45 Foto Keluarga Unik yang Menarik dan Kreatif

Foto Keluarga | Keharmonisan keluarga rasanya sayang jika tidak diabadikan dalam potretan kamera. Tidak hanya untuk mengabadikan momen, foto juga bisa dijadikan penghias dinding rumah. Bahkan bagi sebagian besar keluarga, foto menjadi hal wajib untuk dipajang di ruang tamu.

Jika dahulu foto hanya bergaya formal dimana ayah, ibu, dan anak-anak berjajar sambil tersenyum ke arah kamera, maka sekarang tren tersebut sudah bergeser. Foto keluarga tidak lagi sekedar foto layaknya di studio foto tetapi bisa juga mengambil tema kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun beragam sehingga tidak monoton.

Dengan perkembangan ide foto tersebut, tak heran jika foto bersama keluarga kini memiliki nilai prestise tersendiri. Fotografer khusus foto bersama keluarga juga menjamur dengan ragam kreatifitasnya. Jika kalian dan keluarga juga berencana membuat foto bersama keluarga, 35 foto keluarga berikut bisa menjadi inspirasi untuk dicontoh.

Table of Contents

Foto Keluarga

1. Ide Foto Bertema Aktivitas Outdoor, Seru dan Memorable

foto keluarga aktivitas outdoor

Seperti yang sudah diulas diatas, foto keluarga kini tidak hanya terpaku di dalam studio. Tema outdoor juga menjadi hal yang tengah menjadi kegemaran. Melalui ide foto bertema aktivitas outdoor, kedekatan antar anggota keluarga menjadi lebih alami. Seperti pada foto diatas, keluarga kecil beranggotakan ayah, ibu, dan dua anak laki-lakinya nampak tengah bereksperimen di aliran sungai. Momen ini tentu akan sangat membangkitkan memori ketika dilihat beberapa tahun setelahnya.

2. Keharmonisan Keluarga Nampak Jelas dari Foto Kelurga Ala Camping ini

foto keluarga ala camping

Camping atau berkemah menjadi salah satu kegiatan luar ruang yang cukup menyenangkan bagi anak-anak. Menjadikan kegiatan ini sebagai ide foto keluarga juga membuat kesan harmonis keluarga menjadi lebih terasa. Jangan lupa menyertakan perlengkapan pendukung yang khas dengan suasana kemah seperti lentera, termos, dan  kotak makan. Selain itu, pilihlah lokasi foto yang mendukung seperti di tengah pepohonan atau lapangan rumput.

3. Bertema Jawa Kuno, Foto Menjadi Nampak Klasik

foto keluarga ala jawa kuno

Jika kamu dan keluarga suka dengan nuansa-nuansa jadul dan tradisional, ide foto keluarga Jawa bisa menjadi pilihan tepat. Semua anggota keluarga menggunakan pakaian adat jawa lengkap dan bergaya klasik dengan menghadap kamera, maka foto akan tampak sangat menarik. Tentunya untuk foto jenis ini, kemampuan editing juga perlu untuk menghasilkan atmosfer warna yang pas sesuai rentang tahun yang diinginkan.

Baca   40 Gambar Kartun Lucu dan Imut Terbaru

4. Ide Foto Ala Cover Album The Beattles.

foto keluarga ala The beatles

Berfoto berbaris di zebra cross sangat lekat dengan gaya foto di album grup The Beattles. Gaya foto seperti ini bisa menjadi ide foto keluarga yang unik. Meskipun tampak simpel, tapi hasilnya bisa sangat menarik dan meaningful. Terpenting adalah kepekaan mencari lokasi zebra cross yang menarik dan kostum yang senada agar tampak kekompakan di dalamnya.

5. Foto Keluarga Konsep Berkebun

Foto keluarga tema berkebun

Berkebun mungkin menjadi kegiatan yang biasa dilakukan. Bagi beberapa keluarga, kegiatan berkebun bahkan biasa dilakukan bersama-sama di hari Minggu. Dari pada kegiatan itu hanya sekedar kenangan di pikiran, lebih baik menjadikan kebiasaan menarik itu sebagai tema berfoto. Dijamin, foto kalian dan keluarga menjadi jauh lebih memorable.

6. Foto dengan Memanfaatkan Wastafel pun Tetap Menarik

foto keluarga bermain di wastafel

Dari pada repot memikirkan lokasi dan tema berfoto yang aneh-aneh, kenapa tidak memanfaatkan wastafel di rumah saja? Ciptakan suasana yang menyenangkan seperti seolah tengah mencuci dan bermain busa. Jangan lupa, ekspresi tertawa lepas menjadi bagian penting agar suasana bahagianya tampak alamiah.

