Film Romantis Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Film Romantis Indonesia |  Dari sekian banyak genre film, romantis bisa dikatakan selalu eksis di setiap zaman. Pada tiap periode, meskipun banyak genre-genre yang tengah populer, film romantis tetap memiliki peminatnya sendiri yang tak kalah dari film korea yang ramai belakangan ini.

Ya, film drama romantis di tanah air tak pernah pudar. Dari yang kisahnya ala-ala anak ABG sampai dewasa selalu memiliki tempat tersendiri di hati penonton. Beberapa film Indonesia terbaik bahkan berhasil menjadi yang populer dan selalu dikenang disepanjang zaman.

Ya, jajaran film-film romantis Indonesia ada di setiap zaman. Sebut saja AADC yang sangat melegenda hingga yang terbaru yaitu Dilan. Semuanya memiliki ciri khas sendiri dan berhasil meraih kesuksesan. Namun tentu tak hanya dua judul itu saja, ada banyak film romantis Indonesia lainnya, seperti 20 daftar berikut.

20 Film Romantis Indonesia

1. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

AADC
AADC

Siapa tak kenal film fenomenal yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro ini. Ya, Ada Apa Dengan Cinta atau biasa disingkat AADC adalah film romantis Indonesia terbaik yang menjadi salah satu film terlaris dan terpopuler sepanjang masa perfilman dalam negeri.

Ceritanya sendiri mengisahkan hubungan dua orang anak SMA bernama Cinta dan Rangga. Cinta yang merupakan anggota klub mading, harus mewawancara Rangga yang saat itu memenangkan lomba puisi. Sifat Rangga yang dingin menjadikan Cinta begitu kesal. Namun, dari sanalah hubungan mereka justru menjadi dekat.

“Bukan maksudku tuk berbagai nasib, nasib adalah kesendirian masing-masing”

Kutipan puisi Chairil Anwar itulah yang menjadi salah satu penyebab kedekatan keduanya karena memiliki minat yang sama di bidang sastra.

Film ini unggul karena kisah cinta yang diperkuat dengan kisah persahabatan antara Cinta dan gengnya. Konflik yang ada di dalam hubungan pertemanan itu serta latar belakang keluarga yang juga turut diangkat menjadikan penonton seolah diajak dekat dengan setiap elemen film. Apalagi, karakter semua pemeran di dalam film sangat kuat sehingga emosi penonton turut hadir di setiap scene.

2. Dilan 1990 (2018)

Dilan 1990
Dilan 1990

Diadaptasi dari novel karya Pid Baiq yang sudah lebih dulu menuai sukses, film Dilan 1990 juga berhasil mencuri perhatian pecinta film dalam negeri. Tak tanggung-tanggung, film Romantis Indonesia terbaik ini bahkan mencatat lebih dari 6 juta penonton yang menjadikannya salah satu film lokal terlaris sepanjang masa.

Dilan 1990 memang memiliki cerita percintaan anak SMA khas era 90an. Konsep dan alur cerita yang dekat dengan kehidupan anak sekolah di zaman tersebut, berhasil membangkitkan memori penonton. Apalagi, narasi khas berupa kata-kata puitis yang disampaikan Dilan, seperti

“Aku tidak ingin mengekangmu. Terserah! Bebas ke mana engkau pergi. Asal aku ikut”

menjadikan film yang dibintangi Iqbal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea ini ibarat kisah romansa klasik yang menghanyutkan.

3. Habibie & Ainun (2012)

habibie dan ainun
habibie dan ainun

Terinspirasi dari kisah cinta Presiden Ketiga RI, Bapak BJ. Habibie dan almarhumah Istri beliau, Hasri Ainun Besari, film Habibie & Ainun menjadi film romatis Indonesia terbaik yang berhasil menuai sukses.

Kisah cinta yang ‘dewasa dan matang’, menjadikan cinta Habibie terhadap Ainun dan sebaliknya adalah kisah cinta yang akan membuat iri siapa saja yang mengetahuinya. Kesetiaan keduanya menjaga cinta juga menjadikan cinta mereka dianggap sebagai cinta sejati.

Film garapan Faozan Rizal ini menceritakan bagaimana sosok Habibie yang bersekolah di Jerman, bisa dekat dan menikah dengan Ainun yang sejatinya adalah teman SMP. Film  juga menceritakan bagaimana kehidupan keduanya selepas menikah.

