20 Film Barat Terbaik Sepanjang Masa

Film-film Barat tentu sangat akrab dengan kehidupan kita. Sejak dulu, film-film Barat berhasil merambah semua belahan dunia dan selalu sukses menghadirkan box office tiap tahunnya. Indonesia juga menjadi salah satu konsumen film barat terbesar sehingga hampir tiap minggu selalu ada film Barat terbaik yang masuk ke bioskop tanah air.

Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan dengan apik dalam perfilman Barat. Kualitasnya pun tak main-main sehingga setiap film selalu menghadirkan sentuhan yang luar biasa. Tak heran jika film Barat selalu memiliki penggemar setia.

Dari sekian banyak film Barat terbaik dari masa ke masa, daftar 20 berikut mungkin bisa menjadi pilihan untuk ditonton. Beberapa bahkan berhasil menuai kesuksesan besar hingga dikenal luas oleh segala kalangan.

20 Film Barat Terbaik Versi Kita

1. Wonder (2017)

Wonder
Wonder

Wonder adalah salah satu film barat terbaik yang sangat cocok dijadikan tontonan. Pesan moral dan kehidupan sarat ditampilkan dalam film yang disutradari oleh Stephen Chbosky ini. Apalagi, cerita yang diangkat dari novel berjudul sama karya R.J Palacio ini juga sangat menyentuh dan tak ayal membuat penontonnya terharu. Julia Roberts yang mengambil peran utama juga berhasil mencuri perhatian.

Film bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama bernama August yang memiliki kelainan di bagian wajahnya. Beruntung, ayah, ibu, dan kakaknya bisa menerima kondisi August dengan sangat baik. August sendiri bercita-cita menjadi angkasawan hingga akhirnya ia pun sekolah memakai helm khas astronot itu agar orang yang tak kenal dengannya tidak kaget melihat wajahnya.

Namun kondisinya yang berbeda itu tentu menimbulkan konflik dari teman-temannya. Khas anak sekolahan, beberapa teman August nampak menghina apa yang terjadi padanya. Kondisi keluarga yang awalnya baik-baik saja pun mulai diterpa masalah.

“When Giving Choice to being right and being kind, choose kind”

2. The Girl On The Train (2016)

The Girl On The Train
The Girl On The Train

Film barat terbaik berjudul The Girl on The Train ini diangkat dari novel karya Paula Hawkins yang sebelumnya juga sudah menuai sukses. Disutradari oleh tate Taylor, The Girl on The Train akan mengajak penonton merasakan kebingunan dan tanda tanya.

Film menceritakan kisah seorang wanita, Rachel Watson yang suka minum-minumanan alkohol. Di sisi lain, ia jg setiap harinya naik kereta yang akan melewati rumah lama yang di tempati mantan suaminya. Saat bersamaan, ia juga memperhatikan kehidupan tetangga di samping rumah mantan suaminya yang berisi pasangan muda Megan dan Scott.

Rachel yang sebelumnya juga sudah turut campur dalam kehidupan pasangan muda itu, akhirnya diperiksa sebagai saksi atas wafatnya Megan. Namun kondisi Rachel yang pemabuk membuat ceritanya menjadi sulit dibedakan antara fantasi dan nyata.

3. The Fault in Our Stars (2014)

The Fault in Our Stars
The Fault in Our Stars

Film barat terbaik yang juga diangkat dari novel ini adalah tontonan tepat bagi kalian yang menyukai film drama romantis. Film garapan Josh Boone ini juga memiliki cerita yang bisa membuat terharu siapa saja yang menontonnya.

The Fault in Our Stars mengisahkan cinta dua sejoli pengidap kanker. Sang wanita, Hazel berjuang dengan kanker tiroid yang membuatnya susah bernafas sedangkan sang Pria August berjuang dengan kanker tulang yang membuatnya kehilangan satu kaki. Pertemuan mereka dimulai dari sebuah kelas khusus motivasi bagi pengidap kanker. Dari sanalah, keduanya dekat dan justru bisa saling menguatkan. Cinta mereka pun ditampilkan dengan sangat besar namun dipenuhi haru karena kesehatan August yang terus menurun.

4. Lady Bird (2018)

Lady Bird
Lady Bird

Lady Bird yang rilis tahun 2018 lalu ini menceritakan kisah seorang remaja bernama Christine yang bergulat dengan kehidupan khas anak SMA tingkat akhir. Ia yang tak punya hubungan baik dengan ibunya semakin bersitegang ketika Christine ingin kuliah di luar kota dan menjalani hidupnya di kota besar. Meskipun tampak selalu berdebat, tapi sebenarnya ibu dan anak tersebut sangat saling mencintai.

