Gambar Burung dan Jenis Jenisnya Lengkap

Gambar Burung – Burung merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Burung memiliki peranan penting di alam dalam menjaga kelestarian lingkungan, seperti sebagai pengontrol hama, pollinator dan pemancar biji.

Burung memiliki persebaran yang cukup merata, baik secara vertikal juga horizontal. Persebaran dan keanekaragaman burung pada setiap wilayah berbeda dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti luasan habitat, struktur vegetasi dan tingkat kualitas habitat di masing – masing wilayah.

Keanekaragaman burung ini bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari manusia. Diperkirakan ada sekitar 8.800 hingga 10.200 spesies burung di seluruh dunia dan sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia.

Gambar Burung 

Gambar Burung
sumber : setaswall.com

Nah, apabila anda adalah seorang pecinta berbagai jenis burung, maka sungguh disayangkan jika anda melewatkan beberapa kumpulan gambar burung dibawah ini yang sebagian besar banyak dibicarakan di kalangan pecinta burung.

Yuk langsung kita simak, gambar 25 jenis burung yang paling indah !

Gambar Burung Hantu

Gambar Burung Hantu
sumber : sorco.org

Siapa yang tidak tahu jenis burung yang satu ini, burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung hantu termasuk kedalam jenis burung buas pemakan daging (karnivora) dan dia juga merupakan hewan malam (noktural).

Karakteristik burung hantu yang terkenal yaitu matanya yang besar dan menghadap ke depan, tidak seperti jenis burung lain pada umumnya yang matanya menghadap ke arah samping.

Selain itu, burung hantu memiliki paruh yang bengkok tajam, susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah sehingga tampilan wajah dari burung hantu ini begitu mengesankan namun terkadang terlihat menyeramkan.

Namun, taukah anda, jika leher burung hantu ini lentur sehingga wajahnya bisa berputar 180 derajat ke belakang ?

Gambar Burung Lovebird

Gambar Burung Lovebird
sumber : i.ytimg.com

Burung lovebird berasal dari genus Agapornis. Ukuran tubuh burung ini relatif mungil bila dibandingkan dengan burung berparuh bengkok lainnya lho. Namun, sedikit lebih besar dari burung parkit. Panjang burung lovebird yaitu sekitar 13 – 17 cm dan berat 30 – 60 gram.

Lovebird memiliki ragam dan jenis yang cukup banyak. Hal ini juga dapat terlihat dari turunan dan hasil silangannya. Nah, dibawah ini ada beberapa jenis dari burung lovebird ini. Yuk simak !

Lovebird Biola

Lovebird Biola
sumber : pet-seikatsu.jp

Jangan salah sangka nih, lovebird biola tidak ada kaitannya dengan alat musik biola lho. Nah, seperti jenis burung lovebird yang lainnya, burung yang satu ini juga dipelihara karena warnanya yang cantik, ditangkarkan untuk mendapatkan keturunan dan juga dia dipersiapkan untuk lomba suara.

Ciri – ciri lovebird biola ini memiliki bulu tubuh hijau lembut, warna hijaunya juga berbeda dari jenis lovebird lainnya. Namun, terdapat pula lovebird biola dengan warna hijau yang sedikit kekuningan.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue
sumber : hookbillsforsale.com

Lovebird Parblue merupakan jenis burung lovebird yang di import dari Amerika. Pertama di kembangbiakkan oleh Felix de Valle tahun 2001 di Florida. Nah, jenis burung yang satu ini merupakan hasil mutasi.

Baca   50 Gambar Mobil Mewah, Sport, Balap Paling Keren

Berdasarkan hasil mutasi tersebut, lovebird parblue memiliki warna tubuh yang berbeda-beda, ada yang biru kekuningan ada pula yang biru keputihan. Nama “Parblue” ini merupakan akronim dari kata Partial dan Blue atau disebut juga sebagai yellow face.

Lovebird Blorok

Lovebird Blorok
Sumber : abe-international.com

Lovebird blorok adalah jenis lovebird dengan variasi warna di sekitar sayap yang polanya jarang. Tampilannya burung yang satu ini cantik, sehingga lovebird blorok termasuk jenis burung dengan harga jual tinggi di pasaran.

