15 Kerajinan dari Botol Bekas yang Mudah Dibuat

Krisis sampah plastik tentu membuat kita harus lebih memperhatikan penggunaan plastik. Kalau kamu termasuk penyuka berbagai minuman dalam botol kemasan, kamu bisa mengurangi dampak krisis sampah plastik ini dengan cara yang lebih kreatif. Selain mengurangi penggunaannya dengan memilih minuman dalam kemasan yang ramah lingkungan, kamu bisa berkreasi dengan membuat kerajinan dari botol bekas.

Dibandingkan recycling, kegiatan upcycling ini lebih menambah nilai pakai terhadap barang sampah olahan. Kerajinan dari botol bekas ini juga tak sulit dilakukan, kok, bahkan untuk orang yang kurang terampil sekalipun. Kamu juga bisa menggunakan berbagai botol bekas, mulai dari botol minuman, botol kecap, hingga botol susu.

Coba deh lihat 15 kerajinan dari botol bekas berikut. Unik, kreatif, dan ternyata gampang banget dibuat. Yuk, mulai bikin!

Kerajinan dari Botol

1. Gelang hasil kerajinan dari botol bekas

Gelang hasil kerajinan dari botol bekas

Beberapa botol bekas memiliki bentuk bagian tengah yang datar. Kamu bisa memotong bagian tersebut dan menjadikannya sebagai material dasar untuk membuat gelang. Lebarnya pun bisa kamu sesuaikan sesuka hati. Untuk mempercantik penampilannya, siapkan kain bahan dari katun, blacu, atau kanvas.

Kamu bisa pakai kain berwarna polos atau bermotif cantik. Lapisi botol plastik bekas tersebut dengan kain dan gunakan power glue untuk merekatkannya. Hiasi pinggiran gelang dengan pita licin atau renda. Jadi deh!

Baca   Pengertian Sumber Daya Alam Berserta Jenis, Dampak, Dan Contohnya

2. Vas bunga dari botol soda

Suka dengan dekorasi berwarna untuk rumah kamu? Tempatkan kerajinan dari botol bekas saja! Kamu bisa membuat vas bunga sekaligus bunga plastik dari botol bekas. Pilih beberapa botol bekas dengan warna yang kamu suka. Gunting bagian bawah botol sebagai vas, lalu gunting sisa botolnya untuk membentuk tangkai bunga. Untuk kuncupnya, kamu bisa menggunakan bola-bola dari pilinan benang wol atau styrofoam yang dicat.

3. Lampu belajar buatan sendiri

Kerajinan dari botol bekas berikutnya cukup multifungsi, yaitu lampu belajar! Untuk membuatnya, kamu perlu beberapa tambahan barang bekas, seperti kaleng bekas dan pipa untuk memasukkan kabel, serta bohlam dan saklar lampu.

4. Cover pot dengan hiasan sesuai selera

Untuk yang gemar berkebun, kerajinan berikut pasti cocok banget. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas ukuran medium atau besar, dan mengguntingnya mengikuti bentuk hewan tertentu. Kamu bisa menggunakan cat tembok sebagai warna dasar dan menambahkan hiasan dari kancing atau lilin. Masukkan pot tanaman kecil di dalamnya dan jadilah cover pot yang imut.

5. Makeup organizer untuk yang suka dandan

Kalau kamu merasa makeup organizer dari bahan akrilik agak menguras kantong, nah ini saatnya kamu memanfaatkan botol bekas. Kumpulkan saja botol bekas air mineral, gunting menjadi dua bagian. Manfaatkan bagian bawahnya untuk makeup organizer. Jika diberi pemanis dari cat kuku glitter, kerajinan dari botol bekas ini menjadi semakin menarik.

6. Kerajinan dari botol bekas berupa penyiram tanaman

Kerajinan dari botol bekas berupa penyiram tanaman

Demi menghemat tenaga, kamu bisa menggunakan botol bekas ukuran besar sebagai sprinkler alias penyiram tanaman. Kreasi ini terbilang yang paling mudah untuk dibuat, karena kamu tak perlu memotong atau menambahkan apapun. Pasang langsung selang di mulut botol dan rekatkan dengan selotip karet anti-air.

