Film India Terbaik yang Penuh Makna Kehidupan

Tak ada yang bisa memungkiri bahwa India adalah negera dengan industri perfilman terbesar. Sejak dulu, kita sudah akrab dengan film-film buatan negera asal Shah Rukh Khan itu. Sebut saja Kuch-kuch Hota Hai, siapa tak kenal film legendaris satu ini? Semua orang mengenalnya bahkan diputar berkali-kali di tv Indonesia dan tetap saja banyak yang menontonnya lagi dan lagi.

Sampai sekarang, India tetap menggeliat dengan industri perfilmannya. Jika dahulu kekuatan film India hanya di film-film drama, sekarang genre filmnya semakin beragam dan modern. Hasilnya pun cukup memuaskan dengan tetap berjayanya film-film mereka di banyak bioskop di dunia.

Dari ratusan atau bahkan ribuan film India terbaik, berikut 20 film diantaranya yang populer dan pantas menjadi tontonan yang membangun.

Film India Terbaik

1. Bajrangi Bhaijaan (2015)

Bajrangi Bhaijan
Bajrangi Bhaijan

Film India Terbaik satu ini ibarat oase di tengah panasnya ketegangan yang terus melanda India dan Pakistan. Mengambil kisah tentang seorang gadis Muslim Pakistan berusia 6 tahun yang bisu dan terpisah dari ibunya dalam perjalanan kereta. Ia harus terbawa kereta lain yang justru membawanya ke India. Beruntung, ia bertemu pria baik bernama Pavan Chaturvedi, pemuja dewa Hanuman yang taat dan biasa dipanggil Bajrangi Bhaijann. Dari pertemuan keduanya itulah, cerita film ini dimulai.

Bajrangi Bhaijaan berulang kali mencoba mencari tahu dimana si gadis kecil yang belakangan baru ia ketahui bernama Shahida itu berasal, tetapi keterbatasan komunikasi menjadi kendala utama. Namun kebaikan hati Bhaijan tak membuatnya menyerah, segala cara ia lakukan termasuk mengantarkan sendiri Shahida ke Pakistan meskipun ia tak punya visa.

Film ini sangat menyentuh karena mengajarkan banyak hal. Durasi yang panjang khas film India, tak akan membosankan karena setiap scenenya menghadirkan kisah yang menarik. Lebih dari itu, film ini menjadi bukti bahwa agama dan bangsa selayaknya tak membuat kita melupakan arti kemanusiaan.

“Kebencian bisa dijual dengan sangat mudah, tapi tidak dengan cinta”

2. My Name Is Khan (2010)

My Name is Khan
My Name is Khan

Film yang disutradarai oleh Karan Johar dan diperankan oleh Shahrukh Khan dan Kajol ini merupakan film India terbaik yang menjawab tuduhan akan Muslim sebagai teroris yang ramai saat itu. Shahrukh Khan yang memerankan sosok Rizwan Khan menjadi tokoh sentral yang berjuang mengubah stigma negatif atas umat Muslim tersebut.

Rizwan Khan sendiri memiliki kepribadian yang berbeda, namun ketulusan hatinya tak bisa dipungkiri termasuk oleh Mandira yang diperankan Kajol. Mandira, wanita Hindu dengan seorang anak laki-laki bernama Sameer dari pernikahan sebelumnya, jatuh hati dengan kebaikan budi Khan. Singkat cerita mereka menikah dan masalah muncul ketika serangan 9/11 di New York membuat stigma negatif tentang Islam menyasar nyawa anak mereka Sameer. Dari sanalah, kehidupan bahagia mereka berubah termasuk Khan yang harus berkelana untuk menyampaikan pada dunia bahwa ‘My Name is Khan, and i’m not a terrorist’.

3. PK (2014)

film PK
film PK

Film yang menuai sukses di penayangannya di seluruh dunia ini menjadi salah satu film India terbaik yang pantas menjadi pilihan untuk menikmati cerita lucu, santai, tapi sangat bermakna. Mengusung genre komedi satir, PK diawali dengan kisah kedatangan alien namun dalam bentuk sama seperti manusia pada umumnya.

Sosok salah satu alien yang diperankan oleh Amir Khan tersebut membawa misi menyelidiki seperti apa kehidupan manusia di bumi. Namun masalah justru hadir ketika alat transporternya dicuri. Alih-alih melanjutkan misi, peekay, sebutan si alien malah sibuk mencari alatnya tersebut karena tanpa alat itu, ia tak bisa kembali pulang ke planet. Tapi dalam pencarian itulah, peekay justru dituntut beradaptasi dengan kehidupan manusia.

