15 Kerajinan dari Kain Flanel yang Bisa Jadi Bisnis

Kerajinan dari kain flanel pastinya sudah sering kamu temui. Namun, apa kamu sudah mengenal kain flanel ini sebelumnya? Nah, kain flanel atau yang juga sering disebut felt ini adalah bahan tekstil hasil press. Umumnya kain flanel terbuat dari serat alami, seperti wol atau bulu binatang. Kain flanel juga bisa didapat secara sintetik atau buatan dengan memanfaatkan akrilik atau rayon.

Karena bahannya yang ringan, cukup kuat, hangat, dan memiliki banyak warna, bahan flanel sering dijadikan prakarya. Selain menarik mata, kerajinan kain flanel juga punya unsur ekonomis. Kamu bisa menjadikan kerajinan ini sebagai ladang bisnis.

Ingin tahu desain kerajinan dari kain flanel apa yang unik dan bisa dijadikan bahan jualan? Baca artikel ini lebih lanjut.

Kerajinan dari Flanel

1. Satu set mainan anak

Satu set mainan anak

Pernah melihat atau mungkin memainkan orang-orangan kertas? Dengan pilihan baju yang beragam, mainan anak ini memang digemari anak perempuan. Sayangnya, kertas kurang awet karena mudah sobek. Kamu bisa nih membuat mainan serupa dari kain flanel. Cari kain flanel dengan warna yang kamu inginkan. Cari juga desain pakaian dan aksesori yang ingin kamu buat.

2. Kerajinan dari kain flanel berupa boneka

Kerajinan dari bahan flanel berupa boneka

Kalau kamu menyukai boneka, kerajinan dari kain flanel berikut bisa jadi favorit kamu. Ya, kamu pun bisa membuat boneka dari kain flanel! Modelnya bisa kamu tentukan sendiri, mau berbentuk binatang atau hanya berbentuk geometris kotak. Kalau ingin berbentuk binatang, pastikan kamu menyiapkan potongan desainnya dalam beraneka warna agar tampak menggemaskan. Siapkan juga isian boneka dari kapas, bulu, atau dacron.

Baca   Pengertian Sumber Daya Alam Berserta Jenis, Dampak, Dan Contohnya

3. Sepatu penghangat kaki bayi

Sepatu penghangat kaki bayi

Untuk para bunda, kerajinan dari kain flanel berikut bermanfaat untuk si buah hati. Kadang para orang tua ragu untuk membelikan sepatu dengan ukuran pas bagi anaknya. Alasannya, pertumbuhan bayi sangat cepat dan sepatu pun bisa tak dapat dipakai hanya dalam waktu setahun. Namun, jangan biarkan anak berpakaian monoton dan kebesaran. Buat saja sendiri sepatu bayi dari kain flanel yang cenderung terjangkau. Kalau sudah kesempitan, bikin lagi yang baru. Tidak rugi, kok!

4. Buku bacaan dari kain flanel

Buku bacaan dari bahan flanel

Ingin meningkatkan aktivitas otak dan motorik si kecil dengan buku bacaan? Agar lebih awet dan tak mudah sobek, kamu bisa membuat buku bacaan dari kain flanel. Buatlah beberapa lembar dengan dekorasi yang menarik mata. Kamu juga bisa membuat dekorasi ini bisa dilepas-pasang dengan kancing atau magnet.

5. Kerajinan dari kain flanel berupa pot bunga

Kerajinan dari bahan flanel berupa pot bunga

Kamu juga bisa mempercantik rumah dengan pot bunga yang dibuat dari kain flanel. Kamu cukup menyiapkan bunga plastik. Balutkan kain flanel dengan warna yang sejenis dengan kelopaknya. Lilitkan pita dan kamu selesai. Pot bunga cantik ini juga bagus untuk dijadikan hiasan seserahan.

6. Dekorasi gantungan flanel

Dekorasi gantungan flanel

Kerajinan dari kain flanel ini termasuk yang paling mudah dibuat. Kegunaannya juga banyak. Kamu bisa membuat dekorasi gantungan ini sebagai aksesori pohon Natal. Atau, kamu juga bisa membuatnya sebagai gantungan tas dengan menyisakan tali yang lebih panjang. Kalau punya tali yang lebih pipih, kamu bisa menjadikannya sebagai gantungan ponsel.

