Daftar Film Korea Terbaik yang Paling Populer

Film Korea Terbaik | Tak berlebihan jika dikatakan bahwa perkembangan industri perfilman di Korea termasuk yang paling pesat di dunia. Pecinta film buatan Negeri Ginseng itu pun tersebar hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

Setiap tahunnya, selalu ada film-film box office yang berhasil mencuri perhatian. Ditambah lagi dengan ragam genre yang disajikan, peminatnya pun menjadi lebih luas.

Dari banyaknya judul film Korea terbaik, berikut 20 diantaranya yang terbilang paling populer. Tak sedikit juga merupakan produksi yang sudah cukup lama namun pasti masih sangat diingat oleh penggemar film Korea. Kalau kamu, suka yang mana?

Film Korea Terbaik

1. A Moment to Remember (2004)

A Moment to Remember
A Moment to Remember

Film Korea Terbaik yang berhasil membuat emosi penontonnya teraduk-aduk salah satunya adalah A Moment to Remember. Film yang diproduksi tahun 2004 silam ini, menganggkat kisah cinta dari dua orang yang berbeda latar belakang. Namun, ini tidak seperti kisah cinta biasa karena ada perjuangan, kesabaran, dan keikhlasan yang tak biasa di dalamnya.

Cerita diawali dari kesalahpahaman Su Jin yang diperankan oleh Son Ye-Jin bertemu dengan seorang pria bernama Chul Soo yang diperankan oleh Jung Woo-sung di sebuah minimarket. Su Jin mengira minuman yang diminum Chul Soo adalah minumannya, padahal Su Jin lah yang salah. Dari sana, pertemuan itu berlanjut hingga singkat cerita mereka berpacaran dan menikah.

Awal yang terlihat terlalu drama memang, tetapi ketika sampai di puncak cerita dimana cinta mereka diuji, maka emosi penonton akan mulai bermain. Su Jin ternyata menderita Alzheimer yang membuat ingatannya sedikit demi sedikit akan menghilang. Tentu hal tersebut bukan hal yang mudah bagi Su Jin ataupun Chul Soo karena cinta yang begitu besar diantara mereka, mau tak mau akan hilang seiring hilangnya ingatan Su Jin.

“Aku mungkin melupakanmu, tapi aku tak bisa mengusirmu dari diriku”

Perkataan Su Jin itu nyatanya membuat Chul Soo semakin gigih meyakinkan dirinya dan Su jin untuk terus bersama.

2. 200 Pounds of Beauty (2006)

200 Punds Beauty
200 Punds Beauty

Bagaimana keresahan banyak wanita terkait penampilan fisiknya tergambar jelas dalam film Korea terbaik produksi tahun 2006 ini. Dengan judul ‘200 Pounds of Beauty’ akan mengajak penonton mengikuti perjuangan Hanna, seorang penyanyi bayangan yang bertubuh gemuk untuk mengejar mimpinya agar bisa bertubuh langsing dan tampil sebagai penyanyi di depan layar. Motivasi besar lain yang dimilikinya untuk bisa mengubah penampilan adalah bos-nya sendiri. Ya, Hanna jatuh hati pada bos-nya sendiri yaitu Sang-jun namun tak punya keberanian untuk menyampaikannya.

Usaha Hanna untuk tampil menjadi pribadi baru ia lakukan dengan cara operasi plastik. Ia harus berkali-kali operasi hingga akhirnya tampil sebagai sosok baru yang ia namai sebagai Jenny. Sosok Jenny berhasil mencapai cita-cita yang selama ini Hanna idamkan, menjadi penyanyi dan dekat dengan Sang-jun. Tapi sayang, pilihannya ini membuatnya harus dipenuhi dengan kepura-puraan yang pada akhirnya membuatnya tidak tenang.

Seperti apa yang disampaikan pada film ini,

“ Hanya Tuhan yang mampu melakukan segalanya, kita manusia hanya memiliki kemampuan yang terbatas”

Begitulah kehidupan kita. Apa yang baik menurut kita, belum tentu tepat bagi kehidupan kita sendiri.

3. Miracle In Cell No.7 (2013)

Miracle in cell no 7
Miracle in cell no 7

Meskipun bergenre drama komedia, film Korea terbaik berjudul ‘Miracle in Cell No.7’ ini berhasil menguras air mata banyak penontonnya. Dirilis tahun 2013 silam, film yang disutradarai oleh Lee Hwan-Kyung ini menceritakan bagaimana besarnya cinta antara ayah dan anak perempuan.

Konflik dalam film ini bermula ketika Lee Yong Goo yang diperankan oleh Ryoo Seung Rong mengalami tuduhan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak kecil yang sesungguhnya tidak ia lakukan. Namun, sedikit keterbelakangan mental yang dimilikinya membuatnya sulit membela diri dan kepercayaan orangpun menjadi kurang. Hingga akhirnya ia masuk penjara di sel nomor 7.

Kondisi semakin sulit karena Yong Goo memiliki anak perempuan berusia sekitar 7 tahun bernama Ye Sung yang diasuhnya sendiri. Beruntung, karena kebaikan Yong Goo selama di penjara membuat teman-temannya berusaha untuk mempertemukan Yong Goo dengan anaknya.

Film ini sangat mengharukan bukan karena drama yang terlalu dibuat-buat namun justru karena kepolosan yang dihadirkan dari tokoh-tokoh yang ada. Bagaimana kedekatan antara ayah dan anak juga akan mengingatkan penonton bahwa tak ada yang lebih berharga dari keluarga.

Baca   20 Film Animasi Terbaik dengan Visual yang Mengagumkan (Wajib Tonton)

4. A Taxi Driver (2017)

A taxi driver
A taxi driver

Bearakar dari kisah nyata tahun 1980an, film Korea terbaik bertajuk A Taxi Driver yang dirilis tahun 2017 ini bertokoh utama seorang sopir taksi bernama Kim Man Seob. Ia mengalami krisis keuangan selepas istrinya meninggal, apalagi ia harus mengasuh seorang putri kecilnya seorang diri menjadikan ia harus kerja keras untuk bisa menghidupi dirinya dan anaknya.

Namun kisah asli film baru dimulai ketika ia menipu seorang jurnalis luar dengan berpura-pura sebagai taksi orderannya untuk mengantarkan sang jurnalis bernama Hinzpeter. Kim tak tahu bahwa ia harus mengantarkan Peter hingga ke Provinsi Gwanju, tempat dimana kebringasan militer yang ditutup-tutupi pemerintahan negara berlangsung. Disanalah cerita  film mulai menuju intinya dengan segala problem yang harus mereka berdua hadapi.

5. Along With The Gods : The Two Worlds (2017)

Along with the gods
Along with the gods

Bagi kalian yang menyukai film-film sciene-fiction, film Korea terbaik satu ini bisa menjadi pilihan. Dengan cerita yang tak biasa yaitu kehidupan di akhirat, film besutan sutradara Kim ini berhasil menyedot 4,7 Juta Penonton dalam sepekan penayangan di negara asalnya.

Film diawali dengan kisah sosok pria pemadan kebakaran bernama Kim Ja Hong yang diperankan oleh Cha Tae Hyun yang tengah bertugas memadamkan kebakaran hebat. Namun sayang, ia meninggal dalam misinya menyelamatkan seorang anak yang terjebak di dalam gedung yang tengah di lalap api.

Selepasnya meninggal, ia tersadar dan sudah berada di alam lain. Ia ditemani 2 pengawal bernama Hewonmak dan Deok Choon yang akan mengarahkan Ja Hong ke gerbang afterlife. Sebagai orang yang baik selama hidup, Ja Hong dianggap sebagai Suri Teladan. Namun karena masih memiliki beban meninggalkan ibunya yang bisu, ia ingin tetap bereinkarnasi. Untuk itu, ia harus melewawati 7 pengadilan di 7 neraka. Di perjalanan selama pengadilan akhirat itulah segala hal menarik terjadi.

Film ini tidak sekedar sebuah film fantasi biasa. Banyak pelajaran yang bisa diambil terutama soal menghargai kehidupan. Seperti dalam sebuah kutipannya “Tidak ada manusia yang bawaannya tidak baik, hanya keadaan saja yang sedang tidak baik”.