Film ini dipenuhi kisah moral yang menyentil kehidupan manusia terutama bagaimana manusia memandang Tuhan. Salah satu kutipan yang paling mengena ialah saat peekay berdebat dengan seorang pemuka agama, dia mengatakan bahwa, ‘Tuhan tidak perlu dirimu (dibela), Dia bisa melindungi diri Nya sendiri’.

4. Dangal (2016)

Dangal
Dangal

Seorang atlet gulat bernama Manahir Singh Phogat yang diperankan Aamir Khan sangat mengidamkan anak laki-laki untuk meneruskan keahliannya. Namun sayang, 2 kali mengandung, istrinya selalu melahirkan anak perempuan. Ditengah keputusasaan, ia justru mengambil keputusan yang gila bagi budaya India yaitu melatih anak perempuannya bergulat.

Baca   20 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa

Kesulitan tentu didapatkan selain cibiran dari tetangganya. Anaknya yang sebelumnya menolak, pada akhirnya tak bisa berbuat apa-apa. Kesungguhan dan usaha keras pada akhirnya membuahkan hasil manis.

5. Three Idiots (2009)

film 3 Idiots
film 3 Idiots

Tak hanya pecinta film Bollywood, bagi mereka yang tak begitu menggemari pun pasti tahu dengan film yang diperankan oleh Amir Khan, Sharman Joshi, Madhavan, Kareena Kapoor, dan Boman Irani ini. Film India terbaik bergenre komedi ini menceritakan kehidupan 3 mahasiswa jurusan teknik mesin, Farhan, Raju, dan Rancho dengan segala suka duka perkuliahannya.

Rancho yang terlalu lama pergi tanpa kabar, membuat dua sahabatnya berusaha untuk mencarinya. Namun pada suatu hari, sebuah telpon dari Chatur mengingatkan mereka akan perjanjian 10 tahun lalu antara Rancho dan Chatur yang mengharuskan mereka bertemu pada suatu tempat untuk menunjukkan kesuksesan masing-masing. Ketidakhadiran Rancho membuat mereka bertiga berupaya mencari Rancho. Dari pencarian itulah, mereka menemukan perjalanan batin yang menginspirasi. Jadi kemana Rancho? Siapa dia? Mengapa dia Menghilang?

6. Slumdog Millionaire (2009)

Slumdog millionaire
Slumdog millionaire

Tentu kita sudah tak asing dengan program kuis tv berjudul ‘who wants to be a millionaire?’. Dari program inilah film bertajuk Slumdog Millionaire mengangkat cerita. Film India terbaik ini mengisahkan seorang anak lelaki dari kawasan kumuh di India yang justru berhasil melahap semua pertanyaan dalam kuis hingga menuju ke pertanyaan terakhir yang akan digelar di episode berikutnya.

Latar belakangnya yang berasal dari keluarga miskin membuat semua pengisi acara kuis tidak percaya. Ia dituduh berbuat curang dan diinterograsi agar mengaku. Tapi ternyata semua jawaban yang ia beri sejatinya adalah dari pengalaman hidupnya sendiri, termasuk dengan kisah cintanya yang berhasil menyatu justru berkat kuis yang diikutinya tersebut. ‘What does it take to find a lost love? It’s destiny’.

7. Bangalore Days (2014)

Bangalore Days
Bangalore Days

Berkisah tentang kedekatan 3 saudara Kunju, Aju, dan Kuttan yang hidup dengan masalah pribadi mereka masing-masing. Kunju yang dijodohkan dengan dengan seorang business man mengadakan pesta dirumahnya. Tentunya, saudaranya yang lain, Aju yang sibuk dengan dunia geng motornya dan Kuttan yang bekerja di bagian IT datang untuk menghadiri pesta. Dari pernikahan itulah petualangan mereka dimulai.

Meskipun sudah menikah dan pindah ke Kota Bangalore, suami Kunju sibuk dengan urusan bisnisnya. Karena kesepian, Kunju meminta kedua saudaranya datang ke Bangalore . Di sana mereka melakukan banyak hal sekaligus menyelesaikan banyak masalah pribadi mereka masing-masing. Banyak hal yang akhirnya terbongkar dan membuat kisah menjadi begitu menarik untuk diikuti.

8. Dilwale (2015)

Dilwale
Dilwale

Film genre drama romantis ini menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu penggemar film India karena menampilkan kembali duet terfenomenal, Shahrukh Khan dan Kajol. Cerita film sendiri masih mengisahkan kehidupan cinta yang dipenuhi dengan konflik dan tragedi. Alur cerita dibuat dengan lebih dramatis ditunjang dengan akting memukau Shahruk Khan dan Kajol menjadikan kisah yang diangkat semakin membuat emosional penontonnya.

