Hiburan

20 Film Animasi Terbaik dengan Visual yang Mengagumkan (Wajib Tonton)

Film Animasi Terbaik finding nemo
Written by WitaWisata

Film animasi terbaik | Animasi tidak selalu berkaitan dengan anak-anak. Nyatanya, banyak film animasi yang bisa dinikmati oleh semua golongan usia. Film animasi juga justru banyak digemari oleh orang dewasa.

Film animasi memang memiliki daya pikatnya sendiri. Selain cerita yang diangkat, mata penonton juga dimanjakan dengan tampilan animasi yang menarik. Apalagi dengan kemajuan teknologi, animasi yang dihadirkan menjadi jauh lebih atraktif dan imajinatif.

Jika membicarakan film animasi terbaik, indutsri perfilman Hollywood mungkin masih menjadi rajanya hingga saat ini. Meskipun begitu, beberapa film buatan Asia seperti Jepang juga sudah mulai menunjukkan tajinya. Dengan karakternya masing-masing, berikut daftar 20 film animasi terbaik yang pastinya menuai kesuksesan.

Film Animasi Terbaik

1. Coco (2017)

coco

coco

Sejak perdana tayang, film animasi terbaik berjudul Coco ini langsung menarik perhatian pecinta film. Selain mendapat pemasukan super besar, rating yang diraih dari berbagai situs juga menunjukkan bahwa film ini memiliki kualitas yang tak biasa. Ditambah lagi, Coco berhasil membawa piala Oscar kategori Best Animated Feature dan Best Original Song.

Berbagai prestasi yang diraih tentu lantaran kualitas film yang memukau. Film Coco memang spesial karena tidak hanya sekedar film animasi biasa, tetapi memiliki cerita yang sangat ‘dalam’ bahkan tak sedikit yang meneteskan air mata di akhir-akhir film. Film Coco ini mengangkat cerita petualangan Miguel, seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi pemusik hebat. Sayangnya, keluarganya tidak ada yang mendukung. Petualangannya dimulai ketika ia masuk ke alam roh karena suatu kejadian. Di alam roh itulah, latar cerita keluarganya terungkap.

2. Monster University (2013)

Monster University

Monster University

Film komedi animasi dari studio animasi Pixar ini merupakan prekuel dari film animasi terbaik sebelumnya, Monster Inc. Dalam film kali ini, Monster-monster diceritakan  berada di sebuah universitas dengan berbagai jurusannya. Satu yang paling populer adalah jurusan menakut-nakuti (scaring) yang diisi oleh monster-monster bermuka seram.

Mike Wazowski, sebagai monter hijau kecil bermata satu, sangat terobsesi lulus dari jurusan tersebut. Namun, dengan tampilannya yang tidak menakutkan, ia dipandang sebelah mata. Sampai pada akhirnya ada sebuah kompetisi menakut-nakuti, Mike bersama tim yang ia namai Oozma Kappa berjuang keras agar bisa menang dan membuktikan bahwa dia cocok sebagai mahasiswa menakut-nakuti.

3. Moana (2016)

Moana

Moana

Film produksi Walt Disney yang rilis tahun 2016 ini merupakan salah satu film animasi terbaik yang sukses dipasaran. Melalui sosok Moana, Disney juga nampak ingin menampilkan sesuatu yang baru dari predikat Putri yang selama ini digambarkan bergaun dan tinggal di istana.

Ya, Moana adalah sosok putri dari sosok Kepala Suku yang akan meneruskan takhta sang ayah. Tinggal di sebuah pulau, Moana tampil sebagai sosok yang berani. Kondisi desa berubah setelah penduduk mulai sulit menangkap ikan. Di sisi lain, Moana mendapat pesan dari neneknya tentang sebuah rahasia Jantung te Fiti yang dicuri. Moana harus mengembalikan jantung te Fiti itu untuk menyelamatkan pulau. Namun, sang ayah terus menolak karena Moana harus berlayar ke luar karang.

