Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Bagi pecinta film yang menegangkan dan penuh aksi heroik, tentu genre perang menjadi tontonan favorit. Film perang terbaik memang banyak yang menghadirkan keseruan aksi para pemainnya dan suasana yang tak kalah epik. Lebih dari itu, kisah yang menjadi latar cerita juga menjadi pendukung kesuksesan film karena penonton bisa diajak merasakan emosi film.

Setiap tahunnya ada banyak film genre perang yang diproduksi. Film-film hollywood terbilang cukup banyak menghasilkan film perang terbaik. Namun tak bisa dipungkiri juga, beberapa produksi dari Eropa dan Asia berhasil menjadi yang melegenda.

Dari sekian banyak film perang terbaik, berikut 20 diantaranya. Beberapa film adalah film lawas yang masih populer. Bahkan di stasiun Tv masih suka memutarkannya kembali yang menunjukkan bahwa film tersebut masih banyak peminatnya.

Film Perang Terbaik

1. The Pianist (2002)

The Pianist
The Pianist

Pianist adalah salah satu film perang terbaik yang berhasil menyabet beberapa penghargaan seperti Academy of Motion Picture Arts and Sciense 2003 dan Cannes Film Festival 2002. Film yang disutradarai oleh Roman Polanski ini, mendapuk Adrien Bordy sebagai bintang utamanya yang berperan sebagai Wladyslaw Szpilman.

Film bersetting masa invasi Nazi ke Polandia tahun 1940an. Szpilman, seorang Yahudi Polandia yang bekerja sebagai seorang pianis, harus bertahan untuk bersembunyi dari serangan Nazi setelah Inggris dan Perancis resmi menyatakan perang terhadap Jerman.

Ia bersembunyi di rumah bersama keluarga sembari menunggu banuan. Namun, bantuan tak juga datang. Mereka yang beragama Yahudi juga semakin tertekan dan dihentikan dari pekerjaannya. Mereka juga harus menggunakan tanda khusus beruba ban lengan Bintang Daud.

Pada akhirnya, kondisi perang semakin buruk. Szpilman dan keluarga dipaksa meninggalkan rumah dan dipindah ke tempat terpencil dengan dalih menghindari perang. Namun ternyata, itu meruoakan sweeping tentara Nazi kepada Yahudi.

Di saat itulah, Szpilman berhasil memisahkan diri dan diselamatkan seorang teman. Dalam upaya penyelamatan diri itu, ia justru harus hidup sendiri dengan kondisi kota yang sudah hancur.

2. Film Perang Terbaik “Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan (1998)
Saving Private Ryan (1998)

Berlatar perang Amerika saat invasi Normandia pada Perang Dunia II tun 1944, film yang disutradarai oleh Steben Spielberg ini pantas menjadi salah satu film perang terbaik. Selain latar cerita yang kuat, aksi Tom Hanks sebagai pemeran utama juga berhasil menarik perhatian.

Film mengisahkan petualangan Kapten John H Miller yang diperankan oleh Tom Hanks yang berusaha menyelamatkan seorang prajurit bernama Ryan di perbatasan milik Jerman di Pantai Omaha, Normandia.

Hal tersebut dilakukan karena 3 prajurit lainnya sudah terbunuh, maka Ryan harus diselamatkan segera dan kembali ke Amerika Serikat. Miller yang mendapat tugas, segera melakukan misi dengan membawa 6 pasukannya serta seorang penerjemah bahasa.

Namun tantangannya adalah karena mereka tidak tahu dimana Ryan berada sehingga misi penyelamatan semakin sulit ditengah perang yang siap mengancam.

3. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)
Dunkirk (2017)

Film perang terbaik berikutnya adalah Dunkirk yang rilis tahun 2017. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini berhasil menuai sukses dan banyak pujian karena cerita dan sinematografi yang baik.

Apalagi film ini menjadi film kolaborasi tiga aktor kenamaan Tom Hardy, Cillian Murphy, dan Michael Caine setelah sebelumnya mereka beradu peran di The Dark Knight Rises dan Inception.

