30 Foto Tangan di Infus Asli di Kamar Cewek atau Laki-laki

Semua dari kita pasti ingin sehat dan tidak sakit. Apalagi jika harus masuk dan dirawat di rumah sakit. Selain membuat tidak bisa beraktifitas normal, dirawat di rumah sakit juga membuat kita tidak nyaman karena harus berkutat dengan peralatan medis. Salah satu yang pasti didapat oleh orang sakit yang dirawat di rumah sakit adalah infus. Seperti kumpulan foto tangan di Infus yang akan dibahas berikut, mengingatkan kita bahwa perawatan medis tidaklah menyenangkan.

Ya, infus menjadi hal utama yang diberikan karena disanalah sumber nutrisi yang dibutuhkan pasien bisa dipenuhi. Perannya menjadi sangat penting jika sudah menyangkut penyakit-penyakit tertentu. Apalagi bagi mereka yang koma, infus sangat wajib sebagai sumber masuknya nutrisi makanan.

Anggota tubuh yang diberi suntikan infus adalah bagian tangan. Secara medis, bagian inilah yang paling tepat untuk memperlancar aliran nutrisi. Berikut ini, akan kita lihat beragam foto tangan di infus yang mungkin Anda juga pernah mengalaminya.

1. Foto Tangan di Infus dengan Selang Panjangnya

foto tangan di infus

Hal yang membuat infus tidak menyenangkan untuk dipakai salah satunya adalah tidak bisa bergerak bebas. Bagaimana tidak, jarum yang menempel di kulit akan sedikit terasa keram di awal-awal pemasangannya. Pasien juga tidak boleh banyak bergerak karena bisa merubah posisi jarum yang tentunya bisa berbahaya. Apalagi selangnya yang panjang, menjadikan pergerakan tangan menjadi terganggu.

2. Pasrah dengan Tangan yang di Infus

foto tangan di infus

Suka tidak suka, takut tidak takut, kalau sudah harus dirawat di rumah sakit maka risikonya adalah harus diinfus. Hal itu berarti membuat tubuh harus tertusuk jarum. Meskipun sebenarnya tidak sakit, tetap bagi yang takut akan jarum maka hal itu tetap menjadi hal yang menakutkan.

3. Ragam Jenis Infus di Tangan

foto tangan di infus

Secara umum, infus yang dikenal adalah infus jarum biasa. Tetapi ada juga beberapa jenis lainnya. Perbedaannya tidak banyak hanya biasanya dari jenis selang dan jarumnya. Seperti foto tangan di infus di atas, terlihat sedikit perbedaan dari kebanyakan infus.

4. Foto Tangan di Infus dengan Berbagai Elemennya

foto tangan di infus

Beberapa jenis infus tidak hanya berupa selang saja. Seperti foto tangan di infus di atas, selang yang dipakai seperti memiliki simpul-simpul. Simpul ini dilengkapi dengan pengatur khusus serta memiliki jenis yang berbeda. Nampaknya, orang yang memiliki tangan ini memang memiliki penyakit khusus hingga infusnya juga harus khusus.

Baca   Gambar Kartun Muslimah, Lucu, Keren, Dll

5. Tangan di Infus saat Kondisi Tubuh Lemah

foto tangan di infus

Namanya juga tengah sakit, maka tentu tubuh tengah berada pada kondisi lemah. Disaat bersamaan, jarum infus juga harus tertanam sedikit di tubuh bagian tangan. Tak heran jika setelah infus dilepas, beberapa jam kemudian tangan merasa seperti pegal dan tidak nyaman.

6. Memeriksa Infus di Tangan

foto tangan di infus

Infus sebaiknya tidak hanya diperhatikan dari ketersediaan air infusnya saja. Pasien juga harus memberi tahu perawat jika dirasa suntikan infus terasa janggal. Hal tersebut dimungkinkan karena pergerakan tubuh apalagi saat tidur mungkin membuat jarum infus bergeser. Tentunya jika itu terjadi akan membuat rasa tidak nyaman bahkan mungkin berbahaya.

7. Memastikan Air Infus Mengalir Baik

foto tangan di infus

Hal yang juga sering dilakukan oleh perawat adalah memeriksa selang infus baik dari pangkal ataupun ujung. Perawat akan memastikan bahwa selang dalam kondisi baik dan tidak tersumbat sehingga air infus bisa terus mengalir. Biasanya cara memastikan aliran infus ini adalah dengan menjentikan jari ke selang infus.