4. Finding Nemo (2003)

finding nemo

finding nemo

Siapa tak tahu dengan film fenomenal yang mengangkat ikan badut sebagai tokoh utamanya. Ya, Finding Nemo pantas menjadi salah satu film animasi terbaik karena juga menuai sukses. Film ini juga bahkan menerima banyak penghargaan termasuk Academy Awards untuk Best Animated Feature.

Baca   45 Foto Rose Blackpink Cute, Cantik, Lucu dari kecil Sampai Dewasa

Seperti judulnya, Finding Nemo memang menceritakan petualangan seekor ikan badut bernama Marlin yang mencari anak semata wayangnya, Nemo. Ia berkelana melintasi samudra demi menemukan anaknya tersebut. Dalam perjalanannya itu, Marlin bertemu dengan ikan biru bernama Dory yang memiliki keterbatasan berupa memori jangka pendek. Keseruan petualangan mereka mencari Nemo itulah yang menjadi suguhan menarik hingga akhir film.

5. Shrek (2001)

shrek

shrek

Sosok makhluk hijau bernama Shrek termasuk karaker film animasi terbaik yang cukup populer. Filmnya juga berhasil menuai sukses dengan berhasil sebagai film pertama yang memenangkan kategori fitur film animasi terbaik di Academy Award yang baru perdana dianugerahkan tahun 2001.

Film Shrek menceritakan tentang kisah cinta makhluk dongeng Ogre dengan putri cantik Fiona. Ogre bersama keledainya, Donkey berusaha menyelamatkan Fiona dari istana, awalnya Fiona senang tapi ketika tahu bahwa yang menyelamatkannya adalah Ogre, ia pun kecewa. Namun dalam kebersamaan itu, Fiona mulai menyadarai bahwa ia dan Ogre memiliki banyak kesamaan dan kecocokan.

6. Toy Story 3 (2010)

toy story

toy story

Toy Story termasuk film animasi terbaik dari Pixar sehingga dibuat beberapa sekuelnya. Toy Story 3 meraih kesuksesan sejak awal perilisannya. Bahkan, pendapatannya menjadi yang tertinggi dari film Pixar lain. Toy Story 3 juga menorehkan rekor sebagai film animasi pertama yang mendapat keuntungan diatas satu miliar dollar.

Toy Story mengisahkan bagaimana mainan-mainan bisa hidup dan beraktivitas ketika ditinggal tuannya. Pada Toy Story 3, Andy sang pemilik mainan telah berusia 17 tahun. Dari sekian mainannya, ia membawa Woody dan mainan lain untuk dibawa ke tempatnya kuliah. Namun, Ms. Davis keliru dengan menganggap Andy akan membuangnya sehingga diletakkan di pinggir jalan sebagai sampah. Woody yang tahu keadaanya, berusaha menjelaskan kepada teman-temannya namun permainan lain tetap tak percaya.

7. Up (2009)

Up

Up

Menjadi salah satu film animasi terbaik, Up memang sangat melegenda. Film karya rumah produksi Pixar ini memiliki cerita yang kuat dan menyentuh. Hal itulah yang membuat film yang rilis tahun 2009 ini berhasil menjadi film animasi kedua sepanjang sejarah yang berhasil meraih nominasi di kategori prestisius yaitu Best Picture dalam ajang Oscar.

Up menceritakan petualangan seorang anak lelaki kecil bernama Russell dan kakek Carl. Kisah Carl sendiri dikisahkan memiliki cita-cita bersama mantan istrinya untuk ke sebuah Paradise Fall. Namun uang tabungan mereka selalu tidak terkumpul, hingga akhirnya istri Carl terlanjur meninggal. Kondisi itu membuat Car terpukul, namun disaat bersamaan rumahnya juga hendak digusur.

