15 Seni Kerajinan dari Kayu Unik Untuk Beragam Kegunaan

Kerajinan dari kayu adalah salah satu jenis kerajinan tangan yang paling sering ditemui. Karena kegunaan dan materialnya yang tahan banting, kayu kerap digunakan untuk berbagai keperluan.

Kayu yang digunakan pun ada bermacam-macam. Ada plywood atau kayu triplek, kayu jati, hingga kayu bambu. Kerajinan dari kayu juga sering dipilih untuk menghias rumah. Karena tampilan seratnya yang nyata, penampilan rumah menjadi lebih berkonsep natural.

Kamu juga menyukai kerajinan dari kayu untuk berbagai keperluan? Coba simak ide kerajinan dari kayu berikut untuk inspirasi kamu.

Kerajinan dari kayu

1. Kerajinan berupa peralatan masak

Kerajinan dari kayu berupa peralatan masak

Kalau kerajinan dari kayu yang ini pastinya sudah sering kamu lihat. Di dapur, tentu ada peralatan masak yang terbuat dari kayu. Bisa itu sutil, sendok nasi, hingga sendok sayur. Peralatan masak dari kayu memang tahan lama. Bobotnya pun bisa lebih ringan dari peralatan masak yang terbuat dari besi.

2. Gantungan cangkir

Gantungan cangkir

Punya dapur minimalis? Jika ingin mendekorasi ruangannya, kamu bisa nih meletakkan kerajinan kayu berikut. Gantungan cangkir ini terbuat dari susunan kayu yang sederhana. Kamu tidak perlu membentuk kayu atau mengukirnya dengan rumit. Cukup dengan lempengan kayu biasa dan hook logam, gantungan cangkir pun jadi.

3. Talenan kayu

Talenan kayu

Kalau talenan plastik umumnya meninggalkan garis-garis pisau yang tak sedap dipandang mata, maka beda dengan talenan kayu. Karena bahannya yang alami dan ada serat kayunya, gurat bekas pisau pun tidak menjadi masalah. Kalau tidak dipakai menjadi talenan, kamu juga bisa menggunakannya sebagai nampan kayu untuk menghidangkan minuman pada tamu.

4. Meja cangkir untuk sofa

Meja cangkir untuk sofa

Setelah seminggu penuh bekerja, kamu mungkin ingin bersantai dan bermalas-malasan di rumah. Hal itu tidak salah, kok. Kalau kamu lebih senang menghabiskan waktu di rumah, kamu bisa menyiapkan meja unik berikut. Kerajinan dari kayu ini dirancang untuk diletakkan di lengan sofa untuk meletakkan cangkir. Kalau kamu tidak memiliki meja kecil sebagai pendamping sofa, meja unik ini pas banget!

Baca   5 Jenis Lapisan Atmosfer Dan Manfaatnya Bagi Manusia

5. Kerajinan dari kayu berupa pot bunga sederhana

Kerajinan dari kayu berupa pot bunga sederhana

Sebagai pajangan ruangan, bunga memang memberi nuansa yang berbeda. Kesan yang ditampilkan bisa menjadi segar, cerah, hingga feminin. Kamu bisa menggunakan kayu batu atau kayu bekas untuk membuat kotak yang bisa difungsikan sebagai pot bunga. Sudah ada pot bunga? Jangan khawatir, alihkan fungsi kotak ini menjadi kotak penyimpanan barang di lemari.

6. Kotak penyimpanan serbaguna

Kotak penyimpanan serbaguna

Untuk menyimpan barang atau perhiasan, kotak serbaguna dari kayu ini bisa digunakan. Bentuknya sederhana dengan ukuran sedang. Mekanismenya juga sederhana, karena tak menggunakan kunci atau pengait rumit. Bukaannya didapat dari lubang di antara penutup untuk memasukkan jari. Kotak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan tisu.

7. Bingkai kayu untuk dekorasi bunga

Bingkai kayu untuk dekorasi bunga

Kalau ingin rumah kamu lebih terasa asri dan berwarna, coba letakkan beberapa vas bunga di sudut ruangan. Agar lebih rapi, kamu bisa membuat bingkai untuk vas bunga dari kayu. Kamu bisa menggunakan vas bunga dengan ujung mulut yang pipih seperti botol. Buat beberapa lubang untuk kepala vas bunganya.

