Pengertian Sumber Daya Alam Berserta Jenis, Dampak, Dan Contohnya

Sumber daya alam adalah salah satu unsur penting dalam kelangsungan hidup manusia. Alasannya, untuk bertahan hidup contohnya, manusia sangat bergantung pada hasil dari sumber daya alam itu sendiri. Bagaimana jadinya bila manusia tidak lagi memiliki hasil alam untuk dinikmati?

Tentunya hal ini yang menjadikan kita harus dengan serius menjaga kelestarian alam. Untuk dapat menjaga alam dengan lebih baik, pertama kita perlu mengetahui tentang sumber daya alam itu sendiri. Dibawah ini kita katan membahas Pengertian, Jenis, Manfaat serta Contoh Sumber Daya Alam secara mendetail.

Pengertian Sumber Daya Alam

Gambar Pemandangan Alam Di Indonesia Sebagai Wujud Dari Kekayaan SDA
Gambar Pemandangan Alam Di Indonesia Sebagai Wujud Dari Kekayaan SDA

Sebelum kita membahas lebih jauh, tentu kita harus mengetahui pengertian dari apa itu SDA atau sumber daya alam. Secara umum, SDA sendiri dapat diartikan sebagai segala produk yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan demi memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Ada pula yang mendefinisikan SDA sebagai segala macam bahan maupun zat yang ada di alam dan bisa dipergunakan untuk keuntungan ekonomi manusia. Alam menyediakan beraneka ragam barang yang menjadi sumber untuk keberlangsungan hidup manusia, mulai dari makanan, minuman dan berbagai kebutuhan lainnya.

Dengan kata lain, yang dimaksud dengan SDA adalah segala hasil yang diproduksi oleh alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama kesejahteraan hidupnya.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari SDA merupakan potensi alam yang bisa dikembangkan ke proses produksi. Potensi alam ini berupa berbagai hal yang ditemukan di alam.

Jenis Sumber Daya Alam

Gambar Peta Yang Menunjukan Persebaran SDA Fauna Endemik Di Indonesia

Untuk memudahkan mengenali dan mengelolanya, Sumber Daya Alam kemudian dibedakan menjadi beberapa jenis. SDA diklasifikasikan berdasar pada sumber, sifat maupun penggunaannya. Beberapa pengelompokan jenis SDA antara lain;

Sumber Daya Alam Berdasar Sumber

Alam akan memberikan berbagai macam manfaat melalui berbagai cara. Berdasar sumber yang menghasilkan manfaatini, SDA dibedakan menjadi sumber daya biotik dan abiotik. Kedua jenis sumber daya ini dapat dijelaskan menjadi

  • SDA Biotik (Hayati); merupakan sumber daya yang bersumber dari mahluk hidup yang berada di alam. Contoh dari sumber daya ini antara lain tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme yang merupakan makhluk hidup. Sementara barang yang dihasilkan oleh SDA biotik hewani misalnya daging, telur, ikan dan sebagainya. SDA biotik nabati contoh barangnya seperti oksigen, rumput, dedaunan, sayur, buah, kayu, rempah dan sebagainya.
  • SDA Abiotik (Non Hayati); adalah jenis SDA yang bersumber dari objek tidak hidup maupun unsur alam yang tidak termasuk dalam kategori organisme.

Sumber Daya Alam Berdasar Sifatnya

Jika melihat sifat yang dimilikinya, ternyata SDA juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu SDA yang dapat diperbarui dan SDA yang tidak dapat diperbarui. Penjelasannya adalah sebagai berikut;

  • SDA yang Dapat Diperbarui (Renewable); jenis sumber daya alam yang bisa dipakai hingga berulang kali dan tidak bisa habis sebab bisa diperbarui oleh alam secara berkesinambungan. Namun, walaupun seakan tidak terbatas, penggunaan SDA jenis ini juga harus dilakukan secara bijaksana dan juga memerlukan tindakan pelestarian.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Contoh dan penjelasan dari SDA yang dapat diperbarui ini antara lain;

Tumbuhan yang banyak digunakan oleh manusia dan hewan sebagai bahan makanan. Walaupun tumbuhan setiap hari dimakan, kenyataannya contoh SDA ini bisa terus diproduksi oleh alam maupun lewat budidaya pertanian.

Hewan ternak yang dimanfaatkan manusia. Biasanya hewan digunakan untuk memproduksi berbagai macam produk contohnya seperti daging, kulit, susu, telur, bulu maupun kotoran. Segala jenis hewan tentunya bisa berkembang biak dengan cepat melalui teknik peternakan membuatnya tidak mudah habis ataupun punah walaupun dimanfaatkan oleh manusia dalam jumlah besar.

