baru-baru ini ada hardisk yang sanggup berputar dikecepatan 10.000 rpm.

Garansi                 

Kita tidak akan pernah tahu kapan hardisk eksternal kita akan rusak. Karena itu garansi adalah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli hardisk. Dengan memiliki jangka waktu garansi yang panjang kita tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu hardisk kita mengalami gangguan.

Harga

Hal yang juga harus anda perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal adalah harga. Setiap hard disk dijual dengan harga yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Hard disk eksternal dengan kapasitas 1 TB biasanya dijual dengan harga berkisar 800 ribuan. Sedangkan untuk ukuran 2 TB atau diatasnya, dijual dengan harga berkisar diatas 1 jutaan.

Tempat Servis

Tempat servis juga harus anda perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal. Jika anda membeli hard disk eksternal dari produsen besar, tentu anda dapat dengan mudah melakukan servis saat hard disk eksternal anda mengalami masalah.

Model dan Bahan Casing

Dalam memilih hard didsk eksternal juga kualitas dari casing harus anda perhatikan. Pilih hard disk yang memiliki casing kokoh, jika berbahan plastik maka pilih pilih plastik yang kuat, punya desain yang bisa meminimalisir benturan, tidak licin jika dipegang.

Cocokkan juga dengan keseharian anda. Jika anda hanya menggunakan hard disk di rumah atau dikantor, maka hard disk dengan casing biasa masih bisa anda gunakan. Namun jika anda seorang yang gemar beraktifitas diluar ruangan sebaiknya anda memilih hard disk dengan casing berpelindung khusus.

Cara Merawat Hard Disk Eksternal Agar Tahan Lama

Gunakan Opsi “Safe Remove Hardware”

Cara ini memang terkesan sepele dan sering diabaikan oleh pengguna hard disk eksternal terbaik. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap hal ini tidaklah penting. Padahal saat anda mencolokkan hard disk eksternal dan mulai mentransfer data, banyak data yang belum tertulis dengan sempurna pada piringan hard disk anda. Data-data tersebut masih tertinggal di cache memori.

Bila anda mencabut hard disk anda tanpa menggunakan opsi safe remove hardware bisa jadi hard disk anda gagal melakukan penulisan yang menyebabkan Master Boot Record rusak dan hard disk anda harus di format ulang.

Jauhkan Dari Benda Bermagnet

Karena harddisk menggunakan komponen mekanik, maka harddisk rentan terhadap gerakan paksa. Magnet dapat secara pakasa menarik komponen-komponen mekanik dalam hard disk eksternal. Hal ini dapat merusak sistem kerja hard disk eksternal beserta platter yang ada pada hard disk eksternal.

Kabel Y Agar Hardisk Eksternal Mendapat Pasokan Listrik yang Baik

Banyak hard disk eksternal yang tidak dilengkapi dengan kabel Y (bercabang). Memang agak repot menggunakan USB dengan kabel Y. Akan tetapi, kabel jenis ini sangat berguna saat anda menancapkan hard disk eksternal pada komputer atau laptop yang tidak memiliki alur listrik yang baik.

Kurangnya pasokan listrik dapat merusak kerja benda elektronik. Disinilah peran kabel Y sebagai pemasok listrik sangat diandalkan.

Jangan Terlalu Sering Mencabut Pasang Kabel USB

Walaupun pada kenyataannya harddisk eksternal akan sering digunakan pada banyak komputer atau laptop, terlalu sering mencabut pasang kabel USB akan membuat kepala konektor menipis hingga tidak terjadi kontak yang baik antar tembaga. Hal ini juga berpengaruh pada pasokan listrik dan arus data tertanggu yang dapat merusak kontroller.

Baca   Kaca Pembesar Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Dijadikan Pilihan

Gunakan Pelindung Hardisk

Pelindung hard disk atau cover hard disk sangat berguna untuk melindungi hard disk eksternal anda dari benturan. Gunakan cover berbahan plastik bila anda hanya menggunakan hard disk eksternal dirumah atau dikantor, sebaliknya pilih cover berbahan lebih keras dan juga waterproof bila anda gemar beraktifitas luar ruangan.

15 Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik dan Terbaru untuk Kebutuhan Anda 

WD My Passport SSD

Hardisk Eksternal WD My Passport SSD
Hardisk Eksternal WD My Passport SSD Sumber: http://cdn.mos.cms.futurecdn.net/

Desain yang modern dan elegan ditambah teknologi mutakhir merupakan keunggulan utama dari WD My Passport SSD. Hardisk eksternal terbaik ini mampu mentrasfer data dengan kecepatan 515MB/detik. Terdapat pula proteksi dengan password dan enkripsi hardware untuk mengamankan data dalam hardisk ini.