Dunkirk menceritakan upaya penyelamatan 400ribu tentara Inggris dan Perancis saat Perang Dunia II di Dunkirk, Perancis. Menariknya, film mengambil dari tiga sudut pandang yaitu darat, laut, dan udara.

Masing-masing sudut pandang memiliki jangka waktu yang berbeda satu dan lainnya yaitu 1 minggu untuk darat, i hari untuk laut, dan 1 jam untuk udara. Melalui 3 sudut pandang inilah, penonton diajak merasakan suasana mencekam dalam pertempuran dan peperangan.

Baca   Biodata EXO Lengkap dan Terbaru

“Smart Leaders Understand The Value of Partnership”

4. Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds (2009)
Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds yang rilis tahun 2009 ini merupakan film perang terbaik yang menceritakan perang Amerika Serikat dan Jerman pada masa Nazi.

Disutradarai oleh Quentin Tarantiono, film dibintangi oleh aktor-aktor kenamaan seperti Brad Pitt, Vhristopher Waltz, dan Michael Fassbender. Film ini sendiri awalnya ditayangkan perdana pada Festial Film Cannes dan berhasil menuai banyak pujian.

Menggunakan dialog dalam 3 bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, film akan mengajak penonton merasakan perang pada masa pendudukan Nazi di Prancis di Perang Dunia II.

Melihat kondisi tersebut, sekelompok pemuda yang dikenal dengan the basterds, memiliki tigas menumpas pasukan Nazi dan membunuh Hitler. Mereka merekrut orang-orang Yahudi dan penghianat Jerman untuk memusnahkan Nazi.

Di sisi lain, film ini juga menceritakan misteri kematian Hitler. Ia mati di tangan seorang wanita bernama Shosana Dreyfus pemilik bioskop di Paris yang membakarnya bersama dengan para perwira Nazi lain.

5. Pearl Harbor (2001)

Pearl Harbor (2001)
Pearl Harbor (2001)

Film perang terbaik berjudul Pearl Harbor ini sebagaimana judulnya memang mengambil latar kejadian penting Perang Dunia II. Disutradarai oleh Michael Bay dan dibintangi oleh Ben Affleck, Josh Hartnett, Alec Baldwin, Jon Voight, Kate Becksinale, Jennife Garner, dan bintang kenamaan lain.

Pearl Harbor menceritakan tentang Rafe McCawley yang merupakan sahabat Danny Walker. Ia memiliki kekasih seorang suster di akademi militer yaitu Evelyn Johsnon. Namun, Rafe yang terpilih untuk perang melawan Jerman, harus meninggalkan teman dan kekasihnya itu.

Suatu hari, Evelyn dan Danny mendengar berita bahwa pesawat Rafe jatuh tertembak. Kondisi tersebut tentu membuat mereka terpukul namun seiring waktu, keduanya justru menjadi dekat dan menjalin cinta hingga Evelyn hamil.

Kenyataan ternyata berbeda, Rafe selamat dan kembali. Melihat keadaan yang terjadi, Rafe tentu marah kepada Danny hingga tanpa disadari mereka terjebak di dalam peperangan ketika Jepang tengah menggempur Pearl Harbor.

6. Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down (2001)
Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down yang rilis tahun 2001 ini merupakan film perang terbaik yang menceritakan tentang rencana Amerika untuk menggempur Kota Mogadishu di Somalia. Tujuan perang tersebut adalah untuk menangkap pimpinan pejuang klan Habr gidr yaitu Muhammad Farah Aibid.

Pasukan Amerika melakukan penggempuran terencana dengan persiapan matang dari pasukan terbaiknya. Namun ternyata Farah Aibid justru sudah menyiapkan strateginya sendiri. Alhasil, beberapa helikopter Amerika berhasil tertembak misil.

Serangan yang sulit tertembus itu menjadi alur cerita yang menarik apalagi dipadu dengan drama kehidupan dari prajurit yang ada menjadikan emosi penonton lebih terbangun.

7. We Were Soldiers (2002)

We Were Soldiers (2002)
We Were Soldiers (2002)

Film perang terbaik berikutnya adalah We Were Soldiers. Rilis tahun 2002, film ini disutradarai oleh Randall Wallace dan dibintagi Mel Gibson sebagai pemeran utama. Film ini sendiri diangkat dari buku berjudul We Were Soldiers Once.. And Young yang berhasil meraih The New York Times Best Seller.

