5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah buaya memang dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang ampuh untuk menutrisi kulit dan rambut. Bagi kulit, lidah buaya memang sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti jerawat. Sedangkan, manfaat lidah buaya untuk rambut ialah membuat tampilannya menjadi lebih berkilau. Disamping mencerahkan rambut, masih banyak manfaat lain dari lidah buaya untuk kesehatan dan keindahan rambut.

Berfungsi sebagai kondisioner alami

Manfaat lidah buaya untuk rambut
Manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya dinilai bermanfaat bagi rambut karena di dalamnya terkandung senyawa Aloe Vera. Aloe Vera ini mempunyai efek yang dapat memberikan sensasi dingin pada rambut sehingga cocokĀ  sebagai kondisioner alami. Supaya Anda mendapatkan hasil terbaik, maka jus lidah buaya bisa digunakan saat proses pemijatan rambut. Apabila telah selesai, diamkan sejenak dan selanjutnya bilas dengan shampo.

Pelembap alami

Tak hanya berkhasiat sebagai kondisioner alami, lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai pelembap alami. Ketika rambut Anda lembab tentu akan semakin mudah untuk ditata atau dirapikan. Cara penggunaan lidah buaya sebagai pelembap alami dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menjadikan gel atau jus lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut.

Pelembab alami rambut
Pelembab alami rambut

Prosesnya bisa dilakukan dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya ini pada rambut maupun kulit kepala. Ketika sudah selesai dioleskan, maka terlebih dahulu diamkan selama 15 menit. Pada tahap berikutnya, Anda harus membilasnya dengan menggunakan shampo.

Membantu melawan ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang termasuk Anda. Masalah ketombe tentu saja dapat mengganggu penampilan Anda. Selain mengganggu penampilan, ketombe juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal. Pemakaian shampo saja tentu tidak cukup untuk mengatasi masalah ketombe.

Baca   5 Manfaat Susu Beruang Untuk Tubuh
Melawan ketombe
Melawan ketombe

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan gel atau jus lidah buaya dengan mengoleskannya pada rambut atau kulit kepala. Setelah selesai dioleskan, biarkan dahulu selama kurang lebih 40-60 menit agar ketombe hilang. Manfaat lidah buaya ini akan terasa maksimal jika pemakaiannya Anda lakukan secara rutin.

Melawan kerontokan

Terkadang, Anda mungkin menganggap bahwa rambut rontok merupakan fenomena yang wajar. Akan tetapi, jika fenomena rambut rontok sering terjadi maka Anda wajib mewaspadainya. Sebab apabila terus menerus dibiarkan masalah rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan. Anda tentu tidak menginginkan rasa percaya diri menurun karena kebotakan bukan?

Melawan kerontokan
Melawan kerontokan

Dengan demikian, penggunaan gel lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan secara teratur. Sebab di dalam tumbuhan lidah buaya ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang efektif untuk melawan rambut rontok. Cara pemakaiannya pun bisa Anda lakukan dengan mencampur lidah buaya bersama shampo dan dioleskan pada rambut maupun kulit kepala.

Mencegah timbulnya kebotakan

Kebotakan merupakan masalah rambut yang mungkin terjadi pada Anda. Ketika Anda mengalami masalah kebotakan, rasa percaya diri tentu akan menurun. Supaya kemungkinan ini tidak terjadi pada Anda, penggunaan gel atau jus lidah buaya dapat menjadi solusi terbaik. Cara penggunaannya adalah Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada rambut atau kulit kepala. Ketika sudah dioleskan, diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan shampo.

Mengatasi Kebotakan
Mengatasi Kebotakan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan rambut memang sudah dikenal luas oleh banyak orang. Apabila mengacu pada uraian di atas, dapat Anda ketahui bahwa lidah buaya bermanfaat sebagai kondisioner alami hingga mencegah kebotakan. Jadi, bagi Anda yang ingin mempunyai rambut sehat dan alami, maka pemakaian gel atau jus lidah buaya bisa dilakukan secara rutin.

Baca   4 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

 

Leave a Comment