8. Memasang Infus dengan Hati-Hati

foto tangan di infus

Pemasangan infus tentu tidak bisa sembarangan. Selain harus tepat di saluran darah, juga jangan sampai jarum menyakiti pasien. Hal ini juga tidak boleh dianggap sepele karena sudah ada beberapa kasus dimana kesalahan pemasangan infus mengakibatkan cedera pada pasien.

9. Infus dengan Lem agar Selang tidak Bergeser

foto tangan di infus

Foto tangan di infus di atas memperlihatkan bahwa perawat tengah menempelkan lem ke bagian selang infus. Lem ini direkatkan ke kulit pasien. Tujuannya tentu saja agar selang stabil dan tidak berpindah-pindah seiring pergerakan tubuh pasien. Dengan di lem, maka aliran air infus juga menjadi lebih lancar karena selang berada pada posisi lurus.

10. Foto Tangan di Infus yang Tengah di Genggam orang Terkasih

foto tangan di infus

Selain obat-obatan dan infus, kesembuhan pasien juga bisa diberikan melalui perhatian orang-orang terkasih. Dukungan dan semagat yang diberikan kepada pasien bisa menjadi kekuatan positif baik disadari atau tidak untuk mereka sembuh. Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa sayang dan pemberian semangat itu adalah dengan menggenggam tangan pasien. Seperti pada foto tangan di infus di atas, terlihat tangan pasien tengah digenggam seseorang dengan genggaman lembut.

11. Foto Tangan di Infus dari Sosok Kecil

foto tangan di infus

Siapa yang tak sedih hatinya ketika melihat anak kecil sudah harus merasakan infus. Apalagi bagi sang orang tua, kondisi tersebut tentu sangat berat. Melihat mereka sakit saja sudah menyedihkan, apalagi ketika mereka merasa tak nyaman dengan tangannya yang diinfus. Apalagi bagi anak-anak, kondisi tak nyaman itu bisa membuat mereka semakin rewel.

12. Memberi Kekuatan dengan Sentuhan

foto tangan di infus

Ketika seseorang tengah terkulai lemah dengan infus di tangannya, sentuhan menjadi komunikasi paling mudah dilakukan. Sentuhan ini bisa dilakukan dengan membelai rambut atau menggenggam tangan. Meskipun pasien tidak bisa berbicara karena kondisi tubuhnya lemah, tapi mungkin saja ia bisa merasakan sentuhan itu. Secara psikologispun, sentuhan ini bisa sangat berpengaruh untuk mentransfer energi positif.

13. Foto Tangan di Infus yang Tampak Lemah

foto tangan di infus

Foto tangan di infus menunjukkan bahwa kondisi tubuh tengah tidak baik. Meskipun tangan bukan bagian dari sumber sakit, tetapi tetap saja tangan menjadi lokasi untuk penusukan jarum infus. Kondisi tubuh yang lemah akan tergambar pula pada tangan yang diinfus.

14. Menikmati Saja Tangan yang di Infus

foto tangan di infus

Meskipun tubuh tidak enak badan, melakukan apa saja menjadi terasa salah, maka tak ada yang bisa dilakukan selain menikmati saja. Ya, seni menikmati saja bisa dilakukan ketika tengah terbaring di rumah sakit dan di infus. Anggap saja kondisi tubuh yang berbaring di rumah sakit sebagai waktu istirahat karena selama berhari-hari di ajak bekerja.

15. Foto Tangan di Infus dan Selangnya

foto tangan di infus

Ada beberapa jenis selang infus yang digunakan. Bahan selang infus yang populer adalah dari Acrylic Butabuena Sprine. Diamaternya beragam dari mulai 3 mm sampai 4 mm. Selang infus juga tentunya lembut dan fleksibel sehingga tetesan cairan tetap stabil. Tak ketinggalan, terdapat regulator yang berguna untuk mengatur kecepatan aliran cairan infus.