7. Ide Foto Tidur dan Berpelukan Bersama, Sederhana tapi Penuh Makna

foto keluarga berpelukan bersama

Berfoto ala piknik santai juga bisa dengan mudah diaplikasikan. Kalian dan keluarga cukup mengenakan pakaian santai lalu mencari area rumput untuk menguatkan kesan piknik. Berpose seolah tengah tiduran dan berpelukan sudah bisa menggambarkan kedekatan anggota keluarga tersebut.

8. Jangan Lupakan Hewan Peliharaan sebagai Anggota Foto Keluarga

foto keluarga bersama peliharaan

Jika keluarga kalian memiliki hewan peliharaan, tak ada salahnya mengajak mereka untuk berfoto bersama. Meskipun hewan mungkin akan lebih sulit diatur, hewan peliharaan akan membuat foto keluarga menjadi lebih unik. Memajang foto bersama hewan peliharaan di dinding ruang tamu juga akan membuat suasana rumah tampak lebih bersahabat.

9. Ide Foto ala Bersantai di Taman

foto keluarga bersantai di taman

Foto ala-ala candid bisa menjadi pilihan untuk menghadirkan foto keluarga yang terkesan alami. Anda, pasangan, dan anak-anak cukup berpakaian casual layaknya tengah bermain di taman. Pengambilan momen yang tepat menjadi kepekaan fotografer agar foto tampak alami. Sedangkan sudut foto penting agar foto yang sederhana tersebut tetap terlihat spesial dan profesional.

10. Kompak dan Sehat dengan Bersepeda Bersama

foto keluarga bersepeda bersama

Jika kalian dan keluarga gemar bersepeda bersama, jadikan aktivitas sehat tersebut sebagai ide foto keluarga. Selain unik dan tak biasa, foto  dengan tema bersepeda bersama menunjukkan kekompakkan keluarga dalam bergaya hidup sehat. Kalian bisa berkreasi dalam gaya berfoto atau mencari lokasi yang menarik agar foto menjadi lebih spesial.

11. Bermain di Pantai, Foto Menjadi Lebih Berkesan

foto keluarga bersepeda di pantai

Pantai selalu saja menarik untuk dijadikan lokasi foto, termasuk foto keluarga. Menjadikan pantai sebagai setting lokasi photoshoot akan membuat foto berkesan ceria dan bebas. Kedekatan keluarga juga bisa dengan mudah dieksplore karena sudah didukung dengan suasana pantai yang menyenangkan.

12. Foto keluarga Besar bertema Keluarga Jadul

foto keluarga besar tema jawa kuno

Ketika kalian ingin berfoto dengan keluarga besar yang ada kakek dan nenek di dalamnya, seringkali kesulitan karena mereka biasanya tidak begitu suka dengan sesuatu yang aneh. Untuk mensiasatinya, kalian bisa memilih foto keluarga dengan tema jadul. Selain unik, kakek nenek juga tentu akan lebih senang karena mereka bisa mengingat kembali memori masa lalu mereka.

13. Ceria di Kolam Renang Bersama Semua Anggota Keluarga

foto keluarga ceria di kolam renang

Alih-alih berfoto dengan pakaian mewah dan di dalam studio, foto satu satu ini bisa menjadi alternatif yang kreatif. Kegiatan berenang yang sebelumnya biasa saja bisa menjadi menarik dengan aksi melompat bersama dari pinggir kolam ke dalam air. Kekompakan dan keceriaan secara otomatis terlihat dari foto melalui aksi seru tersebut.

14. Sederhana dengan Baju dan Latar Putih

foto keluarga di studio latar putih

Putih selalu spesial. Berfoto bersama dengan baju putih dan latar putih meskipun tampak biasa tetapi terasa spesial, dekat, dan akrab. Kekuatan warna putih itulah yang bisa dijadikan pilihan untuk ide foto keluarga. Foto tipe sederhana seperti ini juga adalah tema foto yang timeless atau tak lekang oleh zaman sehingga tetap menarik kapanpun di lihat.

Baca   32 Foto Wisuda Sarjana Ala Studio, Cocok bersama Keluarga Atau Pacar

15. Memanfaatkan Kamar Tidur untuk Foto

foto keluarga romantis di kamar

Kamar tidur adalah lambang kehangatan dan keromantisan hubungan keluarga. Untuk itu, menjadikan kamar tidur sebagai lokasi foto keluarga juga menjadi pilihan tepat agar kesan harmonis itu semakin mudah lahir. Terpenting, ekspresi keceriaan dari setiap anggota keluarga bisa tampil alami agar foto menjadi lebih kuat maknanya.