8. Tempat lilin dari kayu

Tempat lilin dari kayu

Biasa menyalakan lilin ketika makan? Atau mungkin untuk aromaterapi di rumah? Kamu bisa menempatkan lilin-lilin tersebut di wadah berikut. Kerajinan dari kayu ini sebenarnya bisa kamu buat sendiri dari triplek sisa bahan bangunan. Polanya tak rumit dan modelnya sederhana. Wadah ini pun memiliki penopang kuat dan tak akan mudah goyah.

9. Penyangga untuk pot gantung

Penyangga untuk pot gantung

Taman yang terlalu mungil mungkin tidak dapat mengakomodasi kesukaan kamu dalam berkebun. Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai masalah. Kamu bisa tetap menanam bunga atau tanaman favorit dengan pot gantung. Manfaatkan kayu sebagai penyangganya dan tali tambang sebagai tali pengaitnya.

Baca   15 Kerajinan Tangan dari Sedotan untuk Ide Prakarya

10. Kerajinan dari kayu berupa lentera

Kerajinan dari kayu berupa lentera

Baik itu diletakkan di rumah atau di taman, lentera kayu ini akan berpendar cantik. Cahayanya yang redup dan bias dari hiasannya akan memberi nuansa romantis pada rumah kamu. Kalau kamu tidak menggunakan lilin, kamu bisa menggunakan bohlam dengan cahaya kuning di dalamnya.

11. Kotak perhiasan

Kotak perhiasan

Untuk yang senang mengoleksi atau memakai perhiasan, kamu wajib punya kotak perhiasan dari kayu ini. Dibuat dari kayu triplek yang tipis, kotak ini pun tergolong ringan. Sekatnya juga memberikan keleluasaan bagi kamu untuk mengatur perhiasannya. Menyesuaikan kotak, ukiran pada penutupnya tidka penuh. Kamu bisa dengan mudah melihat isi dalamnya tanpa perlu membukanya.

12. Penyangga ponsel dan aksesori

Penyangga ponsel dan aksesori

Kerajinan dari kayu ini cukup multifungsi. Selain sebagai penyangga untuk ponsel kamu, kerajinan kayu ini juga bisa digunakan untuk menggantung kunci motor atau mobil. Jam tangan kamu pun bisa dikaitkan di penyangga kayu ini. Praktis banget kan?

13. Kerajinan dari kayu berupa keset solid

Kerajinan dari kayu berupa keset solid

Siapa bilang keset hanya boleh terbuat dari kain atau serat plastik? Kamu juga bisa menggunakan keset dari kayu berikut. Selain tidak mudah kotor, keset kayu ini berfungsi untuk melepas kotoran, seperti tanah dan lumpur, yang mungkin terbawa di tapak sepatu kamu. Keset ini juga mudah dibersihkan.

14. Rak gantung pakaian

Rak gantung pakaian

Untuk membuat rumah terlihat rapi, pastikan kamu memiliki rak gantung pakaian di dekat pintu masuk atau di kamar. Jaket yang masih bersih dan akan kamu pakai lagi bisa digantung di rak ini. Tak hanya pakaian, kamu juga bisa menggantung payung, handuk, atau tas di rak gantung ini. Kamu bisa membuat rak gantung ini dari kayu blok sederhana yang disusun sederet.

Baca   15 Kerajinan dari Kain Flanel yang Bisa Jadi Bisnis

15. Kursi kayu

Kursi kayu

Kalau kamu menyukai konsep minimalis dan natural untuk rumah, kursi kayu sederhana ini pasti bisa jadi favorit. Kursi ini tidak memiliki model rumit, melainkan hanya model sederhana yang terbuat dari sambungan papan triplek tebal. Kamu cukup mencari dudukan dan sandaran kursi yang empuk. Agar terlhat lebih rapi dan awet, pastikan kamu mengamplas dan memberi pelitur pada kursi ini.

Leave a Comment