Pengaruh Letak Geografis Indonesia dari berbagai Aspek

Untuk mengetahui posisi maupun letak geografisnya suatu wilayah, kita harus mengamati dengan cara melihat keadaan permukaan bumi atau dengan letaknya dalam bola bumi. Tentunya, letak geografis suatu negara akan sangat berperan penting dalam menentukan beberapa aspek seperti aspek astronomis, aspek fisiografis, aspek geologis dan sosial budayanya. Hal inilah yang akan kita ulas pada letak geografis Indonesia untuk menambah wawasan kita.

Negara Indonesia telah menjadi suatu negara kepulauan yang memiliki wilayah sangat strategis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan letak geografis indonesia yang berada tepat di posisi paling bagus dan menguntungkan. Hal ini tentunya setelah mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial budaya, komunikasi, transportasi dan pariwisata dari negara Indonesia.

Pada umumnya, letak geografis Indonesia itu diapit oleh  2 benua dan 2 samudera dan kami akan paparkan dibawah ini.

Letak Geografis Indonesia

Gambar Peta Geografi Indonesia
Gambar Peta Geografi Indonesia

A. Letak Geografis Indonesia Berada Diantara 2 Benua

Letak geografis Indonesia yaitu berada antara benua Australia dan benua Asia. Posisi tersebut akan menguntungkan Negara Indonesia karena, akan menjadi urat nadi bagi perdagangan dunia. Keuntungan yang didapatkan Indonesia bukan hanya dalam hal perdagangan saja, akan tetapi masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

Selain hal tersebut, ternyata dampak dari letak geografisnya Negara Indonesia membuatnya mengalami dua kondisi cuaca dan iklim. Letaknya yang berada antara dua benua ini sangat memiliki pengaruh bagi situasi alam yang berada disekitarnya.

B. Letak Geografis Indonesia Berada Diantara 2 Samudra

Kita cukup mengetahui, bahwa Indonesia dikelilingi tidak hanya diantara dua benua saja. Akan tetapi, kita juga diapit oleh dua samudra terbesar yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dampaknya bagi negara Indonesia dari diapitnya oleh dua samudara menyebabkan Negara Indonesia memiliki dua musim. Berbeda dengan negara lainnya, dua musim ini adalah musim kemarau dan juga musim hujan.

Musim hujan biasanya terjadi pada periode bulan Oktober sampai dengan April yang ditandai oleh mulai terasanya hembusan angin musim barat daya. Sementara musim kemarau diketahui berlangsung mulai dari bulan April sampai dengan bulan Oktober. Musim kemarau sendiri biasa ditandai dengan terasanya hembusan dari angin musim timur laut.

Akan tetapi, sekarang musim  kemarau dan hujan tidak dapat di terka lagi kapan datangnya karena, terkadang waktu pergantiannya sulit untuk diperkirakan. Pada saat itu kondisi cuaca di Indonesia sedang terjadi masa peralihan musim yang bisa disebut dengan musim pancaroba. Dampak dari adanya musim pancaroba di Indonesia, itu dapat mempengaruhi  kesehatan manusia dan kondisi sekitarnya.

 Kaitan Letak Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Alam

Gambar Kondisi Alam Indonesia Dengan Berbagai Kekayaan Alam
Gambar Kondisi Alam Indonesia Dengan Berbagai Kekayaan Alam

Dari letak geografis Indonesia yang terletak di garis katulistiwa, setidaknya ada pengaruh terhadap kondisi alam yang ada di Indonesia, beberapa hal diantaranya adalah:

  1. Letak geografis Indonesia itu membuat Negara tersebut meiliki 3 iklim utama yaitu iklim muson (tropis basah), iklim panas (tropis), dan iklim laut.
  2. Jika dilihat dari letak geografisnya Negara Indonesia sangat beruntung karena, dia menjadi jalur perekonomian antar Negara Asia.
  3. Bertiupnya arah angin setiap pertengahan tahun sekali itu dapat memengaruhi perubahan iklim yang terjadi di Negara Indonesia. Kondisi musim di Negara Indonesia pada bulan april sampai bulam oktober akan mengalami musim kering karena, adanya tiupan arah angin dari arah timur laut sehingga menimbulkan musim kemarau.
  4. Di Negara Indonesia juga biasa mengalalami yang namanya Iklim laut. Iklim laut terjadi karena, letak geografis Indonesia banyak dikelilingi oleh lautan dan samudera. Oleh sebab itu,terjadinya  iklim laut menyebabkan Negara Indonesia sering sekali mendapatkan musim penghujan.
  5. Kondisi suhu udara dan iklim tropis panas di Negara Indonesia itu disebabkan karena, Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.
Baca   Prinsip Ekonomi - Pengertian, Tujuan, Ciri – Ciri Lengkap Beserta Contohnya