Film menceritakan tentang bagaimana suasana di perang Vietnam. Setelah terjadinya perang Indochina, Amerika Serikat memutuskan untuk terlibat dalam perang Viernam. Seoeang parjurit Angkatan Darat, Hal Moore yang diperankan Mel Gibson terpilih untuk melatih dan memimpin batalion.

Sesampainya di Vietnam, dia mendapati bahwa pangkalan Amerika telah diserang. Hal Moore mendapat perintah untuk memimpin 400 prajurit dalam pengejaran musuh. Dalam ketidakpastian, pasukan harus menuju Lembah La Drang. Disanalah mereka menghadapi pertempuran dahsyat.

“Mereka yang telah melihat perang tak akan berhenti melihatnya. Pada malam hari, kami masih mendengar teriakan.”

8. Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven (2005)
Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven menjadi salah satu film perang yang cukup menarik untuk ditonton. Termasuk film perang imaginasi, Kingdom of Heaven bercerita sosok Balian of Ibelin di masa Perang Salib abad ke 12.

Sosok Balian merupakan seorang pandai besi dari sebuah desa di Perancis. Ia pergi ke Yerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan. Namun keadaan justru membuatnya ikut berperan dalam perang melawan pemimpin besar Islam, Saladin dan pasukannya.

Meskipun terdapat beberapa kecaman, fillm ini nyatanya menuai sukses dan bisa termasuk film perang terbaik. Aksi-aksi seru di dalam film didukung akting apik dari pemeran yang terlibat seperti Orlando Bloom, Eva Green, Liam Neeson, Edward Norton, Jeremy Irons, dan Marton Csokas.

Baca   Yuk Intip 50 Foto Suga BTS yang bisa membuatmu terkagum-kagum!

9. Battle for Haditha (2007)

Battle for Haditha (2007)
Battle for Haditha (2007)

Pertama rilis tahun 2007 di Inggris, Battle for Haditha adalah film perang terbaik yang menghadirkan alur cerita yang menarik. Film menceritakan tentang pembunuhan massal yang dilakukan marinir Amerika tahun 2005 di Haditha, sebuah kota di Iraq. Puluhan wanita, anak, dan warga sipil terbunuh dalam insiden membabibuta tersebut.

Film ini menghadirkan ketegangan tersendiri lantaran suasana alami yang dihadirkan. Bagaimana warga sipil harus ketakutan dengan banyaknya bom yang mengepung mereka namun tak bisa berbuat banyak akan menjadi aksi yang menegangkan.

10. Taxi to Dark Side (2007)

Taxi to Dark Side
Taxi to Dark Side

Film perang terbaik berbentuk dokumenter ini dibuat oleh sutradara Alex Gibney. Film menceritakan keganjilan perilaku yang dilakukan tentara di Irak dan Afganistan serta Guantanamo dengan cara mereka menyiksa para tawanan perang. Pelanggaran HAM yang menjadi rahasia umum di Guantanamo diangkat dalam alur cerita film.

Film sendiri diawali dari kisah seorang sopir taksi yang tak sengaja mengantarkan para teroris. Ia terpaksa didakwa sebagai teroris juga dan dibawa ke penjara militer Afganistan.

Konflik muncul ketika para tentara yang bertugas mulai menemukan keanehan dengan banyaknya tawanan yang mati. Mereka mulai menemukan berbagai bentuk penyiksaan tentara Amerika yang tidak pantas.

13. American Sniper (2014)

American Sniper (2014)
American Sniper (2014)

American Sniper merupakan film perang terbaik yang dirilis tahun 2014. Film ini merupakan biografi dari sosok prajurit US Navy Seal, bernama Chris Kyle yang juga dikenal sebagai penembak ulung. Ia terkenal karena memiliki keahlian menembak luar biasa hingga dijuluki ‘The Devil’ oleh pasukan Irak.

Dalam film perang terbaik ini, dikisahkan Kyle tengah melakukan pengintaian terhadap seorang pria yang diduga teroris. Kondisi tidak nyaman juga dihadapi Kyle ketika harus melakukan penembakan terhadap seorang anak.