Lovebird blorok juga terdiri dari beragam jenis. Keragaman ini bisa dilihat dari perbedaan warnanya. Adapun jenis lovebird blorok meliputi lovebird blorok hijau, lovebird blorok hitam, dan lovebird blorok biru. Lovebird blorok hitam, memiliki harga jual yang paling mahal diantara jenis lain.

Gambar Burung Cendrawasih

Gambar Burung Cendrawasih
sumber : nhmu.utah.edu

Burung cenderawasih adalah jenis burung anggota dari famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Warna mencolok dari  bulu cenderawasih ini biasanya merupakan kombinasi dari warna lainnya, misalnya hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau, dan ungu.

Nah, usut punya usut, kabarnya Negara Indonesia adalah negara dengan jumlah spesies cendrawasih terbanyak yaitu diduga terdapat sekira 30 jenis cendrawasih di Indonesia dan 28 jenis diantaranya dapat ditemukan di Papua.

Gambar Burung Elang

Gambar Burung Elang
sumber : animalplanet4u.files.wordpress.com

Burung elang adalah hewan jenis berdarah panas dengan sayap dan tubuh yang ditutupi bulu pelepah. Elang juga merupakan burung pemangsa, makanan utamanya yaitu mamalia kecil seperti tikus, tupai, kadal, ikan dan ayam, juga jenis-jenis serangga tergantung dari ukuran tubuhnya.

Elang memiliki sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam melengkung untuk mencengkram mangsanya. Selanjutnya, elang memiliki paruh tak bergigi tapi melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya.

Gambar Burung Merak

Gambar Burung Merak
sumber : wallpapercave.com

Burung meraka dalah jenis burung yang dikenal dengan bulunya yang sangat indah. Warna bulunya cerah sehingga menarik perhatian setiap mata yang melihatnya. Selain itu, ekornya sangat panjang dan berhiaskan pola mata yang indah selalu menarik.

Nah, ternyata merak ini berasal dari famili yang sama dengan ayam lho. Ciri khas dari famili ini yaitu kebiasaannya mencari makan di tanah, kaki kuat untuk mengais lantai hutan, pola terbang yang berat dan jarang, dan suara yang khas di setiap masing-masing spesies.

Gambar Burung Merpati

Gambar Burung Merpati
sumber : cdn.pixabay.com

Merpati atau dara, merupakan burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek dengan cere berair. Merpati ini, membangun sangkarnya sendiri dari ranting dan sisa – sisa lainnya yang kemudian di tempatkan di pepohonan, birai, dll tergantung dari spesiesnya.

Nah, merpati atau dara ini sering dipakai sebagai lambang perdamaian oleh manusia dan juga sering digambarkan sedang memegang daun zaitun. Burung merpati putih jenis burung yang memiliki nilai berbeda dari jenis merpati warna lainnya.

Warna putih yang bersih menandakan kesucian dan keikhlasan sehingga burung merpati putih dengan bulu yang bersih akan lebih bernilai dibanding dengan merpati dengan corak warna yang lain, apalagi bila dijual berpasangan jantan dan betina.

Gambar Burung Kakaktua

Gambar Burung Kakak Tua
sumber : i.ytimg.com

Kakaktua merupakan jenis burung hias dengan bulu yang indah dan suara lengkingannya yang nyaring. Namun selain itu juga, kakaktua adalah burung dengan kecerdasan yang baik sehingga sering digunakan untuk acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya.

Nah, di Indonesia, burung kakaktua juga dijadikan sebuah lagu anak-anak. Masih ingatkan lagunya ?

Gambar Burung Kacer

Gambar Burung Kacer
sumber : burungnya.com

Di Indonesia, burung kacer atau yang dikenal sebutan “Magpie Robin” merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer. Burung kacer memiliki tampilan fisik yang terlihat gagah disertai warna yang jelas. Burung ini memiliki karakter suara yang unik, merdu dan terdengar lantang.