Selain dari letak geografisnya, jika dilihat secara skala kecil, letak geografis Indonesia berbatasan langsung dengan negara-negara Asia. Adapun batas-batas Negara Indonesia berdasarkan letak geografisnya yaitu antaralain seperti berikut:

  • Utara Negara Indonesia: perbatasan ini berhubungan langsung dengan beberapa perairan seperti Selat Malaka, Samudera Pasifik, Laut China Selatan, serta perairian Malaysia bagian timur.
  • Selatan Negara Indonesia: perbatasan selatan ini berhubungan langsung dengan Benua Australia, Laut Timor Timur, Samudera Hindia dan Laut Arafura.
  • Barat Negara Indonesia: pada perbatasan barat, Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
  • Timur Negara Indonesia: Wilayah timur Indonesia berbatasan dengan dua wilayah darat dan laut yakni dengan Samudera Pasifik dan Irian Jaya.

Letak Geografis Indonesia Dan Kaitannya Dengan Berbagai Aspek

Gambar Peta Menunjukan Wilayah Kedaulatan Indonesia
Gambar Peta Menunjukan Wilayah Kedaulatan Indonesia

1. Letak Astronomis

Letak geografis Indonesia berdasarkan garis astronomisnya berada diantara garis lintang utara 6 derajat dan 11 derajat lintang selatan. Dimana, wilayah yang ditunjukan oleh titik koordinat tersebut adalah Pulau We yang berada di titik 6 derajat LU, Pulau Roti yang berada di titik 11 derajat LS.

Sebagai informasi, daerah paling ujung dari Pulau Sumatera kordinatnya ada pada titik 95 derajat BT, dan Pulau Merauke berada pada kordinat 141 derajat BT.

Dampak yang ditimbulkan oleh posisi astronomis Indonesia tersebut adalah curah hujan yang tinggi dan diberkahi dengan ekosistem hutan hujan tropis yang kaya akan kekayaan alam. Selain itu karena posisinya yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki waktu penyinaran matahari yang cukup lama, membuat udara menjadi lembab.

Selain dari hal diatas, berdasarkan letak astronomisnyanya, Indonesia memiliki 3 waktu yang berbeda berdasarkan posisi pulau dan letaknya. Berikut adalah pembagian waktu di Indonesia:

  • WIB (Waktu Indonesia Barat) : Meliputi wilayah bagian barat Indonesia seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa bagian barat, Pulau Kalimantan bagian Barat dan Tengah, serta beberapa pulau kecil di sekitarnya.
  • WITA (Waktu Indonesia Tengah) : Meliputi wilayah bagian tengah Indonesia seperti Pulau Bali, Pulau Nusa Tengara, Kalimantan bagian Selatan dan Timur, Pulau Sulawesi.
  • WIT (Waktu Indonesia Timur) : Meliputi wilayah Indonesia bagian timur seperti Pulau Maluku, Pulau Papua.

2. Letak Fisiografis

Letak geografis indonesia berdasarkan fisiografisnya yaitu sebuah rangkaian atau kumpulan dari seluruh letak-letak suatu wilayah seperti letak astronomis, letak geografis, dan batas kelautan Indonesia. Berdasarkan letak fisiografis Indonesia mencakup seluruh aspek baik dari segi garis lintang dan garis bujur, posisinya dengan wilayah lain, jenis-jenis batuan yang ada, relief permukaan bumi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan laut.

Berdasarkan letak fisiografisnya Indonesia dikelilingi oleh 3 lautan terbesar. Perairan tersebut antara lain adalah lautan Samudera Pasifik yang ada di bagian timur,  sementara pada lautan bagian Selatan Indonesia berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Kemudian pada bagian Utara Indonesia berhadapan langsung dengan perairan Laut China Selatan. Dampak yang didapatkan  oleh Indonesia dia memiliki banyak keanekaragaman hayati laut yang akan menarik banyak perhatian dunia internasional.

3. Letak Geologis

Latak geografis Indonesia jika ditinjau dari segi geologisnya bahwa Indonesia merupakan wilayah yang didasarkan pada kondisi atau situasi batuannya yang timbul di atas permukaan bumi. Dilihat dari letak geologisnya Indonesia berada diantara 2 sirkum dan 3 lempeng utama dunia.

Sirkum yang dimaksud adalah Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Adapun lempengannya terdiri dari  beberapa Lempeng Australia, Eurasia dan Pasifik. Dikarenakan Indonesia berada diantara 2 Sirkum dan pertemuan lempeng maka hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang rawan gempa dan gunung vulkanik aktif.