Hubungan antara ibu dan anak inilah yang menjadi fokus utama cerita Lady Bird selain dibumbui pula dengan cerita romansa. Film juga mengajak penonton merasakan kedekatan dengan ceritanya karena dalam kehidupan nyata pun, rasa cinta hadir dengan penyampaian yang berbeda-beda.

Baca   45 Foto Rose Blackpink Cute, Cantik, Lucu dari kecil Sampai Dewasa

“Because it’s not important to be right. It’s only important to be true”

5. Chef (2014)

Chef
Chef

Seperti judulnya, film rilisan tahun 2014 ini memang menceritakan tentang kehidupan seorang juru masak dengan ragam pergulatan hidupnya. Sosok Chef bernama Carl Casper diperankan oleh Jon Favreau. Namun ia juga beritndak sebagai penulis skenario dan sutradarai. Aktor terkenal lain yaitu Robert Downey Jr mendapat tempat dalam film dan menjadi daya tarik sendiri bagi penggemarnya untuk menonton salah satu film Barat terbaik ini.

Film sendiri bercerita tentang Carl, kepala chef di sebuah restoran yang akhirnya dipecat lantaran marah atas kritikan akan makanan buatannya oleh seorang kritikus kuliner. Kondisi itu membuatnya berpikir untuk membuat food truck sendiri. Ia pun memulai bisnisnya dengan mengajak rekan sekaligus anak lelakinya yang juga ingin turut membantu. Menariknya, food truck yang ia buat tidak hanya berdiam di satu kota melainkan berkeliling Amerika hingga akhirnya begitu terkenal.

6. The Shape Water (2018)

The Shape Water
The Shape Water

Film Barat terbaik berikutnya adalah The Shape Water, sebuah film yang berhasil banjir penghargaan dari beberapa ajang perfilman internasional. Film karya Guillermo del toro ini memang memiliki daya tarik dari cerita fantasinya sekaligus pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Dikisahkan, Elisa seorang wanita bisu yang bekerja sebagai cleaning service di sebuah laboratorium penelitian di Baltimore tahun 1962. Ia yang bekerja di sana, menemui bahwa ada makhluk aneh dari laut yang tengah di kurung untuk penelitian. Pertemuan keduanya justru membuat Elisa jatuh cinta pada makhluk tersebut. Ia pun berusaha untuk membebaskan sang makhluk yang berfisik aneh itu.

7. Arrival (2017)

Arrival
Arrival

Film barat terbaik yang mengangkat kisah tentang alien mungkin biasa ditemui. Tapi film Arrival karya sutradara Denis Villeneuve ini menghadirkan sisi lain yang tak biasa. Dengan alur cerita kilas balik, film mengisahkan kedatangan makhluk luar angkasa ke bumi dengan menggunakan pesawat berbentuk lengkungan di 12 titik yang tersebar di seluruh dunia, salah satunya di Amerika. Manusia yang mengetahui hal itu tentu menjadi curiga atas kedatangan alien itu.

Untuk mengetahui alasan mengapa alien datang ke bumi, para peneliti mengutus seorang ahli bahasa Louise Banks untuk berkomunikasi. Hal ini tentu menjadi kendala karena komunikasi alien menggunakan simbol-simbol yang harus dipecahkan oleh Louise dan timnya. Di sisi lain, kisah masa lalu Louise juga menjadi bagian yang membuat penasaran.

8. A Quiet Place (2018)

A Quiet Place
A Quiet Place

Menengangkan namun penuh kesunyian, itulah yang akan dihadirkan dari film barat terbaik berjudul A Quiet Place ini. Film ini menceritakan bagaimana sebuah keluarga terdiri dari suami istri dan dua anak harus berjuang hidup dalam kesunyian karena ada monster yang siap menyerang ketika ada suara yang terdengar di telinga para monster tersebut. Mereka menjadi satu-satunya keluarga yang tersisa karena tetangga mereka sudah habis diburu para monster, beberapa bahkan sengaja berteriak karena depresi hidup dalam kesunyian.

Bagaimana mereka hidup dalam kesunyian adalah sesuatu yang tentu menarik. Apalagi, sang istri tengah hamil. Ketika melahirkan suami dan anak-anaknya harus berusaha mengalihkan perhatian monster agar suara sang istri dan bayi yang lahir tidak terdengar. Bagaimana mereka bertahan?

9. The Greatest Showman (2017)

The Greatest Showman
The Greatest Showman

Film bertema musikal ini berhasil menarik perhatian penikmat film sejak penayangannya di bioskop-bioskop seluruh dunia. Ceritanya yang menarik serta dari lagu-lagu yang mengisi film menjadikan film garapan Michael Gracey ini tidak akan membosankan untuk ditonton.