7. Gelang dari kain flanel

Gelang dari bahan flanel

Kalau kamu punya sisa kain flanel setelah membuat prakarya, jangan langsung dibuang. Manfaatkan untuk membuat gelang. Kamu bisa membeli bola manik di toko prakarya dan lapisi bahan flanel dengan merekatkannya terlebih dahulu.

Baca   Ciri-ciri Planet, Anggota Tata Surya dengan Keunikannya

8. Bros dengan bentuk yang beraneka ragam

Bros dengan bentuk yang beraneka ragam

Sulit mencari bros untuk hijab kamu? Bagaimana kalau membuatnya sendiri dari kain flanel? Kamu bisa membuat bros dengan motif termudah, yaitu bunga. Namun, kalau mau terlihat lebih elegan dan bisa kamu pakai ke acara non-formal, kamu bisa membuat bros dengan motif bunga geometris. Sematkan mutiara untuk kesan lebih mewah. Bros ini juga bisa kamu tawarkan pada sahabatmu!

9. Kerajinan dari kain flanel berupa kantung serut

Kerajinan dari bahan flanel berupa kantung serut

Ingin membuat kerajinan tapi tidak pandai menjahit? Tak masalah! Kamu bisa membuat kantung serut seperti ini. Tak perlu jarum dan benang. Kamu hanya perlu kain flanel berwarna cerah dan tali pilinan wol dengan warna kontras. Kamu bisa menggunting kain flanel dalam bentuk lingkaran. Buat beberapa lubang pada sisi terluarnya untuk tempat tali serut. Mudah kan?

10. Tote bag dari flanel

Tote bag dari flanel

Kalau mau lebih niat lagi, kamu bisa membuat tote bag dari kain flanel. Yang menyenangkan, tote bag tak memiliki pola yang rumit. Kamu hanya perlu membuat dua sisi tas dan juga dua pegangan tas. Agar tak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan hiasan dari kain flanel pada bagian depan tas. Kalau mau lebih aman, jahit zipper atau magnet sebagai penutup tas.

11. Pouch manis untuk pesta atau tempat ponsel

Pouch manis untuk pesta atau tempat ponsel

Mirip seperti membuat tote bag, membuat pouch pun tak begitu rumit. Polanya sederhana, namun memang harus rapi dalam menjahitnya. Kamu cukup menyiapkan bahan kanvas sebagai material pouch, kain flanel dalam beberapa warna, dan ritsleting. Buat pola hiasan bahan flanel dan jahit. Tambahkan tali pegangan dari bahan kulit.

12. Alas duduk empuk

Alas duduk empuk

Kalau tubuh sering pegal karena terlalu lama duduk di kursi keras, maka kamu bisa menyiapkan kerajinan berikut. Masih dengan menggunakan kain flanel yang tak mudah kotor. Kamu tinggal menyiapkan bahan flanel berwarna gelap dan busa. Lapisi busa tersebut dengan kain flanel. Kini kamu bisa duduk di kursi keras mana saja tanpa rasa pegal.

Baca   10 Macam Pola Aliran Sungai Beserta Fungsi dan Keterangannya

13. Tempat baju kotor

Tempat baju kotor

Tempat baju kotor identik dengan bau dan berantakan. Ubah persepsi ini dengan membuat tempat baju kotor dari kain flanel. Kamu bisa membeli ember dan membuat sarung tempat baju kotor dari bahan flanel yang menyesuaikan ukurannya. Model kepala hiu ini juga bisa digunakan untuk menutup embernya.

14. Kerajinan dari kain flanel berupa hiasan dinding

Kerajinan dari bahan flanel berupa hiasan dinding

Lukisan sebagai dekorasi rumah? Itu sih biasa. Kalau dekorasi dinding dari kain flanel, itu baru tidak ada yang menyamai. Kamu bisa membuat hiasan dinding unik dari bahan kanvas dan flanel. Pilih warna atau motif yang kontras agar hiasan dinding tampak lebih menarik.

15. Hiasan gantung

Hiasan gantung

Ingin dekorasi rumah yang lebih unyu? Kamu bisa membuat gantungan dinding dari bahan flanel berikut. Selain kain flanel, kamu juga perlu menyiapkan kayu bulat sebagai bingkai dan tongkat kayu panjang sebagai pijakan burung. Gantung di dinding atau di jendela.

Leave a Comment