15 Kerajinan Tangan dari Sedotan untuk Ide Prakarya

Kerajinan tangan dari sedotan umumnya memiliki warna dan motif yang menarik. Meski terbuat dari sedotan, kerajinan ini tak akan terlihat “murahan”. Sedotan yang tersedia di apsaran tak hanya terbuat dari plasti.

Ada juga sedotan yang terbuat dari kertas dengan motif yang beragam. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan tanpa perlu melapisinya lagi dengan kertas kado atau cat warna.

Ingin tahu ragam kerajinan sedotan yang bisa kamu jadikan contoh prakarya? Simak terus artikel ini ya.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

1. Kerajinan sedotan berupa gelang

Kerajinan tangan dari sedotan berupa gelang

Gelang dari sedotan ini bisa dibuat dengan mudah, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Bahan pembuatnya juga mudah didapat. Kamu cukup menyiapkan sedotan plastik berwarna-warni, tali, pita, dan juga kancing sebagai aksesori tambahan. Untuk membuatnya, kamu perlu mengukur dulu diameter pergelangan tangan. Lalu, sesuaikan dengan panjang tali yang akan dipotong. Setelah itu, gunting sedotan hingga menjadi potongan kecil. Rangkai ke dalam tali dan sematkan kancing di ujungnya. Selesai.

2. Gelang berbentuk bintang

Gelang berbentuk bintang

Kalau kerajinan tangan dari sedotan ini, mungkin agak membutuhkan material dan usaha ekstra dibanding prakarya gelang sebelumnya. Gelang ini terbuat dari sedotan yang dibentuk seperti bintang. Untuk membentuknya, kamu perlu membuat sedotannya menjadi pipih untuk kemudian dilipat-lipat. Untuk merangkai bintangnya, gunakan jalinan rantai yang biasanya tersedia di toko prakarya. Agar lebih menarik, kamu bisa menggunakan sedotan yang berlainan warna.

3. Kalung dari rangkaian sedotan

Kalung dari rangkaian sedotan

Kalau ingin mengajak anak atau adik kecil kamu bermain, coba ajarkan untuk membuat kalung dari sedotan ini. Kalung ini terdiri dari beberapa sedotan yang dipotong-potong dengan panjang sesuai selera. Untuk jalinan kalungnya, kamu bisa merekatkan dengan lem. Siapkan juga rangkaian rantai logam untuk menggabungkan potongan sedotannya.

Baca   5 Proses Terjadinya Hujan Beserta Penjelasannya

4. Bingkai foto dari sedotan kertas

Bingkai foto dari sedotan kertas

Kamu punya foot yang ingin dipajang tapi belum menemukan bingkai foto yang tepat. Nah, kamu bisa nih memanfaatkan sedotan kertas yang bermotif untuk membuat bingkai foot sendiri. Kamu tinggal menyiapkan beberapa karton tebal untuk alas fotonya. Tumpuk dan rekatkan menjadi satu. Tempelkan foto yang ingin dipajang di bagian tengah karton. Sisa area yang tak termpel foto bisa kamu hias dengan sedotan kertas yang sudah kamu siapkan. Kalau mau lebih menarik, pilih dua warna atau beberapa warna sedotan kertas sekaligus.

5. Bingkai foto dari sedotan kertas yang dibentuk pipih

Bingkai foto dari sedotan kertas yang dibentuk pipih

Bingkai foto yang satu ini cukup kreatif. Betapa tidak? Kerajinan tangan dari sedotan ini tak terlihat terbuat dari sedotan sama sekali. Hal ini karena sedotannya dibentuk pipih dan dibuat menyerupai bunga. Belum lagi hiasan mutiara pada bagian tengah bunga. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan bingkai foto polos. Hias tepi bingkai dengan sedotan yang sudah dibentuk tadi. Pastikan kamu membuat beberapa dan menyusunnya di bingkai sebelum menempelnya untuk memperkirakan ukurannya.

6. Bingkai foto sederhana

Bingkai foto sederhana

Kalau tidak suka dengan bingkai foto yang terlalu meriah, kamu bisa nih menggunakan bingkai foto berikut. Kerajinan tangan dari sedotan ini terbilang sangat mudah untuk dibuat. Kamu hanya memerlukan beberapa buah sedotan, bunga kertas, dan karton tebal. Tak hanya bisa untuk memajang foto, kamu juga bisa memajang kutipan-kutipan seru sebagai hiasan dinding.

7. Kerajinan tangan dari sedotan berupa bunga hias

Kerajinan tangan dari sedotan berupa bunga hias

Ketika dibentuk pipih, sedotan plastik berwarna pun jadi terlihat menarik dan bisa dikreasikan sesuka hati. Contohnya saja bunga-bungaan dari plastik berwarna ini. Meski terbuat dari plastik, warnanya yang pastel tetap terlihat cantik untuk dipajang di rumah. Bentuk bunganya pun tidak monoton, karena ada beberapa variasi bentuk. Pilih vas dengan warna pop yang menyala untuk membuat kumpulan bunga ini semakin kontras.

Baca   15 Kerajinan Tanah Liat Dengan Beragam Variasi

8. Vas bunga dari sedotan kertas

Vas bunga dari sedotan kertas

Sedotan kertas kerap dijumpai di toko buku atau toko suvenir pesta. Kalau kamu ingin membuatnya, vas bunga dari sedotan ini tak memiliki langkah yang rumit. Kamu hanya perlu menggabungkan beberapa sedotan menjadi satu secara vertikal di atas karton tebal. Rekatkan dan biarkan kering. Ikat dengan pita untuk mempermanis vasnya.

9. Kombinasi bunga dari sedotan dan kertas marmer

Kombinasi bunga dari sedotan dan kertas marmer

Prakarya berbentuk bunga tidak hanya bisa dibuat dari sedotan. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan kertas untuk mendapatkan tekstur yang lebih kaya. Pilih beberapa kertas marmer atau kertas karton berwarna. Gunting lurus dan lipat melengkung. Tempelkan pada sedotan kertas yang memiliki motif atraktif.

10. Kerajinan tangan dari sedotan berupa hiasan bintang

Hiasan bintang

Untuk mainan anak, kerajinan tangan dari sedotan ini bisa jadi pilihan. Warna-warnanya menarik, proses pembuatannya mudah dan bisa juga dikerjakan bersama anak. Selain itu, biaya pembuatannya juga terjangkau. Kamu bisa membuatnya berkali-kali, apalagi ketika prakarya ini mulai rusak. Kamu hanya perlu menyiapkan banyak sedotan berwarna menggemaskan. Kumpulkan bagian ujungnya dan rekatkan dengan lem tembak atau lem Korea. Biarkan kering dan selesai.

11. Dekorasi bintang dari sedotan untuk hiasan pesta atau pernikahan

Dekorasi bintang dari sedotan untuk hiasan pesta atau pernikahan

Senang mengurus dekorasi pesta atau pernikahan? Nah, kamu bisa nih memanfaatkan sedotan untuk membuat hiasan bintang. Hiasan ini bisa kamu letakkan dalam gelas sebagai pemanis dekorasi meja. Kamu juga bisa menggunakan hiasan bintang ini dalam kotak seserahan. Kalau masih tersisa banyak, berikan pada adikmu untuk dibuat kalung atau gelang!

12. Miniatur rumah dari sedotan

Miniatur rumah dari sedotan

Sebagai dekorasi atau mainan anak, dekorasi rumah ini termasuk kerajinan tangan dari sedotan yang cukup menarik untuk dibuat. Kamu perlu menyiapkan banyak sedotan dan lem yang kuat. Sebelum membuatnya, rencanakan dulu polanya agar kamu tidak salah dalam menempelnya.

Baca   15 Kerajinan dari Kain Flanel yang Bisa Jadi Bisnis

13. Kerajinan tangan dari sedotan berupa roket hiasan

Roket hiasan

Untuk dekorasi kamar, kamu bisa membuat roket hiasan ini dari kertas dan sedotan. Roket hiasan ini juga bisa menyulap meja belajar kamu menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Pembuatannya juga mudah. Kamu cukup membuat pola roket, mewarnainya, dan merekatkannya ke sedotan kertas bermotif.

14. Sedotan berpola geometris

Sedotan berpola geometris

Jalinan geometris seperti DNA manusia bisa kamu buat replikanya dengan menggunakan sedotan plastik. Tak perlu rumit, kamu sebenarnya bisa membuat pola geomteris standar dengan rumus segitiga. Rekatkan beberapa potong sedotan berbentuk segitiga dan satukan.

15. Kerajinan tangan dari sedotan berupa flute

Kerajinan tangan dari sedotan berupa flute

Kerajinan tangan dari sedotan ini mungkin akan disukai anak, karena bisa menghasilkan bunyi-bunyian. Untuk membuatnya, kamu perlu menggunting sedotan ke bentuk menyerupai angklung. Buat sedotan dalam beberapa warna.

Leave a Comment