6. Hello Ghost (2010)

hello ghost
hello ghost

Film komedi yang cukup nyeleneh ini adalah salah satu film Korea terbaik yang populer di Indonesia. Menceritakan tentang kehidupan seorang pria bernama Sang Man yang mulai bisa melihat hantu disekitarnya selepas percobaannya bunuh diri. Ada 4 sosok hantu yang hadir secara bertahap dalam hidupnya. Hantu-hantu ini selalu mengikutinya sehingga membuatnya frustasi.

Berbagai kelucuan dihadirkan selama film yang membuat penonton tak henti menggelak tawa. Namun, pada akhir cerita, twist ending justru akan membuat penontonnya tersentuh bahkan menangis. Hantu-hantu yang selama ini selalu membuatnya kesal, ternyata adalah bagian besar dari hidupnya yang kelam.

7. Silenced (2011)

Silenced
Silenced

Film Korea terbaik rilisan tahun 2011 ini diangkat dari kisah nyata kekelaman sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB) berasrama di daerah Mujin. Kang In Ho sebagai tokoh utama film ini, menjadi pemegang peran penting membokar segala kebusukan yang terjadi di sekolah tersebut. Kang In Ho sendiri adalah seorang guru yang pindah ke SLB tersebut atas rekomendasi profesornya.

Kejanggalan muali dirasakan Kang In Ho sejak awal berada di sekolah. Ia melihat sistem sekolah yang korup. Namun masalah terbesar adalah ketika ia tahu bahwa sang kepala sekolah justru bersikap cabul kepada anak-anak yang bisu di sana. Atas temuannya itulah, Kang In Ho meminta bantuan LSM untuk menyelesaikan masalah. Namun, itu tak sepenuhnya membantu karena pengaruh sang kepala sekolah sangat besar di daerah tersebut.

Film ini akan mengajak penonton merasakan keprihatinan yang mendalam. Perasaan kesal dan geram juga tak bisa dihindari selama proses mencari keadilan. Banyak hal yang juga diluar dugaan sehingga emosi diajak naik turun.

8. Socialphobia (2014)

Socialphobia
Socialphobia

Meskipun berjudul Socialphobia, film Korea terbaik ini tidak menceritakan tentang kehidupan anti sosial seseorang. Melainkan menceritakan tentang kebiasaan bermain social media yang sangat intens bagi kalangan muda di dunia terutama Korea. Cerita bahkan diawali dengan kebiasaan saling komen di sosial media sehingga memicu keributan diantara pengguna sosial media itu sendiri.

Baca   Biodata Red Velvet Lengkap dan Terbaru

Keributan yang terjadi di sosial media pada akhirnya terbawa ke dunia nyata. Niat hati ingin mengetahui sosok asli dibalik sebuah akun, 7 pemuda yang turut dalam misi justru harus dihadapkan dengan kasus pembunuhan. Kasus semakin berkembang hingga membuat persepsi di dunia maya semakin meluas.

9. Secretly Greatly (2013)

Secretly Greatly(2013)
Secretly Greatly(2013)

Film Secretly Greatly yang dirilis tahun 2013 ini menggaet 3 aktor kenamaan Korea yaitu Kim Soo Hyun sebagai Won Ryu Hwan dan Bang Dong Gu, Park Ki Wong sebagai Lee Hae Rang, dan Lee Hyun Woo sebagai Ri Hae Jin. Mereka bertiga menjadi tokoh utama yang memerankan sebagai pasukan khusus dari Korea Utara.

Dalam film Korea terbaik ini, ketiga tokoh utama disebar di berbagai tempat di Seoul. Mereka harus hidup layaknya orang Korea biasa dengan karakter yang sudah ditentukan. Sampai akhirnya, misi baru mereka diberikan. Dari sanalah konflik mulai muncul semenjak krisik kepercayaan mulai menghantui ketiganya.