Baca   5 Proses Terjadinya Hujan Beserta Penjelasannya

Air yang dibutuhkan oleh hampir semua organisme yang tinggal di Bumi. Perlu diketahui, bahwa Alam sendiri melakukan siklus terhadap air yang ada sebagai wujud dari kemampuannya memperbaiki diri. Manfaat dari siklus tersebut juga membuat berbagai kehidupan yang ada di permukaan bumi selalu mendapatkan air secara merata.

Tanah yang menyimpan berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk hidup dan dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Meskipun unsur hara tersebut terus diserap tanaman, kesuburan tanah dapat pulih kembali secara alami maupun dengan cara buatan dengan teknik pemupukan, pengairan dan sebagainya.

Energi matahari dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis yang menyediakan energi dan makanan baginya. Sementara bagi mahluk hidup lain, matahari menjadi sumber energi terbarukan utamanya dari panas yang dihasilkan.

  • SDA yang Tidak Dapat Diperbarui (Non Renewable); sumber daya alam yang memiliki jumlah terbatas dan akan habis bila terus-menerus digunakan.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Berikut ini contoh dan penjelasannya;

Batu Bara yang dipergunakan oleh manusia sejak lama sebagai bahan bakar. Bahan ini terbentuk dari timbunan sisa tumbuhan yang kemudian membusuk dengan proses yang membutuhkan waktu hingga jutaan tahun lamanya sehingga tidak memungkinkan untuk diperbarui.

Logam juga salah satu produk sumber daya yang tidak mungkin diperbarui oleh alam secara cepat. Aneka bahan logam ini antara lain besi, aluminium, emas, tembaga, timah, nikel maupun platina. Bahan ini dibutuhkan manusia untuk menciptakan berbagai macam benda dan alat yang memudahkan hidupnya.

Minyak bumi terbentuk dari sisa jasad renik hewan yang tertimbun ribuan tahun lalu. Untuk mendapatkan bahan ini, manusia harus melakukan pengeboran bumi sehingga membentuk sebuah sumur yang menuju sumber minyak mentah. Selanjutnya, minyak mentah tersebut diolah hingga menghasilkan bensin, minyak tanah, solar, parafin dan sebagainya.

Sumber Daya Alam Berdasar Kegunaan

Jika kita menyimak beberapa penggolongan SDA di atas, maka sumber daya ini dapat kembali dikelompokkan berdasar kegunaannya, antara lain

  • Penghasil Energi; yang segala macam kekayaan alam yang bisa menjadi sumber energi yang diperlukan dalam kehidupan manusia. Contoh dari sumber daya alam ini antara lain sinar matahari, gas bumi, ombak laut, aliran air sungai, udara dan angin.
  • Penghasil Bahan Baku; merupakan kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan benda ataupun barang lain yang lebih memiliki nilai jual ataupun kegunaan. Contoh dari SDA ini antara lain aneka hasil pertanian, hasil hutan dan barang tambang.

Manfaat Sumber Daya Alam

Gambar Sawah Merupakan Salah Satu Wilayah Penghasil SDA

Sumber daya alam tentu saja diambil berbaai manfaatnya demi kebutuhan hidup manusia yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa manfaat utama dari eksploitasi SDA bagi kehidupan manusia antara lain;

Mencukupi Pangan Manusia

Satu dari manfaat utama pemanfaatan SDA adalah untuk pemenuh kebutuhan pangan baik itu bagi manusia maupun hewan. Sumber daya yang berupa hewan maupun tumbuhan menjadi sumber utama guna memenuhi kebutuhan pangan manusia. Biasanya sumber tersebut akan diolah hingga menjadi berbagai macam bentuk pangan untuk dikonsumsi manusia maupun hewan agar terus hidup.

Contoh SDA berupa hewan yang umumnya dikonsumsi ialah ayam, kambing, sapi, ikan, cumi, udang dan sebagainya. Sementara dari jenis tumbuhan yang biasanya dijadikan bahan pangan yaitu padi, jagung, ubi, kentang dan lain sebagainya. Selain itu ada pula jenis rempah-rempah sebagai bumbu misalnya pala, lada, cengkih, ketumbar, kapulaga, jahe dan sebagainya.

Mencukupi Kebutuhan Energi

Hal lain yang juga menjadi kebutuhan vital manusia dan disediakan oleh alam adalah kebutuhan akan sumber energi serta bahan bakar. Energi ini secara garis besar dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan beraktifitas dalam memenuhi keperluan sehari-hari dan bidang industri.

Beberapa produk dari SDA energi adalah minyak bumi dan gas alam yang menjadi kebutuhan sehari-hari manusia saat ini. Tentu banyak pihak mengetahui, bahwa sudah sejak lama SDA ini digunakan sebagai bahan bakar yang dapat dirubah menjadi listrik, bahan bakar kendaraan, sumber api kompor, cahaya, dsb.