Menghadapi kondisi itu, Carl justru mengikat rumahnya dengan ribuan balon helium dan menerbangkan rumahnya. Tanpa disadari, ternyata Russel anak kecil gemuk yang sebelumnya datang kerumahnya untuk menolong, turut terbawa. Dari sanalah, petualangan Carl dan Russell dimulai untuk menuju Paradise Fall.

8. How To Train Your Dragon (2010)

How To Train Your Dragon

How To Train Your Dragon

Film dari rumah produksi DreamWorks Animation ini merupakan salah satu film animasi terbaik yang mereka produksi dengan pemasukan yang besar. Dengan mengangkat kisah petualangan, film juga didukung dengan cerita yang berkarakter kuat sehingga mudah diingat.

How To Train Your Dragon mengisahkan petualangan Hiccup, seorang anak kepada Viking. Di desa yang bernama Berk itu, warganya suka berburu naga lantaran sering merusak rumah dan menangkap ternak. Hingga pada suatu hari, Hiccup berhasil memburu seekor naga. Tatapi ia menyadari bahwa naga jenis Night Furry yang ia tangkap memiliki sesuatu yang spesial.

9. Big Hero 6 (2014)

Big Hero 6

Big Hero 6

Film Big Hero 6 menjadi karya pertama Walt Disney yang menampilkan karakter Marvel dalam film animasinya. Film ini mengambil latar tentang tim superhero Marvel dengan nama yang sama dan dengan petualangan yang berbeda. Film mengisahkan remaja 14 tahun, Hiro Hamada yang jenius dalam bidang robotika. Ia yang memiliki robot buatannya bernama Baymax membentuk tim superhero untuk memecahkan misteri kejahatan.

Baca   50 Foto V BTS yang Mampu Membuat Wanita Jatuh Hati! Ready for Falling Love?

Sosok Baymax sendiri berhasil mencuri perhatian. Robot berbadan gemuk itu memiliki karakter yang unik dan menggemaskan. Ia juga selalu mendeteksi kesehatan Hiro karena memang sejak awal ia dioperasikan untuk menjaga kesehatan Hiro.

10. Despicable Me (2010)

Despicable Me

Despicable Me

Sejak kehadirannya, sosok Minions langsung menarik perhatian. Minions yang lahir dari film animasi terbaik Despicable Me ini bahkan dibuat sekuelnya karena berhasil sukses dipasaran. Pada film Despicable Me pertama yang rilis tahun 2010 ini, film lebih memfokuskan pada sosok Gru, tokoh antagonis yang mendedikasikan hidupnya untuk kejahatan.

Film mengisahkan tentang kegemparan karena Piramida Giza di Mesir dipalsukan dan yang ada hanyalah replika dari balon. Kabar hilangnya Piramida itu membuat Gru merasa kesal karena ada yang lebih kriminal dibanding dirinya. Ia pun berencana membuat tindakan kejahatan yang lebih hebat. Untuk melaksanakan rencana itu, Gru butuh sebuah alat pengecil yang dikuasai oleh Vector, penjahat baru yang tak kalah hebat. Agar bisa masuk ke markas Vector, Gru memanfaatkan tiga gadis kecil yang pada akhirnya mulai mengubah sisi kehidupan Gru.

11. Hotel Transylvania (2012)

Hotel Transylvania

Hotel Transylvania

Film animasi komedi berjudul Hotel Transylvania ini berhasil mencuri perhatian dan masuk dalam Box Office. Kesuksesan seri pertamanya, membuat film dibuat sekuelnya yang juga menuai kesuksesan. Film animasi terbaik ini memang menghadirkan tontonan seru dan ringan yang cocok disaksikan semua kalangan usia.

Film yang dirilis Sony Picture ini menceritakan tentang kehidupan di sebuah hotel yang dimiliki oleh Dracula. Di hotel itu, para monster dan keluarganya bisa hidup bebas tanpa gangguan manusia. Cerita seru dimulai ketika di pesta ulang tahun Putri sang Dracula bernama Mavis yang dihadiri oleh banyak hantu. Pesta yang awalnya berjalan lancar, berubah kacau ketika remaja lelaki bernama Jonathan tak disangka tersesat ke hotel. Tapi Mavis justru jatuh cinta pada lelaki tersebut.

12. Frozen (3013)

frozen

frozen

Disney lagi-lagi menghadirkan sosok Putri yang fenomenal. Melalui Film Frozen, Walt Disney berhasil mencetak kesuksesan besar dan menambah jajaran film animasi terbaik yang mereka produksi. Frozen sendiri menceritakan dua putri Anna dan Elsa yang awalnya hidup bahagia di istana. Kondisi berubah ketika Elsa menyadari kekuatannya untuk menghasilkan es dan salju akan membahayakan saudaranya Anna dan lingkungan istana. Untuk itulah Elsa pergi menjauh dari Istana. Anna tentu tak tinggal diam, dia dibantu seorang pemuda yang ia temui di jalan berusaha mencari tempat persembunyian Elsa.

13. Tangled (2010)

Tangled

Tangled

Karakter Putri karya Disney lainnya yang juga fenomenal ialah Rapunzel. Melalui film berjudul Tangled, Rapunzel hadir sebagai putri dengan keistimewaan dari rambutnya yang sangat panjang. Film animasi terbaik ini sendiri diangkat berdasarkan dongeng dari Jerman.

Tangled menceritakan Putri Rapunzel yang dikurung ibunya di atas rumah menara. Namun, ia tak pernah diizinkan turun oleh ibunya. Sampai pada hari ulang tahunnya, ia nekat turun dan keluar demi melihat lentera yang setiap tahun hadir menghiasi langit. Dalam petualangannya diluar rumah itulah ia menemukan banyak hal.

14. Brave (2012)

Brave

Brave

Film dari Dinsey x Pixar ini menceritakan seorang gadis bernama Merida yang merupakan putri tunggal dari Kerajaan Dunbroch di dataran tinggi Skotlandia. Merida memiliki bakat bertarung yang diwarisi dari sang ayah. Rambut Merida yang ikal merah menjadi ciri yang sangat kuat.

Di saat dewasa, Merida mulai dijodohkan dengan salah satu dari tiga putra sulung dari tiga kepala suku. Untuk menentukan siapa yang berhak menikahi Merida, dilakukan kompetisi kekuatan di hadapan sang raja. Karena Merida sejak awal sudah menolak tradisi itu, ia menantang ketiga orang itu memanah. Sialnya, salah satu tanpa sengaja berhasil membidik tepat sasaran. Merida pun marah dan memberontak.

15. The Lion King (1994)

The Lion King (1994)

The Lion King (1994)

Salah satu film animasi dari Disney yang sangat fenomenal dan legendaris yaitu The Lion King. Rilis tahun 1994, film ini dianggap sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Film ini juga banyak mendapat penghargaan termasuk Piala Oscar untuk kategori Best Original Score dan Best Original Song.

Baca   Biodata EXO Lengkap dan Terbaru

The Lion King menceritakan kehidupan dan petualangan dari seekor singa bernama Simba. Kehidupannya penuh dengan petualangan dan mengalami tragedi besar sejak usia muda. Karenanya, Simba memutuskan lari dari kehidupannya dan menjalani kehidupan bebas bersama teman-temannya. Pada suatu saat, takdir mempertemukannya dengan Nala, singa betina teman di masa kecilnya.

16. Ice Age (2002)

Ice Age

Ice Age

Ice Age adalah film animasi terbaik karya studio produksi Blue Sky. Sejak awal penayangannya, film ini berhasil menuai kesuksesan. Terbukti dengan masuknya Ice Age dalam nominasi Academy Awards kategori Fitur Animasi Terbaik. Pendapatan dari film ini juga menuai hasil besar dan sukses sebagai box office. Tak salah jika Ice Age dibuat sekuelnya beberapa seri.