Baca   50 Gambar Hello Kitty Lucu Menggemaskan Terbaru

Burung kacer memiliki beberapa jenis di dunia. Di Indonesia, jenis burung kacer yang sangat terkenal dan mudah ditemui ada 2 jenis yaitu kacer Poci dan kacer Jawa. Namun, masih terdapat jenis burung kacer lain yang juga terkenal bagusnya.

Gambar Burung Kenari

Gambar Burung Kenari
sumber : vistapointe.net

Burung kenari atau serenius canaria adalah burung yang ditemukan pertama kali oleh pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canarya pada abad 15. Nah, nama burung kenari sendiri ini memang diambil dari nama pulau habitat aslinya ini.

Indonesia merupakan negara yang mengimport kenari dari Negara Belanda. Awalnya, didatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Beliga, lalu kemudian kenari itu dikawinkan dengan kenari liar yang menghasilkan beberapa jenis burung lainnya.

Gambar Burung Terbang

Gambar Burung Terbang
sumber : gambarpedia.org

Seluruh bagian tubuh burung, memang diciptakan membantunya agar bisa terbang, seperti bagian tubuh seperti tulang yang ringan, sayap yang berbentuk khusus dan kaki yang kuat.

Nah, taukah anda, seekor burung bisa terbang karena menggunakan kakinya untuk mendorong tubuhnya dari tanah ke udara. Lalu, burung akan mengepakkan sayap untuk bisa tetap melayang di udara, disebut dengan gaya angkat (lift).

Gambar Burung Kartun

Gambar Burung Kartun
sumber : openclipart.org

Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu yang dapat mempresentasikan suatu peristiwa. Nah, gambar burung kartun ini juga dibuat untuk mempresentasikan burung yang sesungguhnya. Biasanya, gambar burung kartun ini ditujukkan untuk film anak – anak.

Gambar Burung Walet

Gambar Burung Walet
sumber : hargaburung.id

Burung walet (Collocalia vestita) adalah burung dengan sayap meruncing, ekornya panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Burung walet ini hanya bisa ditemui di wilayah Asia Tenggara saja.

Hal ini dikarenakan perkembangbiakan burung walet harus di daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Ini berpengaruh pada unsur kelembapan sebagai faktor berkembang biaknya habitat spesies atau populasi dari burung walet tersebut.

Gambar Burung Beo

Gambar Burung Beo
sumber : awallpapershub.com

Beo, mamiang atau tiong emas (Gracula) merupakan sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya). Nah, beo ini adalah burung piaraan yang cukup digemari oleh banyak orang karena pandai berbicara.

Beo menyukai buah-buahan berdaging tebal dan tidak keras. Beo juga meminum nektar bunga. Selain itu, beo dalam memenuhi kebutuhan proteinnya, maka dia memangsa belalang, jangkrik, capung dan telur semut lho.

Gambar Burung Nuri

sumber : img.scoop.it

Burung nuri adalah burung yang termasuk langka. Burung nuri ini merupakan burung cerdas yang memiliki bentuk lidah yang cukup unik sehingga dapat menirukan berbagai suara. Selain itu, burung ini termasuk jenis burung dengan bulu warna yang indah.

Gambar Burung Pipit

Gambar Burung Pipit
sumber : chubiechurubie.files.wordpress.com

Pipit adalah sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang tersebar di beberapa wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Burung pipit ini terbagi menjadi beberapa jenis, memiliki perawakan dan kebiasaan yang serupa, namun warna-warni bulunya cukup bervariasi.

Gambar Burung Kolibri

sumber : colibri.lam.fr

Kolibri adalah burung kecil, ukuran panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kolibri ini merupakan penerbang ulung dengan gerakan sayapnya yang cepat.

Nah, karena kolibri terbang sangat cepat, ia membutuhkan tenaga yang cukup besar  sehingga membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap melalui paruhnya yang kecil dan panjang.

Gambar Burung Perkutut

Gambar Burung Perkutut
sumber : keoponha.blogspot.com

Burung perkutut atau nama latinnya Geopelia striata, pada umumnya banyak ditemukan pada area hutan-hutan di dataran rendah. Di Indonesia persebarannya meliputi wilayah pulau Jawa, Sumatra, Bali serta Nusa Tenggara dengan type yang berbeda-beda pada masing masing daerah.