Sisi-sisi kehidupan Kyle inilah yang menjadikan film ini tidak hanya soal perang tetapi drama kehidupan yang dimiliki oleh siapa saja.

“If you think that this war isn’t changing you, you’re wrong. You can only circle the flames so long”

12. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge (2016)
Hacksaw Ridge (2016)

Film perang terbaik selanjutnya adalah Hacksaw Ridge yang rilis tahun 2016 lalu. Film Hacksaw Ridge mengangkat cerita klasik tentang seorang pahlawan perang di Amerika yang diperankan aktor kenamaan Mel Gibson. Kisahnya sendiri cukup unik karena sang tentara justru sudah tak ingin lagi turut dalam perang.

Film ini kabarnya diangkat dari kisah nyata sosok Desmond Doss di masa Perang Dunia II. Ia memang menolak secara terang-terangan untuk angkat senjata termasuk menolak bekerja di hari Sabtu.

Aksi nyelenehnya inilah yang membuatnya dianggap pembangkang dan terancam hukuman penjara. Setelah banyak pergulatan, akhirnya Desmond Doss dipindahkan ke divisi paramedis. Disanalah karirnya yang dianggap sebelah mata justru berhasil menyelamatkan banyak nyawa.

13. Jarhead (2005)

Jarhead (2005)
Jarhead (2005)

Jarhead merupakan film perang terbaik yang mengangkat biografi tentara Amerika yaitu Anthony Swofford. Ia ditugaskan dalam misi Perang Teluk ke Timur Tengah. Disanalah, cerita dan aksi heroik menjadi suguhan menarik untuk ditonton. Selain itu, keunikan dari film ini adalah karena mengisahkan sisi lain dari tentara perang.

Anthony dan temannya Troy telah menjalani peltihan khusus sebagai unit penembak. Namun dalam misinya di Timur Tengah, mereka justru menghadapi kehidupan yang berbeda. Mereka hanya menjaga ladang minyak milik keluarha Saudi.

Dramatisasi juga terjadi diantara pasukan yang melewati hari hanya dengan melakukan latihan militer, menonton tv, bermain bola, hingga keisengan lain. Sejak itu, mereka sebenarnya tidak menghadapi musuh layaknya perang tetapi menghadapi musuh diri mereka sendiri karena frustasi.

14. Flags of Our Fathers (2006)

Flags of Our Fathers (2006)
Flags of Our Fathers (2006)

Flags of Our Fathers merupakan film perang terbaik yang diangkat dari buku berjudul sama karya James Bradley dan Ron Powers. Film menceritakan pertempuran Iwo Jima tahun 1945. Kisah pertempuran dan tentara yang terlibat dalam pengibaran bendera di Iwo Jima hingga efeknya pada kehidupan mereka diceritakan dengan baik dalam film ini.

15. Enemy at the Gates (2001)

Enemy at the Gates (2001)
Enemy at the Gates (2001)

Digarap oleh sutradara Jean Jacques Annaud, film Enemy at The Gates merupakan film perang terbaik yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya William Craig.

Baca   Biodata ITZY Terlengkap dan Terbaru

Film yang rilis tahun 2001 ini menceritakan kejadian dan peristiwa selama Perang Dunia II terutama di kehidupan penembak jitu Vasily Zaitsev dari Uni Soview melawan Mayor Heinz Thorvald dari Jerman.

Film Enemy at the Gates menggambarkan peran propaganda di kedua kubu dalam perang. Berbagai upaya memperalat peperangan penembak jitu juga diceritakan dengan apik sehingga nyaman untuk ditonton. Meskipun sukses, namun film ini juga menuai kritik karena dianggap kurang akurat secara sejarah.

16. Red Cliff (2008)

Red Cliff (2008)
Red Cliff (2008)

Selain perfilman Barat, film perang terbaik juga hadir dari Asia. Salah satunya adalah film berjudul Red Cliff yang rilis tahun 2008 ini. Film karya John Woo dianggap sebagai salah satu mahakarya John Woo karena menuai sukses setelah sebelumnya lebih banyak membuat film action. Bahkan film ini dianggap sebagai film Asia termahal sepanjang sejarah.