Baca   15 Kerajinan Tanah Liat Dengan Beragam Variasi

7. Lonceng angin dengan warna atraktif

Pernah lihat gantungan lonceng yang berbunyi ketika tertiup angin? Nah, gantungan yang disebut wind chimes ini juga bisa kamu buat sendiri dari botol bekas. Untuk membuatnya, kamu perlu beberapa botol bekas, tali rami, manik-manik, dan lonceng. Dengan warna yang atraktif, lonceng angin ini tak akan terlihat seperti terbuat dari botol plastik bekas pakai!

8. Tempat lilin berbentuk bunga

Ingin membuat kerajinan dari botol bekas yang lebih cantik untuk dipajang di rumah? Kamu bisa membuat tempat lilin yang menyerupai bentuk bunga. Kamu bisa menggunakan dua botol plastik yang dipotong dua dan digunting meruncing mengikuti bentuk kelopak bunga. Kalau tidak mau mengecat plastiknya, kamu bisa menggunakan spidol permanen untuk mewarnai pinggir kelopak. Kalau punya CD tak terpakai, gunakan sebagai alas tempat lilin.

9. Tempat pensil lengkap dengan zipper

Dibuatnya gampang, tapi fungsinya maksimal! Kalau kamu punya dua botol bekas tak terpakai, coba bikin kerajinan dari botol bekas ini. Potong botol bekas menjadi dua bagian dan gunakan hanya bagian bawahnya. Rekatkan ritsleting dan jadilah tempat pensil unik.

10. Pot dengan penyedia air otomatis

Sering kelupaan menyiram tanaman? Nah, kerajinan dari botol bekas ini pasti bakal membantu kamu banget. Kamu hanya perlu memotong botol bekas dan menggunakan tali yang biasa dipakai sebagai sumbu minyak tanah. Tali ini berfungsi untuk menghantarkan air secara otomatis ke dalam tanah. Praktis kan?

11. Anting simpel sebagai prakarya unik

Kalau kamu punya waktu lebih, botol bekas pun bisa disulap menjadi anting yang kece. Kamu hanya tinggal membeli rangka anting dan rantai pengaitnya. Cari botol bekas dengan permukaan datar untuk kamu gunting dalam bentuk bulat. Kalau ingin bentuk bulat yang bergelombang, kamu bisa memanaskan gunting sebelum mulai memotong botol.

12. Kalung tumpuk unik dari botol bekas

Kalau menemukan botol bekas dengan material yang lebih tebal, kamu bisa juga menjadikannya sebagai kalung! Tapi, kamu harus mengumpulkan beberapa botol bekas untuk mendapatkan cetakan berbentuk kelopak yang nantinya akan dirangkai menjadi satu. Agar tidak terkesan monoton, pilih botol bekas dengan warna yang berlainan dan tambahkan manik-manik dalam rangkaiannya.

Baca   Ciri-ciri Planet, Anggota Tata Surya dengan Keunikannya

13. Rak penyimpanan barang dari jeriken air

Bagaimana kalau kamu punya botol jeriken air yang sudah tak terpakai? Kalau punya dalam jumlah banyak, kamu bisa bikin kerajinan dari botol bekas berupa rak penyimpanan barang. Kamu hanya tinggal memotong bagian atas jeriken sebagai mulut rak. Tumpuk dan rekatkan dengan hot glue. Agar tidak mudah goyah, pastikan tinggi tumpukannya tidak melebihi dada orang dewasa.

14. Tirai dari botol bekas

Kerajinan dari botol bekas yang satu ini dijamin akan memberi nilai plus untuk rumah kamu. Namun, kamu harus mengumpulkan botol bekas dengan bagian bawah yang menyerupai bentuk bunga, atau setidaknya memiliki tiga kaki. Potong bagian bawahnya dan jahit menjadi satu menggunakan tali rami.

15. Dompet koin

Mirip dengan tempat pensil, dompet koin juga bisa kamu buat sendiri menggunakan botol bekas. Bedanya ada pada ukurannya. Buatlah ukuran dompet koin yang tak setinggi tempat pensil. Kalau kamu mau lebih menarik, gunakan ritsleting dan gantungan tangan dengan warna mencolok dan kontras.

Kamu mungkin tidak akan menyangka kalau sampah dari botol bekas bisa disulap menjadi barang multifungsi dengan desain yang menarik. Hanya dengan modal kreativitas, ada banyak barang kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu dapatkan. Ingin meniru beberapa contoh di atas dan membuat kerajinan kamu sendiri? Selamat mencoba!

Leave a Comment