Ice Age sendiri menceritakan kehidupan di zaman es. Tokoh utamanya adalah Manny, Mammoth yang pada seri pertama ini diceritakan sebagai satu-satunya Mammoth yang tersisa. Petualangannya ditemani oleh Diego sang macan purba, Sid si kukang, dan hewan-hewan lainnya.

17. Your Name (Kimi No Nawa) (2016)

Kimi-no-Na-wa

Kimi-no-Na-wa

Film animasi terbaik dari Jepang ini berhasil sukses meraih pendapatan miliaran dolar amerika. Film berjudul Kimi No Nawa atau Your Name ini mengisahkan kehidupan seorang gadis bernama Mitsuha Miyamizu dan lelaki bernama Taki Tachibana. Mitsuha berasal dari sebuah desa, sedangkan Taki tinggal di Tokyo. Mereka awalnya merasa bermimpi seperti betukar jiwa, tetapi lama kelamaan mimpi itu terasa nyata.

18. Spirited Away (2001)

Spirited Away

Spirited Away

Film animasi produksi studio terkenal asal Jepang, Ghibli ini merupakan salah satu film animasi terbaik dan terlaris. Kekuatan dari film karya sutradara Hayao Miyazaki ini adalah dari ceritanya yang menarik dan penuh pesan kehidupan. Ciri khas film animasi Jepang juga menjadi daya tarik sendiri bagi peminatnya.

Secara garis besar, film Spirited Away mengisahkan petualangan seorang gadis kecil bernama Chihiro yang terjebak di dalam dunia roh. Di sana, ia harus melawan nenek sihir pemilik pemandaian air panas untuk bisa keluar dan menyelamatkan kedua orang tuanya yang dikutuk menjadi babi. Bersama seorang teman yang baru dikenalnya, Chihiro terus berjuang mengahdari tantangan yang diberikan si nenek sihir.

19. The Incredibles (2004)

The Incredibles (2004)

The Incredibles (2004)

The Incredibles, juga pantas menjadi salah satu film animasi terbaik. Bahkan film yang juga dibuat sekuelnya tahun 2018 lalu ini berhasil meraih dua piala Oscar sekaligus untuk kategori Best Animated Feature. Kekuatan dari film ini memang berada dari cerita dan alurnya yang bisa dinikmati tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa.

Film karya sutradara kenamaan Brad Bird ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tiap anggota keluarganya memiliki kekuatan super. Uniknya, tiap mereka memiliki kekuatan yang berbeda-beda sehingga bisa saling melengkapi sekaligus juga bisa menjadi konflik. Kisah juga mengangkat drama kehidupan yang menguji keutuhan keluarga mereka.

20. Aladdin (1992)

Aladdin

Aladdin

Siapa tak kenal sosok Aladdin dan Putri Jasmine. Karakter klasik dari Walt Diseny ini terinspirasi dari cerita 1001 malam Timur Tengah. Film yang dirilis tahun 1992 silam ini, bahkan masih begitu melekat di ingatan pecinta film animasi terbaik dan dianggap sebagai salah satu film animasi yang melegenda.

Aladdin sendiri mengisahkan perjalanan cinta antara Aladdin dan seorang Putri Sultan, Jasmine. Tal ketinggalan, Aladdin memiliki lampu ajaib dan jin yang siap membantunya. Petualangan Aladdin juga ditemani seekor monyet lincah. Pertemuan Aladdin dan Jasmine terjadi ketika Jasmine kabur karena frustasi dengan kehidupannya. Dari sanalah mereka menjadi teman dekat dan petualangan penuh drama kehidupan dimulai.

baca juga tentang film korea terbaik dan film perang terbaik yang bisa kamu tonton

About the author

WitaWisata

Leave a Comment