Baca   15 Kerajinan dari Kain Flanel yang Bisa Jadi Bisnis

Kesadaran akan semakin menipisnya persediaan minyak bumi dan gas alam memaksa manusia untuk mencari alternatif sumber energi lain seperti energi matahari maupun angin. Namun demikian, perubahan ini tidak bisa langsung di implementasikan secara meluas, sehingga pengurangan penggunaan minyak bumi masih minimal.

Contoh olahan minyak bumi misalnya bensin, minyak tanah, solar, dan beberapa turunan lain seperti minyak pelumas, aspal, parafin, wax dan sebagainya.

Mencukupi Kebutuhan Pembangkit

Menggunakan bahan bakar minyak, batu bara maupun alternatif lain seperti energi matahari maupun tenaga angin, manusia dapat menghasilkan listrik untuk menghidupi berbagai peralatan elektronik. Dengan demikian, SDA juga menawarkan sumber energi yang begitu besar menunggu untuk dioptimalkan oleh manusia.

Beberapa contoh pembangkit listrik yang banyak diketahui adalah pembangkit listrik dengan minyak bumi, pembangkit listrik dengan tenaga surya, pembangkit listrik dengan tenaga air, pembangkit listrik menggunakan angin, pembangkit listrik dengan uap, dan lain sebagainya.

Penunjang Pengembangan Teknologi

Agar dapat menciptakan berbagai maacam peralatan yang memudahkan hidupnya, manusia mengembangkan teknologi. Dan untuk terus mencapai kemajuan, dibutuhkan berbagai produk sumber daya alam. Suatu penelitian misalnya, akan selalu membutuhkan berbagai macam barang dari alam yang kemudian dirubah menjadi sesuatu yang lebih berguna atau menyempurnakan teknologi sebelumnya.

Oksigen

Saat bernafas, sel tubuh manusia dapat melakukan proses respirasi dan melakukan katabolisme gula dan menghasilkan ATP. Tanpa oksigen, maka sel tubuh tidak akan bekerja karena tidak mendapatkan suplai energi dari proses tersebut. Oksigen bisa didapat manusia dan makhluk hidup lain dengan cara bernafas. Bumi menyediakan oksigen dalam jumlah yang melimpah dan terus diperbarui oleh tumbuhan.

Mempertahankan Keseimbangan Alam

Tanpa disadari, SDA juga turut menjaga keseimbangan alam itu sendiri. Biasanya, keseimbangan alam menjadi rusak ketika manusia melakukan eksploitasi berlebihan tanpa memperhatikan faktor yang mempengaruhi eksistensinya.

Misalnya, saat pepohonan hutan yang sejatinya menjadi daerah resapan air terlalu banyak ditebang, maka air hujan akan langsung dialirkan ke kawasan permukiman. Ketika keseimbangan menjadi kacau, maka berbagai macam bencana akan mudah terjadi dan merugikan manusia.

Mata Pencaharian

Tak terelakkan lagi ketika kebutuhan akan SDA terus meningkat, maka akan semakin banyak manusia yang berusaha untuk menyediakannya. Disinilah manusia juga bisa menghasilkan pendapatan, misalnya pekerja tambang, petani, nelayan dan lain sebagainya.

Cadangan Devisa

Negara dapat melakukan berbagai transaksi internasional menggunakan devisa. Misalnya saat sebuah negara membutuhkan dana dalam jumlah besar, maka salah satu SDA yang melimpah di wilayahnya dapat dikomersilkan sehingga terus mendapatkan pemasukan dari aktifitas eksploitasinya, misalnya berbagai macam hasil bumi dan tambang.

Devisa sendiri tidak selalu berupa barang maupun hasil bumi, namun juga bisa berupa jasa seperti halnya kegiatan pariwisata,tenaga kerja hingga berbagai macam pungutan bea cukai barang impor serta ekspor jasa dan barang.

Sumber Daya Alam di Indonesia

Gambar Raja Ampat Sebagai Sumber Daya Alam Di Indonesia
Gambar Raja Ampat Sebagai Sumber Daya Alam Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terkenal sangat kaya akan berbagai macam SDA, baik itu hayati maupun non-hayati. Kekayaan alam Tanah Air bisa didapatkan mulai dari permukaan bumi, di laut dan udara hingga ke dalam perut bumi. Beberapa yang diketahui saat ini antara lain

Sumber Daya Alam Tambang Emas

Sejak dahulu, Indonesia sudah menjadi negara yang mempunyai wilayah penghasil emas. Dan tak main-main, kandungan emas yang dimiliki oleh Indonesia merupakan emas berkualitas terbaik dunia.

Emas menjadi salah satu logam yang begitu mahal. Alasannya, karena jenis logam ini begitu diminati oleh manusia. Tentunya karena hal itu, emas tak hanya dijadikan sebagai bahan perhiasan saja bahkan juga dijadikan sebagai investasi dan alat pembayaran.