Baca   Foto Bayi Lucu Indonesia, Imut dan Menggemaskan

Gambar Burung Gagak

Gambar Burung Gagak
sumber : sirajlive.com

Gagak adalah anggota burung pengicau (Passeriformes) yang termasuk dalam marga Corvus suku Corvidae. Jenis burung gagak ini hampir semuanya berukuran relatif besar dan bulunya dominan berwarna hitam.

Gambar Burung Puyuh

Gambar Burung Puyuh
sumber : cdn-images-1.medium.com

Burung Puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Burung puyuh memakan biji – bijian namun juga memakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya.

Gambar Burung Kutilang

Gambar Burung Kutilang
sumber : jasapenitipanburung.blogspot.com

Burung kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung kutilang ini berukuran sedang, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20 cm.

Gambar Burung Bangau

Gambar Burung Bangau
sumber : windowssearch-exp.com

Bangau adalah sebutan bagi burung dari keluarga Ciconiidae. Bangau memiliki ukuran badan yang besar, berkaki dan berleher panjang namun lebih pendek dari burung kuntul, dan bangau juga mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.

Gambar Burung Unta

Gambar Burung Unta
sumber : gambarpedia.org

Taukah anda bahwa, burung unta adalah burung yang terbesar dan masih hidup hingga saat ini. Ketinggian burung unta ini adalah hingga 2,5 meter atau sekitar 8 kaki.

Burung unta tidak dapat terbang dan masuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu ratit (Palaeognaths). Nama ilmiah burung unta adalah Struthio camelus.

Burung unta berdarah panas, memiliki sayap dan tubuh yang diselubungi bulu. Bulu mereka tidak berfungsi sebagai kerajang udara, namaun pernah populer sebagai hiasan untuk topi wanita dan sebagainya. Paruh burung unta tidak bergigi dan lancip.

Gambar Burung Kasuari

Gambar Burung Kasuari
sumber : generasibiologi.com

Burung kasuari atau Casuarius adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuariidae. Nah, dalam genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang berukuran sangat besar dan juga tidak dapat terbang seperti burung kebanyakan.

Tau kah anda, bahwa kasuari diperlengkapi tanduk di atas kepalanya, yang membantu kasuari sewaktu berjalan di habitatnya di hutan yang lebat. Selain tanduk dikepalanya, kasuari punya kaki yang sangat kuat dan berkuku tajam.

Burung kasuari betina biasanya berukuran lebih besar dan berwarna lebih terang daripada jantan. Jika, kasuari dewasa mencapai tinggi 1,5 sampai 1,8 m (4,9-5,9 kaki), meskipun ada beberapa betina mencapai 2 m (6,6 kaki), dan berat 58,5 kg (129 lb).

Gambar Burung Kicau

Gambar Burung Kicau
sumber : burungkicau.fajar.co.id

Penjelasan terakhir kali ini adalah burung kicau. Burung kicau ini biasanya dipersiapkan untuk mengikuti burung kontes karena memang pada lomba burung kontes, berasal dari burung pengicau.

Kali ini, ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan jika anda akan mengikuti lomba kontes dari burung kicau, diantaranya :

  • Kicauan

Nah, terdapat 2 teknik agar suara kicauan burung baik. Pertama, memilihara burung masteran. Apabila cara ini berhasil, suara burung maskot akan baik dan berkarakter sama dengan burung master. Kedua, mendengarkan burung yang kita punya dengan rekaman kicauan dari burung master.

  • Makanan

Makanan untuk burung kontes juga harus dipersoapkan yaitu makanan yang penuh karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan asam amino.

  • Sangkar

Sangkar burung dapat dibuat dari bambu, atau kayu. Bagi burung paruh bengkok, hendaknya diberi sangkar dari logam agar mudah dibersihkan. Namun, berhati-hati kalau berkarat akibat ikenai air ataupun udara. Sangkar yang berkarat dapat menjadi penyebab keracunan bagi paruh bengkok.

 

Demikianlah, gambar – gambar burung yang paling indah yang bisa disajikan kepada anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment