15 Kerajinan Tanah Liat Dengan Beragam Variasi

Kerajinan tanah liat adalah salah satu bentuk kerajinan dengan tampilan unik dan butuh kecermatan ekstra. Dalam pembuatannya, hiasan pada bentukan tanah liat cukup detail. Tak hanya harus memiliki intuisi seni yang tinggi, kerapian pengerjaan juga dibutuhkan. Meski begitu, tetap ada kok kerajinan tanah yang bisa dengan mudah kamu buat.

Umumnya, kerajinan tanah dibuat dari beberapa jenis tanah liat atau lempung. Ada tanah lempung yang berbasis air. Jenis tanah liat ini lembut dan cepat mengering. Ada juga tanah liat yang berbasis minyak. Jenis ini biasanya tetap melunak ketika tengah dibentuk. Ada juga tanah liat sintetik, yang dibuat dari polymer.

Tertarik memiliki atau membuat kerajinan tanah? Berikut adalah kerajinan tanah liat yang bisa menjadi inspirasi. Kamu bisa mulai berburu barang-barang sejenis atau belajar untuk membuatnya sendiri.

Kerajinan Tanah Liat

1. Kerajinan tanah berupa pohon keluarga

Kerajinan tanah liat berupa pohon keluarga

Untuk menjaga tali silaturahmi, ada banyak keluarga yang masih membudayakan mencatat pohon keluarga. Keluarga kamu salah satunya? Nah, kamu bisa menggunakan pohon keluarga unik yang terbuat dari tanah liat seperti ini. Selain lebih enak untuk dipajang, anggota keluarga yang lebih kecil akan tertarik melihatnya. Kamu pun juga lebih mudah menjelaskan silsilah keluarga kepada mereka.

2. Tempat lilin atau asbak

Tempat lilin atau asbak

Kamu masih terbiasa menggunakan lilin di meja makan? Atau, sering kedatangan tamu yang punya kebiasaan merokok. Hal ini mungkin jarang terjadi. Namun, tak ada salahnya menyiapkan wadah khusus. Karena lebih sering disimpan, kamu bisa memilih wadah dari tanah liat yang memiliki ukiran atau hiasan unik. Kalau tak digunakan sebagai tempat lilin atau asbak, kamu bisa menggunakannya sebagai tempat permen atau koin.

Baca   15 Kerajinan dari Bambu untuk Mempercantik Rumah

3. Lampu dari kaca dan tanah liat

Lampu dari kaca dan tanah liat

Karya berikutnya dari tanah liat ini cukup mengagumkan. Detailnya kaya dan warnanya menarik. Lampu meja ini sekilas menyerupai pajangan meja jika tidak digunakan. Begitu lampunya dinyalakan, baru deh terlihat kemewahannya.

4. Dekorasi meja berupa figur kucing

Dekorasi meja berupa figur kucing

Apalah artinya rumah tanpa dekorasi? Sepi! Karena itu, tempatkan beberapa dekorasi di sudut-sudut rumah pada meja atau rak. Salah satu dekorasi rumah yang bisa kamu pilih adalah dekorasi dari bahan tanah liat. Contohnya dekorasi kucing berikut. Karena memiliki beberapa warna, rumah pun jadi terlihat lebih hidup.

5. Kerajinan tanah liat berupa set teko dan cangkir

Kerajinan tanah liat berupa set teko dan cangkir

Salah satu keunggulan dari kerajinan tanah liat adalah ketahanannya dan kemampuannya dalam mengatasi panas. Ketika dibubuhkan warna, tanah liat pun menyerapnya dengan cantik dan natural. Untuk menjamu tamu, kamu bisa nih menyiapkan suguhan minuman dengan set teko dan cangkir yang unik berikut.

6. Piring makan dan gelas

Piring makan dan gelas

Hampir semua piring keramik terbuat dari tanah liat. Ada yang menggunakan tanah liat padat dengan ketebalan tinggi, sehingga terasa berat. Ada juga yang sengaja menipiskannya agar terasa ringan. Apa pun jenis piring atau gelasnya, keduanya akan terlihat apik untuk digunakan di meja makan. Apalagi jika kamu memilih piring makan dan gelas yang sudah dilukis lagi. Sesi makan jadi makan menyenangkan!

7. Gantungan kunci dengan hiasan unik

Gantungan kunci dengan hiasan unik

Ingin gantungan kunci yang berbeda dari yang digunakan kebanyakan orang? Kamu bisa mencari atau membuat gantungan kunci dari tanah liat. Kerajinan tanah liat berikut bisa dibuat dengan mudah. Karena bentuknya cenderung tidak menyulitkan, kamu tidak perlu cetakan khusus. Bentuk saja tanah liat menjadi bulat dan sisakan lubang di tengahnya untuk kaitan. Hias menggunakan cat minyak. Namun, kamu harus hati-hati agar gantungan kunci ini tidak sering jatuh.

Baca   5 Jenis Lapisan Atmosfer Dan Manfaatnya Bagi Manusia

8. Penjepit kartu nama atau foto

Penjepit kartu nama atau foto

Kalau kamu bergerak di bidang dekorasi interior atau event organizer, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk memiliki kerajinan tanah liat yang satu ini. Penjepit kartu nama atau foto ini terbuat dari tanah liat. Bentuknya sederhana, tapi fungsional. Kamu bisa membentuknya seperti foto agar bisa disandingkan dengan tanaman hias untuk diletakkan di atas meja.

9. Kerajinan tanah liat berupa liontin perhiasan

Kerajinan tanah liat berupa liontin perhiasan

Kerajinan tanah liat berikut membutuhkan tangan ahli dalam membuatnya. Detailnya cukup rumit dan berukuran mungil. Liontin atau bandul perhiasan ini memang terbuat dari tanah liat. Warna pilihannya juga menarik dan bisa membuat penampilan kamu terlihat berkonsep boho atau etnik.

10. Wadah perhiasan

Wadah perhiasan

Kalau kamu sering bergonta-ganti perhiasan tiap harinya, mungkin kamu akan membutuhkan barang kerajinan tanah liat yang ini. Berbentuk seperti piring mungil, wadah perhiasan ini lebih pipih namun tebal. Kamu bisa mewarnainya dengan warna atau motif apa saja.

11. Cermin dari tanah liat yang dilukis

Cermin dari tanah liat yang dilukis

Cermin di rumah kamu terbilang standar? Ayo, percantik dengan cermin dengan bingkai yang terbuat dari tanah liat. Jenis kerajinan yang ini bisa kamu buat sendiri asalkan kamu tahu cara membentuknya atau memiliki cetakannya. Hiasi dengan cat minyak dan lapisi lagi dengan cat yang memiliki permukaan mengilap.

12. Gantungan dinding

Gantungan dinding

Rumah yang mungil tentu membutuhkan kreativitas dalam memilih perabot. Kalau kamu masih kekurangan tempat di lemari untuk menggantung pakaian, tas, atau dasi, kamu bisa menggunakan gantungan dinding berikut. Gantungan dinding sebenarnya tersedia dalam bentuk logam memanjang yang umum ditemui. Tapi, kalau bisa lebih dekoratif, kenapa tidak?

13. Jam dinding anak

Jam dinding anak

Mengajarkan konsep waktu dan kedisiplinan pada anak atau adik kamu bisa dimulai dengan pengenalan fungsi jam. Agar mereka lebih tertarik mempelajarinya, kamu bisa menggunakan jam dinding dengan dekorasi yang disukai anak. Lagi-lagi, jenis kerajinan ini juga bisa kamu buat sendiri. Yang penting, kamu tahu bentuk apa yang ingin dibuat.

Baca   Pemanasan Global Adalah..... Pengertian,Ciri, Dampak dan Cara Mencegahnya

14. Pot dengan desain klasik

Pot dengan desain klasik

Jika kamu senang berkebun atau meletakkan tanaman di dalam ruangan, mengapa tidak menggunakan pot dari bahan tanah liat berdesain klasik. Desain khas Eropa klasik ini akan membuat hunian kamu terlihat berbeda. Konspe hijau di dalam ruangan pun akan membuat rumah lebih segar dan hijau.

15. Lonceng angin

Lonceng angin

Selain dari logam, lonceng angin juga bisa dibuat dari tanah liat. Kamu bisa membuatnya dari lempengan melengkung atau mendatar yang ditumpuk. Kalau mau lebih ramai, gunakan beberapa tumpukan. Kalau mau lebih hening, gunakan satu hingga tiga tumpuk.

Leave a Comment