Habibie yang masih harus melanjutkan studi di Jerman, tentu harus juga membawa serta istrinya, Ainun. Sulitnya kehidupan mereka di Jerman ternyata membuat cinta mereka semakin kuat hingga menua bersama.

Baca   45 Foto Rose Blackpink Cute, Cantik, Lucu dari kecil Sampai Dewasa

“Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita”

4. Eiffel.. I’m in Love (2003)

Eiffel i'm in love
Eiffel i’m in love

Bagi pecinta film romantis khas anak muda milenial, film Eiffel.. I’m in Love adalah salah satu yang bisa menjadi pilihan. Mempertemukan duet akting antara Shandy Aulia sebagai Tita dan Samuel Rizal sebagai Adit, film romantis Indonesia terbaik ini berhasil menuai kesuksesan dengan banyaknya jumlah penonton yang menyaksikan.

Eiffel I’m in Love menceritakan kisah Tita dan Adit. Tita yang memiliki karakter manja, ternyata dijodohkan dengan anak teman ayahnya yaitu Adit. Namun, Tita yang sudah memiliki pacar tentu tak menyetujui hal ini. Perbedaan sifat antara Tita dan Adit sehingga sering bertengkar itu pun nampaknya sudah sangat menguatkan bahwa mereka tidak cocok.

Namun waktu ternyata mengubah keadaan, Tita dan Adit justru semakin dekat. Apalagi Tita yang bermasalah dengan pacarnya membuat hubungan mereka semakin menuju arah yang lebih dari teman.

5. Film Romantis Indonesia “Love (2008)”

Film Romantis Indonesia "Love (2008)"
Film Romantis Indonesia “Love (2008)”

Film romantis Indonesia terbaik berikutnya adalah Love. Film yang disutradarai oleh Kabir Bhatia ini terbilang unik dan menghadirkan kisah cinta dari berbagai sudut pandang, karakter, dan latar.

Film mengambil kisah dari 5 pasangan berbeda dengan kisah cinta mereka masing-masing. Pasangan pertama adalah Nugroho dan Lestari yang mengisahkan kisah 2 orang yang sudah lanjut usia namun saling mengagumi satu sama lain.

Pasangan kedua ialah Rama dan Iin yang menjadi dekat karena masalah yang dihadapi Iin dengan pacarnya. Pasangan ketiga yaitu Awin dan Tere yang mengisahkan hubungan tak terduga antara penulis buku dan penjaga toko buku.

Ada juga Kisah Restu dan Dinda serta Gilang dan Miranda sebagai pelengkap lima kisah dalam film ini. Kisah kelimanya berhasil dikemas dengan apik dan tetap nyaman untuk ditonton karena alurnya yang ringan.

6. Arini (2018)

Arini
Arini

Diadaptasi dari novel legendaris berjudul ‘Arini : Masih Ada Kereta yang Akan Lewat’ karya Mira W, yang juga remake dari film berjudul sama, Arini menjadi debut perdana bagi Aura Kasih di dunia perfilman. Film ini sendiri mengisahkan cinta beda usia. Nick, lelaki berusia 23 tahun mencintai sosok Arini yang sudah berusia 38 tahun.

Nick sendiri bagi Arini bukan hanya sosok yang mencintainya, tetapi sudah membawanya kembali ke masa lalu yang mengingatkannya pada sebuah kisah cinta dan kereta. Ya, Arini memiliki masa lalu yang selalu membuatnya sedih. Arini merasa tidak pantas dicintai Nick, tapi Nick terus berusaha mengubah ingatan Arini.

7. I Love You from 38.000 feet (2016)

ILY from 38000 ft
ILY from 38000 ft

Film ILY From 38.000 FT adalah film romantis Indonesia terbaik yang berhasil membuat baper penontonnya terutama para remaja. Film ini memang mengisahkan perjalanan cinta khas anak muda. Sosos gadis remaja kaya yang bersifat riang bernama Aletta, berkesempatan ke Bali. Ia pergi seorang diri dan didalam pesawat ia bertemu pria tampan bernama Arga. Pertemuan itulah yang membuat mereka semakin dekat hingga saling cinta.