Film sendiri menceritakan bagaimana seorang pria bernama Barnum yang kehilangan pekerjaan hingga membuatnya berusaha mencari peluang bisnis. Ia bahkan meminjam uang di bank dengan jaminan akta kapal yang sudah tenggelam untuk mendirikan Barnum’s American Museum. Berbagai cara ia lakukan agar orang mau datang ke museumnya termasuk menghadirkan orang-orang dengan karakter aneh. Sampai akhirnya, kesuksesannya justru hadir melalui sebuah aksi sirkus yang dipimpinnya. Tapi apakah kesuksesan itu bertahan?

Baca   50 Foto Jin BTS yang Bisa Membuat Hatimu Berdebar-debar!

“When you are careless with other people, you bring ruin upon yourself”

10. The Terminal (2004)

The Terminal
The Terminal

Bagaimana jadinya jika Anda harus terjebak di terminal Bandara dan tinggal disana berbulan-bulan? Itulah cerita yang menjadi latar dari film The Terminal yang dibintangi Tom Hanks ini. Seorang pria bernama Viktor yang berasal dari sebuah negara fiksi Krakozhia terpakasa tertahan di Bandara J.F kennedy di New York lantaran paspornya ditolak. Penolakan terjadi karena tepat sesaat ketika ia tiba, negaranya dicekal karena pemerintahan negaranya digulingkan oleh pemberontak.

Selama di bandara, Viktor berteman dengan semua petugas dan staf bandara. Ia tidur di bandara karena tidak mungkin melewati imigrasi meskipun berkali-kali ia coba. Ragam keunikan dari kehidupan Viktor di terminal bandara itulah yang menjadikan film ini sangat menarik untuk ditonton.

11. Hereditary (2018)

Hereditary
Hereditary

Bagi pecinta film horor dan misteri, film barat terbaik berjudul Heredity ini bisa menjadi pilihan. Kisah film sendiri cukup unik karena mengangkat cerita dan alur yang tak biasa. Kesan horor justru bukan hadir dari kejutan-kejutan hantu dan efek musik, melainkan dari rasa penasaran yang dihadirkan.

Hereditary menceritakan kehidupan satu keluarga yang penuh dengan misteri. Charlie, sebagai penerus keluarga di masa depan mulai mengungkap berbagai misteri dihidupnya yang membuat keluarganya menjadi tidak tenang. Ternyata semua ada kaitan dengan warisan dari nenek moyang mereka.

12. Searching (2018)

Searching
Searching

Sejak awal penayangannya, film drama misteri berjudul Searching ini sudah langsung menarik perhatian pecinta film. Mengangkat cerita sederhana, film ini justru menghadirkan tontonan yang menarik sekaligus menyentil kita sebagai manusia di era teknologi.

Film menceritakan tentang usaha seorang ayah, David Kim mencari anak gadisnya, Margot yang hilang. Meskipun selama ini sang ayah merasa selalu menjaga komunikasi dengan anaknya, nyatanya banyak hal yang David tak ketahui tentang anaknya. Dalam usaha melacak keberadaan anaknya itulah, David menemukan berbagai hal terkait anaknya dari laptop sang putri.

No One is Lost without A Trace”

13. The Meg (2018)

The Meg
The Meg

Film barat terbaik satu ini cocok untuk penggemar film action. Film yang dibintangi aktor laga Jason Statham ini mengambil tema tentang makhluk laut sejenis hiu raksasa yang mengerikan. Jason yang memerankan tokoh Jonas Taylor merupakan seorang mantan pasukan khusus Amerika yang dimintai bantuan untuk penelitian bawah laut. Dari penelusuran hingga dasar laut itulah, kapal selam canggih yang ia kendarai mulai berpapasan dengan makhluk raksasa tersebut dan akhirnya  mengancam orang-orang lain.

14. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

The Secret Life of Walter Mitty
The Secret Life of Walter Mitty

The Secret Life of Walter Mitty adalah film barat terbaik yang cocok bagi peminat cerita petualangan yang ringan namun membuat penasaran. Film mengisahkan seorang manajer majalah, Walter Mitty yang menyiapkan edisi terakhir majalah Life yang diproduksi perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagai penutup, majalah tentu ingin menghadirkan edisi terbaik. Sayangnya, negatif foto karya fotografer alam legendari, Sean O’Connell yang akan dipakai pada sampul justru hilang. Dalam usaha menemukan negatif foto itulah, petualangan yang menarik dari Mitty dimulai.

15. Flipped (2010)

flipped
flipped

Kisah cinta dalam sebuah film mungkin sudah biasa. Tetapi film Flipped tetap pantas disaksikan karena menghadirkan alur cerita yang menarik dan selalu mengundang tanda tanya. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Wandelin Van Draanen ini mengambil latar tahun 1957 sehingga ada nuansa cerita yang menarik didalamnya.

