15 Kerajinan dari Bambu untuk Mempercantik Rumah

Kerajinan dari bambu tak melulu hanya berupa pajangan batang bambu yang monoton. Kini, kamu bisa menemukan kreasi kerajinan dari bambu dengan banyak variasi. Bahkan, berbagai kerajinan ini sudah merambah hingga ke area furnitur dan juga peralatan makan. T

ak percaya? Lihat saja deretan kerajinan dari bambu berikut yang bisa bikin rumah kamu terlihat lebih keren.

Kerajinan dari Bambu

1. Kerajinan bambu berupa peralatan masak

Kerajinan dari bambu berupa peralatan masak

Karena ingin lebih ramah lingkungan, akhir-akhir ini banyak barang yang menggunakan bahan-bahan yang tahan lama atau bisa didaur ulang dengan mudah. Selain logam, bambu juga menjadi pilihan utama. Lihat saja kerajinan berikut yang berupa peralatan masak. Selain berfungsi baik, penambahan warnanya pun mmebuat peralatan masak ini terlihat modern.

2. Tempat pisau dari bambu

Tempat pisau dari bambu

Tempat pisau di dapur lebih sering berbentuk kotak dengan lubang pipih yang menyesuaikan mata pisau. Nah, lain lagi dengan kerajinan bambu berikut. Kotak tempat pisau diisi dengan batang bambu yang dipotong kecil-kecil. Hal ini berguna sebagai pegangan pisau yang fleksibel.

3. Tempat tisu makan

Tempat tisu makan

Warna kayu memang memberikan nuansa berbeda pada rumah. Begitu juga dengan bambu yang masih memiliki serat alam. Kerajinan dari bambu berikut memiliki nilai fungsional sekaligus bisa mempercantik rumah. Agar terlihat lebih rapi, kamu bisa melapisi permukaannya dengan pelitur atau cat pengilap kayu sejenis.

Baca   Ciri-ciri Planet, Anggota Tata Surya dengan Keunikannya

4. Kerajinan dari bambu untuk wadah lilin

Kerajinan dari bambu untuk wadah lilin

Kalau suka dengan rumah yang bernuansa alam, tak ada salahnya kalau kamu berburu kerajinan seperti berikut ini, yaitu tempat lilin. Bambu memiliki batang bulat yang biasanya kosong di tengah. Hal inilah yang dimanfaatkan pengrajin bambu untuk membuat wadah lilin. Kamu bisa menempatkan lilin jadi di dalamnya atau membuat lilin sendiri agar ukurannya sesuai dengan wadahnya.

5. Penyekat ruangan dengan rak kecil

Penyekat ruangan dengan rak kecil

Agar terkesan luas, rumah mungil memang sebaiknya tidak banyak memiliki sekat permanen alias dinding pembatas. Tapi, kalau kamu ingin  ada sedikit privasi antar ruangan, boleh juga nih kalau kamu memanfaatkan kerajinan bambu berikut. Penyekat ruangan ini bisa menghalangi pandangan tanpa membuat rumah terasa sesak. Rak kecil di baliknya juga berguna untuk meletakkan barang. Praktis!

6. Cermin dengan bingkai bambu

Cermin dengan bingkai bambu

Jangan hanya menaruh cermin di kamar tidur dan kamar mandi. Letakkan juga di ruang tengah agar rumah kamu terlihat lebih lapang dan terang. Untuk aksen natural, kerajinan dari bambu berupa cermin ini cukup unik dan punya tarik sendiri kan?

7. Pot tanaman gantung

Pot tanaman gantung

Kalau kamu suka berkebun dan memang punya area khusus untuk menanam berbagai tanaman, coba miliki kerajinan berikut. Terbuat dari batang bambu yang berbentuk apa adanya, pot tanaman ini tergolong mudah dibuat. Kamu hanya perlu melubangi sisi atas bambu untuk menggantung tali. Pastikan saja kamu juga melubangi bagian bawah bambu sebagai tempat keluar air.