Namun tentu akan ada konflik dalam cerita cinta mereka. Arga tiba-tiba menghilang setelah kembalinya mereka ke Jakarta. Tanpa kabar, Arga sama sekali tidak menepati janjinya untuk menemui Aletta di Jakarta. Apa sebenarnya yang terjadi?

8. Surat dari Praha (2016)

Surat dari Praha
Surat dari Praha

Berlatar tahun 1966, film Surat dari Praha mengisahkan kisah cinta tak biasa antara dua orang yang terpisah. Dibintangi oleh Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widawati, dan Rio Dewanto, film ini terbilang cukup unik dalam mengemas kisah cinta.

Laras, terpaksa memenuhi wasiat ibunya untuk mengantarkan sebuah kota dan sebuah surat untuk Jaya yang berada di Praha. Hal ini dilakukan sebagai syarat menebus rumah peninggalan ibunya. Laras sendiri tidak begitu akur dengan ibunya semenjak hubungan kedua orang tuanya berpisah.

Sesampainya di Praha dan menemukan Jaya, Laras akhirnya mengetahui apa sebenarnya hubungan antara ibunya dan Jaya. Laras yang sebelumnya merasa Jaya sebagai penyebab ketidakharmonisan rumah tangga ibunya, justru mendapatkan cerita yang menggugah.

9. London Love Story (2016)

london love story
london love story

London Love Story termasuk film romantis Indonesia terbaik yang terbilang cukup sukses menarik penonton. Dibintangi oleh aktor muda Dimas Anggara dan aktris cantik Michelle Zudith, film mengisahkan hubungan keduanya yang memerankan sosok Dave dan Caramel. Karena suatu hal, cinta mereka harus berakhir. Untuk menghilangkan kesedihannya, Caramel memilih pindah ke London.

Baca   Biodata Seventeen Lengkap dan Terbaru

Dave ternyata juga menuju London untuk studi. Di sana Dave tak sengaja bertemu gadis Indonesia bernama Adelle yang diperankan Adili Fitri yang tengah mencoba mengakhiri hidup. Di sisi lain, Caramel juga tengah didekati pria lain bernama Bima yang diperankan Dion Wiyoko. Tetapi, Caramel nampak belum bisa melupakan masa lalunya.

10. Surat Cinta untuk Starla The Movie (2017)

Surat cinta untuk starla
Surat cinta untuk starla

Berakar dari sebuah lagu fenomenal yang dibawakan oleh Vrigoun, Surat Cinta untuk Starla yang juga sebelumnya dibuat dalam bentuk film pendek akhirnya dijadikan sebuah film.

Film ini menceritakan kisah seorang lelaki bernama Henna yang hidup bebas dan terobsesi pada alam. Pada suatu waktu, Henna bertemu Starla, gadis cantik yang membuatnya jatuh cinta.

Perjalanan cinta mereka nampak begitu bahagia-bahagia saja dengan konflik kecil yang menjadi pemanis. Namun semua berubah ketika Starla mengetahui suatu rahasia yang membuatnya harus menjauhi Henna. Rahasia yang bukan hanya menyakitkan, tetapi seolah tak ada obat yang bisa menyembuhkan.

11. Dear Nathan (2017)

Dear Nathan
Dear Nathan

Kisah kasih di sekolah memang selalu memberi cerita yang menarik. Dear Nathan sebagai salah satu film romantis Indonesia terbaik berhasil menghadirkan kisah tersebut dengan drama yang menguras emosi.

Salma yang diperankan Amanda Rawles dan Nathan yang diperankan Jefri Nichol menjadi tokoh sentral. Mereka berteman setelah Nathan menolong Salma dari hukuman karena datang terlambat.

Namun, Salma mulai menjauh dari Nathan karena ia tahu bahwa Nathan adalah mudrid yang nakal. Hal itu tak membuat Nathan menyingkir, justru ia semakin terang-terangan mengejar cinta Salma. Nathan pun bertekad merubah diri demi Salma, tapi saat yang sama, masa lalu Nathan justru datang sehingga membuatnya bimbang.

12. Ayat-Ayat Cinta (2008)

ayat-ayat-cinta
ayat-ayat-cinta

Ayat-Ayat Cinta patut menjadi jajaran film romantis Indonesia terbaik. Film ini bahkan menuai kesuksesan besar dan menjadi salah satu box office Indonesia. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang sudah lebih dulu sukses sebagai Mega Best Seller.