Film sendiri menceritakan kisah cinta antara Juli dan Bryce, lebih tepatnya Juli kepada Bryce. Mereka pertama bertemu ketikaa masih SD saat Bryce dan keluarganya pindah ke depan rumah Juli. Sejak awal, Juli sudah begitu agresif mendekati Bryce, sedangkan Bryce juga semakin berusaha menjauh. Namun, dari usaha Juli mendekati Bryce hingga mereka remaja itulah, cerita yang seru dan lucu justru menjadi tontonan yang menarik.

16. Split (2017)

split
split

Mungkin kita sudah biasa mendengar istilah seseorang yang memiliki kepribadian ganda. Dalam film Split ini, cerita sosok berkepribadian ganda itulah yang diangkat. Tetapi bukan dua atau tiga kepribadian saja, melainkan hingga 24 jenis kepribadian yang dimiliki Kevin, sang pemeran utama film barat terbaik ini.

Baca   Daftar Film Korea Terbaik yang Paling Populer

Cerita film dimulai dari Kevin yang menculik 3 orang gadis dan disekap di sebuah ruang rahasia. Dari penyekapan itulah, bagaimana Kevin berubah-ubah kepribadian sebanyak 23 karakter dihadirkan, meskipun hanya sekitar 4 karakter yang diceritakan dengan dominan. Kondisi semakin mencekam ketika Kevin justru menyadari ia memiliki kepribadian ke-24 yang diakuinya adalah sosok super.

17. Insidious (2010)

Insidious
Insidious

Bagi pecinta film horor, Insidious tentu sudah sangat dikenal. Film garapan James Wan ini memang berhasil menuai kesuksesan saat perilisannya tahun 2011 silam. Meskipun secara cerita tergolong biasa, namun ketegangan khas film-film horor Amerika menjadi tontonan yang berhasil memikat.

Film barat terbaik ini menceritakan tentang sebuah keluarga tiga anak yang baru pindah rumah. Dalton, salah seorang anak awalnya mendengar sesuatu yang aneh diatap rumah hingga ia pun menyelidikinya. Ketika hendak menyalakan lampu, ia justru terjatuh. Setelah terjatih itulah, Dalton yang tidak terbangun mulai menunjukkan keanehan disertai penampakan yang mulai hadir di dalam rumah.

18. The Conjuring (2013)

The Conjuring
The Conjuring

The Conjuring menjadi salah satu film barat terbaik bergenre horor yang sampai sekarang masih begitu terkenal bahkan dibuat beberapa sekuelnya. Sosok hantu Valak bahkan juga menjadi fenomenal setelah film dirilis. Film ini menceritakan investigasi pasangan paranormal untuk membantu sebuah keluarga yang mengalami peristiwa mistis sejak pindah ke rumah baru di sebuah kawasan pertanian di Rhole Island.

Pasangan paranormal ini mulai menyelidiki sejarah rumah tersebut. Hingga mereka mengetahui suatu hal bahwa rumah itu dulunya dimiliki seorang yang diduga adalah penyihir yang bunuh diri dan mengutuk semua orang yang mencoba mengambil tanahnya.

19. Avengers : Infinity War (2018)

Anvengers Infinity War
Anvengers Infinity War

Siapa tak kenal film Barat terbaik yang fenomenal satu ini. Ya Avenger merupakan film Marvel yang menuai sukses sejak seri perdananya. Hingga pada film Avenger : Infinity War yang rilis tahun 2018 lalu juga menjadi yang tersukses. Kisahnya juga masih berhubungan dengan deretan film Marvel sebelumnya dengan aksi-aksi heroik para pahlawan super.

Dalam Avenger : Infinity War, cerita yang diangkat adalah tentang Thanis yang berambisi untuk mengumpulkan enam batu abadi yang tersebar di berbagai tempat. Setiap batu diketahui memiliki kekuatan sendiri sehingga tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Dalam usaha mendapatkan kesemua batu itulah, Thano menebar teror.

20. Jurassic World : fallen Kingdom (2018)

Jurassic World fallen Kingdom
Jurassic World fallen Kingdom

Cerita tentang Dinosaurus atau kehidupan zaman jurassic selalu saja menyenangkan. Bahkan pada film Jurassic World : fallen kingdom yang rilis tahun 2018 lalu pun, film ini masih menuai sukses sebagai salah satu film barat terbaik.

Dalam film kali ini, menceritakan bagaimana penyelamatan dinosuarus karena letusan gunung berapi. Namun dalam misi penyelamatan itu pula, ancaman dari dinosaurus hibrid paling cerdas dan berbahaya yang dinamai Indoraptor memulai ancaman karena berhasil melarikan diri.

Baca juga film korea dan film perang terbaik berikut ini….

Leave a Comment