Red Cliff menceritakan peristiwa Jurang Merah di masa Dinasi Han. Cao Cao yang diperanan Zhang Fengyi berambisi melakukan ekspansi ke daerah Wu. Dalam usahanya itu, pihak Liu Bei dan Sun Quan bersama Zhou Yu tidak mau diam saja sehingga terjadilah perang besar.

17. The Last Samurai (2003)

The Last Samurai (2003)
The Last Samurai (2003)

Meskipun mengambil tema Samurai, film perang terbaik ini merupakan produksi Amerika karya sutradara Edward Zwick.  Didukung dengan aksi aktor kenamaan Tom Cruise, film ini juga memiliki cerita yang menarik dan tak akan membosankan.

Selain itu, bintang-bintang lain juga mengambil peran seperti Timothy Spall, Ken Watanabe, Billy Connolly, Tony Goldwyn, Hiroyuki Sanada, Koyuki, dan Shin Koyamada.

Film ini sendiri menceritakan veteran perang saudara, Kapten Nathan Algren yang melatih pasukan kaisar untuk memakai senjata modern dalam usaha mereka menghadapai The last samurai. Tapi semangat Algren goyah ketika dia ditangkap oleh samurai dan mendapat pembelajaran akan tradisi kehormatan samurai Jepang.

18. Letters from Iwo Jima (2006)

Letters from Iwo Jima (2006)
Letters from Iwo Jima (2006)

Film berjudul Letters from Iwo Jima ini merupakan film perang terbaik berlatar sejarah. Disutradarai oleh Clint Eastwood, film sendiri diangkat dari buku bergambar dengan judul Picture Letters from Commander in Chief karya Tadamichi Kuribayashi.

Film perdana tayang di Jepang pada 9 Desember 2006 dan pada 20 Desember 2006, tayang di Amerika Serikat.

Film fiktif ini berlatar perang antara Jepang dan Amerika Serikat. Film sendiri mengambil sudut pandang dari tentara Jepang dengan alur cerita yang menarik. Cerita berlangsung pada tahun 1944 sampai 1945 ketika angkatan perang Jepang terdesak karena Amerika mulai menguasai pulau-pulau di Pasifik.

Pulau Iwo Jiwa sendiri menjadi pulau yang dipertahankan meskipu tak ada kekayaan alam di pulau tersebut. Pulau itu dipertahankan Jepang karena jika jatuh ke Amerika maka seluruh Jepang akan mudah dijangkau oleh pesawat pembom Amerika.

19. Hamburger Hill (1987)

Hamburger Hill (1987)
Hamburger Hill (1987)

Film lawas berjudul Hamburger Hill ini terbilang film perang terbaik dan legendaris. Film menceritakan tentang serangan angkatan perang Amerika kepada angkatan darat Vietnam Utara.

Salah satu pertempuran yang melibatkan angkatan Amerika yang diberi nama 101st Airbone adalah Battle of Dong Ap Bia yang dikenal dengan nama Hamburger Hill.

Pertempuran terjadi pada Mei 1969 dimana 101 airbone mengirimkan empat batalyon. Pertempuran berlangsung sengit dan menjadi serangan skala besar terakhir pasukan Amerika dalam perang Vietnam.

20. Braveheart (1985)

Braveheart (1985)
Braveheart (1985)

Braveheart layak masuk dalam jajaran film perang terbaik yang legendaris. Film rilisan tahun 1985 ini menghadirkan scene peperangan yang sangat nyata dengan banyaknya serangan kontak fisik sehingga terlihat cukup sadis.

Berlatar abad ke 13, film ini banyak menghadrikan sadisnya penjajah Inggris yang sering melakukan kekerasan senjata dan hukuman pancung.

Inti film sendiri mengisahkan kehidupan seorang pahlawan kemerdekaan Skotlandia yaitu Sir William Wallace yang diperankan aktor kenamaan Mel Gibson. Kisah hidupnya diceritakan sejak anak-anak hingga ia wafat di tiang pancung.

Baca juga artikel tentang film romantis dan zombie terbaik lainnya

Leave a Comment