Alih-alih mengangkat kisah cinta bak roman picisan, Ayat-Ayat Cinta justru menghadirkan kisah cinta dengan balutan agama yang kental. Fahri yang diperankan Fedi Nuril, adalah pria tampan yang berkuliah di Cairo University.

Sebagai mahasiswa senior yang sudah cukup berumur, ia dilema akan urusan cintanya. Padahal, banyak gadis yang mengejarnya termasuk Maria, tetangga flatnya. Namun takdir menyatakan lain, Fahri justru bertemu Aisha dan berakhir pada pernikahan.

Dari pernikahan itulah konflik hadir. Fahri justru difitnah oleh Nauro atas tuduhan pemerkosaan padahal Fahri-lah yang menolongnya. Hal itu tentu membuat pernikahan mereka menjadi tak baik. Fahri terpaksa dipenjara untuk diadili, sementara Aisha berusaha untuk mencari bantuan dan saksi kunci.

13. Film Romantis Indonesia Terbaik “Heart (2006)”

Heart
Heart

Kisah persahabatan antara Rachel yang diperankan Nirina Zubir dan Farrel yang diperankan Irwansyah menjadi cerita yang diangkat dari film romantis Indonesia terbaik satu ini. Berjudul Heart, konflik film hadir lantaran Farrel mencintai Luna, gadis yang memiliki penyakit dan membutuhkan donor hati. Di sisi lain, Rachel sebenarnya juga sudah lama menaruh hati pada Farrel namun tak pernah berani mengungkapkannya.

14. Hujan Bulan Juni (2017)

Hujan Bulan Juni
Hujan Bulan Juni

Diadaptasi dari novel legendari berjudul sama karyawa Sapardi Joko Damono, film Hujan Bulan Juni mengangkat kisah cinta klasik. Film romantis Indonesia terbaik ini bercerita bagaimana cinta yang penuh rasa malu khas percintaan masa lawas antara Pingkan yang diperankan Velove Vexia dan Sarwono yang diperankan oleh Adipati Dolken.

Dalam ceritanya, Pingkan yang merupakan dosen Sastra Jepang, mendapat kesempatan belajar di Jepang selama 2 tahun. Kondisi itu membuat Sarwono yang sudah menjadi kekasih Pingkan menjadi tak tenang karena harus menjalani cinta jarak jauh. Kisah mereka juga dilatari perbedaan budaya yang menjadi kendala tersendiri.

15. Critical Eleven (2017)

Critical Eleven
Critical Eleven

Diangkat dari novel karya Ika Natassa, Critical Eleven menjadi salah satu film romantis Indonesia terbaik karena menghadirkan kisah cinta yang sarat pesan moral kehidupan rumah tangga. Mengisahkan cerita Anya dan Ale, dua orang yang pertama bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney. Sejak itu, keduanya menjalin hubungan hingga pada akhirnya menikah.

Namun konflik hadir ditengah kondisi Anya yang tengah hamil. Mereka yang sudah pindah ke New York, justru menemui banyak masalah rumah tangga. Kondisi semakin parah ketika seseorang dimasa lalu Anya hadir dan masih menginginkan Anya. Bagaimana mereka bisa menghadapi kondisi percintaan khas masyarakat urban ini?

Baca   Film Zombie Terbaik yang Menegangkan

16. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Surga yang tak dirindukan
Surga yang tak dirindukan

Kisah cinta Arini yang diperankan Laudya Cynthia Bella dan Pras yang diperankan Fedi Nuril awalnya biasa saja. Mereka menjalin hubungan lalu menikah dan hidup bahagia. Namun konflik mulai hadir ketika Pras menolong Mei Rose yang diperankan aktris cantik Raline Shah. Mei yang berniat bunuh diri karena dikhianati calon suaminya ketika ia tengah hami 7 bulan, justru membuat Pras terjebak dalam kondisi sulit.

Mei meminta Pras menikahinya untuk menolong hidupnya. Dalam kondisi sulit, Pras menyetujui hal tersebut. Keputusan yang disembunyikan Pras untuk sementara waktu ini akhirnya diketahui Arini. Kondisi yang membuat Arini patah hati itu menjadi dilema yang akan dirasakan penonton. Bagaimana mereka bisa menyelesaikan kondisi pelik ini?

17. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Novel klasik karya Buya Hamka berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck diangkat menjadi kisah layar lebar oleh produser Sunil Soraya. Kisah cinta lawas tersebut dikemas dengan sangat baik dan menjadikan film romantis Indonesia terbaik ini berhasil menuai kesuksesan.

Film ini menceritakan kisah cinta tragis antara Zainuddin yang diperankan Herjunot Ali dengan Hayati yang diperankan oleh Pevita Pearce. Keduanya menjalin cinta diam-diam lumrahnya cinta remaja masa itu. Namun sayangnya keluarga Hayati yang keturunan bangsawan tidak bisa menerima hubungan mereka. Hayati justru dijodohkan dengan Aziz yang diperankan Reza Rahadian.

Zainuddin yang patah hari, memilih untuk pergi ke Jawa. Di tanah rantau itulah ia menemui kesuksesan sebagai penulis. Di sisi lain, Hayati justru hidup dalam kesengsaraan meskipun berkecukupan. Tanpa diduga, mereka kembali bertemu di Jawa dan melahirkan kisah baru yang tak terduga dan penuh dilema.

18. Teman Tapi Menikah (2018)

Teman Tapi Menikah
Teman Tapi Menikah

Kisah nyata hubungan antara artis Ayudia Bing Slamet dan Ditto menjadi inspirasi dari cerita film romantis Indonesia terbaik ini. Ayudia dan Dito memang dikenal sebagai pasangan yang sebelumnya hanya sebagai teman. Mereka sudah berteman dekat sejak SMP. Dalam pertemanan itu, Dito sudah memendam rasa pada Ayu.

Namun sayang, mereka harus terpisah ketika kuliah. Ayu berkuliah di Jakarta dan Dito kuliah di Bandung. Berbagai gejolak hidup dalam hubungan mereka menjadi kisah yang menarik sebelum akhirnya mereka menikah.

19. Janji Joni (2005)

Janji Joni
Janji Joni

Film Janji Joni memiliki kisah romantis yang menarik dan tak biasa. Diperankan oleh Nicholas Saputra sebagai Joni, film mengangkat kisah Joni sebagai seorang pengantar roll film yang setiap harinya harus berpindah-pindah bioskop demi mengantarkan roll film. Ia selalu berkomitmen tepat waktu dalam menjalankan tugasnya. Hingga pada suatu hari ia bertemu wanita idaman yang mencuri perhatiannya. Joni menanyakan namanya, namun sang wanita hanya akan memberi tahu jika Joni dapat mengantar roll film tepat waktu hingga film yang ditonton tidak putus ditengah jalan. Joni pun menerima janji itu.

Tetapi  berbagai hambatan justru ditemui Joni. Mulai dari motornya dicuri, membantu persalinan, hingga menolong wanita yang dijambret yang ternyata justru membawa kabur roll filmnya. Dalam upaya menemukan roll film itulah berbagai keseruan terjadi. Berhasilkan Joni memenuhi Janji pada wanita idamannya?

20. Film Romantis “Refrain (2013)”

film romantis indonesia Refrain (2013)
film romantis indonesia Refrain (2013) 

Refran juga menjadi salah satu Film romantis Indonesia terbaik. Film yang diperankan oleh Afgan sebagai Nata dan Maudy Ayunda sebagai Niki ini mengangkat kisah cinta khas anak SMA dengan karakternya sendiri. Nata dan Niki adalah sahabat dekat sejak kecil. Mereka tinggal bersebelahan dan bersekolah di tempat yang sama. Keduanya memiliki sifat yang berbeda, Nata yang kalem sedangkan Niki lebih ceria.

Cerita mulai menuju inti kisah ketika di sekolah mereka kedatangan murid baru bernama Annalise yang diperankan Chelsea Islan. Annalise yang merupakan anak seorang tokoh idola Niki, menjadikan hubungan mereka dekat. Di sisi lain, Annalise ternyata menyukai Nata. Dari sanalah, konflik mulai hadir mengisi kehidupan persahabatan mereka yang juga diselimuti cinta tak terucap.

Leave a Comment