9. Padman (2018)

Padman
Padman

Mungkin banyak yang tak terpikir bahwa pembalut wanita bisa menjadi kendala di India. Ya, dulu sebagian besar warga tradisional India masih menolak pemakaian pembalut karena dianggap tabu. Namun anggapan itu ditentang justru oleh seorang pria bernama Laksmikant. Ia bahkan berusaha membuat sendiri pembalut untuk istri dan keluarganya karena ia tahu penggunaan kain biasa tidak higienis.

Baca   Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Usahanya ini tentu tidak mudah. Ia bahkan diusir dari rumah dan kampungnya. Namun dari pengasingannya itulah dia semakin kuat untuk membuat pembalut dan mengubah kebiasaan. Berhasilkah ia melakukannya?

Menariknya, film ini diangkat dari kisah nyata seorang aktivits bernama Arunachalam. Ia memang menjadi tokoh pengubah tradisi pemakaian pembalut di India dan bahkan mendapat banyak penghargaan dari usahanya itu.

10. Airlift (2016)

Airlift
Airlift

Diangkat dari kisah nyata, film ini mengisahkan bagaimana sejarah besar India dalam proses evakuasi udara terbesar sepanjang sejarah terjadi. Konflik yang terjadi di Kuwait karena penyerangan Irak tahun 1990, menjadi latar utama film.

Bagaimana proses evakuasi 170 ribu orang India di Kuwait untuk bisa dipindahkan ke Yordan dan diterbangkan ke India menjadi sebuah kisah yang berhasil memukau. Di dukung oleh akting Akhsay Kumay dan Nimrat Kaur, film ini dijamin akan membuat penonton merasa tegang dan terbawa dalam suasana mencekam.

11. Sanju (2018)

Sanju
Sanju

Kisah hidup aktor legendaris India, Sanjay Dutt diangkat menjadi sebuah film yang sangat menarik. Tokoh Sanjay Dutt yang diperankan oleh Ranbir Kapoor, memiliki kisah hidup yang memang kontroversial. Wafatnya sang ibu, mengawali pertobatannya dari pemakaian narkoba.

Namun, justru dari sanalah hidupnya yang penuh drama dimulai. Ia terkena kasus terorisme hingga membuatnya dipenjara. Kondisi semakin buruk dengan fitnah dan pemberitaan media yang tidak berimbang. Kondisi semakin buruk ketika ayahnya juga meningal dan ia bahkan dijauhi sahabat-sahabat dekatnya.

12. Nil Battey Sannata (2016)

Nil Battey Sannata
Nil Battey Sannata

Anak yang pemalas mungkin adalah kisah yang biasa. Tetapi film India terbaik berjudul Nil Battey Sanata ini mengemasnya menjadi sebuah kisah yang tak biasa. Chanda Sahay yang merupakan single mom memiliki anak perempuan bernama Apeksha. Besar harapannya kepada sang anak untuk bisa mengubah nasib. Namun semangat berbeda ditunjukkan oleh sang anak. Apeksha justru malas belajar dan bercita-cita sebagai ART saja.

Bagaimana sang ibu berusaha mendorong anaknya mau sekolah, belajar, dan bercita-cita menjadi kisah yang sangat menarik. Ia bahkan rela ikut bersekolah dan sekelas dengan anaknya demi bisa mengajarkan sang anak. Film ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk ditonton bersama seluruh anggota keluarga.

13. Drishyam (2015)

Drishyam
Drishyam

Film India terbaik ini menceritakan kisah seorang pria yang tak tamat SD bernama Vijay yang juga membuka bisnis servis TV. Ia adalah pria yang baik dan sangat ramah. Ia juga memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan analisa yang tinggi karena kebiasaannya menonton film.

Namun masalah justru hadir dari keluarganya. Sang istri dan anaknua melakukan pembunuhan tak sengaja. Ia terpaksa melakukan berbagai cara dan taktik untuk mengatasi masalah tersebut meskipun tentu bukan hal mudah. Film India terbaik ini akan membawa penonton dilema dan tegang di waktu yang sama.

14. Paa (2009)

film Paa
film Paa

Paa adalah film India terbaik yang mengisahkan kehidupan Amol, anak laki-laki pengidap penyakit langka yang membuat wajahnya tampak lebih tua dari usianya. Ia dibesarkan oleh seorang ibu namun tak pernah mengenal sosok ayah sejak ia lahir, Namun takdir mengatakan lain, masalah yang dihadapi ibu dan ayahnya hingga terpisah justru secara tak sengaja terbantu berkat Amol itu sendiri.