Freeport yang terletak di Papua merupakan tambang emas paling besar dengan kualitas emas terbaik dunia. Bahkan lubang tambang ini bisa diamati dari luar angkasa.

Baca   15 Kerajinan Tangan dari Sedotan untuk Ide Prakarya

Sumber Daya Alam Tambang Batu Bara

Indonesia juga memiliki banyak tambang batu bara berkualitas tersebar di Pulau Kalimantan serta pulau Sumatera. Tambang-tambang ini berbeda dari tambang emas yang terletak di Papua yang dikelola oleh perusahaan asing. Tambang batu bara dikelola perusahaan dalam negeri yaitu PT. Bukit Asam. Indonesia termasuk ke dalam jajaran negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Sumber Daya Alam Gas

Potensi alam lain yang juga sangat menjanjikan di Indonesia adalah gas alam. Hasil bumi ini bahkan dikenal lebih bersahabat bagi lingkungan dan menjadi salah satu alternatif sumber energi masa depan.

Beruntung Indonesia memiliki cadangan gas alam yang sangat besar dan bahkan banyak diincar oleh negara-negara lain.

Sumber Daya Alam Hutan Tropis

Salah satu bentuk SDA yang nampak mata adalah hutan hujan tropis. Hutan yang tersebar di pulau-pulau Indonesia terkenal begitu hijau dan lebat. Hutan ini menjanjikan manfaat yang begitu besar bagi Indonesia khususnya dari berbagai macam hasil hutan seperti kayu dan aneka satwa di dalamnya.

Manfaat yang diambil oleh masyarakat sejak lama bahkan seakan tidak ada habisnya. Di lain sisi, dunia juga mendapatkan manfaat dari keberadaan hutan tropis yang mampu menjaga keseimbangan bumi.

Sumber Daya Alam Laut

Karena terletak di antara 2 samudera, Indonesia pun memiliki kekayaan alam yang juga luar biasa. Selain halnya luas wilayah yang didominasi oleh lautan, Indonesia juga semakin diperkaya oleh kekayaan bawah laut yang melimpah ruah.

Tak hanya berbagai jenis ikan yang bisa ditangkap nelayan, keanekaragaman ikan juga menjadi salah satu kekayaan alam yang menarik. Begitu pula dengan berbagai kehidupan lain yang ada di laut yang juga patut dilestarikan. Ketika ekosistem dan kelestarian ini terjaga, tak menutup kemungkinan menarik minat para wisatawan.

Sumber Daya Alam Tanah

Dengan karakteristik bumi yang dimilikinya, Indonesia pun dianugerahi tanah yang sangat subur. Tanah yang demikian ini memungkinkan berbagai macam tanaman dapat hidup dan tumbuh dengan baik di Indonesia.

Keadaan alam ini sudah dimanfaatkan sejak dulu kala oleh masyarakat melalui pertanian, perkebunan hingga berbagai hasil hutan. Berbagaimacam tanaman yang dapat dihasilkan di tanah Indonesia antara lain padi, kelapa sawit, kopi, tembakau, rotan, karet hingga rempah- rempah.

Keanekaragaman Sumber Daya Alam Fauna

Letak geografis Indonesia juga menghadiahkan sesuatu yang tak dimiliki oleh kebanyakan bangsa lain di dunia. Selain memiliki kekayaan laut, negara ini juga diberkahi oleh keanekaragaman fauna yang begitu banyak. Tak sekedar banyak, beberapa diantaranya bahkan hanya ada di wilayah Indonesia saja seperti Komodo dan Anoa.

Komodo yang merupakan kadal raksasa yang hanya ada di Pulau Komodo, Flores ini juga disebut sebagai naga. Sementara Anoa memiliki wujud mirip sapi namun hidup dalam hutan dan hanya ditemui di daratan pulau Sulawesi.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Tingkat pemanfaatan SDA dapat dinilai dari manfaatnya bagi kehidupan manusia sendiri. Mkin bermanfaat suatu produk sumber daya, maka semakin bernilai pula sumber daya itu.

Contohnya seperti lahan yang subur dapat dijadikan sebagai kawasan pertanian potensial untuk menghasilkan berbagai macam produk pertanian yang dibutuhkan manusia.

Sebuah negara yang memiliki sumber daya berlimpah besar kemungkinan menjadi negara maju asal dapat memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya secara optimal tanpa mengabaikan keseimbangan alam.

Umumnya, manusia akan memanfaatkan potensi SDA yang ada di sekitarnya melalui berbagai aktivitas antara lain pertambangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Demikianlah penjelasan tentang sumber daya alam berikut jenis serta contoh yang ada di Indonesia. Berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas akan selalu berkembang seiring dengan semaki majunya teknologi yang juga diterapkan guna eksploitasi SDA.

Leave a Comment