16. Ide Foto dengan Tema Keseruan di Dapur

foto keluarga keseruan di dapur by Studio le Carré

Tak hanya kamar tidur, dapur rumah juga bisa menjadi lokasi tepat untuk ide foto yang unik. Kalian bisa mengambil konsep keseruan anak-anak yang membuat berantakan dapur dan orang tua yang seolah kaget. Tema foto seperti ini tentu memberi banyak makna dan tentunya sangat menarik untuk dilihat.

17. Ide Foto Saat Ibu Hamil Lagi

foto keluarga ketika ibu hamil lagi

Momen kehamilan ibu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat foto keluarga. Berbagai gaya dan aksi foto bisa dilakukan termasuk menunjukkan perut semua anggota keluarga. Hanya dengan berbaris dan mengangkat baju bagian perut, maksud foto tentang ibu yang tengah hamil pun bisa dengan jelas tersampaikan dengan cara fun.

18. Seolah Akan Mandi, Foto dengan Menggunakan Handuk ini Juga Seru

foto keluarga kostum handuk mandi via FD photography

Ide Foto keluarga dari pasangan artis Andika Pratama dan Ussy ini bisa menjadi inspirasi. Konsep yang diambil juga terbilang unik yaitu dengan menggunakan handuk mandi. Dengan latar putih dan kapuk sebagai efek busa, foto pun menjadi tampak spesial dan seru.

19. Foto Kecil yang Kompak dengan Baju Seragam

foto keluarga kostum seragam untuk keluarga muda by instagram rachelvennya

Bagi keluarga muda yang baru memiliki anak, biasanya lebih menyukai foto yang simpel namun tetap terlihat menggemaskan. Gaya berfoto dengan menggunakan pakaian yang seragam antara orang tua dan sang bayi bisa menjadi pilihan. Bahkan pakaian yang dipakai bisa merupakan jenis pakaian tidur sehingga kesan keluarga kecil bahagia menjadi lebih terasa. Foto juga diambil dengan cara sederhana yaitu dengan berbaring dimana si kecil berada di tengah.

20. Membentuk Kata Love untuk Ide Foto yang Penuh Makna

foto keluarga Love by pinterest familyis4ever

Bagi kalian yang menyukai sesuatu yang simpel tapi unik, gaya berfoto dengan membentuk kata LOVE ini bisa menjadi pilihan. Foto juga tak perlu sesuatu yang aneh karena hanya memanfaatkan tubuh masing-masing anggota keluarga. Foto juga harus berlatar belakang yang polos agar tulisan Love bisa menonjol.

21. Muka Datar ala Foto Vintage

foto keluarga vintage memegang frame sendiri

Foto keluarga tidak selalu dengan tersenyum. Jika diperhatikan, foto-foto jaman dahulu justru modelnya memasang muka datar tanpa senyum. Hal itulah yang menjadi inspirasi foto yang juga mengambil tema vintage ini. Namun agar tidak terlihat monoton, mereka menggunakan frame foto sebagai aksesorisnya sehingga kesan kaku dan misterius bisa sedikit terdistorsi.

22. Ide Foto di Alam Terbuka

foto keluarga mesra di alam terbuka

Jika kebetulan kalian tengah berlibur di alam terbuka, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk membuat foto keluarga. Latar belakang lanskap akan sangat mendukung keindahan foto. Namun agar Anda dan keluarga tetap menjadi fokus foto atau tidak kalah dengan pemandangan alam di belakangnya, maka perlu diperhatikan warna pakaian dan gaya foto yang dilakukan.

23. Ide Foto Kecil di Taman Perumahan

foto keluarga piknik bersama si kecil

Foto adalah cerminan dari kedekatan anggota keluarga di dalamnya. Untuk itu, tak ada salahnya menjadikan kegiatan-kegiatan rutin sebagai ide foto agar juga menjadi kenangan di masa depan. Jika di sekitar rumah kalian ada taman bermainnya, maka manfaatkan tempat tersebut untuk disetting menjadi studio foto terbuka. Manfaatkan peralatan pendukung seperti mainan anak agar kesan tengah bermain bersama si buah hati bisa secara alamiah hadir.

24. Ide Foto Keluarga dengan Memanfaatkan Beragam Perabotan rumah

foto keluarga ragam aksi

Tak perlu ke studio foto untuk menghasilkan foto yang menarik. Kalian bisa menggunakan berbagai perabotan di rumah dari mulai kursi, pipa, standing lamp, kipas angin, motor, dan lain sebagainya. Dengan barang-barang tersebut, kalian bisa berkreasi menyesuaikan dengan tema yang diinginkan. Jangan lupa, gunakan aksi dan gaya seru untuk eksekusinya.