WD My Passport juga bisa melakukan backup otomatis untuk berjaga-jaga jika data hilang. Hardisk eksternal ini juga kompatibel terhadap USB Type-C dan USB 3.1 Gen 2, tapi bisa juga digunakan pada USB Type-A dan USB 2.0 dan 3.0 yang semakin memudahkan anda dalam memakainya.

WD My Passport Ultra

Hardisk Eksternal WD My Passport Ultra
Hardisk Eksternal WD My Passport Ultra Sumber: WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra sangat unggul dalam hal backup otomatis. Jadi, anda tidak perlu lagi khawatir ketika file anda tidak sengaja terhapus karena WD My Passport Ultra akan mem-backup file anda secara otomatis.

Kapasitas hardisk ini 500 GB-300 TB dengan enkripsi AES yang memudahkan anda menyimpan dan mengamankan data pribadi. Harddisk WD My Passport Ultra juga telah mendapat Dropbox untuk upload ke Cloud secara otomatis.

WD My Passport

Hardisk Eksternal WD My Passport
Hardisk Eksternal WD My Passport Sumber: s.catch.com.au/

Untuk anda yang membutuhkan hardisk eksternal terbaik berkapasitas besar maka WD My Passport adalah pilihan tepat buat anda. Dengan kapasitas 1TB-4TB hardisk ini juga dilengkapi dengan proteksi password dan enkripsi hardware. Ada juga backup otomatisuntuk menyimpan salinan-salinan data yang ada dalam hardisk. Namun sayangnya, hardisk eksternal ini hanya kompatibel dengan port USB 3.0 dan 2.0 saja.

Seagate Backup Plus Fast

Hardisk Eskternal Seagate Backup Plus Fast
Hardisk Eskternal Seagate Backup Plus Fast Sumber: d.scdn.gr

Pertimbangan utama dalam membeli hardisk eksternal tentu saja pada kecepatan transfer datanya. Seagate Backup Plus Fast merupakan hardisk eksternal yang akan memberikan pengalaman mentransfer data lebih cepat ketimbang hardisk eksternal lainnya. 220MB/detik adalah waktu transfer yang ditawarkan hardisk ini.

Kekurangan pada  produk ini mungkin karena Seagate Backup Plus Fast hanya kompatibel terhadap port 3.0 dan 2.0 saja, ditambah tekstur yang lebih tebal dibandingkan hardisk eksternal lainnya.

Seagate Backup Plus Slim

Hardisk Eksternal Seagate Backup Plus Slim
Hardisk Eksternal Seagate Backup Plus Slim Sumber: vyborok.com

Hardisk eksternal terbaik ini cocok untuk dibawa kemana saja, bentuknya yang simpel dan terbuat dari material logam sangat cocok untuk yang hobi travelling. Tidak hanya unggul dalam segi desain saja, hardisk terbaik keluaran Seagate ini hadir dengan kapasitas jempolan, yang mencapai 2TB. Kecepatan transfernya pun hingga 120MB/detik.

Hitachi Touro S

Hardisk Eksternal Hitachi Touro S
Hardisk Eksternal Hitachi Touro S Sumber: element.su

Hitachi Touro S hadir dengan desain yang keren dan performa yang bagus. Dengan kecepatan 7200 rpm yang dapat memindahkan data 23% lebih cepat dari hardisk berkecepatan 5400 rpm. Ditambah kemampuan backup untuk menyimpan data-data untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu hilang karena terhapus.

Hitachi Touro Mobile Pro

Hardisk Eksternal Hitachi Touro Mobile Pro
Hardisk Eksternal Hitachi Touro Mobile Pro Sumber: newegg.com

Hardisk yang memiliki kecepatan putar 7200 rpm dilengkapi fitur free cloud storage sampai 3GB dan kemampuan membaca data 103.5MB/detik dan kecepatan menulis 86.2MB/detik ini, cocok bagi anda yang mencari hardisk cepat dengan kapasitas penyimpanan standar. Yang perlu menjadi catatan anda adalah hardisk eksternal terbaik ini hanya kompatibel pada port USB 3.0 dn 2.0 saja.

Toshiba Canvio Premium

Hardisk Eksternal Toshiba Canvio Premium
Hardisk Eksternal Toshiba Canvio Premium Sumber: d.scdn.gr

Ini adalah hardisk eksternal dengan paket lengkap. Desain yang dilengkapi berlian menjadikan perangkat penyimpanan satu  ini menjadi premium seperti namanya. Performanya pun tak bisa dianggap biasa saja, kapasitas penyimpanan hingga 3TB menjadikan anda leluasa menyimpan file-file ukuran besar.

Baca   Bingkai Foto Terbaik Untuk Hiasan Ruangan

Toshiba Canvio Premium juga dilengkapi kompabilitas port USB Type-C dan USB 3.0, tapi masih bisa digunakan pada port USB 2.0. hard disk eksternal ini juga memiliki fitur tambahan berupa pasword keamanan untuk mencegah data anda dicuri.