Baca   40 Gambar Kartun Lucu dan Imut Terbaru

16. Selang Infus yang Beragam

foto tangan di infus

Selang infus merupakan alat sekali pakai. Karenanya setelah dipakai, rumah sakit wajib memusnahkan segala perangkat infus. Hal tersebut penting karena ada beberapa kasus dimana selang infus bekas diperjual belikan. Tentunya kegiatan itu illegal dan bisa dikenai sanksi pidana. Menggunakan selang infus bekas akan sangat berakibat fatal karena sumber kuman penyakit banyak terdapat di sana.

17. Foto Tangan di Infus dari Ibu Hamil

foto tangan di infus

Adakalanya ibu yang hamil sering mual dan muntah. Terlalu banyak muntah bagi ibu hamil akan berbahaya karena mengurangi cairan di tubuhnya. Karena itulah, jika diperlukan ibu hamil bisa dirawat dengan memakai infus. Cairan infus bisa membantu merehidrasi ibu hamil yang terkena HG atau mual dan muntah, memberikan nutrisi yang dibutuhkan, dan memastikan obat masuk ke dalam tubuh. Bahkan untuk ibu yang akan melahirkan, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa infus bisa meningkatkan peluang ibu hamil agar melahirkan secara normal.

18. Tangan di Infus dan Efeknya

foto tangan di infus

Bagi kalian yang pernah di infus mungkin pernah mengalami bengkak di lokasi infus atau setelah infus dilepas. Hal tersebut memang kerap dialami tetapi jangan dianggap sepele. Kondisi bengkak itu bisa terjadi karena pemasangan jarum tidak benar atau jarum bergeser dari pembuluh darah. Keadaan tersebut menyebabkan cairan infus tidak benar-benar mengalir ke darah dan volume cairan infus melebihi kapasitas pembuluh darah. Akibatnya, cairan infus akan merembes ke jaringan kulit sekitarnya dan menyebabkan pembengkakan.

19. Rutin Mengecek Kondisi Infus

foto tangan di infus

Foto tangan di infus di atas memperlihatkan bagaimana perawat tengah mengecek kondisi infus. Hal tersebut harus rutin dilakukan agar cairan infus mengalir sebagaimana mestinya dan jarum infus tidak bergeser. Menariknya, seiring zaman sudah mulai dikembangkan sistem monitor cairan infus. Perancangan sistem monitoring dapat memantau kondisi cairan infus secara realtime menggunakan pc atau smartphone. Hanya saja nampaknya sistem ini belum banyak digunakan di berbagai rumah sakit Indonesia ataupun negara lain.

20. Memasang Infus pada Tangan Pasien

foto tangan di infus

Foto tangan di infus menunjukkan bagaimana perawat sedang memasangkan jarum infus. Pemasangan infus tentu harus dilakukan oleh mereka yang terampil alias sudah menguasai medis. Standar infus juga harus disiapkan seperti tiang gantungan kantung infus, selang, dan jarum. Hal yang juga tak boleh dilewatkan adalah pemasang infus harus mencuci tangan dahulu dan menggunakan sarung tangan. Sebelum memasukkan cairan, perawat harus memastikan bahwa jenis cairan infus yang dipakai adalah benar sesuai apa yang dibutuhkan pasien.

21. Foto Tangan di Infus dan Tren Sosial Media

foto tangan di infus

Di era serba media sosial seperti sekarang, banyak hal terkait kehidupan bisa dibagikan melalui konten media sosial. Termasuk ketika sakit, tak sedikit orang yang memfoto tangan mereka yang tengah diinfus untuk dipasang di media sosial seperti instagram. Biasanya juga diberikan caption yang menarik untuk menceritakan mengapa bisa masuk rumah sakit dan diinfus.

22. Infus dan Set Bagiannya

foto tangan di infus

Set infus terdiri dari selang dan pipa penyambung yang mengatur jumlah cairan yang pasien dapatkan. Set makro ini digunakan jika pasien membutuhkan cairan sebanyak 20 tetes per menit atau 100 ml per jam. Set makro sendiri biasanya digunakan untuk pasien dewasa. Jika ada set makro maka ada juga set mikro. Set mikro infus digunakan untuk memberi cairan infus sebanyak 60 tetes per menit. Set mikro biasanya digunakan untuk bayi hingga anak-anak. Tak hanya set infus, ukuran selang dan jarum pada infus juga berbeda-beda tergantung tujuan pemasangan infus. Jika dalam kondisi darurat ketika pasien butuh segera asupan cairan infus, biasanya akan menggunakan jarum dan selang yang lebih besar.

Baca   Gambar Doraemon Lucu, Keren, Terbaru, 3D, dll

23. Foto Tangan di Infus dan Penjagaan Keluarga

foto tangan di infus

Ketika tengah berbaring di rumah sakit dan di infus, keluarga adalah orang-orang yang pasti siap menjaga. Jika kondisi pasien sangat lemah, biasanya dokter tidak mengizinkan pasien terlalu banyak bicara. Istirahat menjadi cara terbaik agar kondisi pasien cepat pulih. Karenanya, keluarga yang menyayangipun hanya bisa menjaga dengan menggenggam tangan pasien yang terkena infus.

24. Menyuntikan Obat di Selang Infus

foto tangan di infus

Selain cairan utama yang ada pada kantung cairan infus, pasien juga tentu membutuhkan obat lain. Salah satu cara memasukkan obat berbentuk cairan itu ke dalam tubuh pasien adalah dengan menyuntikkannya pada bagian selang infus. Hal ini tentu hanya berlaku untuk beberapa jenis cairan obat saja.

25. Foto Tangan di Infus dengan Cairan Vitamin

foto tangan di infus

Hal yang juga menjadi tren saat ini adalah infus vitamin C. Infus ini merupakan prosedur pengobatan dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh melalui pembuluh darah vena. Infus vitamin C ini biasanya diberikan kepada pasien yang tubuhnya kekurangan asupan vitamin C dalam jumlah besar. Pemberian infus ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit karena vitamin C adalah antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

26. Cairan Infus dengan Ragamnya

foto tangan di infus

Foto tangan di infus di atas menunjukkan indikator turunnya cairan infus. Cairan infus sendiri diberikan berdasarkan pemeriksaan dokter karena ada banyak jenisnya. Namun secara umum, cairan infus diberikan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat sesuatu tertentu seperti penyakit. Dalam beberapa hal, cairan infus juga berperan dalam menambahkan asupan makanan bagi tubuh pasien.

27. Foto Tangan di Infus dengan Pemeriksaan yang Steril

foto tangan di infus

Dalam pemeriksaan medis, sterilitas menjadi hal penting. Meskipun terlihat sepele seperti sekedar memeriksa benang infus, tetapi perawat tetap harus menjaga sterilitas dirinya dan peralatan yang digunakan. Seperti pada foto tangan di infus di atas terlihat perawat menggunakan sarung tangan ketika melakukan pemeriksaan infus. Sebelum dan sesudanya, perawat tersebut juga pasti akan mencuci tangannya dengan sabun demi kebersihan diri dan pasien lain yang akan ditanganinya.

28. Melihat Tangan yang di Infus

foto tangan di infus

Ketika tengah berbaring di kasur rumah sakit, pasien tentu tidak bisa banyak beraktivitas. Terkadang melihat tangan yang tengah di infus justru menjadi hiburan sendiri. Bahkan melihat tetesan cairan yang turun berirama dan mengalir di selang infus bisa menjadi kegiatan demi membunuh kebosanan.

29. Selang Infus Bercabang

foto tangan di infus

Foto tangan di infus di atas menunjukkan bahwa selang infus juga ada yang bercabang. Jenis selang dengan konektor tiga arah ini dikenal dengan nama Three Way Stopcock. Selang ini digunakan untuk pasien yang memerlukan lebih dari 1 cairan infus secara bersamaan. Ketika ada cairan yang ingin dihentikan, maka cukup dengan mengaturnya karena bisa dibuka dan ditutup. Dengan selang bercabang ini tentu akan membuat pergerakan tangan menjadi lebih terbatas. Dan mungkin saja menunjukkan bahwa pasien memang memiliki penyakit yang cukup berat.

30. Foto Tangan di Infus dengan Berbagai Peralatan Medisnya

foto tangan di infus

Merasakan tangan yang dinfus tentu bukan hal yang diinginkan. Tetapi jika itu harus terjadi maka banyak hal yang mungkin akhirnya diketahui sebagai ilmu baru. Berbagai peralatan medis yang mungkin sebelumnya tidak diketahui bisa dikenal selama berbaring dan diinfus. Seperti foto di atas, terlihat bahwa terdapat beberapa perlengkapan medis melatari foto tangan di infus.

Leave a Comment