10. Train To Busan (2016)

Train to busan
Train to busan

Siapa tak kenal film Korea terbaik yang fenomenal berjudul Train To Busan ini. Ya, film rilisan tahun 2016 ini menjadi salah satu film Korea tersukses. Padahal, cerita yang diangkat cukup tak biasa yaitu tentang Zombie, namun eksekusi dan jalan ceritanya memang sangat mengagumkan.

Film ini secara umum mengambil latar di sebuah kereta tujuan Busan. Dari kereta itulah, awal hadirnya kekacauan karena kehadiran zombie di Korea dimulai. Ragam manusia di dalam kereta dengan segala latar belakangnya menjadi kekuatan film ini. Bagaimana ketegangan karena adanya zombie berpadu dengan cerita dari masing-masing tokoh berhasil membuat penonton tak hanya takut, tapi juga terharu. Pada akhirnya, “Kebersamaan adalah kekuatan yang mengalahkan apapun”.

11. The Man From Nowhere (2010)

The man from nowhere
The man from nowhere

The Man from Nowhere mengambil cerita tentang konspirasi dengan genre action. Diperankan oleh Won Bin sebagai tokoh utama bernama Cha Tae Sik, film The Man From Nowhere berhasil membuat ketegangan khas film action berpadu dengan sentuhan humanis yang mengesankan.

Film Korea terbaik ini layak menjadi tontonan karena cerita perjuangan sosok Tae Sik yang dianggap anti sosial oleh orang-orang sekitar rumahnya. Tae Sik justru harus berhadapan dengan kasus hukum lantaran membawa narkoba atas perintah seorang mafia. Ragam aksi yang ditampilkan Won Bin juga menjadi pemikat utama film ini. Bahkan ia mendapat banyak pujian atas aktingnya itu.

12. The Tunnel (2016)

The Tunnel
The Tunnel

Korea memang selalu sukses menghadirkan film dengan cerita-cerita tak biasa menjadi sesuatu yang menarik. Dalam film The Tunnel, cerita berfokus pada perjuangan seorang pria bernama Lee Jung So yang terjebak di terowongan yang longsor ketika ia mengendari mobilnya melewati terowongan tersebut.

Tim penyelamat yang mendeketksi keberadaannya terus berupaya menggali longsor. Namun karena medan yang sulit dan dalamnya lokasi membuat misi penyelamatan menjadi tak mudah. Ia pun harus bertahan di bawah longsoran beberapa hari dengan bekal hanya sebotol air dan sebuah kue yang ia bawa untuk ulang tahun anaknya.

13. Ode to My Father (2014)

Ode to My Father

Film Korea terbaik ini memotret tentang sejarah Korea Modern dari tahun 1950-an hingga saat ini. Kehidupan yang disajikan adalah perjuangan hidup seorang rakyat biasa yaitu Deok Soo. Ia mengalami berbagai fase peristiwa seperti evakuasi saat perang korea tahun 1950, pergi ke Jerman sebagai penambang atas keputusan pemerintah Korea, hingga menghadapi perang Vietnam. Sampai akhirnya, ia menikah dengan seorang perawat. Kehidupan sederhana keduanya menjadi suguhan yang menarik karena juga akan melalui berbagai peristiwa besar yang terjadi di Korea.

14. The Host (2006)

The Host
The Host

Mengambil cerita tentang monster, film Korea terbaik ini berhasil menduduki puncak film terlaris sepanjang masa di tahun perilisannya 2006 silam. Film ini memang berhasil menghadirkan alur yang menarik dengan cerita yang tak biasa. Di tahun 2000 ketika orang-orang sibuk akan persiapan Piala Dunia dan pemilihan presiden di Korea, Monster justru muncul di Sungai Han. Makhluk buas ini tentu langsung membuat ke hebohan di seisi kota bahkan membuat pertumpahan darah di Sungai Han yang sebelumnya dikenal sangat indah.

15. Miss Granny (2014)

Miss Granny
Miss Granny

Film drama komedi ini mengambil kisah tentang seorang wanita tua yang diperankan oleh Na Moon Hee, tiba-tiba terperangkap dalam tubuh wanita muda yang diperankan oleh Shim Eun Kyung setelah ia berdandan dan berfoto di sebuah studio foto. Kondisi tersebut justru membuatnya senang dan menikmatinya. Ia pun mengganti identitas dirinya dengan nama Oh Doo-ri.