8. Lonceng angin

Lonceng angin

Nuansa alami khas pedesaan pasti akan semakin terasa di rumah kalau kamu meletakkan lonceng angin yang terbuat dari bambu. Meski memiliki bunyi berbeda dari lonceng angin logam, suara bambu tetap memberikan kenyamanan tersendiri bagi yang mendengarnya.

Baca   15 Seni Kerajinan dari Kayu Unik Untuk Beragam Kegunaan

9. Kolam pancuran mini

Kolam pancuran mini

Ingin punya kolam tapi pekarangan rumah tidak begitu luas?  Kamu tetap bisa kok mempercantik rumah dengan kolam mini dari bambu. Kolam mini biasanya mudah sekali kamu temui di toko-toko perlengkapan rumah atau berkebun. Kalau mau sedikit berkreasi, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Pastikan dulu kamu mengerti sistem aliran air untuk kolam mini kamu, ya.

10. Lampu gantung dari bambu

Lampu gantung dari bambu

Lampu gantung dari kaca sih sudah biasa. Bagaimana kalau ada kerajinan dari bambu berupa lampu gantung? Unik dong! Selain memberi nuansa membumi pada rumah, anyaman menyilang dari lampu gantung bambu ini akan membiaskan cahaya dengan motif unik ketika lampu dinyalakan.

11. Kerajinan dari bambu berupa laci susun serbaguna

Kerajinan dari bambu berupa laci susun serbaguna

Kerajinan bambu juga bisa berupa furnitur atau perabot rumah tangga. Bambu yang cenderung ringan memang disukai orang untuk digunakan sebagai meja atau kursi. Tapi, tak hanya terbatas pada kedua jenis furnitur tersebut. Kamu juga bisa menemukan kerajinan bambu berupa laci susun serbaguna. Lacinya pun dirancang untuk bisa digeser dan terbuat dari kain tebal sebagai sarana penyimpanan. Bagian atasnya dibuat ada pegangan agar bisa dipindahkan sesuka hati.

12. Rak gantung pakaian atau handuk

Rak gantung pakaian atau handuk

Meski sekilas terlihat seperti tangga, tapi kerajinan bambu yang satu ini lebih difungsikan sebagai rak gantung. Tak perlu paku, karena kamu tinggal menyandarkannya ke dinding. Rak gantung ini bisa diletakkan di dekat kamar mandi sebagai rak handuk. Kamu juga bisa menggunakan rak gantung ini sebagai rak pakaian di kamar atau tempat menggantung hijab.

13. Kursi bambu

Kursi bambu

Kerajinan dari bambu ini mungkin termasuk produk yang paling populer. Betapa tidak? Kursi bambu ini sudah digunakan sejak lama dan masih juga diminati. Selain karena bobotnya yang ringan, kursi dari bambu juga memiliki model yang umum dan termasuk tahan banting.

Baca   Prinsip Ekonomi - Pengertian, Tujuan, Ciri – Ciri Lengkap Beserta Contohnya

14. Desktop organizer untuk anak kekinian

Desktop organizer untuk anak kekinian

Kalau kamu termasuk sering bekerja di depan komputer, perlu banget nih punya kerajinan bambu berikut. Desktop organizer ini terbuat dari bambu yang ringan namun kokoh, sehingga dapat menopang banyak barang sekaligus. Desktop organizer ini juga memiliki laci untuk tempat penyimpanan stationery dan keyboard. Uniknya lagi, di bagian atas dekat monitor, desktop organizer ini juga menyediakan lekukan untuk menempatkan minuman dan ponsel.

15. Lemari gantung pakaian

Lemari gantung pakaian

Lemari gantung model terbuka ini cocok untuk kamu yang tinggal di rumah bergaya minimalis. Kalaupun tidak digunakan sebagai lemari pakaian, kamu bisa menempatkan lemari gantung ini di area cuci-setrika untuk menggantung baju siap-pakai.

Bagaimana? Bambu tak selamanya terlihat jadul jika dijadikan kerajinan kan? Karena kebutuhan masyarakat yang semakin praktis, kreativitas untuk pembuatan kerajinan dari bambu juga semakin tinggi. Dari kerajinan bambu di atas, mana yang paling kamu suka?

Leave a Comment