Baca   Pengertian Sumber Daya Alam Berserta Jenis, Dampak, Dan Contohnya

Banyaknya gunung api yang masih aktif  itu memberi memberikan pengaruh terhadap kesuburan tanah di Indonesia. Hal ini karena pada gunung api yang meletus, komponen dari erupsi sangat berdampak pada kesuburan tanah. Jadi, meski memilik dampak negatif sebagai bencana, meletusnya gunung api juga membawa sisi positif.

Ternyata letak geografis Indonesia tidak hanya memiliki banyak gunung akan tetapi juga memiliki 2 dangkalan yaitu, Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Hal ini menyebabkan laut yang berada di tengahnya dalam sedangkan laut bagian Timur dan Barat Indonesia dangkal. Kekayaan yang lainnya yang dimiliki Indonesia yaitu kaya akan tambang mineral itu disebabkan karena, dia memiliki laut yang luas.

4. Sosial Budaya

Sosial budaya atau dalam istilah ilmu geografinya yaitu, letak sosiologis. Letak sosiologis merupakan letak yang dilihat berdasarkan keadaan sosial budayanya. Letak sosiologis Indonesia banyak memiliki suku, kebudayaan dan agama.

Berdasarkan dari keanekaragaman tersebut membuat Negara Indonesia menjadi suatu negara yang terbilang unik apabila dibandingkan dengan Negara-negara yang lain. Dimana setiap suku, budaya dan agama yang ada di Indonesia pasti memiliki ciri khas masing-masing.

Namun, dari hal tersebut tidak membuat masyarakat mengalami kesenjangan sosial mereka hidup secara berdampingan dan saling menghormati antar budaya dan ciri khas mereka sehingga mereka hidup damai dan tenang.

Dampak Letak Geografis Indonesia Dalam Berbagai Bidang

Ilustrasi Kebergaman Budaya Di Indonesia Berkat Letak Geografis Indonesia
Ilustrasi Kebergaman Budaya Di Indonesia Berkat Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia tidak hanya memiliki keuntungan saja namun, ada juga dampak atau pengaruh ada untung dan ruginya juga yaitu dalam berbagai bidang. Terdapat banyak sekali hal-hal yang dapat mempengaruhi letak geografis Indonesia.

Seperti iklim, politik, cuaca, pariwisata, ekonomi sampai dengan sosial budaya namun hal tersebut telah kami paparkan diatas. Setelah menyebutkan keuntungan dari letak geografis Indonesia namun ada pula beberapa dampak positif dan negatifnya yang ditimbulkan. Ada beberapa dampak positif dan negatifnya kami sebutkan sebagai berikut:

1. Pembagian Musim di Indonesia

Dampak yang pertama dari letak geografis Indonesia yaitu, pembagian musim di Indonesia seerti yang telah di paparkan di atas bahwa Indonesia memiliki dua musim yaitu, musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini disebabkan karena letak Indonesia yang diapit oleh 2 samudera. Yang kemudian berdampak pada adanya perubahan arah angin.

2. Kondisi Iklim di Indonesia

Disebabkan karena letak geografis Indonesia yang berada antara 2 samudera. Ternyata itu menjadikan Indonesia memiliki 3 iklim. Yang pertama adalam iklim musim, kedua iklim tropis dan yang ketiga adalah iklim laut.

Faktor yang lainnya adalah wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan hal tersebut membuat Negara Indonesia sering terjadi hujan. Ketiga iklim diatas dipengaruhi oleh arah angin yang selalu berubah ubah setiap pertenaghan tahun sekali.

Ditambah lagi letak geografis Indonesia berada pada garis khatulistiwa, ini akan membuat Indonesia akan mengalami cuaca yang sangat panas.

3. Hubungan Politik Indonesia

Dampak yang ditimbulkan dari Letak geografis Indonesia yaitu dapat memberikan pengaruh  terhadap hubungan perpolitikan di Indonesia. Salah satu contohnya, Negara Indonesia dapat tergabung dalam organisasi ASEAN yang terdiri dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Dengan membangun hubungan antara Negara ASEAN, Indonesia tentu mendapat kekuatan politik yang cukup diperhitungkan dalam suatu Negara. Hal ini juga dapat memudahkan akses Indonesia dalam memperkuat kedaulatan Indonesia sebagai negara di dunia.

4. Aspek Sosial Budaya

Dari aspek sosial dan budaya, Negara Indonesia diberkahi dengan begitu banyak budaya asing yang telah masuk dan mempengaruhi pola perkembang sosial budayanya. Seperti contohnya, alat musik yang sudah modern. Kemudian banyak juga film-film, mulai merubah cara berpakaian masyarakatnya, banyaknya tari-tarian dan lain-lain sebagainya.

