4 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Pecinta kuliner Soto dan Mie Kocok tentu sudah akrab sekali dengan jeruk nipis. Dikarenakan jeruk nipis memang kerap digunakan sebagai bahan penambah cita rasa pada kedua masakan tersebut. Selain untuk menambah cita rasa, jeruk nipis juga biasa dipakai untuk menghilangkan bau atau aroma amis pada daging ikan sebelum diolah.

Namun, Anda semua pasti belum mengetahui manfaat jeruk nipis lainnya disamping sebagai penyedap rasa dan penghilang bau amis. Ya, jeruk nipis memang bermanfaat bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi risiko dan menyembuhkan penyakit. Mau tahu manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan tubuh? Mari kita simak pembahasan lengkapnya.

Mengurangi risiko penyakit jantung

penyakit jantung
penyakit jantung

Satu diantara sekian banyak manfaat jeruk nipis yang perlu Anda ketahui adalah mampu menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Khasiat ini tentu saja tidak terlepas dari kandungan senyawa sumber Magnesium dan Kalium. Nah, kedua senyawa inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Disamping Magnesium dan Kalium, sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa jeruk nipis juga mengandung Limonin yang membantu mengontrol gula darah.

Mengobati penyakit peradangan

Ada beberapa jenis penyakit inflamasi atau peradangan yang berpotensi menyerang Anda. Seperti radang sendi (arthritis), asam urat dan serta penyakit sendi lainnya. Sebenarnya, selain melakukan pengobatan medis Anda juga bisa mengkonsumsi air jeruk nipis untuk mengurangi gejalanya. Ya, jeruk nipis memang bisa membantu Anda untuk meredakan penyakit peradangan karena kaya akan vitamin C.

mengobati peradangan
mengobati peradangan

Bahkan sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of The Rheumatic Disease menyatakan dampak buruk asupan vitamin C yang terlalu sedikit bagi kesehatan. Menurut jurnal ini, orang yang mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit akan berisiko tiga kali lebih besar terkena penyakit arthritis. Selain mengobati penyakit peradangan, manfaat jeruk nipis lainnya adalah berkhasiat mengurangi kadar asam urat dengan cara memecahkan makanan berpurin tinggi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

sistem kekebalan tubuh
sistem kekebalan tubuh

Kekebalan sistem imunitas memang sangat penting untuk Anda jaga karena dapat mencegah munculnya berbagai penyakit. Salah satu obat herbal yang dianggap mujarab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah jeruk nipis. Khasiat jeruk nipis tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin C beserta antioksidan yang ada di dalamnya. Manfaat lain yang juga mampu dihadirkan jeruk nipis adalah meningkatkan produksi sel sehat serta membunuh mikroba penyebab penyakit.

Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan tentu sangat membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu, apabila gangguan pencernaan Anda alami, maka segeralah diobati. Solusi untuk mengatasi masalah ini bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi obat herbal. Salah satu obat herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk diminum adalah perasan air jeruk nipis.

Melancarkan pencernakan
Melancarkan pencernakan

Air perasan jeruk nipis memang terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan Anda. Ini dikarenakan jeruk nipis yang bersifat asam akan membantu air liur (saliva) untuk memecahkan makanan. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan kandungan senyawa Flavonoid. Senyawa Flavonoid ini sangat berguna untuk merangsang keluarnya enzim-enzim pencernaan. Jadi, jika Anda mengalami sembelit air jeruk nipis ini cocok untuk diminum agar pencernaan lancar kembali.

Selama ini, jeruk nipis memang populer sebagai bahan penyedap rasa masakan. Tidak hanya digunakan sebagai penyedap rasa, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Namun, disamping kedua kegunaan tersebut ternyata ada manfaat jeruk nipis lainnya yang lebih penting yaitu mencegah dan menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan.

Leave a Comment