Toshiba Canvio Connect II

Hardisk Eksternal Toshiba Canvio Connect II
Hardisk Eksternal Toshiba Canvio Connect II Sumber: dn.sitem.com.tr

Toshiba Canvio Connect II hadir dengan kapasitas yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari 500GB sampai 4TB. Meskipun kecepatannya hanya 5400 rpm, namun laju transfer data Toshiba Canvio Connect II bisa mencapai 5GB/detik.

Namun untuk anda ketahui produk keluaran Toshiba ini hanya kompatibel terhadap port USB 3.0 dan 2.0 saja. Toshiba membuktikan bahwa untuk memberikan kecepatan transfer tidak perlu teknologi mutakhir seperti USB 3.1 atau tipe hard disk 7200 rpm.

Transcend StoreJEt 25C3

Hardisk Eskternal Transcend StoreJEt 25C3
Hardisk Eskternal Transcend StoreJEt 25C3 Sumber: media.stockinthechannel.com

Kesan pertama saat anda melihat hardisk eksternal terbaik ini adalah ramping, ringan, dan cantik. Hardisk multifungsi ini dibalut dengan material alumunium yang menjadikannya tahan banting dan terlihat elegan. Selain kompatibel terhadap port USB 3.1 dan port USB 3.0, kecepatan transfernya tidak main-main. Transcend StoreJet 25C3 mencatatkan 5GB/detik.

Maxtor M3 Hard Disk Eksternal 1TB

Hard Disk Eksterna Maxtor M3 l 1TB
Hard Disk Eksterna Maxtor M3 l 1TB Sumber: stat-m3.ms-online.pl

Hardisk eksternal  termurah dengan kapasitas penyimpanan besar, mungkin itu julukan yang tepat bagi penyimpanan eksternal mungil ini. Dengan kapasitas 1TB Maxtor M3 Hard Disk 1TB hanya dijual seharga 600 ribuan saja. Ditambah desain yang ramping dan tipis membuat hardisk eksternal ini mudah dibawa kemana saja.

Lacie Porsche Driver Hard Disk 2TB Design Mobile

Hard Disk Lacie Porsche Driver 2TB
Hard Disk Lacie Porsche Driver 2TB Sumber: harddrive.com

Hardisk eksternal terbaik satu  ini sangat direkomendasikan bagi anda yang menggunakan Macbook. Dilengkapi kapasitas penyimpanan hingga 2TB memungkinkan anda menyimpan berbagai aplikasi dan game dengan ukuran besar.

Selain itu, hardisk ini juga kompatibel dengan USB Type-C yang digunakan oleh pengguna Macbook baru, namun masih bisa dikompatibelkan dengan port USB 3.0 untuk sistem windows7, 8, dan 10.

Buffalo Ministation Extreme NFC

Hardisk Eksternal Buffalo Ministation Extreme NFC
Hardisk Eksternal Buffalo Ministation Extreme NFC Sumber: service.pcconnection.com

Buffalo Ministation Extreme NFC merupakan hardisk eksternal dengan harga murah namun berkualitas. Memiliki kapasitas 2TB dengan kompatibel port USB 3.0 dan fitur NFC yang memudahkan anda membuka kunci saat hardisk ini terkunci.

Sony Hard Disk External 2TB HD-SL2

Hard Disk External Sony 2TB HD-SL2
Hard Disk External Sony 2TB HD-SL2 Sumber: d2j84o4abgbvdf.cloudfront.net

Hardisk berkapasitas 2TB besutan Sony ini memiliki fitur data transfer accelerator yang membuat kecepatan transfer data anda berlipat ganda. Kecepatannya bisa mencapai 2 kali lipat untuk port USB 2.0 dan 3 kali lipat untuk port USB 3.0 saat transfer data.

Ada juga fitur Backup Manager 2 yang memungkinkan anda mem-backup data dari PC ke hardisk secara terartur dan otomatis.

Adata 710 Military 1TB

Hardisk Eskternal Adata 710 Military 1TB
Hardisk Eskternal Adata 710 Military 1TB Sumber: Adata 710 Military 1TB

Hardisk eksternal yang satu ini berbeda dengan hardisk eksternal lainnya. Mulai dari desain yang khas untuk tahan terhadap segala kondisi dengan fitur waterproof, dustproof, dan shockproof. Selain kapasitas 1TB, hardisk ini menggunakan interface USB 3.1 yang bisa membuat transfer data lebih cepat.

Kesimpulan

Untuk anda yang masih bingung dalam memilih hardisk eksternal  sesuai kebutuhan. Rekomendasi hardisk eksternal terbaik di atas bisa menjadi referensi anda dalam membeli penyimpanan eksternal. Pastikan saat membeli hardisk eksternal anda memperhatikan fitur yang dimiliki, sehingga hardisk yang anda beli sesuai kebutuhan anda.

 

Leave a Comment