5. Kondisi Ekonomi Indonesia

Apabila kita amati secara teliti, letak geografis Indonesia atau kondisi geografis suatu Negara akan sangat berpengaruh dalam menentukan kondisi ekonominya. Adapun letak geografis Indonesia itu sangat strategis karena Indonesia dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia.

Baca   Pemanasan Global Adalah..... Pengertian,Ciri, Dampak dan Cara Mencegahnya

Oleh karena itu,  Indonesia bisa dikatakan sebagai jalur utama perdagangan dunia. Dimana hal ini membuat para investor dari negara lain sangat berminat untuk menanamkan modalnya di Indonesia sebagai potensi mencari keuntungan.

6. Bidang Komunikasi

Letak geografis Indonesia dalam bidang komunikasi sangatlah strategis karena, dari adanya interaksi hubungan perdagangan antara Negara lain atau Negara tetangga itu dapat manambah pengasaan bahasa di Negara Indonesia.  Masyarakat Indonesia akan dituntut untuk mampu menguasai bahasa-bahasa internasional seperti, bahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya.

Akan tetapi, karena adanya proses perdagangan dunia antara Negara secara langsung itu membuat Indonesia kaya akan bahasa. Sehingga berdampak pada tersingkirnya budaya lokal yang dulunya menjadi prioritas utama masyarakat Indonesia.

7. Pariwisata Di Indonesia

Perkembangan pariwisata sangat bergantung pada letak geografis Indonesia. Indonesia memiliki iklim yang tropis, dan memiliki posisi yang berdekatan dengan lautan serta di dukung oleh cuaca yang cerah itu membuat Indonesia mengalami perkembang dalam sektor pariwisatanya.

8. Keanekaragaman Alam Di Indonesia

Letak geografis Indonesia dapat mempengaruhi keanekaragaman yang adan di suatu Negara. Negara Indonesia merupakan salat satu Negara yang kaya akan flora dan faunanya memukau banyak Negara apabila dibandingkan dengan Negara lain yang berada dalam lingkup ASEAN atau internasional.

Hal tersebut membuat, mengapa Indonesia menjadi salah satu Negara yang mampu menarik mata para wisatawan dunia internasional untuk datang ke Indonesia.

9. Kekayaan Sumber Daya Tambang

Selain dari faktor letak geografis Indonesia yang terletak di antara 2 benua dan 2 samudera, Indonesia sebenarnya juga berada di lipatan muda. Jika kita melakukan penelitian maka akan ditemukan banyaknya potensi yang dimiliki oleh Negara Indonesia baik dari hasil tambangnya, minyak bumi dan juga hasil gas.

Tidak hanya itu Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, dengan berbagai macam suku, budaya, hingga kekayaan alamnya. Apabila kita menggali lebih dalam infomasi, maka banyak sekali keuntungan yang didapatkan Indonesia baik untuk mensejahterakan  masyarakatnya, bangsa hingga dunia internasional.

Kelemahan Dari Letak Geografis Indonesia

Gambar Gunung Krakatau Meletus Sebagai Dampak Geografis Indonesia
Gambar Gunung Krakatau Meletus Sebagai Dampak Geografis Indonesia

Selain kelebihan, tentu Indonesia juga memiliki kelemahan dilihat dari letak geografisnya, beberapa diantaranya adalah:

  1. Indonesia rentan terhadap kerusakan terhadap lingkungan secara fisik. beberapa contohnya seperti terjadinya lahan kritis dan abrasi, pencemaran air, serta pencemaran udara akibat gunung meletus dan kebakaran hutan.
  2. Dilain sisi, Indonesia juga rentan terhadap kerusakan terhadap lingkungan biotis seperti ilegal logging, penurunan flora dan fauna, sistem pantai, danau, dan sungai.
  3. Adanya kerusakan pada sumber daya alam karena ulah manusia. Hal ini contohnya adalah eksploitasi berlebihan yang dilakukan beberapa pihak dari negara lain. Hal ini disebabkan karena wilayah Indonesia yang berbatasan dengan negara lain. Menyebabkan negara lain bisa mencuri kekayaan Indonesia bila tidak dijaga.
  4. Indonesia juga dihantui oleh bencana alam seperti gempa bumi, longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai, dan gunung meletus. Jumlah gunung vulkanik yang aktif di Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia sendiri.
  5. Rusak dan memudarnya sistem pengembangan kultur seni dan budaya lokal dari berbagai etnik di Indonesia. Hal ini rentan terjadi karena Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara yang menyebabkan pertukaran budaya sangat sering terjadi.

Demikianlah infomasi mengenai letak geografis Indonesia dan hal-hal yang terkait dengan pembahasan tersebut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.

Leave a Comment