Baca   30 Foto Tangan di Infus Asli di Kamar Cewek atau Laki-laki

25. Bertema Retro, Foto Keluarga unik pun Menjadi Spesial

foto keluarga retro

Tema atau konsep jadul nyatanya selalu mempunyai tempat tersendiri bagi pecinta fotografi. Menghadirkan suasana di era 60-70an tidak hanya menarik tapi juga memberi kesan retro yang khas. Untuk mendukung konsep retro ini, tidak hanya dari pakaian yang dipakai tetapi juga dari elemen barang yang ada di sekitarnya. Seperti dalam foto diatas, keberaaan kamera jadul dan mobil klasik memperkuat tampilan model yang sudah sangat retro.

26. Rumput dan Mentari Senja, Kolaborasi Manis untuk Foto

foto keluarga santai di hamparan rumput

Hamparan rumput dan sinar matahari senja adalah kolaborasi cantik di dunia fotografi. Memanfaatkan dua hal ini untuk ide foto keluarga adalah alternatif tepat untuk menghasilkan nuansa foto yang hangat dan akrab. Mengambil foto konsep ini pun tidak sulit karena cukup memanfaatkan lapangan rumput di sekitar rumah. Agar foto menjadi lebih spesial, kenakan pakaian yang manis dengan warna yang serasi. Tak ketinggalan, ekspresikan senyum dengan tulus agar pesan foto bisa tersampaikan.

27. Menampilkan Keseruan di Taman Bermain dalam Foto

foto keluarga seru di taman bermain

Sebagai tempat yang kerap dijadikan lokasi aktivitas outdoor anak-anak, taman bermain mungkin tampak biasa saja. Tapi jika dilihat secara serius, kalian bisa memanfaatkan taman bermain di sekitar rumah untuk menghasilkan foto keluarga yang seru. Jika perlu, siapkan perlengkapan khusus seperi kostum anak.

28. Ide Foto ala Siluet

foto keluarga siluet

Sore hari saat matahari tenggelam adalah waktu terbaik untuk mendapatkan foto siluet. Biasanya, pantai menjadi lokasi favorit untuk siluet karena latar visualnya yang luas sehingga bisa fokus ke objek foto. Untuk foto keluarga unik, teknik foto siluet terpenting adalah mengatur pose setiap orang agar jelas gerakannya sehingga siluet menampilkan lekuk tubuh yang spesifik dan mudah dikenali. Kalian juga bisa menggunakan alat bantu seperti tulisan ‘Family’ sehingga foto menjadi jauh lebih menarik untuk dilihat.

29. Foto Stylish

foto keluarga stylish

Modis dan stylish untuk semua anggota keluarga adalah salah satu tren yang tengah naik daun di kalangan keluarga masa kini. Untuk itu, seringkali orang tua sengaja mendandani anak-anaknya agar terlihat modis ketika diajak jalan dan difoto. Semakin menarik lagi jika foto keluarga stylish ini dipadukan dengan pose dan elemen pendukung. Seperti yang dilakukan oleh keluarga Dwi Sasono diatas, foto terlihat menarik tidak hanya dari gaya masing-masing orang tetapi juga dari mobil dan payung yang dipakai.

30. Foto Tema Barber Shop

foto keluarga tema barber shop

Bingung mencari ide foto yang bagus? Foto diatas mungkin bisa menjadi referensi. Mengambil konsep Barber Shop, foto ini nampak unik karena menghadirkan suasana yang tak biasa. Alih-alih menghadirkan kegiatan memotong rambut, mereka justru menampilkan aktivitas lain yang juga biasa ditemui di barber shop.

31. Klasik Selalu Menarik untuk Foto

foto keluarga tema klasik

Ide Foto Andre Taulani di atas bisa menjadi rujukan untuk kalian yang bingung mencari tema foto bersama keluarga. Nuansa kuno hadir dari setting lokasi yang nampak kusam. Tetapi kemewahan tetap kental terasa dari pemilihan kostum yang digunakan Andre, istri, dan ketiga anaknya.

32. Berkemah di Tepi Danau, Foto Menjadi Lebih Menawan

foto keluarga ala camping

Menghadirkan nuansa kedekatan keluarga selalu tepat jika dilakukan dengan mengambil lokasi di luar rumah. Aktivitas luar ruang akan menunjukkan kedekatan keluarga yang intim karena melibatkan interaksi langsung. Salah satunya dengan mengambil tema piknik atau kemah di tepi danau. Apalagi dengan pose bercengkrama saat kegiatan makan, foto keluarga pun semakin terlihat menawan.

baca juga artikel menarik tentang foto hello kitty dan gambar mewarnai berikut ini

Leave a Comment