Baca   Film India Terbaik yang Penuh Makna Kehidupan

Berbagai adegan lucu dihadirkan dalam film Korea terbaik ini dan berhasil membuat penonton tertawa. Alur ceritanya yang runut menjadikan pengalaman menonton menjadi ringan. Selain itu, pesan akan pentingnya arti keluarga juga cukup tersampaikan.

16. Memories of Murder (2003)

Memories of Murderer
Memories of Murderer

Film yang terbilang cukup lawas ini layak menjadi tontonan. Apalagi film bertajuk Memories of Murder ini masuk dalam 20 film Korea Box Office dengan rating yang tinggi. Tak berlebihan jika film ini memiliki rating tinggi karena memang cerita, alur, dan akting para pemainnya berhasil membuat penonton terpukau.

Film menceritakan perjalanan dua detektif, Park Doo-man dan Seo Tae-Yoon mengungkap fakta pemerkosaan berantai. Karakter keduanya yang bertolak belakang menjadikan penyelidikan yang harusnya mereka jalani berdua sebagai partner justru menemui banyak kendala. Bagaimana kolaborasi keduanya dan misteri kasus yang sulit terpecahkan menjadikan film ini berhasil membuat penonton terbawa dalam emosi film.

17. Vanishing Time : A Boy Who Returned (2016)

Vanishing Time
Vanishing Time

Film  Korea terbaik bergenre fantasy ini menceritakan tentang sekawanan anak laki-laki yang masuk kehutan. Di sana, mereka justru menemukan lubang dan masuk ke sana. Di dalam lubang, mereka melihat benda seperti telur yang ternyata membawa mereka ke dimensi lain dimana dunia berhenti bergerak meskipun mereka tetap hidup seperti biasa. Awalnya cukup menyenangkan, tetapi setelah berganti bulan dan tahun ketika mereka mulai menua namun orang lain tidak, mereka pun mulai frustasi. Apa yang terjadi pada mereka selanjutnya?

18. My Annoying Brother (2016)

My Annoying Brother
My Annoying Brother

Mengisahkan 2 saudara kandung yang terpisah lama lantaran sang kakak masuk penjara, film Annoying Brother berhasil mengangkat emosi penontonnya. Sang kakak, Doo-shik yang keluar penjara, menemui sang adik, Doo-Young yang buta lantaran sebuah kecelakaan. Do Young yang sebelumnya adalah atlet Judo harus mengubur mimpinya sebagai atlet. Doo-shik yang awlanya hanya memanfaatkan si adik, justru akhirnya mengambil peranan penting dalam karir adiknya tersebut.

19. Keys to The Heart (2018)

Keys to the Hearts
Keys to the Hearts

Film Korea terbaik bertajuk Keys to The Heart ini mengajak penonton memahami lagi pentingnya arti keluarga. Film bercerita tentang Jo-Ha, mantan atlet tinju yang terpaksa pensiun karena melakukan kesalahan. Ia yang sudah lama tak bertemu ibunya, akhirnya bertemu lagi.

Namun, kondisi tentu berbeda karena rasa sakit hati Jo-Ha pada sang ibu masih begitu kuat. Keadaan berbeda mulai terasa ketika ia harus menjaga adiknya yang mengalami sakit Savant Syndrome. Keahlian adiknya bermain piano justru membuat hubungan mereka membaik dan mengubah banyak hal.

20. A Hard Day (2014)

A Hard Day
A Hard Day

Seorang detektif kepolisian, Go-Geon Soo tengah dalam perjalanan menuju ke rumah duka karena ibunya meninggal. Namun dalam perjalanan, ia tidak sengaja menabrak seorang pria. Kondisinya yang tengah panik, justru membuatnya menyembunyikan jenazah pria yang ia tabrak ke dalam bagasi mobilnya. Hal tersebut membuatnya mengalami banyak kesulitan karena harus menyembunyikan kesalahannya itu. Namun ternyata, sang mayat justru sebenarnya memiliki cerita penting bagi kepolisian.

Leave a Comment