15. Take Off (2017)

Take Off
Take Off

Film bertajuk Take Off ini merupakan salah satu film India terbaik yang mengusung genre thriller drama politik. Mengisahkan perjuangan 19 perawat yang terjebak di perang Irak-Isis. Sameera salah seorang perawat pergi bersama suaminya Saheed dan dalam kondisi hamil serta membawa anak lelaki hasil pernikahan sebelumnya.

Di tengah konflik yang memanas, mereka terpaksa menghadapi hidup yang sulit. Kondisi semakin buruk ketika ia harus terpisah dengan Saheed yang terjebak di Mosul, kota yang tengah tertawan. Berbagai cara ia lakukan untuk mengiba ke kedutaan India agar membantunya bertemu dengan sang suami. Namun di saat itu juga ia dan perawat lain tengah dirudung masalah yang sama karena tertawan pasukan Isis yang kejam.

Baca   Film Zombie Terbaik yang Menegangkan

16. Ustad Hotel (2012)

Ustad Hotel
Ustad Hotel

Hotel dalam filmnya bermakna kedai makan. Menceritakan seorang kakek bernama Karim Ikka yang mewarisi kemampuan memasak ke cucunya, Fayzee. Tapi sayang, ayah Fayzee justru menentang kemampuan memasak anaknya tersebut. Fayzee yang pergi keluar negeri untuk sekolah bisnis, nyatanya mengambil jurusan memasak di Swiss.

Sampai pada suatu ketika sang ayah mengetahui kebohongan anaknya tersebut. Fayzee pun kabur dan menemui kakeknya. Di tempat kakeknya yang membuka kedai makan itulah, Fayzee menemui banyak pengalaman hidup yang berharga baginya.

17. Toilet : Ek Prem Katha

Toilet
Toilet

Banyak kebudayaan di India yang masih sangat tradisional dan menganggap sesuatu sebagai sebuah ketabuan secara agama. Termasuk urusan Toilet. Film India terbaik ini mengangkat kisah masalah toilet tersebut melalui cerita kehidupan rumah tangga Jaya dan Keshav.

Jaya memilih pergi dari rumah suaminya, Keshav, lantaran di rumah suaminya tidak ada toilet. Buang air yang harus dilakukan di lapangn trbuka adalah masalah bagi Jaya. Namun suaminya bingung untuk mengatasi hal tersebut karena berkali membangun toilet, berkali juga toiletnya dihancurkan ayah dan tetangganya. Lantas berhasilkan Keshav mengubah tradisi tersebut?

18. ‘96

film 96
film 96

Kisah cinta SMA memang selalu saja menarik. Itulah yang dialami Ram dan Janu, pasangan kekasih yang terpisah selama 22 tahun. Mereka akhirnya bertemu di reuni SMA. Di sanalah, keduanya membuka semua tabir yang terjadi diantara cinta mereka yang tidak usai.

Mengapa Ram tak pernah menemui Janu selepas SMA adalah pertanyaan yang paling mengusik hati Janu. Mungkinkan kisah mereka terjalin lagi di saat Ram masih juga membujang? Kisah yang pantas ditonton karena banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari film India terbaik satu ini.

19.Ratsasan

Ratsasan
Ratsasan

Film India terbaik ini mengisahkan kehidupan seorang Polisi bernama Arun yang sebenarnya terobsesi menjadi penulis skenario film bergenre psikopat. Kemampuannya menganalisa masalah-masalah berat, justru membantunya bertugas memecahkan masalah pembunuhan sadis yang terjadi berkali-kali terhadap anak-anak gadis di kotanya. Namun tentu pengungkapan kasus tak mudah. Selain pelaku yang cerdik, masalah kepercayaan dan penghianatan menjadi batu penghadangnya.

20.Hotel Salvation

Hotel Salvation
Hotel Salvation

Hotel biasanya diungsikan untuk orang menginap sementara karena alasan tertentu, Namun di Kota Varanasi India, ada hotel yang ditujukan bagi mereka yang merasa sudah mendekati waktu meninggal. Varanasi sendiri merupakan kota dengan aliran sungai Gangga, sehingga semua orang Hindu berkeinginan meninggal disana dan abunya dihanyutkan ke sungai suci tersebut.

Keunikan kisah hotel inilah yang diangkat menjadi sebuah cerita film India terbaik satu ini. Rajiv terpaksa menemani ayahnya yang memaksa ingin menghabiskan hidup di Hotel yang bernama Mukti Bhawan tersebut. Selama menemani sang ayah, banyak pengalaman yang didapat baik oleh Rajiv, ayahnya, bahkan anggota keluarga lainnya.

Leave a Comment